Minggu, 26 April 2015

Walkthrough PERSONA 2 (PS1)

PERSONA 2 ETERNAL PUNISHMENT 
Game Third-Person 3D RPG yang dirilis Desember 2000 ini merupakan bagian kedua dari dua sekuel original Persona. Yang pertamanya adalah Persona 2: Innocent Sin, dan cuma dirilis di Jepang. Sebagian besar karakter dan lokasi dalam tiga game ini sama. Bedanya, mereka makin dewasa aja, di original Persona, semua karakternya masih pelajar. Di Persona 2: Innocent Sin, Tatsuya, Maya, Lisa Silverman, Jun Kasihara, dan Eikichi - yang melawan organisasi setan - tergabung dalam Masquerade. Setelah latar belakang sekuel berubah beberapa tahun kemudian, usia karakter-karakternya juga pasti bertambah. Tapi, mereka masih melanjutkan studinya. Persona 2: Eternal Punishment terfokus pada sekelompok hero yang lebih dewasa. Kelompok ini terdiri dari Maya, Katsuya, Baofu, Ulala, Nate, dan Ellen. 

Sin dan Punishment 

Setiap karakter dalam Innocent Sin membuang masa lalunya dan mulai hidup di dunia Eternal Punishment . Keduanya merupakan pergantian realitas dari dunia yang sama, Persona. Takdir tetap ada, tapi kedamaian tidak bisa bertahan. Hero dan musuh sama-sama menunjuk-kan kekuatan mereka, dan kelihatannya dunia akan menerima akibat / hasil yang sama. 

Banyak mata rantai Innocent Sin terlihat dalam Eternal Punishment. Semua flashback Maya adalah scene/adegan dalam Innocent Sin, dan ia selalu punya feeling of deja vu di antara karakter-karakter utama di Innocent Sin. Perasa-an itu muncul lagi kalau Maya berada dekat musuh-musuh-nya.Beberapa dungeon dalam kedua game ini mirip, bahkan sama. Misalnya, Seven Sisters High School dan Torifune. 

Persona 2: Eternal Punishment menampilkan lebih dari 50 jam gameplay yang terjadi di Persona, dunia yang cukup aneh. Para karakter punya kemampuan memanggil lebih dari 80 Persona selama pertarungan. Mereka juga bisa bernegosiasi dengan musuh untuk mencari keterangan tentang item dan informasi, juga rumor/desas-desus yang dapat mengubah alur cerita. Ada satu adegan yang me-narik, yaitu pertarungan Tatsu-ya Suou versi Innocent Sin. 

MAYA AMANO 

Personal Statistics
UMUR: 23 
TINGGI BADAN: 168 cm 
BERAT BADAN: 48 kg 
GOLONGAN DARAH: O 
PERSONA: Maia 

Persona Compatibility 
MAGICIAN Bagus 
PRIESTESS Bagus 
EMPRESS Bagus 
EMPEROR Sedang 
HIEROPHANT Sedang 
LOVERS Buruk 
CHARIOT Sedang 
STRENGTH Tidak digunakan 
HERMIT Bagus 
FORTUNE Bagus 
JUSTICE Sedang 
HANGEDMAN Sedang 
DEATH Sedang 
TEMPERANCE Bagus 
DEVIL Sedang 
TOWER Buruk 
STAR Bagus 
MOON Bagus 
SUN Bagus 
JUDGEMENT Bagus 
WORLD Sedang 
FOOL Bagus 
ROD Bagus 
CUP Bagus 
SWORD Bagus 
PENTACLE Bagus 

Maya adalah reporter di majalah remaja Coolest. Dia sering memiliki perasaan deja vu yang nggak bisa dijelaskan kenapa. Atas perintah bosnya, Maya meliput peristiwa pembunuhan Joker yang membawa Maya ke masa lalu sekaligus ke masa mendatang. Statistik Maya sangat unik, seperti yang akan kamu lihat ketika ia meraih level. Kamu bisa menjadikannya petarung atau spell caster. Senjata yang digunakannya adalah pistol. 

ULALA

Personal Statistics
UMUR: 24 
TINGGI BADAN: 165 cm 
BERAT BADAN: 52 kg 
GOLONGAN DARAH: A 
PERSONA: Callisto 

Persona Compatibility 
MAGICIAN Buruk 
PRIESTESS Bagus 
EMPRESS Bagus 
EMPEROR Buruk 
HIEROPHANT Sedang 
LOVERS Bagus 
CHARIOT Sedang 
STRENGTH Sedang 
HERMIT Bagus 
FORTUNE Bagus 
JUSTICE Sedang 
HANGEDMAN Sedang 
DEATH Sedang 
TEMPERANCE Bagus 
DEVIL Sedang 
TOWER Buruk 
STAR Bagus 
MOON Tidak digunakan 
SUN Buruk 
JUDGEMENT Bagus 
WORLD Sedang 
FOOL Bagus 
ROD Bagus 
CUP Bagus 
SWORD Bagus 
PENTACLE Bagus 

Ulala sudah lama berteman dengan Maya. Gadis yang ramah dan enerjik ini jagonya ilmu bela diri. Doi rajin berlatih di Gold Fitness Club. Yang sering bikin Ulala stres adalah soal cinta. Statistiknya cenderung sedang, tapi ia termasuk anggota tercepat dalam grupmu. Kalau pada saat menyerang nggak pakai Persona, Ulala menggunakan tangannya sendiri. 

BAOFU

Personal Statistics 
UMUR: 32 
TINGGI BADAN: 177 cm 
BERAT BADAN: 63 kg 
GOLONGAN DARAH: AB 
PERSONA: Odysseus 

Persona Compatibility 
MAGICIAN Sedang 
PRIESTESS Buruk 
EMPRESS Buruk 
EMPEROR Bagus 
HIEROPHANT Buruk 
LOVERS Tidak digunakan 
CHARIOT Bagus 
STRENGTH Bagus 
HERMIT Sedang 
FORTUNE Sedang 
JUSTICE Buruk 
HANGEDMAN Bagus 
DEATH Bagus 
TEMPERANCE Sedang 
DEVIL Bagus 
TOWER Bagus 
STAR Buruk 
MOON Sedang 
SUN Buruk 
JUDGEMENT Sedang 
WORLD Bagus 
FOOL Bagus 
ROD Bagus 
CUP Bagus 
SWORD Bagus 
PENTACLE Bagus 

Baofu, si "hacker' yang memper-tahankan website-website di internet supaya penuh rumor dan informasi lain. Baofu cenderung suka menghina dan menyindir orang, makanya nggak akur sama Katsuya. Ia punya masa lalu yang dirahasiakan. Meskipun tidak sehebat Katsuya, tenaga Baofu kuat. Satu-satunya kelemahannya adalah dalam hal TEC. 

TATSUYA SUOU

Personal Statistics 
UMUR: 24 
TINGGI BADAN: 165 cm 
BERAT BADAN: 52 kg 
GOLONGAN DARAH: B 
PERSONA: Apollo 

Persona Compatibility 
MAGICIAN Sedang 
PRIESTESS Sedang 
EMPRESS Bagus 
EMPEROR Bagus 
HIEROPHANT Buruk 
LOVERS Bagus 
CHARIOT Bagus 
STRENGTH Sedang 
HERMIT Sedang 
FORTUNE Sedang 
JUSTICE Bagus 
HANGEDMAN Bagus 
DEATH Buruk 
TEMPERANCE Sedang 
DEVIL Sedang 
TOWER Sedang 
STAR Tidak digunakan 
MOON Bagus 
SUN Bagus 
JUDGEMENT Sedang 
WORLD Bagus 
FOOL Bagus 
ROD Bagus 
CUP Bagus 
SWORD Bagus 

Tatsuya dan Katsuya adalah kakak beradik. Karena mereka tumbuh sama-sama, Katsuya tahu kalau saudaranya nggak punya masa lalu yang menyeramkan. Tapi, sebagian masa lalu Tatsuya tersimpan rapi dan merupakan misteri bagi banyak orang. Sifatnya yang tertutup membuat Tatsuya nggak terlalu memikirkan soal sekolah dan hal-hal keduniawian lainnya dan paling sebel sama orang yang mau mencampuri urusan pribadinya. Doi muncul di akhir game dan kamu betul-betul hebat kalau bisa mendapatkannya. Soalnya Tatsuya punya serangan dan mantera yang ampuh. 


KATSUYA SUOU 

 Cowok berumur 25 tahun ini kakaknya Tatsuya. Katsuya adalah sersan di divisi kekerasan pada Kepolisian Konan. Namanya juga polisi, doi pasti cerdas dan punya naluri keadilan. Pada saat yang diperlukan, doi juga mampu bertindak dan mengambil keputusan dengan cepat. Karena keseringan meng-hadapi kejahatan, Katsuya kadang-kadang menganggap remeh masalah ini. Biar bagaimanapun juga, ia dikagumi rekan-rekannya. Mereka malah mengingkan Katsuya jadi detektif aja. Katsuya yang tinggi ini selalu berpenampilan rapi, lengkap dengan aksesori kacamata hitamnya. 

JOKER 

 Joker berkali-kali mengalami reinkarnasi, kekuatannya tak terbatas, pengikutnya banyak. Rein-karnasi pertama yang kamu temui adalah pembunuh yang berkostum kantong kertas. Joker bukan sekedar "daging", Maya merasa harus melakukan tes kejiwaan setelah bertarung dengannya.  

SISTEM PERTARUNGAN 

Persona 2: Eternal Punishment menampilkan sistem pertarungan unik. Pada level tertentu muncul perintah "Attack this", "Cast this" yang berulang-ulang, dan kamu nggak sulit mengontrol kelakuan para karakter. Kamu boleh memberikan perintah pada setiap karakter, dan begitu kamu mulai bertarung, karakter itu akan terus menampilkan perintah yang sama sampai dia atau musuhnya mati, kecuali kalau kamu mengubah perintah itu. Kalau kamu mau mengubah perintah, tekanlah (LINGKARAN). Tombol ini berbeda dengan "auto modes" yang ditampilkan game lain. Kalau situasinya berubah, kamu pasti bisa menyesuaikannya, kok. Ini lebih dari sekedar soal metode efisien daripada menekan tombol yang sama berkali-kali. 

Memberi dan Mengubah Perintah
Pertama kali bertarung, kamu dihadapkan pada beberapa pilihan. "Start Battle" berarti mulai bertarung dan "Strategy" untuk memberikan perintah. Menu ini juga menyajikan beberapa pilihan. "Action" mengizinkanmu memberi perintah pada setiap karakter. "Order" membolehkanmu menyusun kembali kelompokmu. Perintah ini digunakan jika kamu mau menyusun Fusion Spells. "Fussion Spells" memberi lagi semua perintah untuk menampilkan Fusion Spell yang dipilih dari daftar. Pilihan keempat ada di antara Normal dan Single Mode. 

Normal Mode dan Single Mode 
Pilihan ini dapat diubah dalam "Strategy" . Game dimulai dengan Normal mode, yang merupakan jenis pertarungan semi-auto. Dalam Single mode, perintah dikemukakan setiap kali setelah seseorang diserang, bukannya ketika dianjurkan. 

Menghubungi Musuh 
Kalau kamu menggunakan Contact mode, berarti kamu bicara dengan musuh, berusaha berteman dengannya dan untuk mendapatkan item kunci seperti Tarot Cards. Keberhasilan tergantung pada karakter yang mana yang kamu ajak bicara, bagaimana kamu menjawab pertanyaan, dan perilaku setan. Lingkaran berwarna di bawah setan menggambarkan perilaku setan yang kamu hubungi. Biasanya, hasilnya adalah si setan yang marah berat dan mencoba menyerang duluan. 

Lebih banyak keuntungan yang diraih, muncul pula konsekuensinya. Menghubungi musuh adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan Tarot Cards sehingga kamu bisa meraih Persona baru di Velvet Room. Ada juga keuntungan-keuntungan lain. Kadang-kadang kamu berteman dengan setan, dan mendesaknya untuk memberimu item dan membocorkan rahasia. Tapi, ada beberapa musuh yang sama sekali nggak bisa dihubungi. Musuh yang bukan setan (Manusia dan Zombi), misalnya Rumor dan boss setan. 

Kayaq yang udah disebutkan tadi, lingkaran-lingkaran berwarna muncul di bawah setan setelah kamu bicara dengannya. Setiap warna punya arti yang berbeda. Lingkaran merah sering ditemukan, menunjukkan bahwa ucapanmu bikin marah setan. So pasti ini bukan respon yang diinginkan. Lingkaran biru jarang terjadi, hal ini menyebabkan setan sedih dan kabur/hilang. Lalu, kalau ia menyelamatkanmu saat pertempuran, ia juga mencegahmu mendapat keuntungan. Lingkaran kuning adalah reaksi yang kamu inginkan. Setan mendesak musuh untuk menyerahkan padamu Tarot Cards yang sesuai dengan jenis setan itu. Kalau setan menyetujui kontrak, ia juga akan memberikan Free Crads. Lingkaran hijau sangat penting, tapi sukar muncul. Tanda ini mengizinkanmu menandatangani kontrak dengan setan. 

Sebagai akibat dari pilihan yang diambil oleh karaktermu, kamu boleh menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disukai setan. Kalau jawabanmu salah, sama aja dengan memilih kombinasi yang nggak tepat untuk anggota timmu. Hubungan dengan setan berakhir setelah kamu mendapat warna yang sama tiga kali berturut-turut.

FUSSION SPELLS 

Selama pertarungan, kadang-kadang kamu diberi kesempatan untuk menampilkan serangan kobinasi dengan dua atau lebih karaktermu. Kalau kesempatan ini datang, kamu akan didesak untuk terus melakukan serangan atau berhenti dan melanjutkannya dengan serangan tunggal. Pada umumnya, Fussion Spells menghasilkan banyak damage daripada serangan kombinasi, tapi ada situasi kapan serangan kombo tidak digunakan. Misalnya, jika salah satu pelaku serangan menciptakan efek status tertentu atau kesempatan untuk membunuh. Efek seperti itu seringkali hilang. Juga, dalam kasus dimana pertahanan elemental terlibat. Serangan kombinasi tidak bisa menyebabkan damage yang sama dengan serangan spesial. 

Untuk menghasilkan serangan kombinasi yang lebih mudah, pilihan dalam "Strategy" memanggil Fussion Spell apa aja yang udah kamu tampilkan sebelumnya. Jika satu Fussion Spell dipilih, perintah karaktermu otomatis terbentuk untuk melakukan serangan itu. 

Menggunakan Fussion Spells 
Untuk melakukan serangan dalam pertempuran, kamu harus menampilkan mantera yang terlibat dalam pertempuran dan diperintah dengan tepat. Mantera itu nggak selalu mantera pribadi, seringnya sih mantera biasa. Contohnya Hydro-Boost Fusion Spell. Mantera ini membutuhkan mantera bumi, mantera angin, dan mantera air. Kalau nggak ada mantera pribadi khusus yang diperlukan, serangan kombinasi dapat dilakukan dengan Magnus, Garu, dan Aqua. Isi celah dengan favoritmu atau dengan mantera yang paling andal. Hasilnya akan sama aja. 

Selain itu Fussion Spells setidaknya membutuhkan satu set mantera, seperti serangan Fire Burst yang dihasilkan oleh mantera api dan Straight Slash. Mantera yang berdasarkan api, pada awalnya berjalan lancar, tapi serangan itu tidak akan berhasil tanpa Straight Slash, dan cuma Straight Slash di bagian kedua. 

LEVEL KARAKTER 

Menjadi kuat adalah syarat utama untuk memenangkan game. Pada sebagian besar game RPG, level diraih kalau kamu mencapai jumlah tertentu sebagai hasil dari pertarungan. Di luar level normal yang dicapai, kamu juga meraih bonus statistik berdasarkan Persona yang kamu lengkapi. Beberapa Persona akan memberimu bonus STR, sementara yang lainnya memberikan bonus AGI. Bonus-bonus itu berlaku untuk semua statistik. 

Para karakter meningkatkan statistiknya berdasarkan level mereka. Baofu meraih 1 STR, 1 TEC, dan 1 LUC dalam satu level, tapi ia meraih statistik yang berbeda di level selanjutnya. Maya berbeda dengan karakter-karakter lainnya. Kamu bisa meningkatkan statistiknya. Kamu akan mendapat tiga poin sebagai tambahan dari bonus Persona-mu. Dan kamu dapat menempatkan poin-poin itu pada statistik yang kamu inginkan. Oleh karena itu Maya dapat menjadi karakter sesuai kehendakmu. 

PERSONA RANKS 

Pada dasarnya rank/tingkatan sama dengan level karakter. Setiap Persona dapat mencapai Rank 8, dan kalau ia meraih Rank, ia juga akan mendapat mantera-mantera baru dan bonus statistik yang lebih tinggi. Dalam kasus tertentu, Persona Rank sama pentingnya dengan karakter level Nggak peduli sekuat apa karaktermu, kamu cuma bisa melakukan serangan fisik dan Magna. Persona nggak bisa mendapat poin pengalaman; mereka akan bertambah jika dipakai dalam pertarungan. Semakin tinggi Rank, semakin sering digunakan. 

Ada banyak Persona dalam game, gunakan mereka sebaik-baiknya untuk mengalahkan lawan. Setiap Persona punya jumlah statistik unik yang membedakannya dengan Persona yang lain. 

Statistik 
Seperti karakter, Persona juga memiliki satu seri statistik termasuk STR, VIT, TEC, AGI, dan LUC. Semuanya itu selalu menjadi seimbang dengan statistik karakter untuk menghasilkan jumlah karakter yang sesungguhnya. Misalnya, katakanlah Katsuya punya 20 STR. Kalau ia dilengkapi dengan Persona yang STR-nya 30, ia punya 25 STR terapan. 25 STR itu bisa digunakan dalam kalkulasi pertarungan, bukan 20 STR yang dimiliki karakter itu sendiri. 

Kecocokan dan SP 
SP usage adalah rangkaian biaya yang digunakan mantera dari setiap Persona. Setiap kali kamu mengucapkan mantera, karakter-karaktermu bakal kehilangan SP berdasarkan 
jumlah ini. Setelah kamu kehabisan SP, kamu nggak bisa lagi mengucapkan mantera sampai ada SP yang baru. 

Menambahkan SP merupakan kecocokan Persona. Beberapa karakter mengguna-kan Persona tertentu. Ketika karakter itu mahir dengan tipe tertentu, SP usage-nya menurun. Kalau mereka tidak menangani tipe itu dengan baik, biayanya meningkat. 

Elemen dan Kekebalan 
Elemen kekuatan dan kelemahan Persona bermacam-macam. Setiap mantera dan serangan memiliki elemen dasar: fisik, api, air, angin, bumi, dan lain-lain. Persona dapat memberi karaktermu atribut yang ditargetkan untuk spesifik elemen. Manfaat dari memiliki atribut itu adalah dapat meningkatkan pertahanan terhadap lawan, kekebalan sesaat, bahkan pengisapan damage dalam hidup. Pada posisi terbalik, Persona sering membawa kelemahan. Elemen kelemahan itu menyebkanmu mendapat lebih banyak damage daripada kalau kamu mengambil elemen biasa. 

Mantera 
Persona menjadi lebih berguna kalau ada mantera. Persona punya satu set mantera yang unik, biasanya berdasarkan tipe elemen yang umum. Beberapa tipe elemen sudah tersedia, dan kekuatan mantera-mantera itu bermacam-macam. Kami akan membutuhkan macam-macam mantera, tergantung pada situasi.

SISTEM RUMOR 

Mendapatkan Rumor
Tempat-tempat di sekitar kota memberimu rumor. Pada umumnya ada satu sumber rumor di setiap distrik, kecuali di Aoba District. Berikut ini sekilas tentang beberapa tersangka: 

Chunky: Pelanggan Sushi Gatten di Rengadi District. Di awal game ia memberi cukup banyak rumor yang bermanfaat. 

Double Slash Cafe: Datang aja ke kafe ini kalau kamu udah mulai keqi berurusan dengan nara sumber. Di sini kamu bisa mendapat gosip-gosip terbaru lewat internet. 

Johny Roger Bartender: Bartender biasanya selalu unggul dalam soal gosip-menggosip, di dunia nyata maupun dalam game. 

Chika: Doi sering nongkrong di restoran fast-food Peace Dinner, tempat utama untuk mengetahui apa yang terjadi di Sumaru. 

Toku: Penduduk Shiraishi yang paling suka gosip ya Toku, cowok aneh yang memberimu banyak informasi. 

Ebony Bartender: Bartender di Ebony Bar adalah orang terakhir pada siapa kamu menanyakan gosip. Ia memberimu rumor paling penting dan berguna buat Personamu. 

Nekomata: Setan ini tersembunyi di kantor detektif. Setelah mengidentifikasi patung Lucky Cat, Nekomata menjadi sangat berharga bagimu, dan ia akan memberi gosip terkini. 

Beberapa orang yang lalu-lalang di jalan juga tahu tentang gosip. Perhatikan para pejalan kaki untuk mengetahui siapa mereka.

Menggunakan Rumor 
Setiap rumor menunjukkan efek yang berbeda-beda. Efek yang paling umum adalah meningkatkan investaris dan pelayanan toko. Maka, pergilah ke toko itu. Ada juga rumor yang efeknya nggak jelas.Efek seperti ini dapat menyebabkan setan siap bertarung di dungeon atau bertingkah laku seolah-olah sedang menyusun rencana. 

Majalah Kontes Rumor 
Kalau kamu berhasil meraih rumor tiga kali lipat lebih banyak, ada kemungkinan kamu memenangkan hadiah dari majalah-majalah. Jenis gosip akan menentukan hadiah apa yang bisa kamu menangkan, umumnya sih senjata, baju baja, atau item. 

Supaya bisa ikut kontes, mula-mula beli majalah di toko Satomi Tadashi. Kemudian berikan majalah itu pada Tammy di kantor detektif. Ia yang akan mengurus hal lainnya dan mengirimkannya ke majalah itu. Kalau kamu ingin memperbesar peluang untuk menang, kamu bisa mendaftarkan sampai 99 entry untuk setiap majalah. Setelah kamu berhasil masuk, keluarlah dan bersantailah. Biasanya, kamu ingin melengkapi dungeon sebelum hadiah tiba. Untuk mengambil hadiahmu, pergilah ke Kissmet Publishing. Hadiahnya ada di lantai atas, dalam kotak cokelat di lantai.

Tidak ada komentar: