Jumat, 24 April 2015

Walkthrough ICEWIND DALE (PC)

 

Game RPG yang satu ini termasuk dalam jajaran game yang bernilai "excellent". Beberapa majalah PC malah memberi komentar "beauty and perfect". Gameplay , grafis dan musiknya nggak ada celanya. Ngomong-gomong soal musiknya, Icewind Dale malah termasuk game dengan musik yang paling pas dengan gameplaynya. Weslah, pokoke bagus aja! PC gamer sejati kayaqnya mesti punya deh game ini. 

KOMPOSISI DAN BESARNYA KELOMPOK
Kebanyakan pemain sering beranggapan 
kelompok yang beranggotakan 6 karakter lebih menguntungkan. Padahal sebenarnya lebih baik memilih grup dengan 4 karakter karena lebih simpel , lebih mudah mengatur inventori dan tidak banyak item yang memerlukan  mantera/spell.Grup dengan 4 karakter dipilih dari kelas utama : Warrior, Rogue, Wizard dan Priest Gayamu memainkan game ini akan menentukan bagaimana penampilan kelompok yang kamu buat. Untuk pertarungan yang nggak terlalu berat barangkali kamu bisa membuat grup gabungan seperti single-lass fighter dengan a split-class fighter atau thief lalu cleric dengan druid atau dengan wizard. Karena kamu hanya punya 4 orang anggota kelompok, so split-class thief oke banget. Kamu tetap bisa mengambil semua senjata dan semua kebutuhan tentang mencuri bisa terpenuhi. 

PILIHAN MANTERA
Kaum Druid cenderung lebih cepat daripada Cleric, tapi Cleric lebih potensial dalam hal mantera Healing (penyembuhan) dan Necromantic (pemanggilan arwah). Jika kamu ingin tokoh yang bisa bertahan dalam perturangan bertahan dan melindungi kelompok pilih Cleric. Jika kamu memilih menghancurkan musuh dengan magic yang menyerang dan menyapu bersih musuh, pilih Druid. Single-class Wizard kelihatanya emang nggak bagus, tapi itu di awalnya aja loh! Begitu game semakin meningkat di lorong-lorong dan maju ke bab berikutnya, tokoh wizardmu bisa mengeluarkan mantera/spell dengan kekuatan yang sangat tinggi. Sementara untuk yang berkekuatan biasa saja Conjurer paling efisien digunakan. Di sini ia cuma punya mantera Greater Divination. Karaktermu bisa mengakses semua mantera dan masih bisa menerima bonus mantera khusus. 

KELOMPOK 6 KARAKTER 
Menambahkan Palladin atau Bard bisa membuka pilihan dialog yang menarik. Begitu juga bisa membuka sejumlah senjata dan berbagai macam item magic yang hanya bisa digunakan oleh Paladin atau Bard aja. Dengan membentuk kelompok yang lengkap, bisa membuatmu menutup semua basis dan membuka banyak option untuk kemampuan kelompokmu.

SPELLING BEE
Icewind Dale adalah merangkak di lorong-lorong bawah tanah, itu yang harus kamu ingat. Pertarungan juga bakal sering terjadi, makanya kamu harus hati-hati dalam memilih Spell (mantera). Contohnya mantera Sleep sangat cocok untuk melawan Goblin tapi nggak efektif untuk melawan Skeleton (tengkorak). Kamu juga mesti memperhatikan ada spell-spell tertentu yang ngeluarinnya butuh waktu yang lebih lama daripada spell yang lain. Ini mengakibatkan kamu kehilangan seorang karakter, baru manteranya keluar. Rugi kan!

Kumpulkan Magic Missile di awal game. Protective spell seperti Armor (baju baja), Shield (perisai) dan Mirror (cermin) dan memperpanjang ketahanan dalam perang. Cleric dan Druid harus bertahan di Healing Spell dan lengkapi mereka hanya dengan satu atau dua spell menyerang. Pilihlah Engtangle atau Flame Blade untuk Druid, sementara Cleric dengan Bless atau Magic Stone.

MULTI CLASS CHARACTERS 
Engine dalam Icewind memungkinkan kamu mempunyai multi-class dan dual-class character. Untuk Multi-Class memulai petualangannya dengan 2 atau 3 kelas yang terbatas sementara dual-class dapat bertukar kelas.

Di bawah ini beberapa karakter yang penting

Elves 
Seorang petarung atau penyihir (mage) bisa menggunakan berbagai macam jenis senjata dan bisa mendapatkan poin yang pantas. Jangan tergoda untuk membuat triple-class (fighter/mage/thief) karena ini bisa memperlambat gerakan mereka. Banting Mirror Image, Stoneskin, Strength dan Haste ke karaktermu dan lihat aja jagoanmu akan menghancurkan apa saja tanpa merusak ruangan. Fun, bung!

Half-Elves
Lumayan powerful di pilihan split-class untuk cleric/ranger. Jenis ini bisa mengakses ke semua mantera Priest, dapat juga secara diam-diam meningkatkan kemampuan Ranger. Selain itu bisa mengambil keuntungan dari Hated Enemy.

Gnomes
Makhluk ini sangat berguna sebagai Cleric/Thieves. Kemampuan mereka untuk mengeluarkan Find Trap juga berguna sekali. Dalam combat, bonus AC yang mereka miliki melawan makhluk dari Giant-Class bisa menjadi penyelamat. Saat mereka terjebak dalam jebakan magic, bonus yang mereka simpan sangat menolong.

Halfling and Dwarves
Dwarves adalah fighter/cleric yang paling oke. Dwarven fighter/cleric spesialisasinya adalah mencambuk atau palu. Jika kamu menaikan statistik fisik, mantera Draw Upon Holy Might akan membuat karaktermu ini sangat kuat. Cleric sangat jago dalam melempar racun maupun death magic, ataupun kombinasinya dengan bonus melawan racun milik dwarven bisa menyebabkan kamu kebal terhadap racun yang dilemparkan lawan.

DUAL-CLASS DECISION 
Karakter Dual-class lumayan berguna jika kamu ingin meraih sebagian aja dari power seluruh class. Namun kamu harus berhati-hati kalau kamu terlalu sering memilih dual-class terutama di tengah-tengah permainan. Ini akan membuat seluruh kelompokmu melemah. Lebih baik atur segala bergiliran sampai mereka melewati level-level sebelumnya. Jadi lebih baik pikir-pikir dulu deh sebelum memilih Dual-Class.

TIPS TERAKHIR 
Kamu harus pastikan karakter yang memimpin kelompokmu adalah karakter yang punya intelegensia tinggi dan punya karisma. Hal ini bisa membuka percakapan yang menarik, dan bisa bikin game kamu jadi lebih dinamis. Buat yang nggak terlalu mementingkan intelegensia ya..nggak apa-apa juga sih. Kamu harus membuat seorang petarung yang sekuat mungkin. Sebuah kelompok dengan 2 orang ksatria yang kuat dan sejumlah mantera yang dashyat dapat menjaga semua anggota tetap hidup dan sehat.

Tidak ada komentar: