Jumat, 17 April 2015

WALKTHROUGH DARK STONE (PS1)


Tips Memainkan Darkstone 
Pertama-tama selesaikan melalui darat. Kemudian selidiki ruangan-ruangan di sekitarnya, sehingga pengalaman karaktermu menjadi lebih tinggi dan cukup mendekati kekuatan lawan yang akan kamu hadapi. 

Biarkan komputer yang mengendalikan karakter yang menggunakan senjata jarak jauh (missile). Dengan demikian, kamu bisa pakai karakter yang menggunakan senjata serangan jarak dekat untuk membuka pintu dan memberikan kesempatan pada karakter lain untuk menembakkan missile ke arahnya. Jika kamu tidak melakukan hal ini, para petarungmu akan kewalahan dan terbunuh. 

Jangan biarkan petarungmu berjatuhan (berkurang). Sepertinya para NPC yang tidak berbahaya, tanpa kamu sadari bisa berubah menjadi lawan yang cukup berat. Ingat, kejahatan menguasai kepulauan ini, jadi cobalah untuk selalu berjaga-jaga. Jangan percaya pada seseorang sebelum dia membuktikan bahwa dia bukan musuh. 

Perhatikan roda gigi (gear) agar selalu dalam kondisi baik. Perhatikan bar merah roda gigi yang kamu gunakan di layar. Itu berarti, senjata atau armor kamu sudah mulai menipis dan akan hancur. Segera perbaiki, baik di kota atau atau dengan menggunakan keahlian memperbaiki yang kamu miliki (repair skill). 

Kembali ke kota sesering mungkin. Kamu perlu istirahat setelah bertualang, juga penyegaran serta perbaikan-perbaikan, juga untuk item dan spell untuk mempersiapkan petualangan yang berikutnya. Dan hal ini sangatlah penting untuk petualangan kamu. Makanan (food) sangat lebih penting dari yang kamu perkirakan. Tanpa makanan, karaktermu akan kelaparan dan bisa mati. Untuk menghindarinya, belilah makanan di kota.

Gunakan jalan sempit dan pintu untuk melawan musuh secara gerilya dan menjatuhkannya satu persatu. Kalau kamu merasa terdesak ketika berhadapan dengan musuh, carilah celah atau lubang sempit, dengan demikian kamu akan dapat mengalahkannya dengan lebih mudah jika dibandingkan dengan melawannya di daerah terbuka dimana mereka dapat mengepungmu. 

Gunakan sabuk item (item belt) kamu dengan baik, gunanya sebagai Shortcut dari item yang ada di inventori kamu. Jangan mengisi sabuk item dengan item yang sama beberapa kali. Misalnya; simpan satu health potion di slot sabuk item dan simpan health potion yang lainnya di inventori. Dan kamu bisa mengambil semua health potion yang kamu simpan di inventori dari slot sabuk item. 

Simpan selalu item cadangan untuk keadaan darurat di slot sabuk item. Seperti Resurrection, Magic Door, dan Teleportation, semuanya itu adalah item yang bagus untuk selalu dibawa, sampai kamu sudah bisa spell dari item-item tersebut. Item tersebut bisa membuat kamu dapat menghidari musuh dengan cepat. 

Dalam game ini Keahlian (skill) bisa jadi lebih penting daripada Spell yang bisa kamu gunakan. 

Sun Cross 

Ardyl Crystal Quest (level 1-4)
Ketika kamu menjelajahi Ardyl, kamu akan sampai di sebuah benteng. Di dalam, kamu akan bertemu dengan penjual barang antik Drakus. Dia akan meminta bantuanmu untuk mencari Sun Cross, sebuah artifact yang katanya dicuri oleh murid Kaliba. Jalan menuju Sun Cross juga merupakan perjalananmu menuju Crystal yang pertama. 

Jalan turun menuju level 1. Ada sesuatu yang menarik di level 1 dan 2, jadi berjalanlah melalui babarapa pertempuran menuju level 3 dari ruangan ini. Kamu akan menemukan biara Kaliba di tengah-tengal level, tetapi kamu belum bisa memasukinya. Temukan jalan masuk ke level 4 dan turun lagi. Gondoor menunggu di level 4, di dalam sebuah ruangan dekat dengan pertengahan level, ke tes permulaan administer untuk murid Kaliba. Salah satu dari karakter kamu harus mengikuti tes tersebut. 

Masuk ke ruang tes yang pertama. Gerbang di blok empat buah ruangan kecil. Dorong tongkat pengungkit ke karakter kamu tepat setelah kamu masuk. Ini akan membuka gerbang yang menghalangi peti. Di dalam peti, kamu akan menemukan kunci untuk membuka pintu yang ada di depanmu. 

Ketika kamu memasuki ruang tes yang kedua, Gondoor akan memberitahumu untuk menghabisi penjahat yang terikat di meja di tengah ruangan. 

Jangan hiraukan perintah ini. Lebih baik dorong tongkat pengungkit yang ada di dinding depan. Dua ruangan kecil terbuka dan keluar dua laba-laba dari dalamnya. Bunuh keduanya untuk mendapatkan kunci pintu di depan. 

Selesai sudah tes yang kamu jalani. Sekarang pilih senjata dari tumpuan di sebelah kiri kamu sebagai hadiah. Gondoor memberikan kamu amulet (jimat) sehingga kamu dapat memasuki menara di level 3. gunakan amulat tersebut, ambil karakter kamu yang lainnya, dan jalan ke atas tangga menuju menara. 

Sebelum kamu memasuki menara, periksa tubuh di hall luar. Pemeriksaan itu akan menghasilkan sepucuk surat yang berisi informasi berguna. 

Masuk ke menara. Pendeta di dalam mengabaikanmu. Jangan dulu ambil Cross dari altar. Sebaiknya cari obor yang ada di dekat rak buku di sepanjang dinding. Putar obor untuk membuka rak buku ke belakang, lalu buka jalan rahasia yang baru menuju makam Inoc. 

Di dalam jalan rahasia kamu akan menemukan makam Inoc. Save game, lalu tekan tombol aksi pada makan. Inoc akan muncul dan mencoba untuk membunuhmu. Kamu harus membunuhnya. Setelah itu, ambil Sun Cross yang sesungguhnya dari tubuhnya. Kemudian kembali menuju ke Ardyl dan berikan Sun Cross pada Drakus. 

Pada saat kamu sampai di toko barang antik di Benteng, save game kamu sekali lagi. Berikan Sun Cross pada Drakus. Drakus berubah menjadi monster, dan anak buahnya menjadi manusia lizard. Bunuh Drakus dulu, baru kemudian bereskan manuisa lizard. Pada saat Drakus kalah, kamu akan mendapatkan Crystal yang pertama sebagai hadiah. Ambil dan jalan menuju pintu gerbang.


Riken Ghost

Ardyl Crystal Quest (level 1-4) 
Ketika kamu sampai di perkampungan yang dikelilingi benteng, carilah Mayor di sana. Dia akan memberitahumu bahwa penyihir Zxoram telah mencuri banyak tanduk, dan perkampungan itu tidak mungkin bisa sama kayaki dulu lagi sebelum benda itu ditemukan. 

Masuki ruangan level 1. Temukan ruangan yang bersinar biru dan periksa tulang untuk membangkitkan hantu Riken. Dia akan membimbing kamu dalam petualangan ini. Temukan pintu masuk dan turun ke level 2. 

Temukan markas Golem api. Riken akan memperingati kamu ketika kamu masih di luar. Masuk dan cepat bunuh Golem api (kalau bisa dengan senjata jarak jauh), hindari serangan jarak dekatnya. Dapatkan elemen api yang dijatuhkannya, kemudian turun ke level 3. 

Kali ini target kamu adalah Golem es. Temukan markasnya; sekali Riken akan memperingati kamu. Bunuh Golem es seperti cara kamu membunuh Golem api, dan ambil elemen es yang dijatuhkannya. 

Turun ke level 4. kamu akan menemukan tempat pengasingan Zoram di tengah level. Riken akan muncul di luar; bicara padanya, berikan kedua elemen yang kamu dapatkan padanya, dan dia akan memberikanmu jubah awan (cloak of cloud). Kalau kamu menggunakannya, kamu akan bisa jalan menembus dinding di tempat kediamannya. Zoram akan menemuimu secepatnya; letakkan karakter yang menggunakan senjata jarak jauh di bawah kontrol AI dan berlari bersama karaktermu untuk mengambil terompet dari pedestal yang kamu kalahkan. Kamu dapat memilih membunuh Zoram, atau meninggalkannya dan kembali ke desa Ardyl. 

Berikan terompet pada Mayor,. Dia akan berterima kasih padamu, dan Riken akan datang ke gerbang desa untuk memberikan Crystal yang sudah kamu miliki. Sebastian sang penyihir akan muncul juga, dan memerintahkanmu untuk membawakannya tujuh Crystal agar dia bisa membangun kembali bola waktu. 

Ardyl Crystal Quest [Level 1-4] 
Mika sang penyihir telah bersumpah untuk merubah setiap wanita yang lebih cantik dari dirinya menjadi batu. Dia tua dan jelek, dan dia selalu menepati sumpahnya. Akibatnya, kebanyakan wanita di desa berubah menjadi batu. Rob dan laki-laki lainnya memohon kepadamu untuk menolong mereka. 

Pergi ke rumah penyihir dan bicara kepada Mika. Dia tidak akan iba, kecuali kamu bisa membuat dia cantik lagi. Akhir Level 1, dimana ada tulisan, "Welcome to the Fourtain of Youth." 

Turunlah ke level 2 dan carilah peti yang di dalamnya ada cermin. Ambil cermin itu dan lalui level 3 langsung menuju ke level 4. Temui Elas dekat air mancur Youth (abadi) di pertengahan level. 

Berikan cermin kepada Elas, dan dia akan memberimu cermin kutukan (cursed mirror), yang dapat menyakinkan orang-orang cantik bahwa mereka buruk rupa, dan meyakinkan orang-orang buruk rupa bahwa mereka cantik. Bawa cermin itu pada Mika; dia akan mengira kalau dia cantik lagi, lalu hancurkan mantra. 

Pergi ke desa. Rob akan memberikan kamu Crystal yang memberikan kamu kekuatan untuk mengatasi masalah kamu. Sebastian akan muncul dan bertanya apa kamu telah memiliki ketujuh Crystal. 

Genna's Disease 

Ardyl Crystal Quest [Level 5-8] 
Cari Ardyl di perkampungan kecil, dimana kamu kan menemukan Genna pada akhir hidupnya. Saudara iparnya, Gutrick, bilang kepada kamu dia jatuh sakit, dan dia tidak tahu harus berbuat apa untuknya. 

Cari perkampungan; salah satu dari sepuluh peti berisi surat dari Ger si penyihir. Itu yang melibatkan Gutrick dalam meracuni saudara iparnya. Bacakan kepada Gutrick dan dia akan mengakuinya. Dia setuju untuk ikut bersama kamu untuk menemui Ger, yang akan memberikan kamu mangkuk berhiasan yang dapat digunakan sebagai penangkal. Jika kamu menemui Ger tanpa Gutrick, dia tidak akan membantumu. 

Masuki ruang bawah tanah level 5 dan cari tempat pemujaan dengan prisma di atasnya. Ambil prisma, tiga prisma lagi terdapat di bawah ruang bawah tanah. Kamu memerlukan itu semua untuk menyembuhkan Genna. Teruskan perjalan kamu ke level 6 

Kamu akan menemukan Air mancur cahaya pada level 6. Ini ruangan dengan tempat pemujaan yang tesusun seperti lingkaran. Tempatkan dua prisma yang kamu miliki pada tempat pemujaan: satu pada bawah kipas dengan cahaya ungu dan satu lagi di tempat pemujaan pada posisi arah jam 3. Sebuah sinar ungu akan menghubungkan kedua prisma. Maju menuju pintu level 7. 

Kumpulkan prisma lainya pada level 7, kemudian lanjutkan ke level 8 untuk mengumpulkan prisma terkahir. Kembali ke level 6, dan tempatkan dua prisma terakhir pada posisi jam 6 dan jam 9 pada lingkaran altar tempat pemujaan. 

Sinar-sinar akan menerangi tengah altar tempat pemujaan. Tempatkan mankuk pemberian Gerpada tengah altar tempat pemujaan dan itu akan dipenuhi cahaya unggu. Ketika sudah penuh, kamu akan mendapatkan penawar racun. 

Bawa mangkuk tersebut ke tempat Genna dan berikan itu padanya. Dia akan sembuh dan memeberikan kamu Crystal sebagai hadiah.

Unicorn 

Ardyl Crystal Quest [Level 5-8]
Kamu akan menemukan kunci Unicorn untuk ke pos. Bicaralah pada peri terdekat; dia akan menawarkan untuk menolong kamu menemukan Felder sang penyihir dan membebaskan Unicorn. 

Turun ke level 6. Peri dapat menolong kamu membuka gerbang yang terkunci disana. Tempatkan dia pada gerbang. Dia akan terbang memutar pengungkit. Lalui gerbang, kumpulkan emas, senjata dan racun dalam peti. Maju ke level 7. 

Ada sedikit yang menarik di level 7. Teruskan ke level 8, menuju gerbang yang terkunci melalui lantai kayu. Ini adalah jalan masuk menuju laboratorium Felder. Perintahkan peri untuk membuka gerbang. Kalau sudah selesai, Felder akan menagkapnya. Masuk ke dalam dan bunuh Felder secepatnya. Bebaskan peri dan dia akan memberimu kunci yang dia curi dari Felder sebelum Felder mati. 

Kembalilah dan gunakan kunci untuk membebaskan Unicorn. Sang peri akan memberimu Crystal sebagai hadiah. 

Reed's Song 

Ardyl Crystal Quest [Level 5-8] 
Temukan Peri Danau. Ketika kamu bermain dengan drum di sekitar situ, Peri Danau akan muncul. Dia akan menyanyikan lagu untukmu - lagu tentang ular dan mengatakan pada kamu untuk memainkan alang-alang, dari yang terkecil sampai yang terbesar, untuk memainkan lagu. Kelima alang-alang yang kamu butuhkan ada di kamar bawah tanah level 5-8. 

Masuki level 5 dan cari dua buah peti yang di dalamnya terdapat alang-alang. Setelah kamu mendapatkannya, turun ke bawah ke level 6 dan cari peti yang terdapat alang-alang di dalamnya. 

Temukan dua alang-alang terakhir pada level 7 dan 8; kemudian teruskan ke Mouth Room. Podium utama di sana dipenuhi ular-ular; di sana ada lima permukaan di dinding. Tempatkan alang-alang, yang terkecil di sebelah kiri dan yang terbesar di sebelah kanan, dalam Mouth. Mereka akan memainkan lagu ular. 

Saat lagu dinyanyikan, jalan ke podium dan buka pintu di depan untuk mendapatkan Crystal. Ular-ular tidak akan menyentuh kamu selama lagu masih dimainkan. Kembali ke Ardyl dan lanjutkan perjalanmu. 

Treasure 

Marghor Crystal Quests [levels 9-12] 
Temui saudara Jean, yang menjalani takdirnya menjadi Rahib. Jean buta, ia memintamu mencari obat untuk penderitaan Eye of Ra. Masuki level 9 untuk mulai mencari. 

Peti di level 9 berisi dua buah Ocular Globe. Temukan benda itu dan tempatkan pada lekuk mata sebuah patung kecil (arca). Kamu dapat membawa patung tersebut. 

Pergi ke level 10. kamu akan menemukan satu-satunya Ocular Globe untuk patung di sana. Letakan itu pada lekung mata patung, kemudian lanjutkan ke level 11. Di sana kamu akan menemukan dua buah Ocular Globe; yang satu adalah milik patung pada level 10. Letakan itu di sana dan bawa patung tersebut sebelum melanjutkan. 

Letakan Ocular Globe lainnya pada lekung mata patung di level 11 dan pergi ke level 12. sekali lagi kamu mendapatkan Ocular Globe berikutnya, kembalilah dan dapatkan patung terakhir. Setelah kamu mendapatkan ketiga patung, masuki Solar Room pada level 12. Pola di lantainya seperti jam. 

Baca petunjuk di dinding dan tempatkan patung-patung tersebut; emas pada 7, perak pada 10, perunggu pada 3. Ini akan membuka gerbang. Peti yang menahan Eye of Ra. 

Kembali ke saudara Jean dan berikan dia Eye of Ra. Sebagai penggantinya, dia akan memberikan kamu sebuah kaca pembesar. Simpan di inventori kamu untuk nanti. Sekarang temukan Gar, orang yang memacing dekat pulau Bartalan. Pinjam beberapa ikan segarnya dan bawa ke Rhino tukang kayu. Dia akan setuju memperbaiki apa pun yang kamu inginkan. 

Bawa Rhino kembali ke pulau dan minta dia memperbaiki jembatan. Sebrangi dan baca tanda pertama: "Caution! Mine Field" gunakan kaca pembesar untuk membaca tanda di depan dan ikuti petunjuknya. Untuk sampai ke peti di depan, belok ke kiri dari pohon antara dua tanda; kemudian menyusuri air melalui bebatuan dan mendekati peti dari Utara. Peti menahan kitab dengan halaman kosong. 

Setelah kamu mendapatkan kitab, tinggalkan pulau dan pergi ke kuil Eras. Eras tidah beribadah selama berabad-abad tetapi letakan saja makanan di altarnya dan dia akan keluar. Berikan dia kitab; dia akan menuliskan wahyunya pada halaman kitab, dan berkata padamu untuk melakukan penyebaran agama untuknya. 

Bawa kata-kata Eras kepada Saudara Jean; dia telah sembuh oleh Eye of Ra, tetapi dia masih kekurangan kepercayaan. Kitab akan meyakinkannya, dan ketika kamu kembali kepada Eras, dia memberikan kamu Crystal sebagai hadiah karena menolong dia. 

Baby 

Marghor Crystal Quests [levels 9-12] 
Temukan desa yang 'mati' dan bicaralah pada Lucy. Dia bilang, bayinya diculik Lizard-man yang dipimpin oleh Dragon (naga), dan suaminya sedang mencarinya. Suaminya yang terluka sedang terbaring dekat pintu masuk ke level 9. Berikan dia sebuah Healt Potion; dia sembuh dan memberikan kamu sebuah Invisibility Scroll. Masuk ke dalam untuk mencari bayi. 

Tujuan kamu di sini adalah untuk bertempur disepanjang perjalanan menuju level 12, dimana Josh (sang bayi) sedang dikorbankan dalam upacara yang mengerikan. Ulur waktu sedikit sebisa kamu di level yang lain, karena mereka berjalan lambat dengan mahluk. Di level 12, temukan kuil dan masuk. Gunakan invisibility Scroll yang diberikan oleh ayah Josh ke kamu dan ambil bayi tersebut dari Lizard-man. Hindari perkelahian yang tidak adil dan pergi keluat pintu. Kembali ke permukaan dan berikan bayi kepada Lucy. Dia akan memberikan kamu Crystal sebagai imbalannya.

Hive 

Marghor Crystal Quests [levels 9-12]
Sumur di desa itu sudah kering. Bicara pada Richard, dan dia akan memberitahumu bahwa pada malam hari kamu akan mendengar suara aneh dari dalam sumur. Sumur itu merupakan pintu masuk ke level 9; turunkan tali dan turun ke level 10 untuk melanjutkan. 

Setelah kamu menjelajahi level 10, kamu akan melawan sebuah skeleton (tengkorak) yang duduk di singgasana fear (takut). Jika disentuh, dia akan hidup, tatapi kamu harus membunuhnya jika kamu ingin mendapatkan armor fear yang digunakannya. 

Jalan turun menuju level 11. para serangga harus memaksa manusia untuk menggali terowongannya di dua pertambangan ini. Bebaskan Rosso dari pertambangan pertama dengan menghancurkan enam buah incubator. Gunakan senjata magic bomb atau serangan pukulan untuk menyelesaikannya. Rosso akan memberikan kamu pedang Elron, satu-saatunya senjata yang dapat membunuh sang ratu di bawah. 

Turun menuju level 12 dan potong lembaran yang menghalangi jalan menuju sarang. Incubator yang ada di dalam memompa tawon raksasa. Kenakan Fear Armor dan persenjatai diri kamu dengan Elron Blade. Serang sarang ratu dan biarkan kawan-kawan AI yang kamu miliki bekerja melawan tawon yang lainnya. Setelah sang ratu mati, kamu akan mendapatkan Crystal dari mayatnya. Ambil dan keluar secepatnya, sebelum 

lebah yang banyak menyerang kamu. Kalau kamu kembali ke desa sekarang kamu belum bisa mendapatkan hadiah atau imbalan, jadi langsung saja menuju pertambangan yang berikutnya. 

Marghor Crystal Quests [levels 13-16] 
Horgan adalah seorang petapa tua yang meminta kamu untuk membunuh Korgan ketua Orc dan mendapatkan kembali Crystal kehidupan yang dicurinya. 

Korgan berada dalam benteng Orc, dan di sana banyak Orc yang melindunginya. Berdiri di depan pintu masuk dan pancing mereka satu persatu untuk menghindari penyerbuan. Habisi Korgan dan dapatkan Crystal kehidupan darinya; kemudian cari peti untuk mendapatkan potion dan makanan. 

Bawa kembali Crystal kehidupan kepada Horgan. Ketika kamu memberikan padanya, dia akan membuka jalan rahasia menuju level 13; satu karakter harus berjaga di teleporter di reruntuhan kuil menunggu yang lainnya, gunakan amulet Horgan, kemudian masuk ke dalam. Portal ini dahulunya dibuat oleh Kaliba untuk mengeluarkan Draak. Di dalam, kamu harus bertempur melawan juara dari shadow world. 

Di level 13, kamu akan menemukan sarang Gatrol. Putar pengungkit di luar untuk membuka gerbang, dan kemudian bertempur di sepanjang jalan melawan para tengkorak pemanah. Piringan lantai memicu gerbang ke ruangan di dalam; tembak skeleton (tengkorak) dan kapten skeleton secara sembunyi-sembunyi dari luar; kemudian masuk dan lanjutkan perjalanan ke pintu. dobrak pintu dan kalahkan Gartol. Menjauhlah dari serangan pedangnya; kamu akan terdorong mundur jika terkena serangannya. Setelah Gatrol dikalahkan, ambil pedangnya. Kemudian menuju level 14. 

Di level 14, kamu akan menemukan pringan perjalanan yang membuka serangkaian gerbang. Buka gerbang-gerbang tersebut, tetapi jangan maju ke ruangan berikutnya; sebuah teleporter ada di dalam. Jalan melangkah secara diagonal, dan lawan skeleton. Bunuh Digmar dan ambil pedangnya. 

Turun ke level 15. jalan dengan cepat keluar turun menuju level 16 (tidak ada penjaga di level 15). Di sana, ikuti jalan yang membingungkan ke tengah. Kuil kematian berada di ujung jalan yang panjang dilapisi karpet. Letakkan penjaga berpedang di tempat ruangan yang berseberangan, dan Crystal bersama dengan Hassen, penjaga terakhir yang muncul. Bunuh Hassen dan ambil Crystal dari tengah tumpuan. 

Marghor Crystal Quests [levels 9-12] 
Eraldus menginginkanmu memasuki sarang labah-labah dan menyelamatkan istrinya, Angeli-que. Dia ditahan di level 13, tetapi kamu harus berjalan sampai ke level 16 untuk mendapatkan kunci untuk membebaskannya. Cari disetiap level dengan cermat; nantinya kamu akan membutuhkan sebuah transportation scroll yang berada di suatu tempat di bawah. 

Di level 13, kamu akan menemukan penjara tempat Angelique ditahan, tetapi kamu akan membutuhkan kunci untuk dapat membebaskannya. 

Pergi ke level 14 dan masuk ke ruang penawaran. Ambil dua potion dari tumpuan. Abaikan dulu armor untuk saat ini; kamu belum bisa mendapatkan senjata. Cari pintu masuk ke level 15. 

Di level 15, pergi ke ruang potion. Dua tumpuan di sana menahan racun potion, dan salah satunya memegang medali Aracach. Ambil dua potion dan kemudian turun menuju level 16 (kamu bisa memasuki ruang venom saat kamu turun). 

Di level 16, pergi ke ruang Crystal. Lemparkan sebuah penawar potion ke dalam masing-masing (tiga) kolam Venom untuk membebaskan Crystal. Kamu dapat pergi sekarang, jika kamu tidak menginginkan hadiah senjata Eraldus. 

Kalau kamu menginginkan senjatanya, kembali ke level 15 dan jatuhkan racun (poison) potion di kedua vat; kemudian kembali ke level 16 dan lakukan hal yang sama. Ini akan membuka pintu ke ruang Master. 

Masuk ke ruang master, tempat kamu bertemu Dreak pertama kalinya. Setelah mengejekmu, dia pergi dan Aracach muncul. Bunuh labah-labah raksasa ini dan cari kedua peti. Kamu akan menemukan hammer-njoliner (palu) yang besar, salah satu senjata yang paling kuat dalam game ini, seperti juga potion penawar dan kunci penjara. 

Kembali ke level 15. sekarang kamu bisa menda-patkan medali Aracach dari ruang poison dan venom room. Bawa mereka kembali ke gudang persenjataan, simpan di tumpuan yang kosong, dan pilih senjata. 

Sekarang kembali ke level 13 dan buka pintu penjara dengan kunci penjara. Hindari pertempuran melawan labah-labah di dalam, dengan membuka pintu penjara Angelique, yang ada di sebelah kananmu. Berikan dia teleportation scroll, dan kemudian tinggalkan tempat itu. 

Eraldus tidak ingin memberikan kamu hadiah atau imbalan; malah dia ingin membunuhmu kalau kamu mengganggunya terus. Bunuh saja dia. Angelique, penyihir kuat, kemudian berubah menjadi manusia srigala. Bunuh dia untuk mendapatkan kunci menuju peti Eraldus, dan buka peti tersebut untuk mendapatkan Master di dalamnya.

Shadire 

Marghor Crystal Quests [levels 13-16]
Temukan Shadire di Marghor. Katanya, Lizardmen sedang bertelur. Dengan menggunakan pedang Celestial, kamu bisa menghentikan pengembangbiakannya. 

Masuk ke level 13 dan temukan penjara, gunakan pengungkit diluar sel untuk membebaskannya. Dia akan memberikan kamu simbol Celestial yang akan membebaskan pedang Celestial. Bunuh Lizardmen dan Ratman Lord, dan kemudian dapatkan pedang Celestial. 

Kembali ke level 13 dan temukan ruang inku-bator. Putar pengungkit di luar untuk menjatuhkan paku pada yang menghalangi jalan kamu. Bunuh penjaga Lizardmen dan ular, dan kemudian gunakan pedang Celestial untuk menghancurkan telur-telur. 

Kembali ke Marghor dan bicara pada Shadire lagi. Dia akan memberikan kamu belati Celestial. Turun ke level 14 dan kemudian bertempur sepanjang perjalanan kamu menuju level 15. bertempur melawan labah-labah dan tali-tali pancing untuk mencapai level 16. di sana, jalan menuju kuil Lizard. Letakkan belati Celestial di tumpuan kosong untuk menetapkan Crystal pada tempatnya; kemudian dapatkan Crystal. 

Templar 

Omar Crystal Quests [levels 17-20] 
Pangeran Ramal dan Melchior sedang berkeliling di dekat pintu masuk level 17. Sang pangeran sedang mencari saudari-nya Jasmin yang tertahan di bawah. Mereka minta bantuanmu. 

Masuki level 17 dan jalan menuju ke tengah-tengah level. Peluk dinding untuk dapat melewati serangan silang perangkap magic missile dekat Harem. Masuk ke Harem dan bebaskan Jasmin. Dia akan memberitahukan kamu tentang Kirgard si penyihir telah melepaskan mantra yang menahannya di sini. Lanjutkan turun ke level 18. 

Jauh di dalam tempat tersebut kamu akan menemukan Melchior, terluka dan nyaris mati. Sebelum mati, dia memberikan kamu kunci dan dan memohon pada kamu untuk menyelamatkan tuannya. 

Turun ke level 19 dan jalan menuju penjara yang letaknya di tengah-tengah peta. Tembak Ratman Lord yang ada di dalam dari jarak jauh; kemudian gunakan kunci Melchior untuk membuka penjara. Bicara pada Ramal, dia akan memberikanmu mahkota untuk kamu berikan ke Jasmine. 

Kembali ke level 17 dan berikan mahkota pada Jasmine. Itu akan membebaskannya dan dia memberikanmu Terompet Roland. Kirgard muncul; bunuh dia, hati-hati dalam melawannya, hindari serangan mantra bola api yang dikeluarkannya, ambil missive yang dimilikinya. Itu akan membawamu menuju ke makam Roland untuk mendapatkan Helm. 

Di dalam pemakaman, gunakan Terompet pada makam Roland. Dia akan muncul, dengan beberapa tengkorak. Bunuh dia untuk mendapatkan helmnya. Kembali ke dalam, dan pergi ke level 20. kenakan helm tersebut, maka kamu akan melihat pertambangan di depan daerah tersebut. 

Jatuhkan pengungkit untuk membuka gerbang. Tinggalkan karakter yang mana saja yang tidak menggtunakan helm di luar daerah tersebut. Di dalam, sebuah daerah terbuka yang luas terbentang di antara tiga patung kuil. Di sana juga ada tiga ruangan kecil. Hati-hati memasuki ruangan, dibimbing dengan helm, dan dorong semua (tiga) pengungkit di dalam untuk menonaktifkan ranjau di dalam ruangan. Sekarang ambil Crystal dan lari menuju gerbang. Taiga patung menjadi hidup. Kamu tidak mungkin dapat mengalahkannya. Gunakan karakter lain untuk membuka gerbang, dan keluar dari sana. 

Jika kamu terperangkap di dalam tidak akan ada jalan keluar, dangan menonaktifkan semua ranjau di dalam ruangan; nonaktifkan di satu sisi, ambil Crystal, dan kemudian gunakan ranjau untuk membunuh patung tersebut dengan memancing mereka ke arahmu. 

Langolin 

Omar Crystal Quest (Level 17-20) 
Di dekat rumah Argansa, Langolin si penyihir memberitahumu bahwa anak buah Dreak menculik dan menahan suami Argansa. Dia memintamu memberikan Crystal Wisdom dan tiga Potion keabadian untuk menyelamatkan suaminya. 

Masuk ke level 17 dan temukan ruang yang menahan air mancur keabadian, dekat dari tengah-tengah level. Hantu yang dikutuk mengelilinginya; tembak mereka dengan bidikan jarak jauh dari tempat terbuka yang terhalang sampai mereka semua mati; kemudian putar pengungkit untuk masuk. Serang air mancur untuk mendapatkan potion keabadian dan potion awet muda. 

Turun ke level 18. Jalan menuju tengah peta, tetapi hati-hati pada saat kamu memasuki area air mancur keabadian; teleport yang ada di lantai akan mengirimmu ke ruang berpagar dengan hantu di dalamnya. Untuk dapat masuk dengan selamat, gunakan taktik sederhana; gunakan salah satu karakter kamu untuk menahan pintu gaib di koridor tempat kamu berdiri. Masuki, dan ketika kamu kembali ke kota, masuk melalui pintu lainnya. 

Tembak Spectre dari jarak jauh dan serang air mancur untuk mendapatkan potion keabadian dan awet muda. Turun ke level 19 dan ulangi proses tersebut untuk mendapatkan potion keabadian dan awet muda yang lainnya (tidak ada teleporter di sini). Turun ke level 20 dan temukan suami Argansa di penjara. Dia akan memberitahukan kamu tentang pengkhianatan Langolin; Langolin berencana menyimpan Crystal untuk dirinya sendiri. 

Ketika kamu memasuki ruang Crystal, bicara pada Langolin. Dia berubah menjadi Spectre dan menyerang kamu. Bunuh dia dan bunuh Scorpion (kalajengking) dalam tempat berpagar.gunakan Crystal wisdom untuk mendapatkan Crystal lainnya dari tumpuan dan kembali ke permukaan.

Medusa 

Omar Crystal Quest (Level 17-20)
Dekat pintu masuk level 17, kamu akan menemukan Kolos, Spectre bilang kalau dia ada di situ untuk menolongmu. Setelah kamu bicara padanya, masuklah ke dalam ruang bawah tanah. 

Di level 17, jalan menuju perpustakaan. Kolos memperingatkanmu jangan masuk ke dalam; masuk saja untuk menemukan Atenus. Dia memiliki sebuah potion yang dapat mengembalikan arwah untuk kembali ke tempat asalnya, tetapi kamu membutuhkan sebuah magic elixir (obat yang mujarab) untuk mendapatnya. Masuk ke ruangan yang berinisial jika kamu ingin mendapatkan buku mantra dari batu (stone spell book) dan kamu harus berhadapan dengan beberapa medusa untuk mendapatkannya. 

Di level 18, masuk ke tempat perlindungan dimana Kolos berada. Jangan hiraukan pintu yang ada di samping; buka pintu di ujung dan ambil elixir awet muda dari tumpuan. Dua labah-labah muncul; bunuh keduanya dan kumpulkan potion kekuatan yang dijatuhkannya. 

Di level 19, kalahkan medusa di ruang vial dan dapatkan dua elixir di sana. Kembali ke perpustakaan di level 17 dan dapatkan vial of spirit dari Atenus. 

Kembali ke level 19 dan temukan ruang Crystal. Setelah kamu masuk dan mengalahkan medusa di dalam, Kolos akan muncul dan mencuri Crystal itu. Temukan makam Kolos. Gunakan Vial of Spirits pada tubuhnya, maka ia akan muncul. Bunuh dia untuk mendapatkan Crystal. 

Three Demons 

Omar Crystal Quest (Levels 21-24) 
Gober, pemimpin Goblins, mencuri palu ajaib Gaetan. Ikuti Gober, lalu bunuh gerombolan Goblin untuk mendapatkan kembali palu itu. Cari kamp mereka untuk menemukan harta, kemudian kembali ke Gaetan, yang memberimu Shield of Demons, kelak kamu akan memerlukannya. 

Masuk ke Level 21, dimana Trolls menyerang-mu dengan pentungannya. Hadapi Road to Reason, pusat peta. Gunakan Magic Bomb atau senjata jarak jauh untuk mengambil Skeleton Archers. Buka gerbang dengan menggunakan pengungkit terdekat. Untuk meraih sisi terjauh perangkap itu, cepat-cepat lari, tambang meledak begitu kamu melewatinya, jadi jangan berhenti sampai kamu menyeberang. Tabrak patung Demon untuk mendapatkan Gem of Reason, lalu kabur atau bunuh Snakes. Lewati tambang dan keluar dari gerbang. Tambang itu akan membunuh Sbakes yang mengikutimu. 

Turun ke Level 22 dan bertarunglah dengan Wyvern dan Vampires untuk meraih Fires of Hell, labirin di pusat peta. Begitu kamu membuka ger-bang (dengan memakai pengungkit di depannya), gunakan pola zigzag untuk menjauhi jalanmu dari bola api. Pukul patung Demon, lalu dapatkan Fire Gem, dan keluar dari sana (mantra Teleportation berguna di sini). 

Terus turun ke level 23 dan temukan pusat peta. Giant Worm ada dalam ruangan yang harus kamu masuki; gunakan Magic Bombs atau mantra jarak jauh atau juga senjata untuk membunuh Giant Worm lewat gerbang. Lalu buka gerbang dengan kedua sisi pengungkit. Ambil Gem of Courage dengan cara memukul patung. Kalau bisa, bunuh Snakes yang muncul, tapi taruhan...sebaiknya kamu lari secepat mungkin aja. 

Turun lagi ke level 24. Temukan ruangan di pusat peta tempat ketiga Gems of Hell berada. Bunuh Skeletons di dalam sebelum kamu memasuki ruangan; kemudian hindari jebakan berpaku di lantai. Letakkan tiga Gems-mu di pilar. Ini bisa membuka gerbang di belakang Crystal. Ambil helm setan dan kenakan. Juga lengkapi dengan Shield of Demons Gaetan. Ambil Crystal untuk melengkapi dungeon. 

Darkstone: Circles 

Omar Crystal Quest (Levels 21-24) 
Pencarian Crystal ini relatif singkat. Masuki Level 21 (Gate of the Dead). Gunakan ubin-ubin Teleport di Offerings Room untuk mendapatkan Flower of Shade. Kembali ke Offerings Room via ubin Teleport dan turun ke Level 22. Masuki Offerings Room di level ini untuk menggunakan ubin-ubin Teleport dan mengakses ke Flower of Shade yang lain. Pergilah ke Level 23 dan ulang untuk meraih Flower of Shade lain. Kembali ke pintu masuk dungeon di Omar. 

Letakkan tiga Flower of Shade di lingkaran putih di belakang pintu masuk. Sekarang, pergilah ke setiap Circle of Life pada peta melalui darat dan kumpulkan Flowers of Life. Bawa mereka kembali ke Level 24. Letakkan mereka di sebidang tanah di sekitar Pyramid of Light. Pusat piramid terbuka: ambil Crystal. 

Darkstone: Trial 

Omar Crystal Quests (Levels 21-24) 
Di pintu masuk Level 21, kamu akan menemukan Guardian of the Damned-a Spectre yang membawa pesan buatmu. Ia memberi peringatan padamu supaya kamu pergi; ketika ia menyerangmu, bunuh dia, ambil Key of the Damned, dan masuki dungeon. 

Di Level 21, cari Cross of Crime. Gunakan Key of the Damned untuk membuka pintu (simpan kunci ini); lalu suruh satu karakter melewati paku-paku agar meraih palang. Gunakan ubin Teleport agar bisa keluar. 

Turun ke Level 22 dan bertarunglah dengan Cross of Punishment. Gunakan kuncimu untuk membuka pintu. Sekali lagi, suruh satu karakter lari. Kalau kamu punya mantra Teleport, gunakan itu untuk menyeberang. 

Turun ke Level 23, temukan Cross of Pardon. Ambil dengan cara yang sama dengan yang lain, lalu turun ke 24. Berikan ketiga palang itu pada Damned di dalam kandang. Ia akan menyerangmu; setelah kamu membunuhnya, cari tubuhnya dan dapatkan Crystal yang dibawanya. 

Luxorius 

Serkesh Crystal Quests (Levels 25-28) 
Temukan pintu masuk Level 25 dan bicaralah dengan Miller. Ambil obornya dan masuklah ke gudang bawah tanah. Begitu berada di Level 25, cari ruang penyimpanan, boks-boks untuk emas dan minuman, dan Rock Breaking Hammer. Ambil palu di atas dan temukan Mad Rat's Camp. Pecahkan batu yang menghalangi pintu masuk dengan palu itu , lalu bunuh Ratman untuk mendapatkan Vampire's Scepter. Kembali ke Level 25 dan masuki Teleporter agar bisa ke ruang penyimpanan yang lain. 

Buka gerbang dan bicaralah pada seorang murid. Ia berubah menjadi vampir; bunuh dia. Jangan rusak tong-tong, karena di baliknya ada Spiders. Turun tangga di ruang penyimpanan lain untuk mencapai Level 26. 

Level 26 menampilan ruangan-ruangan dengan Evil Druids dan Mana Wells. Kamu tidak perlu bertarung, jadi turun aja ke Level 27 dan Level 28. Temukan sarang Luxorius dan tunjukkan tongkat lambang kekuasaan pada penjaga. Ia akan membuka pintu, jadi kamu bisa melihat Luxorius. 

Beri Scepter pada Luxorius, dan nantikan pengkhianatan. Luxorius punya 1200 Life poin, jadi kamu harus membunuhnya. Lalukan itu di sebuah ruang di dalam sarangnya. Ia berpindah-pindah dari satu ruangan ke ruangan lain, terutama kalau ia sedang menambil damage. Hindari serangannya dan ambil Crystal yang terjatuh ketika ia mati.

Druids 

Serkesh Crystal Quests (Levels 25-28)
Bicaralah dengan Ubus the Druid di luar pintu masuk ke Level 25. Ia memintamu dengan sangat untuk menemukan gurunya di dungeon. Di Level 25, temukan ruangan yang di dalamnya tersimpan dua patung dan cahaya (Statues of Arkhang). Bicaralah dengan Aeron yang sedang sekarat. Ia memberi tahumu untuk menghentikan si pembelot Druids yang merusak Crystal dan patung-patung dengan Holy Bow yang diberikan padamu. 

Teruslah ke Level 26. Temukan Statue of Arkhang dekat kolam hijau. Untuk menghancurkannya, tekan dan tahan (SHIFT) saat kamu menem-bak Holy Bow. Pancaran sinar akan muncul di tempat patung itu berdiri. 

Turun ke Level 27 dan temukan patung berikutnya. Jangan sentuh penjaga patung Skeleton di ruang tamu, biar mereka nggak terbangun. Lewati ubin Teleport (jalan terus aja) dan masuki Level 28. 

Patung terakhir yang mesti kamu hancurkan dipakai pada upacara oleh pembelot Druids. Cari Ceremonial Room. Untuk menghancurkan patung terakhir, suruh karakter - yang nggak bakal menembak - berdiri di luar (Solo mode). Larilah ke ruangan dan tembak patung sedekat mungkin dari pintu. Kalau sudah hancur, lari dan tutup pintu di belakangmu. (juga jangan sentuh penjaga patung di sini). Kembalilah ke Level 25, masuki Room of Lights dan dapatkan Crystal dari podium utama. 

Darkstone: The Number 

Serkesh Crystal Quest (Levels 25-28) 
Kunjungi Monk. Dia akan memberimu perkamen yang berisi visinya. Semakin aneh, semakin bagus. Ambil aja, lalu bawa ke rumah Menthall. Menthall hilang, tapi mungkin ia tahu nomor untuk mendapatkan kembali Crystal. 

Di Level 25, kemudikan labirin di luar Crystal Room, hentikan mobil di jalan dan bunuh Ratman Lords di dalamnya. Di dalam Crystal Room, buka peti kayu dan ambil barang-barang di dalamnya. Abaikan Crystal, itu cuma ilusi. 

Turun ke Level 26. Gunakan pring perjalanan untuk membuka pintu yang berhadapan dengan Crystal Room. Coba ambil Crystal itu, kamu akan mendapat empat Potions of Surprise. 

Lanjutkan ke Level 27 dan temukan Crystal Chamber lagi. Tapi, kali ini kamu salah; ambil hadiahnya dan menujulah ke Level 28. Jauh di dalam dungeon, kamu akan menemukan kerangka Menthall. Cari tubuhnya dengan bantuan tiga tanda ke Holy Number. 

Temukan patung Demon dan nomor-nomor di depannya. Holy Number -540- merusak patung Demon dan membebaskan Crystal terakhir. 

Final 

Serkesh Crystal Quests (Levels 29-32) 
Sebastian menunggu di lingkaran batu. Letakkan tujuh Crystal di tumpuan/alas, dan ia akan merekonstruksi ulang Time Orb. Kamu harus menggunakannya agar Draak mudah diserang, lalu bunuh dia. 

Lanjut ke Level 29. Kalau kamu perlu sesuatu, telusuri level ini. Beberapa item yang laik tersembunyi di sana-sini. Secepat mungkin pergilah ke Level 30. Ikuti gang ke Level 31 dan hindari damage serius. 

Level 31 penuh dengan jebakan. Pertama kali, injak ubin Teleport untuk mencapai area yang pinggirannya berbentuk U dan untuk tiba di dua jembatan yang menuju ke dua pilar. Seberangi jembatan pertama dan injak pilarnya; lalu ikuti pinggiran dan seberangi jembatan kedua dan injak pilar berikutnya. 

Setelah itu kamu akan menuju ke ruangan yang ada Scorpionnya da empat jebakan bola api. Cepat pergi dari tengah ruangan! Pergi ke sebelah utara ruangan, temukan tiga peti kayu yang dijaga oleh Scorpion. Buka peti-peti itu untuk mendapatkan dua Potions of Vitality, satu minuman Youth, dan Spectre. Injak ubin Teleport di sini , lalu pergilah ke ruangan yang lain. 

Ruangan berikutnya luas banget dan penuh Spiders dan Wyvern. Seberangi ruangan itu sampai kamu tiba di Dragon's Lair. Kalau kamu punya mantra Teleport, gunakan utnuk mengambil harta karun di belakang ruang singgasana; lalu kembali ke kota dan lengkapi sebelum mengambil Draak. 

Pertikaian terakhirmu dengan Draak akan berlangsung dengan cepat kalau kamu menggunakan Time Orb padanya. Begitu dia mudah diserang, pukul dia, maka dia akan terjatuh, tapi dengan 3.500 Life points, jangan harap bisa cepat. Untuk menambah parah keadaan, Mystical Wyvern akan masuk ke ruangan. Fokuslah pada Draak dan biarkan AI game memilih target serangan jarak jauh kamu. Kendalikan Wizard of Warrior, kalau kamu punya satu, lalu pukul Draak dengan semua yang kamu punya. Mantra refleksi akan memantulkan napas api Draak kembali padanya. 

Begitu Draak mati, ambil item yang ia jatuhkan di kota, lalu letakkan di Darkstone untuk memenangkan game. Nikmati ending cut scene: kamu harus mendapatkannya! 

Multiplayer 
Seimbangkan kelompokmu. Jangan pernah bertualang dengan dua Character Classes yang sama, kecuali kalau kamu punya rencana untuk mengubah atribut yang penting. Sebaiknya, pasangkan petarung jarak pendek dengan penyerang jarak jauh. Ini memudahkan mereka untuk melindungi satu sama lain pada situasi tertentu. 

Tutupi kelemahan rekanmu. Hati-hati terhadap serangan pemain lain dan sedapat mungkin lindungi rekan-rekanmu. Putuskan apa peranmu. Satu karakter akan cenderung lebih magis, pelajari mantra-mantra dan ambil minuman, ketika yang lain berkonsentrasi pada item lain. 

Buat duplikat item penting yang ada di inventori. Kalau satu karakter mati, karakter yang bertahan akan kehilangan akses ke Spell Scrolls atau Potions yang dibawa rekan mereka. Karena alasan ini, setiap karakter harus punya Resurrection dan gulungan Magic Door agar tidak terjebak sendirian di dungeon. 

Berikan item-item pada karakter yang membu-tuhkannya. Bagi informasi tentang statistik karakter-mu, lalu putuskan karakter mana yang memerlukan item baru. Jangan serakah, multiplayer game perlu kekompakan tim, bukan soal menggunakan pemain lain yang membantumu membuat karakter. 

Gunakan karakter-karakter baru untuk multiplayer. Karena apa yang terjadi pada kaarkter dalam multiplayer akan mempengaruhi karakter itu dalam single-player game. Hindari menggunakan karakter "terbaikmu" di multiplayer game. Kalau mereka mati dan tidak bisa dihidupkan lagi, kamu akan kehilangan mereka selamanya. 

(*/rama)

Tidak ada komentar: