Masih nggak tahu juga sama Harry Potter? Waduh kebangetan deh! Baca dulu gih bukunya, minimal buku pertamanya. Soalnya game ini diangkat dari buku pertamanya itu. Ditanggung setelah baca bukunya, sama seperti jutaan anak-anak di seluruh dunia, kalian pasti ketularan demam Harry Potter. Akibatnya nama-nama seperti Hagrid, Dumbledore, Hermione, Ron Weasley dan Lord Voldemort nggak bakalan asing lagi. Terus kalo udah gitu game dan filmnya (sebentar lagi beredar di sini) pasti bikin kalian excited. Ngaku deh!
Sama seperti buku dan filmnya, alur cerita game ini adalah pengalaman Harry Potter pada tahun pertamanya di Hogwarts School of Witchraft and Wizardly (sekolah penyihir Hogwart). Lucu dan Seru.
So, baca bukunya, main gamenya dengan strategi ini terus nanti nonton deh filmnya!
Catatan: Strategi ini membantumu untuk menemukan 9 buah Wizard Card dari 17 buah yang ada. Tapi itu sudah mencapai 95% permainan, loh! Karena pembagian stage dalam game ini tidak jelas, penulis membaginya menjadi 6 stage menurut perbedaan misi dan alur cerita. (zell)
STAGE ONE
Entrance Hall
Pertama sekali Harry berada di ruangan tengah bangunan tua yang lebih mirip kastil. Ada seorang pembicara di sini bernama Albus Dumbledore. Ia mengucapkan selamat datang pada Harry. Ruangan ini namanya Entrance Hall. Di sini ada 6 pintu. Di belakang kemunculan Harry ada sebuah pintu menuju Castile Grounds. Sebelah kanan Harry ada pintu ke Great Hall. Di depan kanan pintu menuju Portrait Room. Sebelah kiri Harry pintu ke Broom Cupboard, sebelah depan kiri Harry pintu menuju Dungeon. Sedangkan di lantai dua sebelah depan ada dua pintu. Sebelah kiri ke Gryffindor Tower dan sebelah kanan ke Great Foyer. Dari ke-6 pintu ini semuanya terkunci, kecuali Portrait Room dan Gryffindor Tower. Di dalam Portrait Room ada sebuah lukisan yang tidak bisa diakses tanpa password. Untuk saat ini Harry belum punya Pass. Satu-satunya pintu yang bisa dimasuki Harry adalah Gryffindor Tower.
Griffindor Tower
Untuk pertama, masuki Griffindor Tower. Tangga ke atas menuju Great Foyer dan Upper Castile. Saat ini masih terkunci. Turuni tangga di kiri. Ada rak buku di sebelah kiri. Dekati dan tekan KOTAK, maka Harry akan mendapatkan Merlin. Pilih Yes untuk meng-Equip Merlin. Keluar melalui rak buku lagi. Hampiri teman Harry bersaudara Fred Weasley dan George. Mereka akan meminta Harry untuk berbicara pada lukisan. Lakukanlah, tekan petak pada lukisan. Ia akan meminta password, karena Harry sudah mendapatkan merlin, secara otomatis password akan disebutkan.
Di dalam lukisan ini ada Save point berupa buku berwarna merah. Satu orang teman Harry Potter yang cowok akan menjelaskan kepada Harry bahwa Katak coklat dapat menambah sedikit stamina. Salah seorang teman cewek Harry akan mengatakan bahwa Potion akan membuat stamina Full. Berikutnya ada penjelasan di dinding sebelah kiri. O.. iya ada 2 katak coklat di sini, jangan diambil dulu, karena saat ini Harry belum membutuhkannya. Save game di sini dan keluarlah. Begitu keluar dari lukisan lansung belok kiri, akan ada gerbang tanpa pintu yang gelap. Namanya Charms Corridor. Masukilah gerbang ini, karena untuk sekarang hanya ini yang dapat kamu masuki.
Charms corridor
Belajar melompat
Ada hantu wanita yang tembus pandang, jangan pikir panjang lagi, ikuti ia. Dia akan membawa Harry pada Ron Wesley. Ron sepintas akan mempertemukan Harry dengan Draco Marfloy. Ia senior Harry yang bandel. Ron akan mengajarkan Harry cara melompat. Hanya dengan menekan tombol maju koq. Melompat di atas rak buku sangat mudah, tapi jangan lupa untuk mengambil item berwarna biru, karena nanti poin ini akan dihitung. Begitu sampai di seberang, pintu akan terbuka dengan otomatis bila Harry menyentuh item berwarna perak.
Di dalam pintu ini kita bertemu hantu bernama Nearly. Ia akan membimbing Harry untuk melatih lompatan pada level selanjutnya. Agak sulit, tapi pada dasarnya mudah koq. Mulailah memanjatnya dari lemari.
Belajar menembak / Flipendo
Selanjutnya Nearly akan mengajarkan Harry menembak siput raksasa. Tekan Segitiga untuk fokus target dan X untuk menembak. Tetapi tanpa tekan segitiga juga bisa koq, lihat cahaya di atas siput, jika bersinar, itu artinya sasaran kita tepat. O iya jangan sampai terkena lendir siput yang bercahaya kuning, Nearly bilang itu beracun.
Berikutnya Nearly akan mengajarkan cara menggeser balok besar yang ada bintangnya. Mudah koq, tembaklah simbol bintangnya sampai balok tersebut berada pada posisi yang tepat, kemudian panjatlah untuk menuju pintu berikutnya. Awas tikus.
Pelajaran berikutnya adalah menggeser balok yang lebih besar. Tahan X sampai memperoleh Flipendo besar. Kemudian lepaskan.. Berikutnya panjat lemari untuk mencapai pintu berikutnya.
Belajar memfokuskan target
Berikutnya. Harry tidak lagi di bawah asuhan Nearly. Harry bertemu Neville yang salah mengucapkan mantera sehingga buku-buku pada berterbangan. Ia meminta Harry untuk meng-Flipendo buku-buku tersebut. Ikuti nasehat Neville: tekan R1 untuk memilih target dan X untuk menembak. Neville akan membawa Harry ke dalam ruang rahasia. Di belakang rak buku.
Flyng practice area
Belajar terbang
Hedwig, burung hantu berwarna putih milik Harry terkurung di sini. Buka kurungan dengan Flipendo besar. Masuki ruangan tempat burung hantu tadi dan ia akan memberimu sebuah sapu terbang. Ikuti Ron, ia akan mengantarmu pada Maddam Hoch yang akan mengajarkanmu cara terbang dengan sapu.
Maddam Hoch akan memberi Potter lingkaran-lingkaran yang harus dilaluinya. Kontrolnya mudah koq. X untuk bergerak maju (seperti Gas pada balapan) dan D-pad sesuai arah. Kiri, kanan, atas dan bawah. Potter dinyatakan lulus jika menyelesaikan lebih dari 75% dari setiap tes yang diberikan.
Setelah selesai, kamu bisa keluar dan ikuti percakapan, kemudian ikuti teman cewekmu. Tapi save game terlebih dahulu pada buku merah yang kamu jumpai. Jangan lupa untuk mengambil apapun itu seperti kacang berwarna kuning, karena kamu harus mengumpulkannya 50 buah untuk mendapatkan Password. Tekan start untuk mengetahuinya.Masuki pintu selanjutnya menuju Charms class
Charms Corridor
Harry hanya diminta melompat dari meja ke meja, tetapi ada batasan waktu. Jika lewat dari waktu yang ditentukan Harry hanya diberi sedikit poin dan diberi tawaran untuk mengulang kembali. Keduanya terserah kamu
Charms Class
Harry akan mempelajari mantra Wingardium Leviosa, yaitu mantra menggerakkan benda, Caranyanya: tekan tombol dengan tepat ketika butiran putih yang terus bergerak menghampiri salah satu simbol. Dan untuk menggunakannya, tekan X untuk mengangkat objek, tahan X untuk terus mempertinggi objek, D-pad untuk mengarahkan objek dan tekan Segitiga untuk melepaskan objek. Setelah lulus dari kelas ini kita akan dapat surat dari Hagrid, meminta kita menemuinya di front door. Tetapi jangan dulu.
Kembalilah lagi ke Gryffindor tower. Pergilah ke tangga atas dan lihat pintu Great Foyer, sekarang sudah bisa kamu masuki. Begitu masuk, periksa lemari sebelah kiri Potter. Tekan KOTAK , kamu akan mendapatkan Salazarslytherin.
Kemudian masuki Armor Gallery untruk mengambil biji kuning. Ingat, kamu membutuhkannya sebanyak 50 buah.
Berseberangan dengan Armor gallery ada sebuah lemari rahasia lagi, tekan kotak. Ini akan menghantarkanmu pada sebuah mini game. Jika kamu menang, temanmu akan memberimu Cornelius Agrippa. Masuki pintu di sebelahnya, akan ada tantangan melompat untuk mengambil biji kuning.. Jika sudah selesai, save game, kembalilah dan masuki pintu Entrance Hall ke ruang utama.
Entrance Hall
Harry akan bertemu Draco Marfloy, ia menantang Harry. Masih ingat mantra Wingardium Leviosa? Sekarang saatnya untuk menggunakannya. Gerakkan kedua jam pasir ke atas balok di dekatnya (yang bergambar Singa dan ular) dengan mantera ini. Mudah koq. Wingardium Leviosa!!.
Boss Stage
Saatnya bertarung melawan Draco Marfloy. Ia akan melemparkan petasan berwarna abu-abu, (wizard cricket) pungut sebelum petasan meledak dan lemparkan kembali. Tetapi jangan coba-coba memungut petasan berwarna ungu, (Super Wizard Cricket) karena ia langsung meledak. Draco memanggil dua orang temannya untuk membantu mengalahkanmu, berhati-hatilah. Setelah pertarungan selesai, point akan di hitung di Great Hall. Setelah itu Harry akan keluar menemui Hagrid melalui Castle ground.
STAGE TWO
Castle ground
Hagrid akan mengantarkan Harry pada seseorang yang akan mengajarkan mantra simbiosis. Harry hanya diminta menyusun balok-balok, awas!, waktu sangat sempit, manfaatkan sebisa mungkin. Mantra simbiosis tidaklah susah, awalnya sama dengan mantra menggerakkan benda, (Wingardium Leviosa). Penggunaannya: perhatikan lingkaran yang berputar, begitu menyentuh tanda (symbol) segera tekan simbol yang bersangkutan. (segitiga, X, lingkaran dan kotak).
Begitu kelas selesai, kita akan kembali ke luar, masuki kembali castile (Entrance Hall). Pada ruang utama masuki pintu kanan (Great Hall) tempat penghitungan poin tadi. Pungut biji kuning sampai jumlahnya 50, setelah mencukupi, tinggalkan sisanya, karena tidak pengaruh lagi. Tetapi jika masih kurang, pergilah ke Dungeon, walaupun tidak bisa masuk lebih jauh, tetapi ada banyak biji kuning di sini. Setelah selesai mengumpulkan 50 biji kuning, masuklah ke Gryffindor Tower. Teruskan ke dalam lukisan untuk menemui Fred Weasley dan George. mintalah password kepada mereka. Setelah dapat, kembali ke Entrance Hall dan masuki Portrait Room untuk memperoleh The Nimbus 2000. Setelah itu keluarlah kembali (castile grounds). Ambil jalur kanan ke: Quidditch Training Pitch untuk mempertajam insting terbang kamu.
Quidditch Training Pitch
Sama seperti sebelumnya, di Quidditch Training Pitch ini Harry harus memasuki lintaran-lingkaran, hanya saja bedanya jika menang Harry akan mendapat penghargaan. Dan di sini kita diberi saingan, jika berbenturan dengan saingan akan mengurangi healty. Satu lagi, di akhir setiap stage kita akan diminta menangkap kumbang kuning (apapun namanya). Jika sudah kelar keluar dari Quidditch Training Pitch. Save game pada save point yang disediakan di tengah halaman.
Baru kemudian ambil jalur kiri (berhadapan dengan ruang terbang tadi) ke arah gerbang yang warnanya beda. Terus telusuri sampai memasuki gerbang gelap. Di sini Harry akan bertemu Fred Weasley dan George. Mereka meminta Harry mengumpulkan biji warna biru untuk mendapatkan password. Lebih jauh lagi, Harry akan menemui seorang cewek manis yang kucingnya masuk ke dalam lubang bersekat. Ia memohon Harry untuk mencari dan menemukan kucingnya yang terjatuh. Ada potion di sudut ruangan, ambillah.
Teruskan perjalanan ke kiri. Harry akan menemui seorang lagi di Hogwarts Entrance Hall yang memberitahukan agar menggunakan Puffskein untuk memperoleh biji biru. Giring Puffskein, ia akan memakan semak berduri dan sendawanya akan menghasilkan biji biru. Setelah semak habis, lanjutkan perjalanan sampai ke Hagrid's Hut.
Di sini Harry kembali bertemu Hagrid. Ia meminta Harry melanjutkan pelajaran berikutnya: Herbologi. Tetapi sebelumnya Harry harus mendapatkan Biji Api untuk Hagrid. Teruskan perjalananmu ke Gargoyle gate setelah meng Save Game. Di sini Harry akan melawan Patung Babi bersayap. Gunakan Flipendo besar agar ia cepat kalah. Setelah itu gunakan Wingardium Leviosa untuk meletakkanya kembali di atas gerbang Fire Seed Plant. Kemudian masuki gerbang ini.
Fire Seed Plant
Ada save point di sini, dan tidak ada salahnya jika kita save game terlebih dahulu sebelum melompati kawah lahar di ujung jalan. Harry harus memanjat tempat yang tinggi. Untuk itu, bangunkan Puffskein yang sedang tertidur lelap. Giring ia ke lubang kecil yang mengeluarkan gelembung. Dengan begitu lubang satunya lagi akan dapat mengangkat tubuh Harry. Lakukan hal yang sama pada ruang berikutnya. Hanya saja lubangnya di sini lebih besar, untuk itu gemukkan dulu Puffskein-mu dengan menggiringnya makan semak bunga. Kemudian baru sumbat lubang tersebut. Untuk membuka kunci gerbang tombolnya ada di seberang. Giring Puffskein kedua untuk menyumbat lubang yang agak jauh tanpa menggemukkannya. Jika ia iseng memakan semak dan gemuk, kurus-kan kembali dengan flipindo, yang kecil saja, toh kita tidak bermaksud melukainya bukan? Masuki gerbang setelah kuncinya terbuka.
Harry harus melompat di antara lahar panas untuk menuju Fire Seed. Ini mudah kok, yang sulit justru membuka kurungan Fire Seed. Tetapi kamu sudah tahu caranya bukan? Lakukan berulang-ulang sampai bisa, karena tidak ada trik khusus di sini. Jangan lupa untuk mengambil setiap biji biru, karena kamu harus mengumpulkannya sebanyak 70 biji.
Kembalilah menemui Hagrid setelah mendapatkan Fire Seeds. Tetapi begitu kamu memasuki hutan ketika keluar dari Fire Seed Plant, kamu baru sadar bahwa jalan ternyata bercabang. (cabang ini tidak terlihat waktu kamu datang tadi). Jalan kiri menuju Hagrid dan kanan menuju sebuah lukisan, yang akan memberimu Card segi lima Albus Dumbledore jika kamu punya password. Untuk mendapatkan password, mintalah pada Fred Weasley dan George, dekat temanmu yang kehilangan kucing, jika kamu sudah mendapatkan biji biru sampai 70 buah. Kamu dapat kembali ke sini sewaktu-waktu jika sudah mengumpulkannya.
Setelah bertemu Hagrid, berikan biji api itu untuknya (otomatis). Ternyata Hagrid membutuhkannya untuk menetaskan telur naga. Naga mungil dan lucu itu diberi nama Norbert oleh Hagrid. Harry dihadiahi sebuah buku. Setelah itu, pintu di belakang rumah Hagrid akan terbuka untukmu. Lanjutkan perjalanan ke situ setelah game di Save. Harry akan bertemu seorang lagi yang mengajakmu ke Quidditch Pitch. Ops.. temanmu mendapatkan masalah, Remembral-nya diambil oleh Draco. Sesama teman kita harus saling bantu kan?!
Boss Stage
Kalahkan Draco Marfloy untuk kedua kalinya. Kali ini balapan dengan sapu terbang. Whiiiiiiii.. aseeeeeeeek. Tekan KOTAK segera jika disuruh. Lakukan terus sampai HP Draco habis. Awas, setiap benturan akan mengurangi HP Harry. Draco main curang dengan melemparkan bola api yang akan membakar sapu ajaibmu, dan secara otomatis mengurangi HP mu. Untuk itu terbanglah lebih tinggi darinya. Ada dua katak coklat di rute kejar-kejaran ini, merendahlah dan ambil jika HP Harry mengkhawatirkan. Jangan cemas, Draco tidak akan mening-galkanmu. Jika Harry menang, secara ksatria Draco akan mengembalikan Remembral yang diambilnya dari teman Harry.
Quidditch Pitch Tournament
Sekarang lanjutkan ke Quidditch Pitch Tournament (tanpa diberi kesempatan untuk men-save. Sama seperti yang sebelumnya, hanya masuk lingkaran saja koq. O iya, lingkaran putih yang ada tiangnya adalah untuk meningkatkan kecepatan. Kita akan bersaing bersama dengan Gryffindor lainnya. Hatihati karena ada yang menggunakan bola api di sini. Setelah menyelesaikan turnamen ini, jika permainan diload nantinya (setelah disave) akan ada tambahan menu. Sebenarnya Quidditch Pitch Tournament ini merupakan mini game. Mungkin untuk mengusir kebosanan kita bermain.
Setelah turnamen selesai, Harry akan bertemu dengan Prof Snape, ia tahu semua tentang kamu. Ia memberimu sebuah peta 'tempat yang terlupakan'. Harry akan diajak oleh seorang teman untuk mengunjungi daerah tersebut. Untunglah, di sini ada Save point. Segeralah save permainanmu sebelum sesuatu hal yang buruk terjadi.
Forgotten Grounds
Ikuti teman Harry, ia akan membimbingmu ke Horklump Patch. Tetapi pintu ini terkunci. Kembalilah lagi, perhatikan gang yang berwarna merah (ada merahnya). Masuki gerbang tersebut. Akan ada monster yang menghalangimu, bunuh yang kecil dahulu dengan Flipindo, kemudian yang besar dengan Simbiosis. Kayaqnya sih gampang ya tetapicoba aja sendiri. Setelah itu belok kiri dan kamu akan melihat sebuah tuas untuk membuka pintu menuju Horklump Patch. Setelah pintu terbuka, kembalilah lagi dan masuki Horklump Patch.
Di sini terdapat tanaman Horklumps. Dapat kamu cabut dengan mantra Wingardium Leviosa. Ia akan menghasilkan biji biru. Kesempatanmu untuk mengumpulkan nya. Setiap Horklumps memiliki 4 biji biru, berebutlah. Hati-hati dengan HP mu. Lanjutkan perjalanan sampai Harry mendapatkan Sloth Brain melompat dari tempat Sloth Brain diperoleh ke arah gundukan hijau. Ini akan membawa Harry kembali ke tempat tuas pembuka pintu tadi. Sekarang berjalanlah ke luar. Harry akan menerima pesan dari Hermione untuk menemuinya di Dungeons setelah penghitungan Point.
STAGE TREE
Dungeon
Harry akan bertemu Snape di sini untuk pelajaran selanjutnya. Susul ia ke The Portrait Room. Kembali Harry bertemu Fred Weasley dan George bersaudara memberi Harry informasi untuk mengumpulkan Biji Hijau.
Di dalam Dungeons terdapat 3 pintu. Sebelah kiri menuju Potions Class sebelah kanan menuju Defense Against Dark Arts Class (saat ini terkunci) dan di depan menuju tempat tak bernama yang banyak bertebaran biji hijau. Ada save point di ruangan ini.
Potions Class
Di dalam Potion Class Harry diminta untuk meramu potion. Kita hanya diminta menekan tombol sesuai dengan yang tertera. Nggak usah terlalu cepat, karena waktu yang disediakan longgar . Selanjutnya Harry diminta untuk mengambil FireFly.
Melangkahlah ke The Bottom of the Well. Di ruangan gelap, Harry dijatuhkan ke dalam lubang, nama-nya The Troll Storeroom. Di sini ada 2 monster Troll yang harus kita masukkan ke dalam lubang. Caranya, ambil Puffapod Patch dan lemparkan ke arah monster tepat ketika ia berada di atas lubang. Lakukan untuk ke-2 monster. Maka pintu menuju The Bottom of the Well akan terbuka. Silahkan masuk. Ternyata kita berada di bawah, tempat seorang teman kita yang kehilangan kucing tadi. Sebelum meneruskan pelajaran, temukan kucingnya dulu. Ia berada di ujung ruangan di dalam salah satu kotak. Giring kucing tersebut pelan-pelan (gunakan analog) ke tempat (temanmu menunggu di atas). Naikkan si kucing dengan mantra Wingardium Leviosa. Ia akan memberimu Card Edgar Stroulger.
Setelah itu teruskan perjalanan ke Dungeon Chamber. Ada 3 pintu di sini, sebelah kanan The Troll Bedroom, sebelah kiri The Cauldron Room, dan satu lagi persis di atas pintu tempat Harry masuk, The Firefly Room. Tekan tuas, kamu akan tahu apa yang terjadi. Masuklah ke The Cauldron Room, melompat-lompatlah sampai ke ujung untuk menekan tuas. Lalu kembali lagi ke Dungeon Chamber melalui jalur kanan, tempat biji hijau berserakan. Saat ini Troll Bedroom sudah terbuka, masukilah, karena hanya ruangan ini yang bisa kamu masuki.
Begitu memasuki Troll Bedroom, sebelah kirinya ada tuas, tetapi itu baru untuk menaikkan tangga menuju Firefly Room, sedangkan kuncinya ada di dalam sangkar. Jika si Troll bangun, jangan dilawan, larilah ke luar secepat mungkin. Kembali ke Dungeon Chamber. Naiki tangga dan buka pintu The Firefly Room di atas. Di sini, jatuhkan Troll seperti cara sebelumnya, pintu menuju The Firefly Room akan terbuka. Ruangan ini berhubungan dengan Potion Class, pungut Fire Fly, dan berikan pada Snape. Kemudian Snape akan memintamu untuk meneruskan pelajaran ke Defense Against Dark Arts Class tempat yang tadinya terkunci. Simpan dulu game di ruangan gelap sebelah kiri.
Defense Against Dark Arts Class
Pertama memasuki ruangan ini Harry harus melompati beberapa buku terbang. Terlihat mudah, namun karena dikejar waktu, kita jadi kurang konsentrasi. Usahakan sampai di seberang hanya memakan waktu _ dari yang diberikan, karena di dalam ruangan berikutnya akan menyita banyak waktu. Tidak masalah kalau kehabisan waktu, kita hanya kekurangan poin, tetapi diberi kesempatan mencobanya lagi.
Di akhir jalan Harry akan bertemu Prof Quirrell, yang akan mengajarkan Harry mantra baru: Verdimillious. Sama seperti sebelumnya, mempelajari spell ini tidak sulit. Setelah selesai, Harry akan diminta mencobanya. Ternyata mantra ini gunanya untuk mewujudkan pijakan yang semula terlihat gaib. Begitu selesai dan keluar dari ruangan ini, teruskan ke tempat save point sebelumnya ( tempat tak bernama). Kita akan bisa meneruskan perjalanan ini ke pintu depan karena Harry sudah menguasai Verdimillious.
Di pintu kiri atas akan membawa Harry pada tiga mini game yang dipandu oleh Nearly. Pintu masuknya melalui rak buku. Di setiap mini game (meletakkan kendi pada tempatnya) akan berhadiah sebuah wizard Card. Kartu yang akan kamu peroleh adalah Bowman Wright, Cassandra Vablatsky dan Bodrre Gryffindor.
Di pintu depan atas.
Di dalam ruangan ini terdapat dua pintu, satu di kiri dan satu lagi di depan. Pintu depan dijaga oleh 4 bola mata dengan 4 warna, merah-kuning-hijau dan biru. Nearly akan menjelaskannya. Bahwa pintu itu menuju keluar Dungeon, tetapi seseorang memberinya mantra sehingga pintu ini terkunci dan dijaga oleh 4 bola mata. Harry harus mencari di mana kekuatan 4 mata itu berasal. Masukilah pintu sebelah kiri, karena hanya pintu ini yang bisa dimasuki.
Ada save point di sini, sebaiknya simpan dulu permainanmu. Di depan ada sebuah wajan besar, Harry dapat meramu potion di sini. Kamu sudah mempelajarinya bukan? Lanjutkan perjalanan ke gerbang berikutnya.
Bola mata merah
Di sini Harry bertemu Peeves yang menyebalkan. Ia mengatakan Harry jelek dan akan lebih baik berada di kebun binatang. Teruskan perjalananmu. Kamu akan melihat wajan yang berterbangan dan sebuah pintu di kiri atas. Dahulukan mengambil jalan melompati wajan-wajan. Kemudian melompati meja-meja. Ambil jalan kiri, Harry akan sampai kepada sumber kekuatan bola mata merah. Tetapi hancurkan dulu prajurit baju besi dengan 2x Flipendo. Hancurkan bola mata merah juga dengan Flipindo, jangan lupa mengambil biji Hijau.
Bola mata Biru
Setelah bola mata merah hancur, kembalilah lagi dan cari lorong kecil di depan pintu masuk tadi. Lompati meja, hancurkan robot dan Harry akan sampai pada kekuatan bola mata Biru. Tinggal di Flipindo saja.. beres. Kemudian setelah keluar, ambil pintu sebelah kiri tempat kamu bertemu Peeves pertama kalinya.
Di ruangan tanpa nama ini sepintas terdapat 3 jalan, kiri atas, kanan atas dan depan. Tetapi sebenarnya kanan atas bukanlah pintu, itu hanya sebuah lorong yang menjorok ke dalam, dan tidak ada apa-apa di sini. Jalan depan.
Depan: Bola mata kuning
Begitu masuk ke ruangan ini, di sebelah kanan ada turunan, dan ada save point di sini. Jika kamu mau menyimpan permainanmu. Untuk naik ke atas kembali bisa kan ? masak lupa. Entah apa yang terjadi, Harry jadi sulit berjalan di atas tanah berwarna hijau. Hati hati dengan kura-kura yang bisa manjat, apinya lumayan menghabiskan HP. Teruskan berjalan sampai menemukan sumber kekuatan bola mata kuning. Flipendo!.
Kiri atas: Bola mata Hijau
Tidak banyak jalan di sini, begitu memasuki pintu ini akan terlihat kekuatan bola mata hijau ada di sebelah kiri, turunan di sebelah kanan akan membawa Harry ke tempat save poin sebelumnya.
Setelah ke 4 bola mata hancur, maka pintu yang di jaga Nearly akan terbuka, cari jalan untuk kembali. Nearly akan mengatakan bahwa kamu hebat, dan Nearly meminta Harry untuk berguru pada Prof Mc Gonnagel.
Masuki pintu yang dijaga 4 bola mata tadi. Ada save point dan dua pintu di sini. Sebelah kanan menuju Castile dan sebelah kiri menuju Portrait Room. Ini jalan Dungeon pertama kalinya, kamu pernah ke sini sebelumnya. Masuklah ke Portrail Room. Fred Weasley dan George akan memberimu password jika kamu sudah berhasil mengumpulkan 80 biji hijau. Password itu untuk membuka lukisan di dekatnya, yang akan memberimu Quidditch Amour. Jika belum sampai 80, teruskan perjalananmu di Portrail Room ini untuk mengulangi stage terdahulu, untuk mengambil biji hijau yang tertinggal.
Setelah itu kembalilah ke Castile. Ikuti teman mu ke Gryffindor Tower. Dari sini naiklah dan masuk ke Upper Castile yang tadinya terkunci. Kembali temui Fred Weasley dan George untuk instruksi selanjutnya. Harry diminta mengumpulkan biji merah. Ada 3 pintu di ruangan ini. (selain pintu yang kamu masuki tadi). Sebelah kanan menuju Transfiguration Class, sebelah kiri menuju The Forbidden Corridor dan ke Girls' Bathroom. Pintu kiri ke duanya terkunci, masuklah ke pintu kanan.
Transfiguration Class
Ambil biji merah di atas meja yang beterbangan, seperti biasa sebelum menuju pelajaran selanjutnya. Transfiguration spell adalah mantra yang berbahaya, tetapi tidak sulit untuk mempelajarinya. Setelah selesai, keluarlah dari pintu yang ditunjukkan. Dan poin akan dihitung.
STAGE FOUR
Begitu keluar dari kelas, terapkan mantra Alifous yang Harry pelajari tadi pada patung burung yang kamu temukan pertama kali. Naiki meja dan melompatlah ke pinggir di tempat save point, save game dan melompatlah ke seberang. Masuk ke dalam, dan Harry akan bertemu Peeves untuk ke dua kalinya. Ia mengambil paket yang diantarkan burung hantu putih ke pada Harry, dan ia akan mengajak Harry untuk balapan. Ia akan mengembalikan paket jika Harry bisa sampai terlebih dahulu. Di depan Harry ada sebuah pintu menuju Portrait Room ia akan meminta password. Mintalah password pada Fred Weasley dan George jika kamu sudah mengumpulkan 100 biji merah. Pada salah satu rak buku di dalam ruangan ini dapat dimasuki, tetapi abaikan saja dulu. Sebelumnya, ruangan ini ada patung burung. Gunakan Alifous, dan naiklah ke atas untuk bertanding dengan Peeves. Yang dibutuhkan di stage ini adalah konsentrasi. Pandangan ruang tidak dapat diubah selama pertandingan (R2 dan L2 tidak berfungsi). Ini bisa membantu, bisa juga merugikan, tergantung kamu memandangnya dari segi mana.
Ternyata paket tersebut berisi sebuah mantel tembus pandang peninggalan ayah Potter, tetapi hanya sebentar. Kamu membutuhkan sebuah icon (token) untuk itu. Kembali ke Upper Castile, Harry akan muncul di atas. Hati-hati jika turun, turun terlalu jauh akan mengurangi HP. Menyeberanglah dan masuki pintu tadi. Salah satu lemari di ruangan ini dapat dimasuki dengan menekan KOTAK. Kembali Harry bertemu Nearly, ia meminta Harry untuk mengumpulkan 10 buah Terung. Jika berhasil, Nearly akan memberimu card Roderick Plumpton. Keluar dari ruangan ini dan menyeberanglah ke Save point, masuki pintu ke The Forbidden Corridor dan Harry akan bertemu dengan Filch yang terlihat licik. Ia meminta Potter keluar, tetapi tidak ada lagi pintu yang harus dilewati Potter. So, Harry harus membuntuti Filch. Jangan sampai ketahuan karena jika ketahuan kamu akan ditendang ke luar. Pernah main Metal Gear Solid? Nggak jauh beda deh! Carilah ikon mantel tembus pandang di atas lemari untuk mengaktifkan mantel dan juga ambil kunci untuk membuka pintu berikutnya. Teruskan perjalanan sampai menemukan Filch yang membuat perjanjian dengan Prof Snape. Kali ini ikuti pintu masuk Prof Snape yang akan mempertemukan Harry kembali dengan Filch. Sub stage membuntuti Filch ini terbagi menjadi 4 ruang. Tugas kita sama, mencari kunci dan membuka pintu selanjutnya. Ini akan menghantarkan Harry kepada ruangan yang terdapat 2 pintu. Sebelah kiri Danger! Do Not Enter, dan sebelah depan Storeroom.
Masuklah ke Storeroom, Harry akan menemukan cermin besar, cermin yang bisa memantulkan kedua orang tua Harry. Simak sendiri ceritanya...
Setelah event selesai, Harry kembali ke luar. Ada lubang besar di sebelah kanan, nah masuklah ke situ mengikuti temanmu. Sampai ke The Girls' Bathroom. Di sini ada monster jelek (Troll) yang akan mengejarmu. Lari terus.. sambil memungut biji merah sampai ke Girls' Bathroom. Di sini Troll akan melemparmu dengan perangkat WC. Hancurkan dengan Flipindo seketika sebelum ia menghantammu. Sampai temanmu mampu mengangkat sebuah pentungan tepat di atas kepala troll. Flipindo pentungan tersebut dan akan mengenai kepala troll. Setelah ini selesai, nikmati event.
Harry harus kembali mengikuti Quidditch Pitch Tournament untuk ke dua kalinya. Setelah itu Harry akan dibawa ke kota Diagon Alley untuk berbelanja oleh-oleh buat Hagrid.
STAGE FIVE
Diagon Alley
Masih ingat Norbet? Si naga lucu yang menetas dari telur milik Hagrid? Yang proses penetasannya di bantu oleh Fire Seed yang di temukan Harry ? Nah naga kecil itu sekarang sedang sakit. Hagrid mengajak Harry ke kota ini untuk beli obat. Tetapi ia tidak punya uang. Maka Harry diminta untuk "mencari" uang di bank.
Gringotts Bank
Tetapi sebelumnya jika Harry ingin jalan-jalan dulu di kota kecil ini juga nggak masalah. Ada wanita tua yang menasehati Harry untuk kembali di sebelah kanan Bank dan save poin di sebelah kiri Bank.
Ruangannya terbilang kecil dan mudah dikenali.
Mission 1:
Mengumpulkan 14 buah form dalam waktu yang ditentukan. Ini tidak sulit, bahkan sangat mudah, jika lantainya tidak licin.
Mission 2 :
Mengambil sejumlah koin perunggu dengan kereta,. Misi ini gampang-gampang susah. Jumlah koin ditunjuk-kan dengan indikator sebelah kanan atas monitor TV. Di sebelah kiri TV ada insrtuksi palang dan posisi koin.
1. Jika ada panah berwarna merah, kamu harus menekan D-pad berlawanan arah dengan panah ter-sebut. Karena panah merah menunjukkan posisi palang yang harus kamu hindari, karena palang akan me-ngurangi jumlah koin yang kamu kumpulkan.
2. Jika ada panah Hijau, berarti menunjukkan posisi koin,. Tekan D-pad searah dengan panah.
3. Jika ada panah memutar berwarna putih, itu artinya posisi koin memutar, dekan D-pad searah dengan panah tersebut dan tahan. Tekan X untuk mempertahankan posisi kereta, karena jika tidak, kereta cenderung berpuar-putar.
Jika missi gagal pegawai Bank akan meminta kita untuk mengulanginya, lagi, lagi dan lagi sampai bosan. Nggak deh maksudnya sampai berhasil!
Mission 3:
Kembali kita mengumpulkan Form di lantai yang licin. Jumlahnya 14 buah gulungan. Jika sukses akan kita lanjutkan ke mission berikutnya.
Mission 4:
Lagi-lagi kereta.Caranya asam, hanya saja koin kali ini koin perak. Setelah itu, lanjutkan ke main Hall, save game dan belanjakan saja dulu uang perunggu dan uang perakmu. Untuk mengusir kejenuhan main kereta pergilah ke :
Eeylops Owl Emporium
Tukarkan koin perakmu dengan selembar bulu burung hantu. Di sini Harry harus mengambilnya sendiri. Dengan mantra Wingardium Leviosa ambil kacang dan berikan pada burung hantu yang di tengah, jangan sampai kacangmu dimakan burung hantu yang berterbangan. Lakukan terus sampai burung hantu yang di tengah tertidur karena kekenyangan. Ia akan menjatuhkan sehelai bulunya. Pungut bulu tersebut dengan mantra Wingardium Leviosa. Setelah itu keluarlah.
Ollivanders
Cari pintu yang bertuliskan Ollivanders, masuklah dan tukarkan koin perunggu dengan 3 lembar bulu merak. Nah, sialnya , di sini kita harus mengambil sendiri bulunya dari burungnya. Memang repot, tapi menyenangkan kok. Jika Harry dapat terus menempel pada merak tersebut selama 2 detik, maka Harry akan memperoleh selembar bulu merak. Lakukan sampai dapat tiga lembar. Setelah itu bergeraklah menuju
Gringotts Bank
Kita harus kembali ke sini untuk mengambil koin emas. Jenuhnya sudah berkurang waktu berbelanja tadi bukan? Kamu akan main kereta lagi. Tetapi sebelumnya kembali Harry harus mengumpulkan form 14 buah sebelum mengambil koin emas. Setelah mendapatkan koin emas, keluar dari bank dan cari pintu yang bertuliskan The Magical Managerie.
The Magical Managerie
Di sini Harry menukarkan koin emas dengan katak. Seperti yang sebelumnya, kita harus menangkap nya sendiri. Katak itu berada di dalam salah satu kotak putih, cari yang bergerak-gerak, lalu hancurkan dengan Flipindo. Ketika katak muncul, lansung Flipindo lagi. Lakukan ini sampai 3 kali. Tetapi jangan hancurkan semua kotak, hancurkan yang bergerak saja. Setelah dapat 3 ekor, Shop maker akan memberimu seekor untuk dibawa pulang.
Harry bertemu dengan Hagrid di luar, mengajaknya pulang untuk segera mengobati Norbet. Saksikan sebuah event dan nikmati ceritanya.
STAGE SIX
Forbidden Forest
Hagrid bilang kita harus mencari Unicorn. Ikuti percikan darah unicorn yang bersinar di bawah sinar bulan. Turuti saja jalan yang ada, sampai menemukan pintu yang harus dibuka dengan simbios. Lanjutkan sampai menemukan turunan. Flipindo pohon untuk menyeberang. Teruskan perjalanan sampai menemukan jembatan yang harus di-simbios lagi. Di balik jembatan ada monster bunga. Kalahkan dia, karena di belakangnya ada pintu menuju tempat untuk membuat potion. Di pintu satu lagi Harry akan menemukan monster kura-kura. tekan R1 agar Flipindo tidak meleset. Setelah itu masuklah ke dalam pohon. Harry kembali akan bertemu dengan Draco Marfloy. Terdengar seperti ancaman, tetapi sudahlah, lanjutkan perjalananmu. Save game dahulu sebelumnya. Kembali Harry bertemu Kura-kura Api, lakukan hal yang sama seperti sebelumnya dan kejadian yang sama seperti sebelumnya pun terjadi, masuklah ke dalam pohon.
Potter akan kembali bertemu dengan Hagrid. Ia mengatakan "laporkan padaku apapun yang kamu temukan, Potter". Teruslah masuk ke dalam lubang tersebut. Kembali ikuti percikan darah Unicorn yang bersinar. Percikan akan berakhir pada sebuah naikan (tonjolan batu yang harus dinaiki). Gunakan Simbios untuk membakar semak. Sebelumnya, apakah kamu sudah mendapatkan 100 biji merah? Jika belum, berhadapan dengan tanjakan, ada sebuah lorong yang terdapat beberapa biji merah. Telusurilah ambillah beberapa biji merah di sini. Tetapi Harry harus berhadapan dengan kura-kura berapi dulu. Lorong ini buntu, untuk itu kembali saja jika sudah mengambil semua biji merah.
Setelah itu saksikan event yang menceritakan bahwa Harry Potter diselamatkan oleh Centaur (manusia setengah kuda) yang bernama Flinze. Ia juga menjelaskan bahwa orang yang meminum darah Unicorn akan dapat bangkit dari kematian. Pria yang ber-jubah hitam (yang membunuh Unicorn) adalah Lord Vol-demort. Harry kembali berada di rumah Hargid, ia meng-hadiahkan Harry sebuah seruling yang bila dimainkan dengan nada tertentu akan membuat makhluk yang mendengarkannya tertidur. Latihlah skill ini.
Caranya: tekan simbol secara berirama dari atas ke bawah secara berulang-ulang sampai burung hantu tertidur. Simbol tertera di kanan layar.
Kembalilah ke kastil, seharusnya kamu sekarang sudah mengumpulakan 100 biji merah. Carilah Fred Weasley dan George mintalah password untuk mendapatkan Knocback Jink Duo di dalam lukisan di atasnya.
Selanjutnya masuki pintu yang menuju The Forbidden Corridor, satu ruangan dengan Fred Weasley dan George. Terus menuju tembok yang berlubang oleh monster besar yang jelek tadi. Masih ingat? Harry akan bertemu dengan ke dua temannya. Ia mengajak Harry meneruskan perjalanan. Lalu poin dihitung.
STAGE SEVEN
Harry dkk akan berhadapan dengan Fluffy (anjing berkepala tiga). Sangat tidak mungkin untuk dilawan. Untuk itu tidurkan saja Kamu masih membawa seruling pemberian Hagrid bukan, sekarang lah waktunya. Tidurkan ke tiga kepala Fluffy. Nanti lubang di bawahnya akan terbuka. Secara otomatis Harry dkk akan masuk.
Di dalam lubang ini ada tumbuhan ganas yang disebut Devil Snare. Ia mempunyai enam kumis berduri yang mengerikan. Dapat dihancurkan dengan Flipindo, tetapi harus sesuai urutan. Dari tempat teman Harry yang terperangkap, berjalanlah memutar, temukan sedikit celah yang juga dipenuhi tumbuhan menjalar. Tetapi paling tidak tumbuhan ini aman. Hadapkan Harry ke arah Devil Snare, dan tekan segitiga. Perhatikan kumis yang berwarna agak beda, nah, serang yang itu dahulu. Lakuan cara yang sama untuk seterusnya. Setelah itu kumis yang paling besar akan muncul di tengah. Membunuhnya tidak susah koq, dengan sedikit konsentrasi, pasti bisa. Setiap kali kumis besar masuk kembali ke dalam tanah akan menambah sedikit HP nya, untuk itu seranglah 2 kali sebelum ia masuk. Dengan begitu pengurangan HP lebih besar dari penambahan-nya. Selanjutnya Simbios.
Di dalam ruangan ini ada sebuah pintu yang terkunci, dan ada banyak kunci yang berterbangan di atasnya, tetapi Harry tahu mana kunci yang tepat. Kunci itu akan terbang sambil mengeluarkan lingkaran yang harus Harry masuki, sampai indikator di bawah layar penuh. Setiap lingkaran yang terlewatkan akan mengurangi indikator yang di bawah. Setelah penuh, tangkaplah kunci tersebut, tekan X pada saat yang tepat.
Selanjutnya Puzzle Gigantic Chess. Arenanya menyerupai papan catur, bahkan jumlahnya juga 8 x 8. Biji caturnya juga mirip. Hanya permainannya yang beda. Baik Harry maupun lawan hanya bisa bergerak satu kotak. Baik diagonal maupun ke samping. Lawan berdiri sendiri baik itu hitam maupun putih. Mereka semua akan bergerak ke arahmu. Jika mereka memakan salah satu biji catur, merekapun juga akan mati (hancur). Selanjutnya tergantung kemahiran skill kamu untuk membuat mereka saling menghancurkan. Ada 3 stage di sini, semua dengan tingkat kesulitan yang berbeda.
Selanjutnya kita akan memasuki sebuah gang. Perhatikan sebelah kanan ada dinding yang berwarna agak beda. Tekan KOTAK di situ dan kamu akan menemukan banyak katak coklat dan save poin. Di ujung jalan ada sebuah pintu. Ketika Harry dan temannya masuk ke dalam, Groggy akan terbangun, (masih dengan Groggy? Si monster besar yang jelek?) tetapi ia masih belum sadar. Jaga kondisi ini terus. Jangan buat keributan. Sementara teman Harry sedang mencari mantra untuk membuka pintu, pindahkan barang-barang yang akan menghalangi jalan Groggy ke pinggir. Tentu saja dengan mantra Wingardium Leviosa. Hati-hati, jangan buat keributan. Lakukan terus sampai Groggy masuk ke dalam lubang.
ALOHAMORA. Mantra ini akan membawa kita pada Puzzle berikutnya. Ada 3 buah pakaian besi. Satu yang di tengah mempunyai ice potion. Setelah diputar-putar, manakah yang memiliki ice potion? Jika tebakanmu benar, lawan si baju besi. Ia akan mengeluarkan Ice Potion jika kalah. Jalan berikutnya sangat panas. Karena Ice Potion cuma ada satu, maka Hanya Potter yang bisa melanjutkan ke stage berikutnya.
Setelah kita melewati sebuah gang, Harry akan bertemu dengan si pembunuh Unicorn. Ia akan menghidupkan semua baju besi yang ada di sini. Berhati-hatilah, terutama yang besar.ia tidak dapat diserang jika sedang berwarna merah (menghilang). Jika sudah selesai, langit-langit castile akan runtuh, yang mem-bentuk sebuah jembatan untuk menyeberang. Sebelum itu, ada potion di sudut, jika kamu membutuhkannya.
Boss Stage. Ia mempunyai dua wajah, depan dan belakang. Hanya dengan mendekat, Harry bisa kehilangan HP. Ada 3 fase pola serangnya.
1. Ia akan melontarkan gelombang berwarna hijau, hindari gelombang ini. Dan akan ada tali aneh yang mengikat Potter sehingga tidak bisa bergerak (tetapi tidak mengurangi HP). Tekan kotak secara berulang-ulang untuk melepaskan ikatan. Ia juga tidak bisa diserang secara langsung. Flipendo pilar-pilar di pinggir ruangan yang kemudian akan rubuh menimpanya.
2. Di samping menyerang dengan gelombang hijau, ia juga akan menyerang dengan gelombang yang lebih besar. Flipendo cermin satu kali untuk mengumpulkan energi di situ, dan Flipendo sekali lagi (cermin) untuk menghasilkan Flipendo lebih besar ke belakang cermin. Pastikan si Boss berada di belakang cermin.
3. Si Boss sudah semakin lemah, ia akan menyedot HP Harry. Tekan kotak berulang-ulang secepat kamu bisa untuk mencegah hal itu terjadi. Ketika simbol KOTAK di sebelah kiri atas monitor berubah menjadi X, maka segera tekan X. Hal ini akan mengurangi HP boss. Lakukan ini sampai 3 kali, kemudian si Boss kalah.
Harry bisa menarik nafas panjang. Semua mimpi buruk telah berlalu.
Setelah itu, nikmati Endingnya. Akan ada perayaan kemenangan untuk Harry Potter. Ia mengakui perayaan ini adalah hal terbaik yang pernah Potter alami sepanjang hidupnya, bahkan lebih baik dari pada kemenangannya dalam Quidditch Tournament.
TAMAT
CHEAT Harry Potter & The Sorceror's Stone
Alternatif Ending:
ketika kamu sudah memenangkan game tampilan Credit akan mulai, dan berlangsung untyuk beberapa menit. Setelah tampilan Credit selesai kamu akan diberitahu siapa sebenarnya Juara pertama Hogwarts cup dan kalau kamu sudah mengumpulkan semua (17) Famous Witchs dan Wizard Card, maka game akan memberikan kamu ending yang berbeda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar