Minggu, 26 April 2015

Walkthrough Dance-Dance Revolution (PS1)


Mau nge-dance, kamu nggak perlu lagi nunggu ada pesta atau keluar buat dugem. Repot amat, apalagi kalau tempat pesta dan diskotik-nya jauh. Nge-dance aja di rumah pake DDR. Selain dijamin aman, malah lebih asyik, soalnya bisa milih lagu yang kamu suka, terus bisa nge-dance sendiri atau berpasangan. 

Asal kamu tau aja nih ya, DDR itu adalah game simulasi dance pertama yang dirilis Konami. Awalnya, game ini untuk Arcade (1998), setahun kemudian dibuat versi PS-nya dan sampai saat ini sudah terbit hampir 30 game DDR termasuk versi Sega Dreamcast, Nintendo 64 dan Game Boy Color (versi Jepang dan A.S.). 

Buat pemula, DDR mungkin sulit dimainkan, tapi, lama-lama pasti bisa. Yang penting kamu harus lincah menggerakkan tubuh, terutama kaki. Gerakkan kakimu sesuai irama musik dan panah (kiri, kanan, atas, bawah) di karpet dance. Tapi, gerakan itu nggak sembarangan, lho karena harus mengikuti panah-panah yang muncul di layar teve-mu. Kalau sudah menguasai DDR-nya Arcade, kamu juga bisa menggunakan ketrampilanmu itu untuk PS. Sama aja, kok! 

First Thing First 

Eit...jangan langsung joged dong, pilih dulu play level-nya. Ada tiga Play Mode yang tersedia: 

Easy: Ini baru pemanasan, buat pemula deh. Gerakannya tidak cepat dan alur game berjalan lambat. Kalau pun beberapa step terlewat, kamu bisa terus memainkannya sampai game berakhir. 

Normal: Kamu harus menentukan langkah yang pas dan nggak berubah-ubah supaya bisa meneruskan ke lagu berikutnya. 

Hard: Tingkat yang paling sulit, diperlukan kelincahan dan ketrampilan khusus untuk menggerakkan kakimu. 

Nah, kalau play level sudah dipilih, baru deh pilih lagu yang paling hot. Now, you're ready to dance! (regi) 

Tingkat Kesulitan Lagu 

 Setiap lagu memiliki simbol "kaki". Makin banyak simbol kaki, makin rumit/sulit lagunya. Tapi, hal itu juga tergantung pada cara bermainmu, karena ada beberapa lagu yang sulit, tapi menurutmu itu mudah. Coba perhatikan simbol-simbol dalam tabel di sebelah ini. 

Lagu yang bersimbol tujuh dan delapan kaki cuma ditemukan di level "Difficult" dan "Expert". Hanya ada dua lagu yang bersimbol sembilan kaki, dua-duanya di level "Expert". Tapi, ada pengecualian. Kalau pilih lagu "random", mungkin kamu akan mendapatkan lagu bersimbol apa pun, meskipun kombinasi itu jarang muncul. 

Terminologi 

Berikut ini adalah kamus mini yang memuat istilah-istilah dalam strategi DDR. 

Scorer
Pemain yang tujuan utamanya adalah meraih skor setinggi mungkin, sampai-sampai mengorbankan penampilannya. 

Freestyler 
Pemain yang mengutamakan penampilan. Skor-nya malah diabaikan. 

Bar 
Satuan panjang/lamanya lagu. Setiap lagu punya bar yang berbeda, tergantung BPM-nya. 

Beat atau Full Beat (Bit Penuh) 
1/4 bar. 

Half Beat (Bit Setengah) 
1/8 bar. 

Quarter Beat (Bit Seperempat) 
1/16 bar. 

BPM 
Beats Per Minute. Satuan kecepatan relatif sebuah lagu. BPM dihitung dari ((jumlah bar dalam satu lagu) x 4) / durasi lagu dalam menit. 

Step 
Setiap panah dalam lagu yang mengharuskan kakimu diletak-kan pada posisi dan waktu tertentu disebut step. Step bisa jatuh pada half beat. Pada lagu-lagu sulit, step bisa juga jatuh di quarter beat. Ada 4 macam step: kiri, kanan, atas, dan bawah. 

Step 1/4  
Step yang jatuh dalam full beat. Biasanya, cuma ada empat 1/4 step per bar. Step 1/4 dalam strategi ini berwarna ungu. Antar setiap step pada rangkaian step di sebelah kiri ini berisi pause satu bit. 

Step 1/8 
Step yang jatuh di tengah-tengah bit. Warna 1/8 bergilir dari step reguler, kamu jadi lebih mudah menghitungnya. Dalam strategi ini step 1/8 diberi warna oranye. Setiap step pada rangkaian step di kiri ini memuat pause setengah bit. 

Step 1/16  
Step yang jatuh di tengah-tengah antara half beat dan full beat. Warnanya juga berubah seperti dua step yang lain. Step 1/16 hanya ditemui dalam lagu-lagu sulit, dalam strategi ini berwarna biru tua kehijau-hijauan. Setiap step pada rangkaian step di sebelah kiri ini memiliki pause seperempat bit. 

Double Step (Step Rangkap) 
Double Step mengharuskan pemain melakukan dua langkah (step) sekaligus pada waktu yang sama. Kalau kamu cuma menggunakan kaki, kamu harus melompat, meskipun pemain dikenal untuk menggunakan anggota tubuh lain seperti tangan, pantat, bahkan kepala. Walaupun begitu, double step termasuk cara untuk meraih skor. Ada enam macam double step: kiri-kanan, atas-bawah, kiri-atas, kiri-bawah, kanan-atas, dan kanan-bawah.

Bemani? Apaan, sih? 

Bemani, yang singkatan dari Beatmania, adalah pendahulu DDR. Game musik yang pertama ini juga produknya Konami. Dirilis di Jepang tahun 1997, khusus untuk Arcade. November 1998 dirilis di A.S. dengan nama Hiphopmania, tapi sayang...nggak sesukses di Jepang. Kini di negara asalnya, sedikitnya sudah ada sepuluh seri game Arcade Bemani. Kalau main game ini kamu punya banyak pilihan, mau nge-dance, main gitar, drum, keyboard, atau nge-DJ! Asyik, ya? 

Beatmania - Des. '97
Game Bemani yang per-tama. Punya 5 tombol keypad dan meja putar. 

Dance Dance Revolution - Nov '98 
Sampel unit DDR sebetulnya dirilis bulan September 1998. 

Guitar Freaks - Mar '99 
Kontroler gitar yang punya tiga *fret dan tuas yang bisa kamu petik. *garis-garis melintang pada gitar tempat jari-jari kiri menekan snar 

DDR Solo Bass Mix - Sep '99 
Game DDR pertama yang disertai dua ekstra panah diagonal. 

Beatmania III - Mar 2000 
Yang ini punya sebuah pedal kaki yang bikin game tambah rumit, dan pe-ngeras suara. 

Para Para Paradise - Sep 2000 
Mirip Dance Maniax, tapi disertai multi sensor pada konfigurasi setengah lingkaran. 

Pop 'n Music - Sep '98 
Konsepnya sama dengan Beatmania, game ini punya grafik imut dan sembilan tombol besar! 

Beatmania IIDX - Feb '99 
Bentuknya baru, punya tujuh kunci, layar lebar 16:9, dan video aktual yang bisa memainkan lagu.

DrumMania 
 DrumMania - Jul '99 
Game Bemani yang tersulit. Ada 6 bagian dalam drum set ini: hi hat, snare, low tom, hi tom (tom = gendang), simbal, dan bass drum.
KeyboardMania 
  KeyboardMania - Jan 2000 
Menampilkan keyboard Yamaha dengan dua oktaf (24 kunci) untuk setiap pemain. Game ini adalah satu-satunya game Bemani yang paling mirip dengan instrumen musik aslinya.  

Dance Maniax 
  Dance Maniax - Jun 2000 
Mirip DDR, tapi menggunakan tangan. Gerakan tanganmu sesuai lingkaran-lingkaran yang muncul di layar.
Aturan Skor 

Rating akan muncul setiap kali kamu coba melangkah. Kalau kamu melangkah pada saat yang tepat, nilai yang kamu dapat adalah "Perfect!!". Kalau langkahmu sedikit lebih awal atau agak telat, kamu akan melihat "Great". Kamu juga bisa meraih "Good" atau "Almost" kalau sudah lewat dari waktu yang ditentukan. Kalau ada langkah/step yang sema sekali terlewatkan, skormu "Boo!". Ketika kamu melangkah, dance meter-mu akan bergerak ke atas atau ke bawah, dan skormu juga akan bertambah berkat jumlah tertentu. 

Aturan skor berbeda-beda antara satu lagu dengan lagu lainnya, tapi tidak berubah-ubah, lho! Poin setiap step dihitung dengan rumus ini: 

n = 20.000.000 / (m(m + 1)) 

Variabel m menunjukkan total step dalam satu lagu. Variabel n mengacu pada poin yang kamu dapat untuk meraih "Perfect!!" pada setiap step pertama dari lagu yang sama. Di samping itu, nggak setiap step bernilai sama, karena setiap step punya potensi n yang lebih dari yang sebelumnya. Dengan kata lain, aturan skor di bawah ini berlaku untuk lima step pertama dari lagu apa pun sampai step terakhir di lagu itu, step m. 
Step# Nilai "Perpect!!" Nilai "Great"  Nilai Lain
1
2
3
4
5
:
m
n
2n
3n
4n
5n
:
mn
1/2n
n
3/2n
2n
5/2n
:
(m/2)n
0
0
0
0
0
:
0
Tabel di atas memuat hal-hal penting. Pertama, kamu nggak dapat poin ekstra untuk combo. Kedua, step-step di akhir lagu jauh lebih berharga daripada yang di awal. Ketiga, poin maksimum yang akan kamu raih dari lagu apa pun adalah 10.000.000. Skor itu bisa kau capai kalau kamu meraih "Perfect!!" pada setiap step. Terakhir, makin sedikit step yang tersisa pada setiap lagu, makin berharga pula nilainya. 

Berikut ini rangkuman skor yang bisa kamu raih: 

"Boo!"
* Hitungan combo kembali ke 0. 
* Skormu nggak akan meningkat. 
* Dance Meter turun banyak. 

"Almost" 
* Hitungan combo kembali ke 0. 
* Skormu nggak bakal naik. 
* Dance Meter turun kurang lebih setengah dari yang ada di "Boo!" 

"Good" 
* Hitungan combo kembali ke 0. 
* Skormu nggak bakal meningkat. 
* Dance Meter tidak terpengaruh.

"Great" 
* Hitungan combo ditambah satu. 
* Skormu naik sengah, sebanyak yang diraih pada "Perfect!!" 
* Dance Meter naik sedikit. 

"Perfect!!" 
* Hitungan combo ditamba satu. 
* Skormu bertambah untuk cara yang digambarkan sebelumnya. 
* Dance Meter naik dua kali lipat, sebanyak yang ada pada "Great".

Nih, beberapa poin lebih yang perlu diketahui: 
* Kalau kamu melangkah saat tidak ada panah, kamu nggak akan kena penalti. 
* Hitungan combo hanya muncul kalau meraih minimal 4. 
* Kalau Dance Meter-mu mencapai 0, kalau "Failed" nggak muncul di layar, semua step "Great" bernilai 5 poin dan step "Perfect!!" bernilai 10 poin sampai lagu berakhir. 

Skil yang Harus Dikuasai 

Saat main DDR, ada tiga hal penting yang harus kamu perhatikan, yaitu waktu, kecepatan, dan daya tahan otot. 

Waktu
Peranan waktu sangat penting dalam mengkoordinasi langkah kaki dan menampilkan grafik di layar. Kamu membutuhkan musik sebagai media untuk mengingat pola langkah-langkah. Para pemula harus belajar teknik menguasai waktu sebaik-baiknya. Coba dulu lagu yang mudah, seperti Boom Dollar di Training Mood. Perhatikan layar dan dengarkan musik baik-baik. Kalau kamu gagal mendapat "Perfect!!", cek aja, kamu mungkin terlalu awal/cepat atau malah telat. Kalau bukan karena itu, kamu mungkin terlalu memperhatikan layar. 

Beberapa pemula cenderung telat melangkah. Kalau kamu juga begitu, cobalah melangkah sebelum panah mencapai tanda. Lama-lama kamu akan merasa kalau mengamati layar itu nggak terlalu perlu. Kamu akan melangkah dengan tepat cuma dengan sekilas melihat interval reguler. 

Kecepatan
Skil ini dibutuhkan ketika kamu mulai memainkan lagu bersimbol lima dan enam kaki. La Senorita, Afronova, dan Paranoia -Dirty Mix- adalah lagu-lagu yang tercepat. Cara terbaik agar bisa cepat adalah perlahan-lahan mengingat gerakan-gerakan dalam Training Mode, lalu tambah kecepatan (speed) secara bertahap. Kemampuan melangkah dengan cepat berkaitan dengan sejauh mana kamu mengenal langkah yang akan dilakukan. Lagu-lagu yang cepat perlu pengenalan yang baik terhadap langkah-langkahnya. So pasti, kamu perlu waktu yang lama untuk mempelajarinya. 

Daya Tahan Otot 
Yang dimaksud di sini adalah otot kaki dan jantung. Sebagai pemula, kamu pasti merasa kakimu cepat lelah dan sering kehabisan napas. Don't worry lah..., kalau sudah beberapa kali main, tubuhmu otomatis akan beradaptasi. Kalau masih bermasalah juga, cobalah rutin jogging, karena bisa membantu menguatkan otot kaki dan memperlancar pernapasan. 

Gimer yang sudah terampil main DDR biasanya nggak cepat capek, atau malah nggak kelihatan kalau doi capek. Kenapa, ya? Karena lompatan mereka tidak tinggi, cepat, dan ringan. Beda dengan pemula, yang cenderung melompat tinggi-tinggi dan menghentakkan kakinya keras-keras. Makanya, jadi cepat lelah! Pokoknya, selama main game kamu harus hemat-hemat energi. Makin dikit kesalahanmu, makin dikit energi yang kamu gunakan untuk memperbaiki gerakan yang salah itu. Kan, lebih baik kamu gunakan untuk gerakan-gerakan selanjutnya! 

Pola Step 

Main DDR berarti me-libatkan 90% daya ingat dan 10 % gerak refleks untuk mengejar waktu karena kamu harus mengingat pola-pola tertentu dan langsung menggerakkan kakimu sesuai pola itu pada waktu yang tepat. Sebetulnya, kamu nggak perlu mati-matian menghapal pola itu. Dengan sering main berarti tanpa sengaja kamu sedang menghapalnya dan mulai membiasakan tubuhmu dengan gerakan-gerakan yang diperlukan. 

Pola step biasanya muncul dalam cluster (kelompok) yang berulang-ulang. Coba deh lihat contoh-nya pada lagu Brilliant 2u di sebelah kiri ini: 

Perhatikan, banyak pola yang diulang, kan? Variasi-nya malah sedikit. Di sini cuma ada beberapa lokasi dimana pola itu berubah tiba-tiba. Misalnya, ada 6 bar yang  punya step 1/8 (kecuali bar 45-47). Lalu, lihat bar 6,9,30, dan 33, semuanya identik/sama, juga bar 12 dan 36. Perhatikan sisa lagu dan kamu bakal melihat kalau bar 5, 21, 23, dan 29 juga sama. Terus, bar 8, 11, 32, dan 35. Apa maksudnya? Semakin banyak pengulangan, kamu akan lebih mengenal pola-pola itu, dan skilmu akan meningkat. 

Berikut ini diberikan beberapa pola yang sering muncul. Saat mempelajarinya, ingat-ingat deh yang ada di bawah ini: 

* Biasanya paling tidak ada dua cara atau lebih untuk menampilkan sebuah clus ter step. 
* Kadang-kadang kalau kamu menggerakkan tubuh tidak pada tempatnya, berarti kamu nggak akan melakukan step berikutnya. 
* Kalau tubuh dan/atau kakimu sudah berada pada posisi tertentu, maka kamu nggak mungkin meraih step selanjutnya.

1/4 - Step Cluster 

Ini pola paling sederhana yang sering kamu temui. Semua lagu bersimbol satu kaki terdiri dari step 1/4. Dalam lagu bersimbol enam kaki pun kamu akan menemukan banyak step ini. Kalau kamu tersandung selama pola ini, cobalah yang berikut ini: 

1. Letakkan kaki kirimu di panah kiri. Seluruh tubuhmu bertumpu di kaki kiri. 
2. Ketika panah atas, kanan, dan bawah muncul, injaklah dengan kaki kananmu. Bobot tubuhmu boleh dialihkan ke kaki kanan. Jangan gerakkan kaki kirimu sama sekali! 
3. Begitu panah kiri muncul, kaki kananmu mundur (ke panah bawah), gerakkan tubuhmu ke kanan, hentakkan kaki kirimu, lalu kembalilah ke posisi awal. 
Kesulitan bisa timbul jika step tidak jatuh pada setiap bit. Maka, injaklah area tengah dengan kakimu saat panah tidak muncul untuk bit tertentu. Kamu juga bisa meletakkan di mana saja. 

1/8-Step Cluster 

Ayo, cobalah pola yang ada di lagu-lagu yang bersimbol tiga dan empat kaki. Kamu harus menginjak dua kali lebih cepat dari yang sudah-sudah. Gerakan yang paling sukar adalah saat berubah dari step 1/4 ke step 1/8, lalu kembali ke step 1/4 tanpa melewatkan satu bit. Tidak seperti pola-pola sebelumnya, pola yang ini muncul dalam berbagai konfigurasi. 

*Kombinasi A-A
Ini pola yang sangat simpel. Hentakkan kaki dua kali. Kombinasi A-A ini bakal kamu temui dalam pola-pola berikut ini. 

*Kombinasi A-B 
Wah, yang ini asyik juga! Hentakkan kaki dua kali lebih cepat atau bisa juga dengan melompat ke atas seperti pada double step. Ketika mau turun (mendarat), letakkan kaki kirimu dulu, lalu kaki kanan setengah bit kemudian. Step 1/8 ini merupakan dasar dari pola-pola yang rumit. 

*Kombinasi A-B-A 
Cara paling mudah untuk menguasai pola ini adalah dengan menaruh satu kaki di "A" dan yang satunya lagi di "B", lalu digerakkan seolah-olah kamu sedang lari di tempat. 

*Kombinasi A-B-C 
Gerakan-gerakan pada pola ini dapat kamu lakukan dengan lancar kalau kamu sudah mempelajari perubahan gerakan kaki pada setiap step. Misalnya, ketika atas-kanan-bawah, kamu lebih mudah memulainya dengan kaki kirimu di atas, lalu kaki kanan di kanan, diikuti kaki kiri di bawah. Nggak masyalah, kan? Tapi, kalau kamu memulainya dengan kaki kanan, itu baru namanya masalah! Ingat, ya...kamu nggak perlu lihat ke layar. Begitu kamu menginjak panah atas dengan kaki kananmu, tubuhmu 90 derajad ke kiri, jadi kamu bisa mundur dengan kaki kiri dan mencapai panah kanan. Setelah itu kamu akan berputar 90 derajad lagi ke kiri dan menginjak panah bawah dengan kaki kanan. Memang nggak segampang cara yang pertama. Kalau kamu sudah menguasai cara ini, artinya kamu mulai belajar freestyling-nya DDR!  

*Contoh lain, kiri-atas-kanan. Kalau kamu menghadap ke depan, nggak peduli memulainya dengan kaki yang mana, kamu akan bermasalah dengan panah kanan. Cobalah mengarah 90 derajad ke kiri dan mulailah dengan kaki kiri di panah atas, lalu mundur ke panah bawah juga dengan kaki kiri. Posisi ini sama dengan yang sebelumnya, kecuali dalam hal berputar 90 derajad yang berlawanan dengan arah jarum jam. Dengan mengenal simetris seperti ini, DDR terasa lebih mudah.

*Pause 1 1/12 Beat
Sampai sejauh ini, kamu cuma lihat step-step yang dipisahkan oleh full beat dan half beat. Kalau kamu melihat yang kayaq begini pertama kalinya, pasti kamu bingung. Ini adalah contoh bar 28-30 di Paranoia. Jarak antara stepnya adalah 1 1/12 bit! Cobalah posisi ini pelan-pelan di Training Mode. 

*Kombinasi yang Lebih Rumit 
Ini bar 66 dalam Paranoia Max -Dirty Mix-. Pikirkan seolah-olah kedua kakimu ada panah atas dan bawah. Lalu berputar bersamaan di karpet sesuai arah jarum jam. Mulailah dengan kaki kirimu di panah bawah, lalu kaki kanan di atas, teruskan lagi dengan kaki kiri di atas dan kaki kanan di bawah. 

Di samping ini bar 55-56-nya Drop the Bomb (Difficult). Inilah bagian yang tersulit. Kali ini kamu nggak bisa melan-gkah seperti pada full beat yang ada di antara step. Kalau speed nya terlalu cepat, cobalah cara ini: Tukar kakimu saat menghadap ke depan. Kalau kamu mulai dengan kaki kanan, kamu harus menyilangkan kaki di step yang keempat, kelima, dan kedelapan. Kalau dengan kaki kiri, kamu harus menyilangkan kakimu pada step kedua, ketiga, keenam, dan ketujuh. Atau kamu dapat melangkah saat tubuhmu berputar sesuai arah jarum jam. Mulailah dengan kaki kanan di atas, lalu kaki kiri di kiri, kaki kanan di bawah, dan seteerusnya. Tukar kakimu begitu kamu bergerak. Hati-hati, jangan sampai puyeng! 

Bar 38 di Dub-I-Dub (Difficult). Dalam situasi seperti ini, kamu nggak bisa melompat tinggi-tinggi dengan harapan bisa berhasil. Yang penting, kamu harus secepat mungkin.

Double Step Cluster 

Pola ini juga boleh dibilang simpel. Hanya ada 6 macam double step. Untuk menguasainya, bisa dengan lompatan kecil atau pun besar. Dalam lagu-lagu dengan tingkat kesulitan yang tinggi, panah-panahnya bergerak lebih cepat. Kamu tidak punya banyak waktu untuk melompat tinggi-tinggi. Kamu akan menemukan sedikit double step pada lagu-lagu bersimbol tiga kaki dan yang lebih sederhana lagi. Meski simpel, pola ini banyak muncul dalam lagu-lagu sulit. 

1 Double Step Kiri-Kanan
Double Step tipe pertama yang kamu temui. 

2 Double Step Tas-Bawah 
Kalau kamu sulit melakukan yang ini, putar tubuhmu ke kiri atau kanan. Berputarlah 90 derajad, sama seperti jika melakukan double step kiri-kanan. 

* Kombinasi Kiri-Kanan, Atas-Bawah 
Pola ini sering kamu jumpai. Berlatihlah! Putar tubuhmu 90 derajad dengan arah yang sama pada setiap step! 

3 4 5 dan 6 Double Step Diagonal 
Keempat pola ini muncul dalam lagu-lagu bersimbol lima kaki ke atas. Memang sulit, sih. Tapi, berlatihlah dengan cara melompat-lompat di karpet dengan kombinasi panah yang berbeda-beda. 

1/16 Step Cluster 

Setelah berhasil mencapai level ini 1/16 ini, kamu akan menemukan beberapa kombinasi step yang baru. Kesulitan dalam kombinasi baru ini terletak pada kecepatan dan pola pause yang unik di antara step. 

Pada lagu-lagu yang sulit terdapat pause bit seperempat dan pause bit tiga perempat. Kadang-kadang panah-panah itu muncul pada saat tertentu dimana step 1/16 sulit dibedakan dengan tipe lainnya. Cara terbaik untuk mempelajari ritme pola-pola yang rumit adalah mendengarkannya dalam Training Mode dengan set Assist yang "Type 3". Pertama kali jangan main dulu, dengarkan aja. 

Di samping ini adalah bar 9 El Ritmo Tropical (Expert). Lagu ini penuh dengan step 1/16. Dalam cluster ini, pause antar step-nya adalah bit tiga perempat, kecuali antara step 3 dan 4 yang ber-pause bit setengah. Lagu ini bagus untuk melatih timing step 1/16. 


Ini bar 21 Brilliant 2u (Expert). Sebetulnya, kamu sudah pernah lihat pola ini sebelumnya, tapi kini ditambah panah step 1/16. Pause-nya adalah bit se-perempat antara step ketiga dan keempat, dan juga antara step keempat dan kelima.

Expert-Only Cluster 

Pola ini dimainkan oleh gimer yang sudah ahli main DDR. Cuma ada dalam lagu yang bersimbol sembilan kaki. 

Ini bar 3 dan 4 dalam Dynamite Rave (Expert). Quarter Beat beristirahat (pause) antara step 4, 5, 7, dan 8, 13 dan 14, 16 dan 17. Pause antara step merupakan half beat. Posisi kakinya gampang, kok; mulai aja dengan kaki kirimu, lalu ganti. Bagian yang paling sulit adalah tiga step terakhir: atas-kanan-bawah. Begitu kaki kananmu melangkah ke kanan, kamu harus cepat-cepat mengayun kaki kirimu dari panah atas ke panah bawah. 

Berikut ini adalah contoh yang mencampur beberapa pause dari macam-macam length (panjang) lagu. Ini bar 56-57-nya Dynamite Rave (Expert). Yang bikin sulit adalah timing (waktu) yang tidak biasanya. Pada enam step pertama, pause berubah antara quarter beat dan half beat, Lalu antara step keenam dan ketujuh ada pause tiga perempat. Step-step yang tersisa dipisahkan oleh pause half beat. 

Naoki Maeda: Suka Christina Aguilera 

Namanya juga game musik, pakar musik dan penulis lagu tentu dibutuhkan banget untuk membuat game ini. Nah, berikut ini kutipan wawancara dengan Naoki Maeda, musisi di Divisi Musik-nya Konami yang bikin Bemani dan DDR ceria. 

Lagu apa yang kamu tangani dalam seri DDR? 
Aku menggubah semua original track DDR versi arcade. Ada sekitar 50 original track DDR yang aku tulis. Aku terlibat penuh dalam urusan musik game ini, dari mulai menulis lagu sampai menggubahnya. Untuk lagu yang bukan instrumentalia, aku juga yang menangani masalah vokal dan lirik lagu. Sebelum menggubah original track yang baru, aku selalu mendengarkan lagi lagu-lagu original (original songs) dari setiap seri DDR. Dengan begitu, aku bisa menciptakan lagu yang lebih spesial. Aku selalu memasukkan unsur popularitas dan hiburan pada setiap laguku. 

Kalau di game Bemani, apa aja yang kamu tangani? 
Menulis lagu juga, antara lain Para Para Paradise, Dance Maniax, Beatmania IIDX, Beatmania, DrumMania, dan Guitar Freaks. 

Bagaimana ceritanya kamu bisa bergabung dengan Konami? 
Sejak masih kuliah di jurusan musik, aku sering ikut kegiatan-kegiatan musik. Nah, suatu kali ada audisi musik, aku coba-coba ikut. Eh, taunya terpilih. Aku mulai belajar menggubah lagu dan bekerja jadi asisten seorang musisi. Nggak lama kemudian, pas iseng-iseng baca majalah musik, aku lihat iklan lowongan kerja di Konami. Mereka lagi memerlukan musisi. Aku coba, deh...dan aku lulus mengikuti serangkaian tes masuk. 

Terus, apa yang kamu kerjakan sebelum ada DDR? 
Menulis lagu untuk sebagian besar game shooting Konami (misalnya Twinbee dan serial Salamander), termasuk game gun shooting-nya. 

Instrumen musik apa yang kamu kuasai? 
Aku bisa main gitar, bass, dan drum. Waktu kuliah sih aku mendalami piano, jadi aku bisa memainkan lagu-lagu klasik dan pop. 

Kamu suka jenis musik apa, sih? 
Aku suka dengerin R&B, techno, Eurobeat, House, dan musik pop. Sudah lama aku seneng R&B, sejak SMA. Sekarang aku lebih tertarik sama trance dan techno. 

Siapa musisi atau komponis favoritmu? 
Produser musik (komponis) favoritku sebagian besar dari Eropa dan A.S., misalnya Babyface, Rodney Jerkins, Dallas Austin, Jermaine Dupri, William Orbit, Jimmy Jam dan Terry Lewis. Aku kagum sama mereka, karena bisa menciptakan lagu/musik yang bagus sekaligus me-manage artisnya. Kalau penyanyi favoritku, Christina Aguilera, Toni Braxton, TLC, Shanti Moore, Primal Scream, Underworld, Limp Bizkit, Hikaru Utada dan SASH. 

Kamu sibuk ngurusin musiknya DDR dan Bemani, main game-nya nggak? Terus, yang mana favoritmu? 
Aku suka klub dansa (club dance) dan budaya dansa (culture dance), jadi aku hobi banget main DDR dan Beatmani. 

Pernah coba genre lain? Apa yang paling asyik? 
Aku suka main game sport dan driving simulation. Game Konami favoritku, Real Powerful Pro Baseball. 

Menurutmu kenapa DDR dan Bemani menarik dan banyak disukai? 
Karakteristik game ini adalah ketepatan waktu dan langkah-langkah yang simpel. Meskipun unik, gimer bisa dengan mudah mempelajari dan memainkannya, apalagi disertai musik yang asyik punya. Aku rasa faktor itulah yang bikin game musik ini populer. 

Pertanyaan terakhir, nih apakah game musik bisa terus berkembang? Yah, paling tidak di Jepang, deh! Atau malah orang-orang sudah mulai bosan? 
Game ini ditujukan buat orang-orang yang gila musik. Di dunia ini banyak pecinta musik dan . nggak mungkin hilang begitu aja, kan? Jadi, nggak usah takut kalau game musik nggak bisa berkembang. Kalau para kreator game punya kreativitas yang tinggi dan terus berusaha meningkatkan kualitas semaksimal mungkin, masak sih game ini bakal mandeg? 

Daftar Lagu 

Di atas ini daftar semua lagu dalam game berikut statistiknya. Nilai tertinggi dan terendah pada setiap kolom, dicetak tebal.Urutan kolom adalah: Judul Lagu, Panjang Durasi (Menit), BPM, Level Standar Simbol, Step, Level Sulit Simbol, Step,  Level Expert Simbol, Step. 

GAMESHARK Dance Dance Revolution: Disney Mix
P1 Inf Dance Meter
8008180c0a00

P1 999 Combo(In-Game)
8007d18403e7

P1 9999 Combo
80081816270f

P1 9999 Perfects
800832c2270f

P1 9999 Greats
800832c4270f

P1 9999 Goods
800832c6270f

P1 9999 Boos
800832c8270f

P1 9999 Misses
800832ca270f

P1 0 Combo
800818160000

P1 0 Perfects
800832c20000

P1 0 Greats
800832c40000

P1 0 Goods
800832c60000

P1 0 Boos
800832c80000

P1 0 Misses
800832ca0000
P2 Inf Dance Meter
800833640a00

P2 999 Combo(In-Game)
8007d18603e7

P2 9999 Combo
8008336e270f

P2 9999 Perfects
80084e1a270f

P2 9999 Greats
80084e1c270f

P2 9999 Goods
80084e1e270f

P2 9999 Boos
80084e20270f

P2 9999 Misses
80084e22270f

P2 0 Combo
8008336e0000

P2 0 Perfects
80084e1a0000

P2 0 Greats
80084e1c0000

P2 0 Goods
80084e1e0000

P2 0 Boos
80084e200000

P2 0 Misses
80084e220000 

Tidak ada komentar: