Gue : "Wah, sorry Snake, Otaconnya lagi nggak di tempat. Yang ada Gue aja nih! Kamu kenapa? Bingung ? Gimana kalo Gue kasih walkthrough biar misimu cepat selesai." (rama)
Basic Training
Ada beberapa perintah, prosedur, dan teknik yang harus kamu kuasai. Elemen gameplay-nya memang kebanyakan masih menjiplak dari seri Metal Gear Solid pertamanya, walaupun begitu kamu sebaiknya tetap mempelajari.
Melengkapi dirimu dengan cepat
Kalo kamu berada pada situasi yang tidak nyaman, tekanlah R2 atau L2 dengan cepat sehingga kamu akan kembali pada pilihan senjata dan item yang kamu gunakan sebelumnya.
Menggunakan Radar
Kalo kamu sedang melihat radar, kamu akan melihat garis pandangan musuh dalam bentuk sinar. Seandainya musuh nggak mengetahui keberadaanmu, warna sinarnya biru. Ketika mereka menyadari kehadiranmu, warnanya berubah menjadi kuning. Pada keadaan ini, kecepatan gerak mereka akan meningkat. Terkadang mereka akan meninggalkan daerah patrolinya untuk memeriksa. Saat dia benar-benar mengetahui dirimu, radar akan hilang dan musuh akan berusaha memanggil bantuan. Seandainya pada radar tidak terlihat garis pandangan, itu berarti mereka sedang tidur. Radar ini juga berfungsi untuk mengetahui tempat kamera dan pergerakannya.
Menggunakan Peta
Penggunaan map berguna untuk mengetahui kemana kamu harus bergerak. Seandainya kamu malas menggunakannya, menelusuri komplek yang besar ini nyaris tidak mungkin dilakukan deh!
Emosi Musuh
Semua perasaan musuh akan diperlihatkan pada ikon yang nongol di atas kepala mereka. Kalo kamu melihat tanda tanya (?), itu berarti mereka sedang keheranan. Tanda seru (!) berarti persembunyianmu diketahui. Kalo kamu menyerang mereka dengan panah tranquilizer, tanda Zzz akan muncul menandakan mereka sedang terbius. Selain itu kalo kamu memukul kepala mereka, beberapa burung kecil akan berputar. Lambat laun, burung tersebut akan menghilang satu per satu menandakan mereka mulai siuman dan melanjutkan patrolinya.
Pergerakan Stealth
Kamu boleh aja melengkapi persenjataan yang mutakhir namun gerakan diam-diam adalah taktik yang paling efektif dalam permainan ini. Bersandar pada dinding dan mengintai dari sudut (dengan menekan L2) akan memperjelas letak musuh di seputar belokan. Daripada menembak musuh yang kamu temui, yang bisa berakibat pada terjaganya patroli lain kemudian berusaha memanggil bala bantuan, lebih baik kamu gunakan M9 sesering mungkin dan menyelinap di balik musuh. Ketika kamu berdiri di belakang mereka, tekan Kotak untuk melakukan gerakan menangkap. Kalo penekanan Kotak dilakukan sesering mungkin, terkadang kamu bakal mematahkan leher mereka, wow! Tapi hati-hati biasanya jalur patroli tiap musuh saling berdekatan, bahkan kadang terdapat dua patroli dalam satu area. Biar nggak ketahuan, kamu bisa membawa mayat musuh tersebut ke tempat persembunyian terdekat, biasanya berupa loker atau di belakang benda yang besar. Kalo perlu, buang aja di geladak.
Menandakan Laser
Seandainya kamu mengetahui ada beberapa kumpulan laser tapi kamu nggak bisa melihatnya, nyalakan rokok dan hembuskan asapnya ke arah laser untuk memunculkan sinar merah. Jika di daerah tersebut ada pipa atau alat pemadam, menembak mereka bakal menghasilkan uap yang menampakkan sinar laser.
Pentazemin
Sering gemetar? Atau kamu sedang gugup? Keluarkan Pentazemin untuk mendinginkan dirimu. Obat ini akan sering digunakan ketika kamu menggunakan PSG-1 (sniper rifle).
Pickpocket
Walaupun musuh udah kelenger atau meninggal, pegang dan getarkan mereka (dengan menggoyangkan stik analog) untuk mengeluarkan item yang berguna. Pokoknya terus getarkan mereka dan suatu benda akan nongol ketika kamu habis membuat mereka teler.
Melumpuhkan Teknologi
Chaff Grenade untuk sementara bisa melumpuhkan mesin. Kalo ada beberapa kamera yang harus kamu lewati, lempar grenade Chaff kemudian lari sekencang-kencangnya. Ketika kamera tersebut sedang offline, kamu dapat memindahkan mereka sesuai keinginanmu secara permanen.
Membatalkan Pasukan Bantuan
Jika musuh mengetahui keberadaanmu dan mulai memanggil bala bantuan, satu tembakan cepat ke arah walkie-talkie akan memutuskan komunikasinya. Dia bakalan duduk dan berusaha menggoyang benda yang rusak itu, memberikan kesempatan untuk membalas dendam.
Memulihkan Kesehatan
Ketika meter kesehatanmu udah mencapai tahap merah atau orange, kalo kamu merundukkan badan kesehatanmu akan pulih secara perlahan hingga mencapai tahap biru. Teknik ini juga berguna untuk menghentikan pendarahan sebagai pengganti pemakaian perban.
EavesDropping
Ketika kamu mendapatkan Direction Mic, benda ini dapat digunakan untuk mendengarkan suara dan percakapan. Siapa tahu, kamu bakal mendengar beberapa petunjuk yang berguna dan mungkin akan penting bila kamu gunakan berkali-kali.
Komunikasi yang konstan
Kalo kamu macet, dimana kamu enggan menggunakan walkthrough ini, atau hanya sekedar ingin mengetahui situasi yang terjadi sekarang, putar codec untuk menghubungi teman baikmu dan dengarkan penjelasan darinya.
Berguling
Jika kamu menemukan dirimu dalam situasi yang sulit dimenangkan, coba tekan X ketika sedang berlari untuk melakukan aksi berguling. Gerakan ini juga berguna sebagai pendobrak kawanan musuh kayak pin bowling. Teknik ini bakal sering kamu pakai selama permainan.
Persediaan yang inventif
Selama permainan kamu akan mendapatkan plethora. Perhatikan bahwa salah satu dari mereka dapat berguna walaupun dalam maksud yang berbeda. Jelajahi penggunaan benda tersebut sebaik mungkin karena hal ini yang menyebabkan MGS2 lebih dalam.
WALKTHROUGH
1. Masuk ke Discovery
Setelah FMV yang keren selesai, kamu akan berada di dek buritan kapal Discovery. Untuk melanjutkan perjalanan ke anjungan, kamu mesti bergerak diam-diam. Tujuanmu adalah menaiki tangga kedua pada sisi tangan-kanan kapal dan masuk ke pintu. Sebelum mengarahkan ke tempat ini, beberapa item bisa didapatkan. Kalo kamu membelok ke sisi kiri kapal, Bandage tersedia di bawah tangga, kemudian Ration berada di sudut paling ujung. Di sisi kanan kapal juga terdapat Chaff Grenade di belakang peti pada tangga tingkat pertama. Kamu juga akan menemukan Pentazemin di bawah tangga kedua. Sekarang, naiki tangga sambil membereskan 2 penjaga dengan diam-diam. Sebelum membuka pintu yang mengarah ke Deck B Crew Quarter, pastikan untuk mencari di pojokan untuk menemukan Bandages.
Jika melihat ke belakang tangga kamu bakal menemukan peluru M9. Daripada pergi ke lantai berikutnya, lari ke sekitar pojokan dan masuk ke gang. Pada celah gang dan di sekitar belokan terdapat peluru USP yang mesti kamu kumpulkan setelah kamu mempunyai USP. Pada pinggiran kamu akan berhadapan dengan penjaga patroli. Jangan lawan mereka, sebaiknya arahkan ke pintu pertama yang kamu temukan ketika memasuki geladak, yang akan membawamu ke Crew Lounge.
Beresi para penjaga yang ada di sana, sebaiknya menggunakan M9. Cari seputar area dan temukan ration dan peluru M9 di bar. Keluar ke pintu sebelah kiri (pada tingkat bawah kamar duduk) dan lanjutkan ke pintu bawah menuju Crew's Quarter Port.
Turuni aula dan masuk ke pintu pertama di sebelah kiri. Cari tumpukan locker sebelah kiri. Salah satunya berisi Ration sementara yang lain berisi sesuatu yang bisa dinikmati (hehe!). Pada tumpukan locker terakhir sebelah kanan terdapat peluru M9. Lalu balik ke lounge tadi. Sebrangi ruang tersebut ke kanan, dan turuni tangga untuk mendapatkan Stun Grenade. Turun ke tangga sebelah kiri akan terdapat peluru USP. Sekarang kembali ke Deck B Crew Quarter, Starboard. Naik ke tangga sebelah kiri kapal menuju Deck C.
Lewati para penjaga dan susuri dinding untuk menghindar dari pandangan kamera. Pada ruangan tangga di penghujung gang kamu akan menemukan sebuah locker. Buka peti dan dapatkan Chaff Grenade. Turuni dulu ke tempat yang bisa dijalari sebelum ruangan tangga tersebut terhalang untuk menemukan Ration. Lalu kembali ke tangga yang ada lockernya dan teruskan ke Deck D.
Seluruh jalur sebelah kanan dan atas gang adalah ruangan persediaan dengan Box One dan peluru M9. Bersihkan semua penjaga, dan ikuti saran Otacon tentang sinar infra merah dan peledak. Gunakan asap rokok untuk melihat sinar. Merangkaklah di bawah sinar tersebut untuk memperoleh jalan masuk ke Cafetaria (jangan naik ke tangga dulu). Lewati kamera dengan menyelinap setelah memasuki pintu dan singkirkan penjaga. Dalam dapur juga tersedia Ration. Sekarang, keluar dari kapal.
Lihat adegan pada sisa kru anjungan dan kedatangan pasukan bala bantuan dari helikopter Kasatka. Keluar melalui pintu sebelah kiri. Setelah melihat Olga dan pisau penembaknya, pertempuran dimulai.
2. Boss Battle (Olga Gurlukovich)
Kalo kamu menuruni salah satu sisi anjungan, kamu akan menemukan peluru M9 dan beberapa Ration untuk bantuan. Strategi di sini adalah muncul dan segera tembak dia dalam pandangan first person setelah kamu mendapatkan pelindung yang ada di sebelah kiri atau kanan. Hati-hati sama lemparan granatnya. Setelah pertempuran, cari Ration di sebelah kanan atas layar dan pada tubuh Olga (seperti biasa, menggoyangkan badannya) sebelum kamu pergi.
3. Masuk ke dalam "Perut"
Lompat melewati kardus dan teruskan ke bawah lalu ke kanan. Naiki tangga dan panjati semua arah menuju COM Tower. Di sini kamu akan menemukan Thermal Goggles. Kembali ke bawah dan lanjutkan ke kanan. Beresi para penjaga yang nongol dari pintu, dan ambil Wet Box. Kembali ke anjungan dan ambil peluru USP. Lewati segala hal yang menghadang menuju lounge. Lalu pergi ke kanan dan turuni tangga.
Ketika kamu berputar di pojokan, kamu akan melihat bahwa ancaman yang ada tidak sesuai dengan harapan. Ancaman ini cuma mainan. Kalo kamu mengubah pandangan menjadi first person dan menembaknya, sebuah adegan kecil yang kocak akan berputar. Ambil peluru USP dan periksa locker untuk mendapatkan kejutan. Kembali ke gang dan keluar lewat pintu sebelah kiri. Hati-hati sama penjaga. Bergelantunglah pada tepian dan atur waktu yang tepat sehingga kamu bisa melempar penjaga yang di bawah. Lalu lanjutkan perjalanan menuruni tangga, sambil melumpuhkan para penjaga yang kamu lewati. Sebrangi anjungan kecil dan ambil Ration, setelah itu naik ke atas lewat tangga. Putar ke kanan dan lanjutkan perjalanan ke atas. Bunuh penjaga, kemudian melintas dan mengambil peluru USP. Panjati tangga setelah belokan. Dari sini, masuk ke pintu sebelah kiri, dan hati-hati sama penjaga yang akan menyambutmu segera.
Kalo kamu nggak membereskan mereka (pilihan terbaikmu), teruskan ke kiri dan sembunyi di dalam salah satu locker. Ambil peluru USP dari atap peti kayu kemudian berjalanlah sepelan mungkin. Otacon akan memberi peringatan pada laser di dekatmu. Panjat kembali menuju peti kayu yang ada peluru tadi dan ubah pandangan ke first person. Tekan L2 dan R2 untuk meninggikan Snake dengan berjinjit, sehingga memudahkanmu untuk menembak lampu hijau pada peledak. Berikutnya, mampir ke peledak tersebut dan bereskan laser yang lain. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke Deck-2, Port.
Pada gang yang luas ini, arahkan ke kanan untuk menemukan Ration. Kalo kamu turun lebih jauh ke bawah, kamu akan bertemu tubuh mayat yang melintang, peluru USP di sebelah kanan, dan seorang penjaga yang bersembunyi di balik bayangan. Lemparkan dia, lalu lanjutkan perjalanan, sambil menebas siapa aja yang melintasmu. Di penghujung gang, peluru USP udah menunggu. Belok ke kanan dan arahkan ke koridor, sambil mengambil item yang ada sepanjang perjalanan. Jika kamu dalam keadaan bersusah payah, coba tembak pipa untuk melepaskan energi uap. Dan di akhir tamasya ini, buka pintu yang ada di hadapanmu.
Sekarang kamu berada di Starboard, ambil jalur kanan memasuki gang yang panjang, kemudian gerakkan Snake ke dalam bukaan sebelah kiri. Rangkul dinding untuk mendapatkan peluru USP. Lanjutkan perjalanan dan adegan akan berputar. Seorang penjaga akan mengetahui keberadaanmu dan kamu diwajibkan untuk bertarung. Cara termudah membereskan mereka semua adalah meringkuk di balik kotak, dan tembaki mereka dengan cepat dari tempat itu. Untuk diperhatikan, kamu harus membereskan ancaman ini secepat mungkin, kalo tidak, sebuah granat akan memisahkan seluruh bagian tubuhmu. Kalo kamu butuh amunisi atau Ration, kembali ke gang tadi. Ketika aksi ini berakhir, arahkan ke pintu di penghujung gang. Dan beberapa cuplikan adegan akan menyelesaikan even ini.
4. Mengidentifikasi RAY
Tujuan utama area ini yaitu mengambil gambar dari Metal Gear Ray. Foto yang mesti di ambil adalah di depan, kanan depan, kiri depan, dan lencana Marine Corps. Cepatlah menekan L2 dan pilih kamera. Keluar dari menu item dan gunakan tangga untuk menggapai gantungan. Kalo kamu perhatikan baik-baik pada kumpulan tentara, kamu akan melihat salah satu diantaranya memakai pakaian petinju. Menyelinaplah ke belakang prajurit (dengan merayap di bawah proyektor). Buka panel di kiri jauh dan bungkuklah merayap ke dalam ventilasi. Lanjutkan ke ventilasi selanjutnya sebelah kanan. Di ujung, keluar dari lubang dan masuk ke Hold No.2.
Gunakan siasat sejak palka pertama sebaik-baiknya. Sekali lagi kamu akan menemukan dirimu sedang merayap melewati rangkaian ventilasi. Ketika sampai di ujung ventilasi pertama, tunggu hingga Marinir menjatuhkan dompetnya, kemudian lanjutkan perjalanan. Ketika kamu menemukan persimpangan di ventilasi, ambil yang kiri. Adegan sinematik yang mengagumkan akan terhampar. Pergi ke kanan sampai sebuah ruangan, kemudian merayap melewati ventilasi lagi. Naiki tangga, dan luncuri tiang. Pada poin yang menguntungkan ini, keluarkan kamera dan ambil foto yang kamu butuhkan. Jangan kuatir sama gertakan perintah sersan mereka sedang latihan koq! Waktu kadang-kadang suka ngaco, kalo kamu menambah waktu, dialog sersan tersebut bakal kedengaran tolol. Untuk mengambil gambar yang lain, telusuri sekitar RAY dan dekatkan ke dinding untuk melewati penjaga yang sedang tidur. Merunduklah ke bawah bukaan maka penjaga nggak akan bisa melihatmu. Ambil gambar. Kemudian, teruskan ke sisi lain ke belakang ruangan dan ambil gambar lagi. Nah, dengan begini kamu udah punya empat dan tak perlu mempersoalkan tentang sudut pandang pengambilan foto.
Sekarang, arahkan ke kanan. Di bagian bawah ruangan (tepat di bawah dimana kamu baru aja masuk), kamu akan menemukan sebuah terminal tempat meng-upload foto. Adegan dengan Otacon berikut akan menyenangkan, terutama jika kamu mengambil jumlah gambar yang banyak dan acak. Setelah itu adegan yang mengubah pikiran akan berjalan.
5. Perubahan yang drastis
Sekarang semua duniamu akan berganti, mencoba untuk tahu apa yang ada di sekitarmu. Selanjutnya merayaplah ke terowongan yang penuh serangga dan ambil Ration pada sisi sebelahnya. Ration yang lain tergeletak dalam locker di tengah. Buka pintu dan kamu akan menandai musuh yang sedang berjaga. Ketika penjaga tersebut lenyap, masuki gang dan potong perjalanan menuju ke kanan. Berhati-hatilah dan aktifkan Node. Dari sini, kembali ke permulaan lokasi dalam ruangan ini. Sebuah pesan akan berjalan, memberi tahu dirimu untuk menyimpan frekuensi 140.96. Lalu sembunyi di belakang peti kayu yang ada Ration (kamu mesti membungkuk). Ketika elevator turun, masuk dan bereskan para penjaga. Kalo kamu rada bimbang, kamu bisa aja menyelinap di belakangnya ketika dia berputar dan berlari ke elevator menuju fasilitas Strut A Pump.
Lompat ke dalam peti dan ambil item. Arahkan ke sudut kanan bawah dan larilah secepat mungkin melewati tumpukan kotoran seagull. Lalu arahkan ke sudut kiri atas dan merayap lewat lubang pada pagar (rada sulit dilihat). Lewati pintu untuk memasuki Pump Room.
Turuni tangga, kemudian belok ke kanan dan lewati penjaga dengan menyelinap. Download peta dari Node sebelah kanan. Buka locker di samping ruang tangga sebelah kanan untuk mendapatkan Ration. Sekarang, arahkan ke tangga menuju atap untuk menemukan Chaff Grenade. Pada poin ini, kembali melalui penjaga dan masuk ke pintu oranye di atas ruangan. Turun ke gang dan lewati bukaan sebelah kiri. Ketika kamu ada di dekat salah satu penjaga (saat mereka membelakangimu), terjun lewat susuran tangga, lalu balik ketika pesisir udah bersih. Lanjutkan perjalanan menuju Transformer Room.
Setelah kamu memasuki area ini, sebuah adegan yang mengagumkan akan memperkenalkan salah satu karakter terbaru dalam game ini. Ingat frekuensi 141.80. Ketika permainan dimulai lagi, turuni tangga dan ambil peluru SOCOM. Aktifkan Node di samping peluru, kemudian keluar dari pintu menuju tangga sebelah kiri. Berhati-hatilah dan buka locker pada ujung gang. Kamu akan menemukan Ration. Dari sini, masuk ke pintu paling kiri. Setelah adegan, arahkan melewati pas jalan dan sebrangi jembatan, ambil Chaff Grenade sepanjang perjalanan. Di penghujung, kamu akan masuk ke Strut C.
6. Membersihkan Bom
Arahkan ke gang sentral dari ruang makan, kemudian masuki pintu sebelah kanan. Tujuan selanjutnya adalah menonaktifkan sejumlah bom (yang ditandai pada peta). Sebelum melakukan, kamu akan mendapatkan frekuensi 140.25. Jangan tinggalkan dapur terlebih dulu, periksa poster pada dinding. Lalu, aktifkan Node, kemudian balik keluar dan masuk ke kamar mandi wanita sebelah kanan. Semprot bom yang ada di ceiling setelah wastafel. Masuk ke toilet pertama untuk mendapatkan Pentazemin. Sekarang, gerakkan ke kamar mandi pria dan periksa poster pada stall yang memegang peluru SOCOM. Dari sini, lanjutkan perjalanan balik ke anjungan. Ketika kamu melihat Cypher yang mengapung, kamu bisa aja menunggu sampai benda itu merendah kemudian berlari, atau cukup tembak bagian bawahnya.
Pada akhir "tamasya" kamu akan kembali dalam Strut B. Kembali ke ruang dimana kamu berjumpa dengan Vamp. Bom ini terletak pada puncak tangga. Dimana? Dekat pintu pada perlengkapan di dinding. Semprot dia, yang kedua beres! Sekarang, beri jalan ke Strut A. Lewati ruang tidur yang penuh penjaga dan masuk ke pintu yang terletak di kanan belakang. Naiki tangga, kemudian merayap di bawah pipa, belok ke kiri. Kamu akan menemukan bom yang berada di belakang salah satu tangki. Kamu mesti merayap di bawah pipa merah untuk mendapatkannya. Sebelum meninggalkan ruangan, cari Ration dekat pipa tersebut.
Untuk melanjutkan ke daerah selanjutnya (via FA Connecting Bridge), keluar dari ruangan dan berlari di gang menuju tangga terdekat sebelah kiri, menuju Strut F Warehouse. Berputarlah sepanjang gang untuk menghindari deteksi, lalu ambil Ration di pojokan. Masuk ke ruangan terdekat, dan M9 telah menunggu. Keluar, dan merunduklah di belakang peti kayu pada gang. Bereskan sebanyak mungkin penjaga. Pilihan terbaikmu adalah beresi penjaga terdekat dulu, kemudian sembunyikan. Bom ada di sebelah kiri, dan lekatkan pada susuran yang ada di sebelah kiri dan turun ke bawah ke tempat bom berada. Setelah beres, cari Stun Grenade dan majalah FHM. Pergi ke bawah ruangan dan merunduk di ruangan sebelah kiri. Ambil Ration, Box 2 dan kunjungi Node. Bawa pipa ke ruangan sebelah kanan. Di sini kamu menemukan suppressor SOCOM dan peluru. Kembali ke ruangan sebelah kiri dan sebrangi area untuk menemukan bagian lain dari ruangan kanan. Telah menunggu peluru M9 dan Mine Detector.
Gerakkan ke sisi lain ruangan dan naiki tangga. Lari melewati pintu, kemudian potong ke kanan (saat pesisir udah bersih). Beri perhatian pada Mr. X dan gunakan Mine Detector untuk menghindari ranjau. Masuk ke ruang Strut E Parcel di lantai 1F. sebelum masuk, beresi dulu penjaga. Merayap hingga tengah ruangan, ambil amunisi M4 untuk dipergunakan nanti. Bereskan penjaga yang bersin ke sisi lain dari daerah ini sebelum mencari Node di pojok kanan atas dari ruang Parcel. Setelah merayap ke penjaga kedua, kamu akan menemukan Stun Grenade. Tepat di bawah Node ada Box S. Pada pojok kiri bawah terdapat ruangan tangga. Turuni, masuk ke sudut sebelah kanan untuk mendapatkan software rahasia Konami. Tertawa pada dirimu sendiri dan turun ke bawah lalu masuk ke pipa untuk mendapatkan Ration. Kembali ke atas, dan sebrangi ke sisi kanan ruangan. Naik ke tangga. Masuk ke dalam pintu yang ada di atas (Strut E Heliport), kemudian perhatikan adegan yang menakjubkan lagi. Berisi penjaga patroli dan berputar ke sisi belakang pesawat. Bom ditaruh di bawah ekor sebelah kanan. Sebelum pergi, ambil item pada ruangan, termasuk Box 3.
Kalo udah siap, pergi ke ruang Parcel. Keluar melalui pintu sebelah kiri (di bawah conveyor). Kamu akan berada di DE Connecting Bridge. Berikan waktu pada penjaga untuk pergi, kemudian teruskan perjalanan. Berlari di sekitar ruang berbentuk hexagonal menuju Ration di tengah. Sekarang, pergi ke sisi kiri dan selamatkan peluru SOCOM. Pada sisi ini, turuni tangga dan buka lubang palka kedua. Tebak apa? Bom terakhir! Dan bereskan misimu secepat mungkin.
7. Strut Escape
Tujuan selanjutnya adalah mengakses CD Connecting Bridge yang terletak pada bagian atas sebelah kiri dari posisimu sekarang. Beresi kamera, kemudian tembak para penjaga. Lanjutkan menyeberangi anjungan untuk mencapai Strut C. Masuki lemari pada ruang makan dan Sensor B sudah menunggu. Sekarang kamu mempunyai 400 detik untuk segera keluar dari Dodge. Tetap mengarah ke bawah dari Strut C ke B, kemudian tiba-tiba menjadi A. Naiki elevator menuju basemen, Deep Dock.
Ambil item, kemudian bergerak melewati pintu sebelah kiri. Pergi ke sekitar air menuju puncak kapal selam. Bom berada di pusat kendaraan ini. Merunduk, kemudian semprotkan keluar! Lompat ke elevator lagi untuk memulai adegan lain, dan berakhir pada boss battle.
8. Boss Battle (Fortune)
Wanita ini kacau banget, dia pengin mati, tapi dia sendiri suka bertarung. Tentu saja, pelurumu nggak akan mengenainya, sementara kamu masih berkeinginan untuk menggeledahnya. Dia nggak akan mendapat kecelakaan seperti yang kamu harapkan, tapi pada akhirnya, dia bakal pergi.
9. Explosive Pursuit
Setelah kamu naik ke atap, arahkan ke gerbang dan turun ke lantai menuju pintu yang mengarah ke Strut F (sebelah kanan). Sebrangi jembatan dan lewat ke ruangan sebelah menuju gang yang lurus membentang. Lewati jembatan lagi, kemudian melewati gudang menuju tangga sebelah kanan. Arahkan ke atap, kemudian naiki tangga sekitar pojokan sebelah kiri. Nyalakan Sensor A untuk mencari bom (terletak di tanah dekat peti hijau). Setelah menon-aktifkan, Fatman akan muncul.
10. Boss Battle (Fatman)
Makhluk aneh mesti dijatuhkan dengan cepat. Semprot semua bomb yang dia pasang. Sementara mengerjakan ini, kamu bisa menembakkan ke badan gedenya. Kalo kamu cukup banyak menembak, dia bakal jatuh ke tanah, memberi kesempatan untuk menembak kepalanya langsung. Dengan badan sebesar dia sungguh mengagetkan melihat dia sangat tangkas, tapi kalo kamu udah mempelajari polanya, sangat mudah. Pertempuran kemungkinan besar kamu menangkan, tapi ada suatu hal yang mesti dikerjakan. Ada bom didekatmu, dimana ya? Singkirkan tubuh Fatman, dan kamu bakal ngeliat kalo bom tersebut didudukinya. Beresi bom maka warisan yang diberikan Fatman akan berakhir. Tinggalkan atap lewat jalur yang kamu masuki, dan Mr.X bakal muncul di layar.
11. Penyamaran
Setelah Mr. X memberikan semua alat penyamar, kembali ke Strut F. Setelah masuk ke ruang ini, arahkan ke kiri dan masuk ke pintu kedua yang ada ber-seberangan denganmu. Ini adalah pintu level 2 yang sebelumnya kamu nggak bisa dimasuki. Sebelum melangkah ke ruangan ini, bereskan dulu mekanisme peledak dengan menembak lampu hijau yang berkedip pada puncak locker. Ambil M4, kemudian balik ke lobi untuk mengarah ke kanan. Putar kisi untuk turun ke level bawah. Pada pintu yang paling dekat (level 2) terdapat AK-47, termasuk amunisi (M4, SOCOM dan AK-47). Kembali menyeberangi EF Connecting Bridge dan bergelantunglah pada sambungan di tengah. Setelah kamu berjalan menuruni tangga di pertengahan, mulai berputar kesana kemari untuk menghindari perangkap.
Sebelum memasuki Shell 1 Core 1F, pakai alat penyamarmu dan AK-47. Setelah memasuki Core, beresi kamera dengan SOCOM. Setelah berhadapan dengan penjaga, hati-hati jangan menarik perhatian mereka. Arahkan ke aula kemudian ke kiri. Masuk ke dalam ruangan pertama dan cari locker yang ada di dekat pintu untuk Claymores dan selebaran FHM. Cari locker di belakang untuk peluru M9 dan Chaff Grenade. Dan pastikan untuk mengaktifkan Node di sudut tangan kanan atas ruangan. Keluar ruangan ke kiri dan pergilah ke gang. Pada bukaan pertama di sebelah kiri terdapat peluru SOCOM. Lanjutkan perjalanan ke bawah dan tekan kunci pintu sebelah kanan elevator. Turun ke tingkat B2, dan buat jalan ke tangga menuju ruang perintah. Ambil Box 4, Directional Mic, dan peluru AK-47. Juga Node yang ada di sudut kanan. Jika kamu ubah pandangan menjadi first person, kamu akan mendapat petunjuk untuk mendapatkan FHM yang lain. Kembali ke elevator dan naik ke tingkat B1. Putar ke kanan untuk menemukan Ration dalam locker dan Node yang lain. Sekarang lewati elevator untuk masuk ke ruang tunggu. Di sini kamu akan menemukan Stun Grenade dan peluru SOCOM yang terdapat di locker. Tunggu sampai salah satu penjaga meninggalkan ruangan. Lalu gunakan pistolmu untuk memukul kepalanya. Lalu bawa penjaga ini ke alat deteksi mata samping pintu yang berdekatan dengan ruang tunggu. Tunggu sampai dia terbangun, lalu sodorkan kepalanya pada scanner.
Dalam ruangan sandera, pergi ke dasar tembok dan gunakan Direction Mic pada orang yang ada di depan meja paling kiri. Dengan membawa Mic, tekan segitiga untuk berkomunikasi dengan Ames. Dan lepaskan semua baju samaran, karena dia nggak akan mengenalmu sebelumnya. Setelah beberapa adegan, gunakan Mic untuk mendengarkan pembicaraan. Setelah ini, ambil senjatamu dan jangan bergerak. Setelah Mr.X datang menyelamatkanmu, masuk kembali ke elevator dan arahkan ke lantai 1. Gunakan Chaff Grenade untuk mengaburkan kamera. Lewati bukaan sebelah kanan, kemudian seberangi anjungan (ingat perangkap!). Arahkan ke bawah menuju Strut F dan gunakan kartu pass level 3. Ke kiri lalu ke bawah, kemudian jelajahi semua pintu pada level 3. Kamu akan menemukan RG86, C4, peluru SOCOM, Grenade, PSG-1 dan Claymore. Ruangan yang ada PSG-1 terdapat ruang untuk disusuri (samping kotak McFarlane Toys). Menyusur ke bawah dan masuk ke lubang ini untuk menemukan PSG-T.
Pada poin ini kamu mesti berjalan ke Strut D. Sekarang, selain belok ke kiri dalam Strut D, masuk ke pintu pada puncak tangga. Kamu akan berada di Shell 2 yang berhubungan dengan anjungan. Ambil amunisi di sebelah kanan. Keluarkan PSG-1 dan arahkan pada lampu hijau yang bernyala di mekanisme peledak. Ada beberapa lampu yang harus dikerjakan, termasuk yang ada di belakang bendera sebelah kiri dan yang lain dengan para merpati di kanan. Oh ya, jangan lupa yang ada di belakangmu. Terakhir, ada di Cypher yang mengapung di kejauhan. Perbesar sasaran hingga mendapatkan pandangan yang pas. Grogi? Gunakan Pentazemin!
12. Boss Battle (Harrier)
Dengan pelontar misil Stinger di tangan, tunggu hingga kamu mendengar bunyi lock-on (diindikasikan oleh sasaran berwarna merah) sebelum menembakkan misil. Taktiknya sederhana, tunggu sampai Harrier tersebut nongol baru tembak. Lanjutkan strategi ini, sembunyi dan berputar ketika kamu dihujani misil dan rentetan senapan mesin. Pertempuran ini sangat sulit, tapi patut berterima kasih, Ration tambahan akan jatuh di anjungan. Teruskan pertempuran, dan pertandingan yang tidak adil ini akan berakhir.
13. Mengantar Presiden
Tujuan kali ini adalah masuk ke dalam Shell 2, lanjutkan perjalanan melewati sinar abu-abu, kemudian jatuh ke bawah menuju pipa kuning. Kamu juga bisa memutar ke sisi lain untuk mendapatkan amunisi dan AK Surpressor. Gunakan pendingin untuk menyingkirkan api yang kamu lewati. Cuma ada satu jalan untuk pergi dari pintu masuk Shell 2 yang terhalang. Gerak ke seberang catwalk yang meloncati panel yang berjatuhan. Saat kamu melihat anjungan di bawah, bergantung, dan jatuhkan dirimu. Bidik penjaga, kemudian putar ke celah pertama dan berdansalah ke yang kedua. Naiki tangga menuju L Perimeter, kemudian menunduk di bawah jendela untuk menghindari peringatan penjaga yang sedang menyisir daerah itu. Untuk melewati celah yang besar di pojokan, menunduk dan merapat ke dinding, lalu berjinjit pada bilik yang sempit.
Selanjutnya, bergantung dan menjatuhkan diri ke anjungan lain, bidik penjaga. Dari sini, merayap sepanjang anjungan dan naiki tangga. Jika butuh peluru SOCOM, merayaplah ke kiri. Tempat ini merupakan titik yang baik untuk membidik penjaga mekanik. Tentukan letak komplek Shell 2. Arahkan ke tempat tersebut dengan menggunakan keahlian yang baru kamu kuasai untuk menyeberangi jembatan yang rusak. Kamu akan masuk ke pusat Shell 2. keluarkan Mic dan dengarkan pembicaraan Olga. Turun ke tangga, kemudian bergerak ke ruangan yang ada kumpulan tangganya. Naiki mereka, kemudian masuk ke ruang pertama sebelah kanan. Lempar Chaff Grenade untuk membingungkan kamera, gunakan SOCOM untuk membereskan mereka secara permanen. Pada ruang kedua sebelah kanan menunggu sebuah Node, nyalakan. Sekarang, pergi ke elevator menuju B1. Keluar ke kiri dan aktifkan Node. Turuni tangga dan menyelamlah. Berenang terus ke depan dan ambil udara pada bukaan yang terdeteksi radar. Lalu lanjutkan perjalanan menuju Nikita. Arahkan ke ruang kamera untuk mendapatkan amunisi senjata ini.
Kembali ke area dengan 2 ruang tangga. Pada dinding terjauh ada sebuah pipa. Gunakan senjata barumu untuk melepaskan misil ke ventilasi. Kamu mesti mengontrol roketnya. Jangan mengenai Prez, kecuali kalo kamu pengin ketawa duluan. Targetmu adalah kontainer baja di belakang ruangan. Cukup kendalikan di antara palang untuk mengenainya. Setelah lantainya non-aktif, kembali ke tangga sebelah kanan. Arahkan dinding ke kiri di seberang lantai baru yang nyaman. Met Ultah, Bp. Presiden! Setelah kamu dimasukkan ke dalam daftar rahasia pemerintahan, sebuah misi baru akan kamu dapatkan.
14. Jalur di dalam air
Turuni elevator dan berenang lagi. Sekarang, ambil udara lagi pada celah yang sama, lalu arahkan ke kanan untuk mendapatkan kacamata Night Vision. Lanjutkan ke depan, hindari ranjau yang menghalangi jalanmu. Buka pintu dalam air, kemudian gunakan Radarmu untuk mengetahui bagaimana cara melewati reruntuhan. Pada akhirnya, kamu akan bertemu dengan pintu yang lain. Bernapas dulu, kemudian berenang ke atas tangga. Lewati pintu, dan temui Vamp, yang mahir banget berdansa.
15. Boss Battle (Vamp)
Kamu nggak punya cukup ruang untuk berlari; jadi gunakan senjata terberat milikmu (contohnya Stinger atau Grenade Gun). SOCOM dan AK-47 cuma berguna bila kamu bisa menembak kepalanya. Strategi untuk memenangkan pertarungan ini, mudah: Beri dia dengan apa yang kamu punya, kamu juga bisa mengenainya saat dia menceburkan diri. Ketika dia menyerang, menghindarlah! Kalo kamu jago, coba tembak pisau terbangnya, tapi jika kamu jatuh ke air, kamu bakal mati. Pertarungan macam apa ini?
16. Penyelamatan
Arahkan terus ke depan kemudian menyelam ke air menuju ke tangga di bawah. Teruskan perjalanan, dan hindari ranjau. Temukan Body Armor Unit dan sebuah Node pada ujung ruang tangga. Cari semua locker. Salah satunya akan memunculkan adegan. Kamu mesti membantu kaki tangan terbarumu melewati area dengan membawa dia ke air. Berenang secepat mungkin keluar dari area, dan jangan lupa persediaan O2-mu. Dan kamu akan sampai di bilik Vamp. Keluar dari pintu, kadang-kadang kamu mesti mencekik cewek itu untuk meningkatkan semangatmu. Lalu nyebur lagi dan telusuri jalur, melewati reruntuhan sekali lagi.
Ketika kamu mencapai tujuan, naiki tangga dan seret gadis itu. Sampai di jalur yang penuh serangga, kamu tinggal menyemprotnya saja kan? Kalo gadis tersebut makin liar, gunakan transquilizer dart. Bawa gadis itu ke elevator menuju lantai 1. Tembak penjaga pada ruangan sebelah kiri, lanjutkan menggiring bawaan ke kiri dan menuruni aula. Bereskan penjaga yang lain, kemudian lanjutkan perjalanan menurun lalu ke kanan. Turuni tangga dan ulangi proses dan naik tangga sebelah kanan. Lanjutkan perjalanan menuju anjungan.
Pindahkan penjaga yang sedang berayun, dan sebrangi anjungan dengan aman. Arahkan ke bawah dan semprot api. Jika temanmu secara tak sengaja melangkah ke api (Oo), coba lagi. Masuk ke pintu dan secepat mungkin bereskan segala ancaman. Putar roda untuk membuka pintu selanjutnya. Setelah adegan, berbaringlah melindungi sang gadis sementara dia menyeberangi pipa. Bantuan akan datang ketika dia sampai di Strut E. Ketika dia mulai berjalan, tembak dengan Claymore, kemudian penjaga yang ada di menara. Setelah mendekati menara pertama, dia akan duduk. Bersihkan semua penjaga yang datang. Sementara dia ada di Strut, beberapa Cypher bakal muncul. Periksa di belakangmu dan kembali ke gang untuk mendapatkan amunisi lain. Hati-hati, setelah dia melewati menara kedua, penjaga akan muncul secara kontinyu. Juga jangan lupa mengambil Claymore lagi saat berjalan ke menara ketiga. Pada akhir perjalanan ini, Vamp akan muncul dan menyandera sang gadis.ketika dia melempar korban ke samping, tembak kepalanya.
Setelah adegan, lewati pintu dan arahkan kembali ke basemen Shell 1 Core (lantai B2). Sepanjang perjalanan, periksa pintu level 5 dalam Strut E (ruang Parcel) untuk mendapatkan Digital Camera. Lanjutkan perjalanan, putar melewati kisi-kisi yang berjatuhan pada jembatan penghubung ke Core. Gunakan elevator untuk mencapai B2.
17. Dalam kilapan
Ketika bangun dari rumah sakit, cepat lompat dengan untuk melepaskan tangan mekanis. Sekarang kamu punya stelan baru, arahkan keluar pintu dan aktifkan Node. Lewati pintu yang lain sebelah kanan untuk mencapai pegangan. Melekatlah pada peti, kemudian putar ke peti yang lain dan naiki tangga. Jawab semua panggilan yang kamu terima ketika kamu mencapai puncak lantai. Pergi dan putar melewati catwalk. Melawan serangan musuh nggak perlu dilakukan. Lalu masuki terowongan dan lanjutkan menjawab panggilan yang masuk. Nggak ada yang bisa kamu lakukan di sini. Cukup tunggu aja. Dan seorang musuh akan mela-wanmu.
18. Iris dan potong
Setelah adegan, lari keluar dan gunakan pedangmu untuk menampar siapa aja yang menghalangi langkahmu. Hadang semua serangan sebisamu. Tetap tekan maju sampai ancamannya berkurang. Kamu akan dibawa ke suatu kecepatan yang apa pun terjadi dengan nano-communication. Lewati pintu dan kamu akan masuk ke Sigmold Colon. Larilah ke dalam plafon sirkuler dan potong semua daging yang jatuh. Ketika sebuah pesan muncul, teruskan bertarung.
19. Boss Battle (RAY)
Mereka sangat besar, namun mereka nggak akan bisa ditembak. Teruskan menghindari roket dan hujanan serangannya, kadang membuat kamu marah pada dirimu sendiri. Teruskan menyerang, kamu mesti membereskan semua orang ini, jadi ambil Ration yang jatuh dan, buka serangan seakan-akan kamu nggak peduli. Mengenai kaki RAY bakal menyulitkan mereka. Lalu kepalanya adalah sasaran utamamu. Setelah beberapa menit, mereka akan melompat ke plafon, membuat pertempuran ini makin sulit. Semua keahlianmu akan dites di sini, good luck!
20. Boss Battle terakhir
Jam session pada tombol segitiga akan memulai pertarungan yang panjang dan berat ini. Sebelum kamu maju, sebuah adegan yang panjang akan berputar. Senjata yang kamu punya cuma pedang. Pada acara ini kayaknya kamu lebih mirip memainkan game fighting daripada game spionase (yeah! Whatever...). Dan kelihatannya mahluk ini akan memblok semua jab-mu, tapi setiap celah harus kamu manfaatkan. Sebagai contoh, berada di belakangnya saat dia melancarkan serangan merupakan sebuah celah yang sangat besar untuk dimanfaatkan. Cepat serang dia saat fire blast atau missile attack memiliki persentase kesuksesan yang tinggi. Pada pertengahan, musuhmu bakal makin gila. Hindari semua serangannya dengan seluruh kemampuanmu dan gunakan stratgei yang sama. Saat even mulai menutup, tunggu hingga daftar credit selesai untuk adegan tambahan. Kalo kamu bermain pada mode normal, kamu akan membuka Digital Camera, Extreme mode, Artwork Main Menu yang baru dan level skip.
Secret
Seperti game MGS yang lain, ada beberapa rahasia pada game ini.
Director Mode
Selama beberapa adegan dan perbincangan pada codec, gerakkan stik analogmu untuk memperbesar, memperkecil, atau memotong gambar. Semua ini dapat dilakukan sama seperti kamu menggunakan kamera waktu mengambil gambar.
Dirty Birds
Kalo kamu melihat burung seagull dan nggak terlalu peduli dengan mereka, silahkan dan tembak mereka. Yang jelas Konami udah menyiapkan hal ini, bulu yang terbang, dan bunyi burung jatuh sangat perfect. Kecuali kalo kamu penyayang binatang.
FHM Magazine
Selama permainan, kamu akan bertemu sejumlah FHM Magazine. Kamu memang nggak begitu memerlukan mereka, tapi para musuh senang loh membacanya. Terutama jika kamu menjatuhkan pada jalur patroli, lihat ulah musuh deh!
Love on the Run
`Pada poster "hehehe" yang kamu temukan, banyak hal yang bisa kamu lakukan. Kalo kamu masuk, tutup pintu, dan tekan arah ke depan, Snake akan mencium poster tersebut. Kalo kamu mengubah pandangan forst-person, dan arahkan pointer senjatamu pada gambar, even lain akan terjadi. Tapi kalo saat itu kamu memanggil Otacon, siap-siap kejutan.
Random Objects
Pelajari semua lingkungan sekaligus bawa benda-benda yang bernyala. HG udah ngelihat kotak Zone of the Enders, poster Police-nauts, bebek karet di air, dan mainan McFarlane yang berdasarkan pada ka-rakter MGS2.
Dog Tags
Tahan penjaga dari belakang dengan senjatamu pada pandangan first-person. Setelah beberapa detik, kamu akan berteriak "Freeze!". Sementara masih dalam pandangan first-person, tekan L1 untuk membidik, kemudian lepaskan pandangan first-person dan putar menghadap musuh. Teruskan membidik, kemudian kembali ke pandangan first-person maka dia akan menawarkan Dog Tags. Kumpulkan mereka semua dan siap-siap mendapat bonus.
Attetion to Detail
Kalo kamu menembak talam dari balok es (di bar), mereka akan bergerak, dan balok akan bergerak jatuh. Kalo kamu menembak balok itu, mereka akan menyebar. Kalo kamu meninggalkannya, mereka akan meleleh. Tiba-tiba, segerombolan serangga akan datang. Ketika kamu melangkahinya, percikan tubuhnya akan bersisa pada lantai. Menembakkan ke TV akan membuat gambar jadi berhambur, pokoknya semua di program dengan canggih.
Knock Out
Beberapa pintu yang spesifik bisa di pukul (kecuali locker). Teruskan memukul pintu dan mereka akan jatuh.
Impossible Maneuver
Kalo kamu mencoba melakukan gerakan yang tak mungkin, seperti berguling di ruang tangga, sebuah animasi yang membosankan akan terjadi-kecuali yang menghasilkan luka.
Codec
Memanggil temanmu pada waktu yang aneh, seperti di locker sebagai contoh. Akan terjadi perbincangan yang aneh pula. Ya sebagi persiapan, Hideo Kojima udah membuat 1000 dialog yang bisa kamu buka.
Digital Camera
Setelah mendapat benda ini, kamu nggak akan bermain MGS2 dengan cara yang sama lagi. Kamu dapat mengambil foto mana pun, dan mengubah musuh ke dalam posisi yang aneh. Hal yang paling menarik, permainan ini juga menyimpan foto yang kamu ambil.
Seandainya kamu mengetahui ada beberapa kumpulan laser tapi kamu nggak bisa melihatnya, nyalakan rokok dan hembuskan asapnya ke arah laser untuk memunculkan sinar merah. Jika di daerah tersebut ada pipa atau alat pemadam, menembak mereka bakal menghasilkan uap yang menampakkan sinar laser.
Pentazemin
Sering gemetar? Atau kamu sedang gugup? Keluarkan Pentazemin untuk mendinginkan dirimu. Obat ini akan sering digunakan ketika kamu menggunakan PSG-1 (sniper rifle).
Pickpocket
Walaupun musuh udah kelenger atau meninggal, pegang dan getarkan mereka (dengan menggoyangkan stik analog) untuk mengeluarkan item yang berguna. Pokoknya terus getarkan mereka dan suatu benda akan nongol ketika kamu habis membuat mereka teler.
Melumpuhkan Teknologi
Chaff Grenade untuk sementara bisa melumpuhkan mesin. Kalo ada beberapa kamera yang harus kamu lewati, lempar grenade Chaff kemudian lari sekencang-kencangnya. Ketika kamera tersebut sedang offline, kamu dapat memindahkan mereka sesuai keinginanmu secara permanen.
Membatalkan Pasukan Bantuan
Jika musuh mengetahui keberadaanmu dan mulai memanggil bala bantuan, satu tembakan cepat ke arah walkie-talkie akan memutuskan komunikasinya. Dia bakalan duduk dan berusaha menggoyang benda yang rusak itu, memberikan kesempatan untuk membalas dendam.
Memulihkan Kesehatan
Ketika meter kesehatanmu udah mencapai tahap merah atau orange, kalo kamu merundukkan badan kesehatanmu akan pulih secara perlahan hingga mencapai tahap biru. Teknik ini juga berguna untuk menghentikan pendarahan sebagai pengganti pemakaian perban.
EavesDropping
Ketika kamu mendapatkan Direction Mic, benda ini dapat digunakan untuk mendengarkan suara dan percakapan. Siapa tahu, kamu bakal mendengar beberapa petunjuk yang berguna dan mungkin akan penting bila kamu gunakan berkali-kali.
Komunikasi yang konstan
Kalo kamu macet, dimana kamu enggan menggunakan walkthrough ini, atau hanya sekedar ingin mengetahui situasi yang terjadi sekarang, putar codec untuk menghubungi teman baikmu dan dengarkan penjelasan darinya.
Berguling
Jika kamu menemukan dirimu dalam situasi yang sulit dimenangkan, coba tekan X ketika sedang berlari untuk melakukan aksi berguling. Gerakan ini juga berguna sebagai pendobrak kawanan musuh kayak pin bowling. Teknik ini bakal sering kamu pakai selama permainan.
Persediaan yang inventif
Selama permainan kamu akan mendapatkan plethora. Perhatikan bahwa salah satu dari mereka dapat berguna walaupun dalam maksud yang berbeda. Jelajahi penggunaan benda tersebut sebaik mungkin karena hal ini yang menyebabkan MGS2 lebih dalam.
WALKTHROUGH
1. Masuk ke Discovery
Setelah FMV yang keren selesai, kamu akan berada di dek buritan kapal Discovery. Untuk melanjutkan perjalanan ke anjungan, kamu mesti bergerak diam-diam. Tujuanmu adalah menaiki tangga kedua pada sisi tangan-kanan kapal dan masuk ke pintu. Sebelum mengarahkan ke tempat ini, beberapa item bisa didapatkan. Kalo kamu membelok ke sisi kiri kapal, Bandage tersedia di bawah tangga, kemudian Ration berada di sudut paling ujung. Di sisi kanan kapal juga terdapat Chaff Grenade di belakang peti pada tangga tingkat pertama. Kamu juga akan menemukan Pentazemin di bawah tangga kedua. Sekarang, naiki tangga sambil membereskan 2 penjaga dengan diam-diam. Sebelum membuka pintu yang mengarah ke Deck B Crew Quarter, pastikan untuk mencari di pojokan untuk menemukan Bandages.
Jika melihat ke belakang tangga kamu bakal menemukan peluru M9. Daripada pergi ke lantai berikutnya, lari ke sekitar pojokan dan masuk ke gang. Pada celah gang dan di sekitar belokan terdapat peluru USP yang mesti kamu kumpulkan setelah kamu mempunyai USP. Pada pinggiran kamu akan berhadapan dengan penjaga patroli. Jangan lawan mereka, sebaiknya arahkan ke pintu pertama yang kamu temukan ketika memasuki geladak, yang akan membawamu ke Crew Lounge.
Beresi para penjaga yang ada di sana, sebaiknya menggunakan M9. Cari seputar area dan temukan ration dan peluru M9 di bar. Keluar ke pintu sebelah kiri (pada tingkat bawah kamar duduk) dan lanjutkan ke pintu bawah menuju Crew's Quarter Port.
Turuni aula dan masuk ke pintu pertama di sebelah kiri. Cari tumpukan locker sebelah kiri. Salah satunya berisi Ration sementara yang lain berisi sesuatu yang bisa dinikmati (hehe!). Pada tumpukan locker terakhir sebelah kanan terdapat peluru M9. Lalu balik ke lounge tadi. Sebrangi ruang tersebut ke kanan, dan turuni tangga untuk mendapatkan Stun Grenade. Turun ke tangga sebelah kiri akan terdapat peluru USP. Sekarang kembali ke Deck B Crew Quarter, Starboard. Naik ke tangga sebelah kiri kapal menuju Deck C.
Lewati para penjaga dan susuri dinding untuk menghindar dari pandangan kamera. Pada ruangan tangga di penghujung gang kamu akan menemukan sebuah locker. Buka peti dan dapatkan Chaff Grenade. Turuni dulu ke tempat yang bisa dijalari sebelum ruangan tangga tersebut terhalang untuk menemukan Ration. Lalu kembali ke tangga yang ada lockernya dan teruskan ke Deck D.
Seluruh jalur sebelah kanan dan atas gang adalah ruangan persediaan dengan Box One dan peluru M9. Bersihkan semua penjaga, dan ikuti saran Otacon tentang sinar infra merah dan peledak. Gunakan asap rokok untuk melihat sinar. Merangkaklah di bawah sinar tersebut untuk memperoleh jalan masuk ke Cafetaria (jangan naik ke tangga dulu). Lewati kamera dengan menyelinap setelah memasuki pintu dan singkirkan penjaga. Dalam dapur juga tersedia Ration. Sekarang, keluar dari kapal.
Lihat adegan pada sisa kru anjungan dan kedatangan pasukan bala bantuan dari helikopter Kasatka. Keluar melalui pintu sebelah kiri. Setelah melihat Olga dan pisau penembaknya, pertempuran dimulai.
2. Boss Battle (Olga Gurlukovich)
Kalo kamu menuruni salah satu sisi anjungan, kamu akan menemukan peluru M9 dan beberapa Ration untuk bantuan. Strategi di sini adalah muncul dan segera tembak dia dalam pandangan first person setelah kamu mendapatkan pelindung yang ada di sebelah kiri atau kanan. Hati-hati sama lemparan granatnya. Setelah pertempuran, cari Ration di sebelah kanan atas layar dan pada tubuh Olga (seperti biasa, menggoyangkan badannya) sebelum kamu pergi.
3. Masuk ke dalam "Perut"
Lompat melewati kardus dan teruskan ke bawah lalu ke kanan. Naiki tangga dan panjati semua arah menuju COM Tower. Di sini kamu akan menemukan Thermal Goggles. Kembali ke bawah dan lanjutkan ke kanan. Beresi para penjaga yang nongol dari pintu, dan ambil Wet Box. Kembali ke anjungan dan ambil peluru USP. Lewati segala hal yang menghadang menuju lounge. Lalu pergi ke kanan dan turuni tangga.
Ketika kamu berputar di pojokan, kamu akan melihat bahwa ancaman yang ada tidak sesuai dengan harapan. Ancaman ini cuma mainan. Kalo kamu mengubah pandangan menjadi first person dan menembaknya, sebuah adegan kecil yang kocak akan berputar. Ambil peluru USP dan periksa locker untuk mendapatkan kejutan. Kembali ke gang dan keluar lewat pintu sebelah kiri. Hati-hati sama penjaga. Bergelantunglah pada tepian dan atur waktu yang tepat sehingga kamu bisa melempar penjaga yang di bawah. Lalu lanjutkan perjalanan menuruni tangga, sambil melumpuhkan para penjaga yang kamu lewati. Sebrangi anjungan kecil dan ambil Ration, setelah itu naik ke atas lewat tangga. Putar ke kanan dan lanjutkan perjalanan ke atas. Bunuh penjaga, kemudian melintas dan mengambil peluru USP. Panjati tangga setelah belokan. Dari sini, masuk ke pintu sebelah kiri, dan hati-hati sama penjaga yang akan menyambutmu segera.
Kalo kamu nggak membereskan mereka (pilihan terbaikmu), teruskan ke kiri dan sembunyi di dalam salah satu locker. Ambil peluru USP dari atap peti kayu kemudian berjalanlah sepelan mungkin. Otacon akan memberi peringatan pada laser di dekatmu. Panjat kembali menuju peti kayu yang ada peluru tadi dan ubah pandangan ke first person. Tekan L2 dan R2 untuk meninggikan Snake dengan berjinjit, sehingga memudahkanmu untuk menembak lampu hijau pada peledak. Berikutnya, mampir ke peledak tersebut dan bereskan laser yang lain. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke Deck-2, Port.
Pada gang yang luas ini, arahkan ke kanan untuk menemukan Ration. Kalo kamu turun lebih jauh ke bawah, kamu akan bertemu tubuh mayat yang melintang, peluru USP di sebelah kanan, dan seorang penjaga yang bersembunyi di balik bayangan. Lemparkan dia, lalu lanjutkan perjalanan, sambil menebas siapa aja yang melintasmu. Di penghujung gang, peluru USP udah menunggu. Belok ke kanan dan arahkan ke koridor, sambil mengambil item yang ada sepanjang perjalanan. Jika kamu dalam keadaan bersusah payah, coba tembak pipa untuk melepaskan energi uap. Dan di akhir tamasya ini, buka pintu yang ada di hadapanmu.
Sekarang kamu berada di Starboard, ambil jalur kanan memasuki gang yang panjang, kemudian gerakkan Snake ke dalam bukaan sebelah kiri. Rangkul dinding untuk mendapatkan peluru USP. Lanjutkan perjalanan dan adegan akan berputar. Seorang penjaga akan mengetahui keberadaanmu dan kamu diwajibkan untuk bertarung. Cara termudah membereskan mereka semua adalah meringkuk di balik kotak, dan tembaki mereka dengan cepat dari tempat itu. Untuk diperhatikan, kamu harus membereskan ancaman ini secepat mungkin, kalo tidak, sebuah granat akan memisahkan seluruh bagian tubuhmu. Kalo kamu butuh amunisi atau Ration, kembali ke gang tadi. Ketika aksi ini berakhir, arahkan ke pintu di penghujung gang. Dan beberapa cuplikan adegan akan menyelesaikan even ini.
4. Mengidentifikasi RAY
Tujuan utama area ini yaitu mengambil gambar dari Metal Gear Ray. Foto yang mesti di ambil adalah di depan, kanan depan, kiri depan, dan lencana Marine Corps. Cepatlah menekan L2 dan pilih kamera. Keluar dari menu item dan gunakan tangga untuk menggapai gantungan. Kalo kamu perhatikan baik-baik pada kumpulan tentara, kamu akan melihat salah satu diantaranya memakai pakaian petinju. Menyelinaplah ke belakang prajurit (dengan merayap di bawah proyektor). Buka panel di kiri jauh dan bungkuklah merayap ke dalam ventilasi. Lanjutkan ke ventilasi selanjutnya sebelah kanan. Di ujung, keluar dari lubang dan masuk ke Hold No.2.
Gunakan siasat sejak palka pertama sebaik-baiknya. Sekali lagi kamu akan menemukan dirimu sedang merayap melewati rangkaian ventilasi. Ketika sampai di ujung ventilasi pertama, tunggu hingga Marinir menjatuhkan dompetnya, kemudian lanjutkan perjalanan. Ketika kamu menemukan persimpangan di ventilasi, ambil yang kiri. Adegan sinematik yang mengagumkan akan terhampar. Pergi ke kanan sampai sebuah ruangan, kemudian merayap melewati ventilasi lagi. Naiki tangga, dan luncuri tiang. Pada poin yang menguntungkan ini, keluarkan kamera dan ambil foto yang kamu butuhkan. Jangan kuatir sama gertakan perintah sersan mereka sedang latihan koq! Waktu kadang-kadang suka ngaco, kalo kamu menambah waktu, dialog sersan tersebut bakal kedengaran tolol. Untuk mengambil gambar yang lain, telusuri sekitar RAY dan dekatkan ke dinding untuk melewati penjaga yang sedang tidur. Merunduklah ke bawah bukaan maka penjaga nggak akan bisa melihatmu. Ambil gambar. Kemudian, teruskan ke sisi lain ke belakang ruangan dan ambil gambar lagi. Nah, dengan begini kamu udah punya empat dan tak perlu mempersoalkan tentang sudut pandang pengambilan foto.
Sekarang, arahkan ke kanan. Di bagian bawah ruangan (tepat di bawah dimana kamu baru aja masuk), kamu akan menemukan sebuah terminal tempat meng-upload foto. Adegan dengan Otacon berikut akan menyenangkan, terutama jika kamu mengambil jumlah gambar yang banyak dan acak. Setelah itu adegan yang mengubah pikiran akan berjalan.
5. Perubahan yang drastis
Sekarang semua duniamu akan berganti, mencoba untuk tahu apa yang ada di sekitarmu. Selanjutnya merayaplah ke terowongan yang penuh serangga dan ambil Ration pada sisi sebelahnya. Ration yang lain tergeletak dalam locker di tengah. Buka pintu dan kamu akan menandai musuh yang sedang berjaga. Ketika penjaga tersebut lenyap, masuki gang dan potong perjalanan menuju ke kanan. Berhati-hatilah dan aktifkan Node. Dari sini, kembali ke permulaan lokasi dalam ruangan ini. Sebuah pesan akan berjalan, memberi tahu dirimu untuk menyimpan frekuensi 140.96. Lalu sembunyi di belakang peti kayu yang ada Ration (kamu mesti membungkuk). Ketika elevator turun, masuk dan bereskan para penjaga. Kalo kamu rada bimbang, kamu bisa aja menyelinap di belakangnya ketika dia berputar dan berlari ke elevator menuju fasilitas Strut A Pump.
Lompat ke dalam peti dan ambil item. Arahkan ke sudut kanan bawah dan larilah secepat mungkin melewati tumpukan kotoran seagull. Lalu arahkan ke sudut kiri atas dan merayap lewat lubang pada pagar (rada sulit dilihat). Lewati pintu untuk memasuki Pump Room.
Turuni tangga, kemudian belok ke kanan dan lewati penjaga dengan menyelinap. Download peta dari Node sebelah kanan. Buka locker di samping ruang tangga sebelah kanan untuk mendapatkan Ration. Sekarang, arahkan ke tangga menuju atap untuk menemukan Chaff Grenade. Pada poin ini, kembali melalui penjaga dan masuk ke pintu oranye di atas ruangan. Turun ke gang dan lewati bukaan sebelah kiri. Ketika kamu ada di dekat salah satu penjaga (saat mereka membelakangimu), terjun lewat susuran tangga, lalu balik ketika pesisir udah bersih. Lanjutkan perjalanan menuju Transformer Room.
Setelah kamu memasuki area ini, sebuah adegan yang mengagumkan akan memperkenalkan salah satu karakter terbaru dalam game ini. Ingat frekuensi 141.80. Ketika permainan dimulai lagi, turuni tangga dan ambil peluru SOCOM. Aktifkan Node di samping peluru, kemudian keluar dari pintu menuju tangga sebelah kiri. Berhati-hatilah dan buka locker pada ujung gang. Kamu akan menemukan Ration. Dari sini, masuk ke pintu paling kiri. Setelah adegan, arahkan melewati pas jalan dan sebrangi jembatan, ambil Chaff Grenade sepanjang perjalanan. Di penghujung, kamu akan masuk ke Strut C.
6. Membersihkan Bom
Arahkan ke gang sentral dari ruang makan, kemudian masuki pintu sebelah kanan. Tujuan selanjutnya adalah menonaktifkan sejumlah bom (yang ditandai pada peta). Sebelum melakukan, kamu akan mendapatkan frekuensi 140.25. Jangan tinggalkan dapur terlebih dulu, periksa poster pada dinding. Lalu, aktifkan Node, kemudian balik keluar dan masuk ke kamar mandi wanita sebelah kanan. Semprot bom yang ada di ceiling setelah wastafel. Masuk ke toilet pertama untuk mendapatkan Pentazemin. Sekarang, gerakkan ke kamar mandi pria dan periksa poster pada stall yang memegang peluru SOCOM. Dari sini, lanjutkan perjalanan balik ke anjungan. Ketika kamu melihat Cypher yang mengapung, kamu bisa aja menunggu sampai benda itu merendah kemudian berlari, atau cukup tembak bagian bawahnya.
Pada akhir "tamasya" kamu akan kembali dalam Strut B. Kembali ke ruang dimana kamu berjumpa dengan Vamp. Bom ini terletak pada puncak tangga. Dimana? Dekat pintu pada perlengkapan di dinding. Semprot dia, yang kedua beres! Sekarang, beri jalan ke Strut A. Lewati ruang tidur yang penuh penjaga dan masuk ke pintu yang terletak di kanan belakang. Naiki tangga, kemudian merayap di bawah pipa, belok ke kiri. Kamu akan menemukan bom yang berada di belakang salah satu tangki. Kamu mesti merayap di bawah pipa merah untuk mendapatkannya. Sebelum meninggalkan ruangan, cari Ration dekat pipa tersebut.
Untuk melanjutkan ke daerah selanjutnya (via FA Connecting Bridge), keluar dari ruangan dan berlari di gang menuju tangga terdekat sebelah kiri, menuju Strut F Warehouse. Berputarlah sepanjang gang untuk menghindari deteksi, lalu ambil Ration di pojokan. Masuk ke ruangan terdekat, dan M9 telah menunggu. Keluar, dan merunduklah di belakang peti kayu pada gang. Bereskan sebanyak mungkin penjaga. Pilihan terbaikmu adalah beresi penjaga terdekat dulu, kemudian sembunyikan. Bom ada di sebelah kiri, dan lekatkan pada susuran yang ada di sebelah kiri dan turun ke bawah ke tempat bom berada. Setelah beres, cari Stun Grenade dan majalah FHM. Pergi ke bawah ruangan dan merunduk di ruangan sebelah kiri. Ambil Ration, Box 2 dan kunjungi Node. Bawa pipa ke ruangan sebelah kanan. Di sini kamu menemukan suppressor SOCOM dan peluru. Kembali ke ruangan sebelah kiri dan sebrangi area untuk menemukan bagian lain dari ruangan kanan. Telah menunggu peluru M9 dan Mine Detector.
Gerakkan ke sisi lain ruangan dan naiki tangga. Lari melewati pintu, kemudian potong ke kanan (saat pesisir udah bersih). Beri perhatian pada Mr. X dan gunakan Mine Detector untuk menghindari ranjau. Masuk ke ruang Strut E Parcel di lantai 1F. sebelum masuk, beresi dulu penjaga. Merayap hingga tengah ruangan, ambil amunisi M4 untuk dipergunakan nanti. Bereskan penjaga yang bersin ke sisi lain dari daerah ini sebelum mencari Node di pojok kanan atas dari ruang Parcel. Setelah merayap ke penjaga kedua, kamu akan menemukan Stun Grenade. Tepat di bawah Node ada Box S. Pada pojok kiri bawah terdapat ruangan tangga. Turuni, masuk ke sudut sebelah kanan untuk mendapatkan software rahasia Konami. Tertawa pada dirimu sendiri dan turun ke bawah lalu masuk ke pipa untuk mendapatkan Ration. Kembali ke atas, dan sebrangi ke sisi kanan ruangan. Naik ke tangga. Masuk ke dalam pintu yang ada di atas (Strut E Heliport), kemudian perhatikan adegan yang menakjubkan lagi. Berisi penjaga patroli dan berputar ke sisi belakang pesawat. Bom ditaruh di bawah ekor sebelah kanan. Sebelum pergi, ambil item pada ruangan, termasuk Box 3.
Kalo udah siap, pergi ke ruang Parcel. Keluar melalui pintu sebelah kiri (di bawah conveyor). Kamu akan berada di DE Connecting Bridge. Berikan waktu pada penjaga untuk pergi, kemudian teruskan perjalanan. Berlari di sekitar ruang berbentuk hexagonal menuju Ration di tengah. Sekarang, pergi ke sisi kiri dan selamatkan peluru SOCOM. Pada sisi ini, turuni tangga dan buka lubang palka kedua. Tebak apa? Bom terakhir! Dan bereskan misimu secepat mungkin.
7. Strut Escape
Tujuan selanjutnya adalah mengakses CD Connecting Bridge yang terletak pada bagian atas sebelah kiri dari posisimu sekarang. Beresi kamera, kemudian tembak para penjaga. Lanjutkan menyeberangi anjungan untuk mencapai Strut C. Masuki lemari pada ruang makan dan Sensor B sudah menunggu. Sekarang kamu mempunyai 400 detik untuk segera keluar dari Dodge. Tetap mengarah ke bawah dari Strut C ke B, kemudian tiba-tiba menjadi A. Naiki elevator menuju basemen, Deep Dock.
Ambil item, kemudian bergerak melewati pintu sebelah kiri. Pergi ke sekitar air menuju puncak kapal selam. Bom berada di pusat kendaraan ini. Merunduk, kemudian semprotkan keluar! Lompat ke elevator lagi untuk memulai adegan lain, dan berakhir pada boss battle.
8. Boss Battle (Fortune)
Wanita ini kacau banget, dia pengin mati, tapi dia sendiri suka bertarung. Tentu saja, pelurumu nggak akan mengenainya, sementara kamu masih berkeinginan untuk menggeledahnya. Dia nggak akan mendapat kecelakaan seperti yang kamu harapkan, tapi pada akhirnya, dia bakal pergi.
9. Explosive Pursuit
Setelah kamu naik ke atap, arahkan ke gerbang dan turun ke lantai menuju pintu yang mengarah ke Strut F (sebelah kanan). Sebrangi jembatan dan lewat ke ruangan sebelah menuju gang yang lurus membentang. Lewati jembatan lagi, kemudian melewati gudang menuju tangga sebelah kanan. Arahkan ke atap, kemudian naiki tangga sekitar pojokan sebelah kiri. Nyalakan Sensor A untuk mencari bom (terletak di tanah dekat peti hijau). Setelah menon-aktifkan, Fatman akan muncul.
10. Boss Battle (Fatman)
Makhluk aneh mesti dijatuhkan dengan cepat. Semprot semua bomb yang dia pasang. Sementara mengerjakan ini, kamu bisa menembakkan ke badan gedenya. Kalo kamu cukup banyak menembak, dia bakal jatuh ke tanah, memberi kesempatan untuk menembak kepalanya langsung. Dengan badan sebesar dia sungguh mengagetkan melihat dia sangat tangkas, tapi kalo kamu udah mempelajari polanya, sangat mudah. Pertempuran kemungkinan besar kamu menangkan, tapi ada suatu hal yang mesti dikerjakan. Ada bom didekatmu, dimana ya? Singkirkan tubuh Fatman, dan kamu bakal ngeliat kalo bom tersebut didudukinya. Beresi bom maka warisan yang diberikan Fatman akan berakhir. Tinggalkan atap lewat jalur yang kamu masuki, dan Mr.X bakal muncul di layar.
11. Penyamaran
Setelah Mr. X memberikan semua alat penyamar, kembali ke Strut F. Setelah masuk ke ruang ini, arahkan ke kiri dan masuk ke pintu kedua yang ada ber-seberangan denganmu. Ini adalah pintu level 2 yang sebelumnya kamu nggak bisa dimasuki. Sebelum melangkah ke ruangan ini, bereskan dulu mekanisme peledak dengan menembak lampu hijau yang berkedip pada puncak locker. Ambil M4, kemudian balik ke lobi untuk mengarah ke kanan. Putar kisi untuk turun ke level bawah. Pada pintu yang paling dekat (level 2) terdapat AK-47, termasuk amunisi (M4, SOCOM dan AK-47). Kembali menyeberangi EF Connecting Bridge dan bergelantunglah pada sambungan di tengah. Setelah kamu berjalan menuruni tangga di pertengahan, mulai berputar kesana kemari untuk menghindari perangkap.
Sebelum memasuki Shell 1 Core 1F, pakai alat penyamarmu dan AK-47. Setelah memasuki Core, beresi kamera dengan SOCOM. Setelah berhadapan dengan penjaga, hati-hati jangan menarik perhatian mereka. Arahkan ke aula kemudian ke kiri. Masuk ke dalam ruangan pertama dan cari locker yang ada di dekat pintu untuk Claymores dan selebaran FHM. Cari locker di belakang untuk peluru M9 dan Chaff Grenade. Dan pastikan untuk mengaktifkan Node di sudut tangan kanan atas ruangan. Keluar ruangan ke kiri dan pergilah ke gang. Pada bukaan pertama di sebelah kiri terdapat peluru SOCOM. Lanjutkan perjalanan ke bawah dan tekan kunci pintu sebelah kanan elevator. Turun ke tingkat B2, dan buat jalan ke tangga menuju ruang perintah. Ambil Box 4, Directional Mic, dan peluru AK-47. Juga Node yang ada di sudut kanan. Jika kamu ubah pandangan menjadi first person, kamu akan mendapat petunjuk untuk mendapatkan FHM yang lain. Kembali ke elevator dan naik ke tingkat B1. Putar ke kanan untuk menemukan Ration dalam locker dan Node yang lain. Sekarang lewati elevator untuk masuk ke ruang tunggu. Di sini kamu akan menemukan Stun Grenade dan peluru SOCOM yang terdapat di locker. Tunggu sampai salah satu penjaga meninggalkan ruangan. Lalu gunakan pistolmu untuk memukul kepalanya. Lalu bawa penjaga ini ke alat deteksi mata samping pintu yang berdekatan dengan ruang tunggu. Tunggu sampai dia terbangun, lalu sodorkan kepalanya pada scanner.
Dalam ruangan sandera, pergi ke dasar tembok dan gunakan Direction Mic pada orang yang ada di depan meja paling kiri. Dengan membawa Mic, tekan segitiga untuk berkomunikasi dengan Ames. Dan lepaskan semua baju samaran, karena dia nggak akan mengenalmu sebelumnya. Setelah beberapa adegan, gunakan Mic untuk mendengarkan pembicaraan. Setelah ini, ambil senjatamu dan jangan bergerak. Setelah Mr.X datang menyelamatkanmu, masuk kembali ke elevator dan arahkan ke lantai 1. Gunakan Chaff Grenade untuk mengaburkan kamera. Lewati bukaan sebelah kanan, kemudian seberangi anjungan (ingat perangkap!). Arahkan ke bawah menuju Strut F dan gunakan kartu pass level 3. Ke kiri lalu ke bawah, kemudian jelajahi semua pintu pada level 3. Kamu akan menemukan RG86, C4, peluru SOCOM, Grenade, PSG-1 dan Claymore. Ruangan yang ada PSG-1 terdapat ruang untuk disusuri (samping kotak McFarlane Toys). Menyusur ke bawah dan masuk ke lubang ini untuk menemukan PSG-T.
Pada poin ini kamu mesti berjalan ke Strut D. Sekarang, selain belok ke kiri dalam Strut D, masuk ke pintu pada puncak tangga. Kamu akan berada di Shell 2 yang berhubungan dengan anjungan. Ambil amunisi di sebelah kanan. Keluarkan PSG-1 dan arahkan pada lampu hijau yang bernyala di mekanisme peledak. Ada beberapa lampu yang harus dikerjakan, termasuk yang ada di belakang bendera sebelah kiri dan yang lain dengan para merpati di kanan. Oh ya, jangan lupa yang ada di belakangmu. Terakhir, ada di Cypher yang mengapung di kejauhan. Perbesar sasaran hingga mendapatkan pandangan yang pas. Grogi? Gunakan Pentazemin!
12. Boss Battle (Harrier)
Dengan pelontar misil Stinger di tangan, tunggu hingga kamu mendengar bunyi lock-on (diindikasikan oleh sasaran berwarna merah) sebelum menembakkan misil. Taktiknya sederhana, tunggu sampai Harrier tersebut nongol baru tembak. Lanjutkan strategi ini, sembunyi dan berputar ketika kamu dihujani misil dan rentetan senapan mesin. Pertempuran ini sangat sulit, tapi patut berterima kasih, Ration tambahan akan jatuh di anjungan. Teruskan pertempuran, dan pertandingan yang tidak adil ini akan berakhir.
13. Mengantar Presiden
Tujuan kali ini adalah masuk ke dalam Shell 2, lanjutkan perjalanan melewati sinar abu-abu, kemudian jatuh ke bawah menuju pipa kuning. Kamu juga bisa memutar ke sisi lain untuk mendapatkan amunisi dan AK Surpressor. Gunakan pendingin untuk menyingkirkan api yang kamu lewati. Cuma ada satu jalan untuk pergi dari pintu masuk Shell 2 yang terhalang. Gerak ke seberang catwalk yang meloncati panel yang berjatuhan. Saat kamu melihat anjungan di bawah, bergantung, dan jatuhkan dirimu. Bidik penjaga, kemudian putar ke celah pertama dan berdansalah ke yang kedua. Naiki tangga menuju L Perimeter, kemudian menunduk di bawah jendela untuk menghindari peringatan penjaga yang sedang menyisir daerah itu. Untuk melewati celah yang besar di pojokan, menunduk dan merapat ke dinding, lalu berjinjit pada bilik yang sempit.
Selanjutnya, bergantung dan menjatuhkan diri ke anjungan lain, bidik penjaga. Dari sini, merayap sepanjang anjungan dan naiki tangga. Jika butuh peluru SOCOM, merayaplah ke kiri. Tempat ini merupakan titik yang baik untuk membidik penjaga mekanik. Tentukan letak komplek Shell 2. Arahkan ke tempat tersebut dengan menggunakan keahlian yang baru kamu kuasai untuk menyeberangi jembatan yang rusak. Kamu akan masuk ke pusat Shell 2. keluarkan Mic dan dengarkan pembicaraan Olga. Turun ke tangga, kemudian bergerak ke ruangan yang ada kumpulan tangganya. Naiki mereka, kemudian masuk ke ruang pertama sebelah kanan. Lempar Chaff Grenade untuk membingungkan kamera, gunakan SOCOM untuk membereskan mereka secara permanen. Pada ruang kedua sebelah kanan menunggu sebuah Node, nyalakan. Sekarang, pergi ke elevator menuju B1. Keluar ke kiri dan aktifkan Node. Turuni tangga dan menyelamlah. Berenang terus ke depan dan ambil udara pada bukaan yang terdeteksi radar. Lalu lanjutkan perjalanan menuju Nikita. Arahkan ke ruang kamera untuk mendapatkan amunisi senjata ini.
Kembali ke area dengan 2 ruang tangga. Pada dinding terjauh ada sebuah pipa. Gunakan senjata barumu untuk melepaskan misil ke ventilasi. Kamu mesti mengontrol roketnya. Jangan mengenai Prez, kecuali kalo kamu pengin ketawa duluan. Targetmu adalah kontainer baja di belakang ruangan. Cukup kendalikan di antara palang untuk mengenainya. Setelah lantainya non-aktif, kembali ke tangga sebelah kanan. Arahkan dinding ke kiri di seberang lantai baru yang nyaman. Met Ultah, Bp. Presiden! Setelah kamu dimasukkan ke dalam daftar rahasia pemerintahan, sebuah misi baru akan kamu dapatkan.
14. Jalur di dalam air
Turuni elevator dan berenang lagi. Sekarang, ambil udara lagi pada celah yang sama, lalu arahkan ke kanan untuk mendapatkan kacamata Night Vision. Lanjutkan ke depan, hindari ranjau yang menghalangi jalanmu. Buka pintu dalam air, kemudian gunakan Radarmu untuk mengetahui bagaimana cara melewati reruntuhan. Pada akhirnya, kamu akan bertemu dengan pintu yang lain. Bernapas dulu, kemudian berenang ke atas tangga. Lewati pintu, dan temui Vamp, yang mahir banget berdansa.
15. Boss Battle (Vamp)
Kamu nggak punya cukup ruang untuk berlari; jadi gunakan senjata terberat milikmu (contohnya Stinger atau Grenade Gun). SOCOM dan AK-47 cuma berguna bila kamu bisa menembak kepalanya. Strategi untuk memenangkan pertarungan ini, mudah: Beri dia dengan apa yang kamu punya, kamu juga bisa mengenainya saat dia menceburkan diri. Ketika dia menyerang, menghindarlah! Kalo kamu jago, coba tembak pisau terbangnya, tapi jika kamu jatuh ke air, kamu bakal mati. Pertarungan macam apa ini?
16. Penyelamatan
Arahkan terus ke depan kemudian menyelam ke air menuju ke tangga di bawah. Teruskan perjalanan, dan hindari ranjau. Temukan Body Armor Unit dan sebuah Node pada ujung ruang tangga. Cari semua locker. Salah satunya akan memunculkan adegan. Kamu mesti membantu kaki tangan terbarumu melewati area dengan membawa dia ke air. Berenang secepat mungkin keluar dari area, dan jangan lupa persediaan O2-mu. Dan kamu akan sampai di bilik Vamp. Keluar dari pintu, kadang-kadang kamu mesti mencekik cewek itu untuk meningkatkan semangatmu. Lalu nyebur lagi dan telusuri jalur, melewati reruntuhan sekali lagi.
Ketika kamu mencapai tujuan, naiki tangga dan seret gadis itu. Sampai di jalur yang penuh serangga, kamu tinggal menyemprotnya saja kan? Kalo gadis tersebut makin liar, gunakan transquilizer dart. Bawa gadis itu ke elevator menuju lantai 1. Tembak penjaga pada ruangan sebelah kiri, lanjutkan menggiring bawaan ke kiri dan menuruni aula. Bereskan penjaga yang lain, kemudian lanjutkan perjalanan menurun lalu ke kanan. Turuni tangga dan ulangi proses dan naik tangga sebelah kanan. Lanjutkan perjalanan menuju anjungan.
Pindahkan penjaga yang sedang berayun, dan sebrangi anjungan dengan aman. Arahkan ke bawah dan semprot api. Jika temanmu secara tak sengaja melangkah ke api (Oo), coba lagi. Masuk ke pintu dan secepat mungkin bereskan segala ancaman. Putar roda untuk membuka pintu selanjutnya. Setelah adegan, berbaringlah melindungi sang gadis sementara dia menyeberangi pipa. Bantuan akan datang ketika dia sampai di Strut E. Ketika dia mulai berjalan, tembak dengan Claymore, kemudian penjaga yang ada di menara. Setelah mendekati menara pertama, dia akan duduk. Bersihkan semua penjaga yang datang. Sementara dia ada di Strut, beberapa Cypher bakal muncul. Periksa di belakangmu dan kembali ke gang untuk mendapatkan amunisi lain. Hati-hati, setelah dia melewati menara kedua, penjaga akan muncul secara kontinyu. Juga jangan lupa mengambil Claymore lagi saat berjalan ke menara ketiga. Pada akhir perjalanan ini, Vamp akan muncul dan menyandera sang gadis.ketika dia melempar korban ke samping, tembak kepalanya.
Setelah adegan, lewati pintu dan arahkan kembali ke basemen Shell 1 Core (lantai B2). Sepanjang perjalanan, periksa pintu level 5 dalam Strut E (ruang Parcel) untuk mendapatkan Digital Camera. Lanjutkan perjalanan, putar melewati kisi-kisi yang berjatuhan pada jembatan penghubung ke Core. Gunakan elevator untuk mencapai B2.
17. Dalam kilapan
Ketika bangun dari rumah sakit, cepat lompat dengan untuk melepaskan tangan mekanis. Sekarang kamu punya stelan baru, arahkan keluar pintu dan aktifkan Node. Lewati pintu yang lain sebelah kanan untuk mencapai pegangan. Melekatlah pada peti, kemudian putar ke peti yang lain dan naiki tangga. Jawab semua panggilan yang kamu terima ketika kamu mencapai puncak lantai. Pergi dan putar melewati catwalk. Melawan serangan musuh nggak perlu dilakukan. Lalu masuki terowongan dan lanjutkan menjawab panggilan yang masuk. Nggak ada yang bisa kamu lakukan di sini. Cukup tunggu aja. Dan seorang musuh akan mela-wanmu.
18. Iris dan potong
Setelah adegan, lari keluar dan gunakan pedangmu untuk menampar siapa aja yang menghalangi langkahmu. Hadang semua serangan sebisamu. Tetap tekan maju sampai ancamannya berkurang. Kamu akan dibawa ke suatu kecepatan yang apa pun terjadi dengan nano-communication. Lewati pintu dan kamu akan masuk ke Sigmold Colon. Larilah ke dalam plafon sirkuler dan potong semua daging yang jatuh. Ketika sebuah pesan muncul, teruskan bertarung.
19. Boss Battle (RAY)
Mereka sangat besar, namun mereka nggak akan bisa ditembak. Teruskan menghindari roket dan hujanan serangannya, kadang membuat kamu marah pada dirimu sendiri. Teruskan menyerang, kamu mesti membereskan semua orang ini, jadi ambil Ration yang jatuh dan, buka serangan seakan-akan kamu nggak peduli. Mengenai kaki RAY bakal menyulitkan mereka. Lalu kepalanya adalah sasaran utamamu. Setelah beberapa menit, mereka akan melompat ke plafon, membuat pertempuran ini makin sulit. Semua keahlianmu akan dites di sini, good luck!
20. Boss Battle terakhir
Jam session pada tombol segitiga akan memulai pertarungan yang panjang dan berat ini. Sebelum kamu maju, sebuah adegan yang panjang akan berputar. Senjata yang kamu punya cuma pedang. Pada acara ini kayaknya kamu lebih mirip memainkan game fighting daripada game spionase (yeah! Whatever...). Dan kelihatannya mahluk ini akan memblok semua jab-mu, tapi setiap celah harus kamu manfaatkan. Sebagai contoh, berada di belakangnya saat dia melancarkan serangan merupakan sebuah celah yang sangat besar untuk dimanfaatkan. Cepat serang dia saat fire blast atau missile attack memiliki persentase kesuksesan yang tinggi. Pada pertengahan, musuhmu bakal makin gila. Hindari semua serangannya dengan seluruh kemampuanmu dan gunakan stratgei yang sama. Saat even mulai menutup, tunggu hingga daftar credit selesai untuk adegan tambahan. Kalo kamu bermain pada mode normal, kamu akan membuka Digital Camera, Extreme mode, Artwork Main Menu yang baru dan level skip.
Secret
Seperti game MGS yang lain, ada beberapa rahasia pada game ini.
Director Mode
Selama beberapa adegan dan perbincangan pada codec, gerakkan stik analogmu untuk memperbesar, memperkecil, atau memotong gambar. Semua ini dapat dilakukan sama seperti kamu menggunakan kamera waktu mengambil gambar.
Dirty Birds
Kalo kamu melihat burung seagull dan nggak terlalu peduli dengan mereka, silahkan dan tembak mereka. Yang jelas Konami udah menyiapkan hal ini, bulu yang terbang, dan bunyi burung jatuh sangat perfect. Kecuali kalo kamu penyayang binatang.
FHM Magazine
Selama permainan, kamu akan bertemu sejumlah FHM Magazine. Kamu memang nggak begitu memerlukan mereka, tapi para musuh senang loh membacanya. Terutama jika kamu menjatuhkan pada jalur patroli, lihat ulah musuh deh!
Love on the Run
`Pada poster "hehehe" yang kamu temukan, banyak hal yang bisa kamu lakukan. Kalo kamu masuk, tutup pintu, dan tekan arah ke depan, Snake akan mencium poster tersebut. Kalo kamu mengubah pandangan forst-person, dan arahkan pointer senjatamu pada gambar, even lain akan terjadi. Tapi kalo saat itu kamu memanggil Otacon, siap-siap kejutan.
Random Objects
Pelajari semua lingkungan sekaligus bawa benda-benda yang bernyala. HG udah ngelihat kotak Zone of the Enders, poster Police-nauts, bebek karet di air, dan mainan McFarlane yang berdasarkan pada ka-rakter MGS2.
Dog Tags
Tahan penjaga dari belakang dengan senjatamu pada pandangan first-person. Setelah beberapa detik, kamu akan berteriak "Freeze!". Sementara masih dalam pandangan first-person, tekan L1 untuk membidik, kemudian lepaskan pandangan first-person dan putar menghadap musuh. Teruskan membidik, kemudian kembali ke pandangan first-person maka dia akan menawarkan Dog Tags. Kumpulkan mereka semua dan siap-siap mendapat bonus.
Attetion to Detail
Kalo kamu menembak talam dari balok es (di bar), mereka akan bergerak, dan balok akan bergerak jatuh. Kalo kamu menembak balok itu, mereka akan menyebar. Kalo kamu meninggalkannya, mereka akan meleleh. Tiba-tiba, segerombolan serangga akan datang. Ketika kamu melangkahinya, percikan tubuhnya akan bersisa pada lantai. Menembakkan ke TV akan membuat gambar jadi berhambur, pokoknya semua di program dengan canggih.
Knock Out
Beberapa pintu yang spesifik bisa di pukul (kecuali locker). Teruskan memukul pintu dan mereka akan jatuh.
Impossible Maneuver
Kalo kamu mencoba melakukan gerakan yang tak mungkin, seperti berguling di ruang tangga, sebuah animasi yang membosankan akan terjadi-kecuali yang menghasilkan luka.
Codec
Memanggil temanmu pada waktu yang aneh, seperti di locker sebagai contoh. Akan terjadi perbincangan yang aneh pula. Ya sebagi persiapan, Hideo Kojima udah membuat 1000 dialog yang bisa kamu buka.
Digital Camera
Setelah mendapat benda ini, kamu nggak akan bermain MGS2 dengan cara yang sama lagi. Kamu dapat mengambil foto mana pun, dan mengubah musuh ke dalam posisi yang aneh. Hal yang paling menarik, permainan ini juga menyimpan foto yang kamu ambil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar