Ganbare Goemon (= Berusahalah Goemon!) adalah seri game action adventure yang sangat populer di berbagai platform, dari NES (sejak 1986), SNES, N64, Game Boy, GBC, arkade, sampai akhirnya PlayStation dan PlayStation 2 (2001). Uniknya, Ganbare Goemon bersumber dari berbagai studio Konami. Ada yang dari Konami Nagoya, Konami Tokyo, Konami Osaka. Nah gimana kalo kita cobain langsung aja Oedo Daikaiten yang dari Konami Kobe ini? Ganbare Hotgamers! (rama)
Karakter
Kamu bisa mengganti karakter di tengah permainan dengan tombol Select. Ada bagian yang memerlukan karakter tertentu. Selain itu, tergantung seleramu.
Goemon
(berambut biru baju merah)
Senjata Utama: Pipa
Senjata Spesial: Pipa Berantai.
Bisa digunakan untuk meraih kotak emas dengan tanda salib.
Gunakan tombol Atas atau Bawah untuk memperpanjang rantai dan meningkatkan kemungkinan loncat jauh. Loncat dari pipa berantai saat mendekati puncak ayunan untuk mendapat hasil maksimal.
Senjata Proyektil: Lemparan uang.
Senjata Proyektil Kelas Atas: Lemparan uang berapi.
Ebisumaru
(Ninja gemuk berbaju biru)
Senjata Utama: Kipas
Senjata Spesial: Kipas Ter-bang
Senjata Proyektil: Shuriken
Senjata Proyektil Kelas Atas: Super Shuri-ken
Sasuke
(Berambut biru baju hijau)
Senjata utama: Shuriken
Kemampuan Spesial: Berenang (tombol Kotak = menyerang)
Senjata Proyektil: Bom
Senjata Proyektil Kelas Atas: Bom besar
Yae
(Gadis berambut hijau)
Senjata Utama: Pedang
Senjata Spesial: Berenang (tombol Kotak = menyerang)
Senjata Proyektil: Tembakan Meriam.
Senjata Proyektif Kelas Atas: Tembakan Meriam terarah.
Bangunan Penting
Semua bangunan ini terletak di kota. Jangan menyerang penduduk kota kalau tidak mau dikeroyok.
Toko Senjata
(rumah bertirai merah)
Tempat membeli bekal makanan (me-mulihkan life saat bertemu musuh, semakin mahal semakin mujarab) dan pelindung (baju manahan pukulan dan helm menahan tembakan). Kekuatan baju dan helm berting-kat dari jerami, perak, dan emas.
Toko Makanan
(rumah bertirai hijau)
Makanan di sini begitu dibeli langsung memulihkan kesehatan, Semakin mahal semakin banyak pulihnya, Misalnya Udon yang paling murah memulihkan: kotak).
Hotel
(rumah bertirai biru keunguan)
Ada 2 hal yang bisa kamu lakukan di sini:
1. Menginap (memulihkan nyawa). Pilih pilihan pertama ketika ditanya penjaga lalu pilih kelas kamar. Makin mahal makin pulih.
2. Save: Pilih pilihan kedua, lalu pilih slot. Lalu pilih pilihan pertama untuk Yes.
Biro Travel
(rumah bertirai biru muda)
Untuk pergi langsung ke kota manapun yang pernah kamu lewati. Setiap kota dinomori sesuai lokasi area.
Hot Tub
(bertirai hijau muda)
Baru ada sejak Area 3. Ruang biru dan merah sama saja fungsinya. Memulihkan semua tenaga dan bila sudah penuh memberikan tambahan bar nyawa dengan harga tertentu.
Item dan Lain-Lain
Kotak Harta Kotak coklat sepanjang sta-ge berisi uang (satuan uangnya Ryo).
Extra Banner kecil merah dengan tulisan Kanji. Memberi ekstra 1 karakter.
Gajah Kecil Patung gajah yang ada di pertengahan setiap puri dan sejumlah stage yang panjang. Bila kita mati setelah menda-patkannya, kita akan mengulang dari titik tempat ditemukannya gajah, bukan dari awal lagi.
Kucing Keberuntungan Boneka kucing yang mengangkat satu kakinya = uang banyak.
Strategi vs Impact Boss
Pukul atau tembak semua proyektil yang mengarah ke kamu. Lebih aman kalau menembak, tapi jangan sampai kehabisan peluru. Untuk setiap proyektil yang terpukul kamu mendapat 5 peluru. Kalau bisa pakai tinju, simpan peluru untuk menghadapi proyektil beruntun atau kalau nyawa sudah sedikit.
Bila musuh menerjang atau membuat gerakan lain ke arahmu, mulailah menyerang. Biarpun kamu mulai cepat, akan tetap kena.
Bila ragu, blok!
Pipa berantai nyaris tak berguna pada saat ini.
Bila senjata lasermu punya energi (meteran di sisi radar menyala), gunakan saat musuh mulai meluncurkan proyektil. Laser akan menghancurkan proyektil sekaligus mengenai musuh.
Tips
+Di setiap kota usahakan untuk save, memulihkan tenaga, dan membeli bekal makanan dan pelindung. Jangan meninggalkan kota sebelum energi penuh dan ada bekal makanan.
+Usai setiap stage kembali ke kota terdekat untuk save.
+Tidak usah terlalu banyak menjelajah karena waktu terbatas dan hasilnya tidak terlalu banyak juga.
+Hindari musuh yang menyulitkan dan targetkan musuh yang mudah (nilanya sama saja).
Walkthrough
Prolog
Judul game ini "Ganbare Goemon Oedo Daikaiten" alias "Berusahalah Goemon Daur Besar di Edo" Game ini kayaknya mau mempromosikan kebersihan lingkungan dan daur ulang sampah. Diawali Goemon dan Ebisumaru yang kerja bakti mengangkut sampah dari kota ke TPA sampah dan kadang-kadang karakternya "ngelantur" ngomong soal daur ulang segala. Kemudian muncul mahluk luar angkasa (ngumpet dalam kaleng kosong) yang ternyata telah meng-ganggu ketenteraman kota Edo.
AREA SATU
Stage 1
Stage ini lurus-simpel saja. Maju ke kanan terus dan pukul rubah di ujung jalan untuk mengakhiri stage ini.
Stage 2
Stage ini masih lurus saja. Bila bertemu musuh yang naik mobil, lompat dan serang penumpangnya lalu lompat ke ke mobil. Gunakan mobil ini untuk melompat ke tempat yang lebih tinggi di stage ini. Caranya lompat bersama mobil lalu tekan Atas dan tombol lompat untuk melompat lebih tinggi lagi.
Kota
Pergi ke sisi atas kiri kota dan masuk ke puri yang ditandai tiang merah jambu. Di dalam, maju ke kanan tapi setelah naik tangga, loncat ke batu di kiri, terus sampai mendapat kotak harta dan kucing keberuntungan. Kembali ke kanan, lewati lorong-lorong. Lompat ke landasan di ujung kanan atas untuk mengambil kotak harta lalu turun kembali dan merangkak ke kanan untuk mengambil item yang menjadi tujuan utamamu. Keluar dari puri dan kembali ke kota.
Pergi ke sisi atas kanan kota. Temui Pak Tua yang tinggal di salah satu bagian rumah panjang dan ia akan menukar itemmu dengan pass untuk keluar kota. Berikan pass pada penjaga pintu keluar (ujung bawah kanan kota) untuk melanjutkan perjalanan. Ingat, sebelum keluar kota jangan lupa memulihkan diri dan membeli bekal (pelindung belum dijual di sini).
Stage 3
Kembali stage yang lurus. Jangan lupa naik ke landasan untuk menjangkau kotak-kotak harta di tempat yang tinggi.
Puri
Maju ke kanan. Hampir semua kotak harta terlihat bila kamu melompat di trampolin atau menggunakan landasan yang tinggi. Setelah karaktermu melompat ke trampolin, saat di puncak lompatan tahan tombol X untuk melompat ekstra tinggi. Di bagian kedua puri ada 3 trampolin berdereet. Kamu akan mendapat kucing keberuntungan bila melompat dengan trampolin kanan. Ikuti jalur trampolin dan penghalang tombak sampai ujung stage. Tapi kalau kamu mau mengambil jalur atas, ada bonus tambahan.
Boss: Manusia Bonzai
Bos ini mempunyai 5 serangan, yaitu:
- Serangan kipas di udara. Pukul dia sekali dua lalu hindari kipasnya.
- Melambung ke arahmu. Saat ia melambung lari lewat bawahnya lalu serang.
- Dia berubah menjadi kipas. Pertama, loncat dia, lalu merangkak menuju kipas itu dan begitu ia menerjangmu, jangan pindah dan tetap merunduk.
- Berguling sepanjang layar dengan tangan membara. Loncat dia dan serang.
- Berubah jadi kipas lagi, tapi menyerang dari arah berlawanan. Cara menghadapinya sama dengan nomor satu, cuma arahnya dibalik.
Boss akan mengulangi pola serangan ini terus sampai kamu mengalahkannya.
Impact Boss
Kamu akan ditembak dengan proyektil kipas dari arah kanan ke kiri dan rudal dari kiri ke kanan. Pukul semua proyektilnya. Saat ia mengulurkan kipasnya, berarti ia akan menerjangmu. Ia juga bisa menghilang di balik payung 2 kali lalu pada ketiga kalinya dia akan menerjangmu. Selain itu kamu tinggal mengikuti Strategi vs Boss Impact di atas.
AREA DUA
Stage 1
Yang harus kamu waspadai adalah landasan yang jatuh keluar dari layar. Loncat sebelum terlambat! Di bagian ujung, ambil jalur atas karena jalur bawah cuma berisi rubah palsu.
Stage 2
Kamu harus tetap di atas landasan di ban berjalan sambil melompat atau merunduk untuk menghindari tombak dan musuh. Di dinding pertama, tunggulah landasan yagn tidak berisi makanan supaya bisa melewati bawah dinding. Setelah dinding ada 3 tombak yang rasanya mustahil dihindari, jadi yang penting kamu tidak jatuh dari landasan walaupun kena tombak itu.
Di bagian berikut musuh melemparkan makanan dari atas. Kamu bisa memukul makanan itu atau menghindarinya. Tetap hindari tombak dan serang musuh berapi sampai ujung stage.
Kota
Di sini kamu harus membeli pass dari Toko Senjata seharga 500 Ryo. Di bagian berikut kota (Utara tempat kamu masuk) ada seorang wanita yang akan mengajakmu bertaruh. Pilih Yes atau No sama saja, setelah itu kamu harus memilih angka Besar (11<) atau Kecil (10>). Dia akan meng-gulingkan 3 dadu, kalau tebakanmu sesuai jumlah titiknya uang taruhanmu berlipat ganda. Setelah itu kamu bisa memilih main lagi atau pergi. Serahkan pass pada penjaga di pintu keluar.
Stage 3
Ke kanan, gunakan jamur untuk mundur dan melompat ke harta tersembunyi. Cara meloncat dengan jamur agak berbeda dengan trampolin. Kamu harus menekan tombol loncat lagi saat menyentuh jamur supaya lompatannya maksimal.
Teruskan perjalanan. Untuk mencapai harta yang tersembunyi, gunakan Pipa Berantai Goemon untuk mengait blok emas lalu lompat dan kait blok emas yang lebih tinggi. Kalau cuma mau cepat keluar, terus ke kanan saja.
Puri
Hindari musuh yang meloncat-loncat. Setiba di landasan, hindari batu yang berjatuhan. Setelah melewati Penghancur, gunakan botol biru untuk melompati Penghancur dan terus ke harta tersembunyi atau gunakan puncak botol dan Pipa Berantai Goemon untuk terus ke kanan. Di botol terakhir, pada puncak lompatan, loncat ke bagian tertinggi sisi kanan layar (bakal ada panah penunjuk kok).
Terus ke kiri dan hindari musuh sambil meloncat dari satu landasan ke landasan lain. Di ujung, lompat ke kiri atas. Sekarang kamu harus cepat-cepat ke kanan karena ada robot yang mulai mengejarmu.
Boss: Penyihir Bertudung
Ada 3 model serangannya:
- Asistennya menyerang kamu, lalu menyerang boss. Serangan biru lebih lambat dari pada merah, jadi ukur timing untuk melompat menghindar. Saat dia menyerang boss, jangan sampai berada di antara mereka dan serang ia saat mendarat.
- Musuhmu akan mengulangi serangan di atas sampai powernya tinggal 50% lalu mulai menembakkan api sihir biru ke kamu. Setiap ia mengeluarkan satu api, api terakhir sebelumnya akan menghilang jadi kamu bisa berjalan ke arah serangan terakhir untuk menghindari serangan yang baru.
- Boss mulai meloncat ke landasan yang berputar (tembak dia dengan proyektil saat ia di landasan) lalu menerjangmu. Lompati dia, lalu merangkak ke arahnya untuk menghindari pantulannya di dinding. Saat ia kikuk di tepian, serang.
Boss Penyihir ini akan mengulangi 2 serangan terakhir dengan kadang-kadang diselingi acara berguling (sebagai ganti berloncatan). Kamu bisa melompat untuk menghindari gulingannya.
AREA TIGA
Stage 1
Kamu harus menggunakan Yae atau Sasuke untuk menjelajahi air. Terus ke kanan sambil menghindari ikan berduri. Percuma menyerang ikan-ikan itu, tidak mempan. Di bagian berikut kamu harus meluncur dengan hati-hati sampai ujung karena kamu cuma bisa menghindari musuh, tidak bisa menyerang. Di ujung loncat dan selesailah stage ini.
Stage 2
Ke kanan dan waspadai semburan air panas, Kamu harus mempelajari pola/timing semburannya. Setelah itu kamu harus meloncat ke perahu ikan, terus ke kanan dan tembak semua yang bergerak. Pakai ikan untuk melompati dinding di ujung dan teruskan ke bagian berikut.
Kamu melompat turun sampai dasar bagian ini, melewati landasan/naga sambil menghindari musuh dan semburan air panas. Naga-naga itu adalah landasan bukan tempat berjalan, jadi kalau kamu jalan di atau meloncat ke bagian badannya yang melengkung kamu akan jatuh. Bunuh musuh secepat mungkin karena mereka akan menyulitkanmu saat meloncat.
Amusement Park
Setelah mengalahkanmu 2 musuh, kamu harus meloncat ke kanan, dari satu kuda ke kuda lain sementara kuda-kuda itu bergerak ke kiri. Kamu juga harus bisa membunuh musuh saat di udara. Setiba di bagian tombak, loncat sampai sedekat mungkin lalu loncati tombak-tombak. Cara ini memudahkanmu melewati tombak sekaligus membunuh musuh yagn berdatangan. Teruskan, hindari tombak-tombak selanjutnya dan hancurkan musuh sampai kamu bisa meloncat turun ke bagian berikut.
Di sini kamu bakal membawa pesawat (cuma dengan tombol atas dan bawah) melewati perangkap sambil menembaki musuh. Pesawatmu hanya tahan 5 tembakan.
Kota
Ada 2 mini game yang harus kamu selesaikan dulu di kota ini. Pertama, di rumah terakhir di bagian berikut kota dari arah masukmu. Mini game-nya berupa suit-suitan. Kotak = Kertas, X = gunting, dan O = batu. Kalau mengalahkannya 2 kali kamu mendapat setengah pass. Mini game kedua di rumah sisi bawah kota, berupa permainan korek api. Temukan sebanyak mungkin korek sebelum ditemukan komputer dan dapatkan setengah bagian pass. Pintu keluar ada di ujung kanan sisi paling bawah kota.
Stage 3
Ke kanan sambil melompati batu-batu besar yang berguling ke arahmu. Di deretan landasan yang kamu temui berikut kamu bisa meloncat turun unutk mengumpulkan uang atau langsung menyeberanginya. Deretan kedua landasan akan melewati tombok jadi kamu haru menyeberang dengan cepat. Gunakan 2 landasan berikut untuk mendapat kotak uang di atas lalu terus maju untuk mengambil Gajah Kecil. Terus sampai tiba di landasan yang berwarna dan naik. Loncat ke kiri untuk mengambil kotak uang, pakai Pipa Berantai untuk melompat ke kanan. Pakai landasan untuk naik sampai puncak dan keluar.
Puri
Pakai Yae atau Sasuke untuk berenang ke bawah dan ke kiri sambil menghindari tombak besar. Ikuti anak panah, kadang kamu perlu menyerang juga. Lompat keluar dari air dan ke kanan. Hindari musuh yang berperisai dan Penghandur, lompat ke dalam air di bagian ujung dan terus ke kanan. Boss ada di atas, tapi kamu harus sukses menghindari penghalang-penghalang kecil lain dalam perjalananmu.
Boss: Aqua Man
Yang perlu kamu waspadai cuma anak buah yagn dia gunakan untuk menyerangmu. Semuanya bisa kamu hancurkan kecuali yang beredar menge-lilinginya. Serang terus boss itu sambil menghindari bunga-bunganya yang mematikan. Boss ini cukup mudah.
Impact Boss
Dia menyerang dengan proyektil bola yang ditembakkan rendah. Kadang ia juga maju menerjang. Bila ia menghilang dari layar, perhatikan radar dan siap-siap coutner attack. Dia juga bisa mengurungmu dengan pusaran air, tapi serangannya sama dengan sebelumnya, cuma lebih susah dilihat.
AREA EMPAT
Stage 1
Ke kanan, ambil uang lalu pakai Pipa Berantai Goemon untuk naik ke puncak. Di bagian berikut, ayunkan Pipa Berantai ke atas sebelum landasan jatuh, lalu sebelum naik ke atas kamu bisa melompat ke kanan dulu untuk mengambil bonus. Kamu nanti akan perlu menggunkaan Pipa Berantai lagi di udara untuk mencapai landasan yang bergerak, lalu sekali lagi utnuk mencapai puncak. Setelah mendapat Gajah Kecil, ganti ke karakter Ebisumaru. Pakai teknik gelinding Ebisumaru untuk menggelinding ke kanan. Ikuti anak panah dan hindari tombak-tombak.
Kota
Ada mini game. Pakai tombol arah untuk memukul musuh di kiri, dan tombol X, O, Kotak, dan Segitiga untuk memukul musuh di kanan. Kamu harus memukul minimal 80 kali dalam 100 detik utnuk memenangkan pass. Seperti biasa, pintu keluar kota ada di sisi paling bawah.
Stage 2
Jangan lepas dari kereta sementara menghindari semburan air panas dan tombak. Kebanyakan semburan bisa dihindari dengan merunduk, tapi kadang kamu harus berada di bagian tertentu kereta. Tanda "!" artinya kereta belakang akan lepas, jadi sebisa mungkin tetap di kereta depan tapi kalau melihat tanda "!" lagi loncat ke kanan.
Stage 3
Untuk mencapai stage ini, kembali ke Area Satu (ingat Biro Travel?) dan bicara dengan Pak Tua di sisi kanan atas kota (rumah ke tiga) untuk mendapat kunci. Kembali ke kota di Area Empat, pergi ke sisi kiri atas kota, dan masuk ke rumah besar yang ada mini stage-nya. Kumpulkan semua item sam bil mengikuti jalur yang ada, kamu akan keluar di sisi kanan atas.
Stage ini sebenarnya lurus saja. Gunakan Pipa Berantai Goemon untuk mencapai item di tempat-tempat tinggi. Atau terus ke kanan untuk mengambil Gajah Kecil. Setiba di atas, pakai Pipa Berantai Goemon menraih blok emas yang bergerak.
Puri
Di sini kamu perlu menggunakan senjata proyektil kalau tidak musuh akan menjatuhkanmu dari ban berjalan. Ada barbel yagn berjatuhan, kalau kamu jongkok di antara beban barbel kamu tidak akan terluka.
Di bagian berikut, terus ke atas dengan menggunkaan sarung-sarung tangan sebagai landasan. Oya, sarung-sarung itu bisa memukulmu, jadi hati-hati. Setiap melompat ke sarung, langsung merunduk untuk menghindari tombak. Setibanya di puncak, kamu memerlukan Ebisumaru lagi untuk melayang melewati bola berduri. Ikuti arah panah, dan gunakan setiap kipas untuk terbang makin tinggi ke kanan.
Boss: Maguamuge
Pukul dia sekali lalu loncati sat dia menerjangmu. Segera serang lagi sebelum ia meloncat ke atas kapalnya yang ada di latar belakang. Di akan melemparimu dengan bola basket (hindari!) lalu melompat ke arahmu (serang ia dari jarak dekat!) lalu meloncatimu kembali ke sarangnya. Kemudian Maguamuge akan melemparimu segala macam alat olah raga. Biar selamat, tetap di sisi kiri, lalu jalan di bawah alat-alat itu ke kanan sambil menghindar. Dia akan keluar lagi dan mengulangi pola serangan tadi, cuma kali ini saat ia meloncat ke kapal ia akan melemparkan asteroid (pertama ke kiri lalu ke kanan). Kamu harus selalu menyerangnya, kecuali saat ia maju menerjang dan saat menghindarinya lompatannya.
AREA LIMA
Stage 1
Lantai di sini licin, jadi hati-hati melangkah. Ke kanan samabil menghindari musuh dan bola salju yang juga bisa kamu hancurkan. Setelah mengambil Gajah Kecil, terus ke landasan dari es, naik ke lerengan yang kayaknya penuh musuh yagn melemparkan bola salju. Setelah itu kamu harus menuruni lembah yang terjal. Sebaiknya gunakan teknik gelinding Ebisumaru biar tidak babak belur.
Kota
Dari pintu masuk, pergi ke bagian berikut di sisi atas kota. Jalan ke kiri dan cari wanita tua dalam salah satu rumah. Kemudian pergi ke kota di Area Tiga. Di kota 3 ini, ambil jalur pertama ke atas lalu ke kanan ke rumah pertama. Bicara dengan laki-laki di sini, keluar dan masuk ke Toko Makanan, beli item paling kiri, kambali ke kota di Area Lima dan kunjungi wanita tua yang kamu ajak bicara tadi. Ia akan menerima makanan tadi. Kembali ke kota di Area Tiga dan bicara dengan laki-laki yang kamu temui tadi, ia akan memberimu pass untuk keluar dari kota di Area Lima.
Stage 2
Ke kiri melewati bola-bola salju dan lompat ke landasan besar dari es. Pakai Pipa Beranti Goemon untuk mencapai landasan-landasan es yang lebih kecil, terus ke atas dan ke kiri. Ke kanan dan menyeberang lewat landasan-landasan (yang bisa pecah), lalu naik ke air terjun (awas tombak-tombak). Ambil Gajah Kecil di puncak kanan lalau ke kanan lagi. Kamu harus berlari dan setiba di bukit langsung lompat turun untuk menghindari musuh beroda besar. Sepanjang jalan kamu juga harus menghindari tombak dan menghancurkan musuh-musuh yang menghalangimu. Di bawah, menyeeberanglah ke ujung stage ini lewat landasan-landasan yang ada tapi ingat 3 landasan terakhir pecah begitu diinjak).
Puri
Menyeberang lewat landasan. Kamu harus berusaha bertahan di landasan yang bergerak, entah dengan merunduk, merangkak atau meloncati penghalang). Setiba di seberang, lanjutkan dan gunakan landasan-landasan berikut untuk maju sambil menjaga agar tidak terjepit. Rangkaian landasan beikut jatuh bila diinjak jadi hati-hati. Kamu akan menjumpai landasan yang bergerak naik bila diinjak. Hindari semua serangan musuh dan lompat ke kiri bila melihat landasan lain di atasmu, klau tidak kamu bakal mati tergencet. Lompat ke landasan berikut dan hindari semua api yang warna-warni. Lompat ke kanan, dan terus maju. Pelajari pola dan bentuk langit-langit supaya tidak tergencet.
Boss: Manusia Luar Angkasa
Ia memulai serangannya dari kapal sementara sebuah dinding bertombak maju menghampirimu. Tetap di belakang dan lompat atau merunduk untuk menghindari tombak-tombak yang ditembakkannya. Setelah kokpitnya terbuka, serang ia dengan proyektil. Pada akhirnya dia akan ganti menggunakan mode kapal luar angkasa dan menyerang dengan cara:
- Melayang sejajar ke kamu dan menerjang melintasi layar (serang ia saat menuruni layar, lalu lompat ke atas saat ia menerjang dan serang!)
- Dia teleport ke atasmu 2 kali (Bila ia muncul, pindah lalu serang!)
- Menambakkan api ke tengah ruang sehingga api memancar ke kedua sisi (Lari ke tepi layar dan lompati nyala api yang mendekatimu. Kalau bisa seranglah ia sesudah menghindari nyala api).
Pola serangan ini akan diulanginya.
Impact Boss
Proyektilnya berbentuk disket, kepingan salju, dan bola salju.
AREA ENAM
Stage 1
Stage ini kembali lurus saja. Gunakan Pipa Berantai Goemon bila perlu naik dan ke kanan. Mendekati ujung, pakai landasan di bawah yang bergerak untuk mencapai kotak-kotak harta. Atau, kamu bisa terus ke kanan saja. Di bagian basah-basahan ini, gunakan Yae atau Sasuke. Usahakan untuk ke atas-kanan. Jelajahi juga jalur-jalur lain yang kamu temui untuk mengumpulkan harta rahasia. Sekeluar dari air di ujung kanan atas, segera usailah stage ini.
Stage 2
Menyeberang sampai tiba di bagian pertama yang membutuhkan Pipa Berantai Goemon. Di sini kamu harus mengayunkan pipa ke atas, lompat ke atas lagi lalu menyerang musuh di batu di atasmu dengan proyektil dan segera ayunkan Pipa Berantai ke blok emas. Kalau tidak kamu akan jatuh kembali ke landasan. Enggak apa-apa sih, kamu bisa menggunkaan Pipa Berantaimu untuk naik kembali, tapi kalau kamu berayun lebih dari sekali sebelum naik kembali ke batu, kusuh itu akan muncul kembali.
Teruskan perjalanan. Kamu akan menemui bagian yang mirip untuk akrobat lagi, tapi dengan satu perbedaan. Kini Pipa Berantaimu harus meraih blok emas yang ada di udara.. Sebetulnya ini malah lebih mudah. Arahkan Pipa Berantai lurus ke atas, lompat lurus ke atas, tembak proyektil, dan Ayunkan Pipa Beranti lurus ke atas lagi. Ambil Gajah Kecil di bagian selanjutnya lalu pakai teknik gelinding Ebisumaru untuk menggelinding melewati tombak dan masuk ke lubang-lubang sambil menghindari musuh. Pastikan kamu menggunakan kipas di saat perlu dan lepaskan tombol Segitiga kalau kamu terdorong ke arah musuh atau tombak. Ikuti arah panah.
Puri Terakhir
Waspadai semburan air panas dan langit-langit yang berjatuhan sambil mengikuti ban berjalan dan menghindari Penghancur. Kadang kamu perlu melompati Penghancur, tapi ingat, penghancur juga bisa menggencetmu ke langit-langit.
Ada Gajah Kecil di bagian berikut. Ambil lalu naik kereta dan apapun yang terjadi jangan sampai turun/jatuh. Hindari semburan air panas dan tombak di landasan-landasan dengan cara merangkak, merunduk atau meloncat penghalang. Setiba di jalan buntu, loncat ke batu di kiri dan tunggu kereta ke arah sebaliknya. Hindari semburan besar di depan. Di ujung perjalanan, pergi ke kanan untuk mencapai bagian berikut.
Lompat dari landasan yang ditombaki ek landasan berikut. Untuk maju kadang kamu perlu menggunakan per yang ada. Rangkaian per terakhir ada semburannya jadi tunggu sampai semburan berhenti lalu lomcat dengan cepat (maks. satu loncatan untuk setiap per) untuk menyelesaikan stage ini dengan selamat.
Mini Boss
Dua mini boss pertama yang bersarang dalam kaleng akan berguling sekeliling stage. Kamu tinggal melompat menghindari dan menyerang bila ada kesempatan. Setelah keduanya hancur, kaleng ketiga (hitam) akan menjatuhkan diri ke tampatmu (tekan tombol arah untuk menghindar jauh-jauh) lalu menembakmu. Hindari proyektilnya dan tembakkan proyektilmu sendiri. Dua kaleng berwarna terakhir akan melompat berkeliling dan menembakkan bintang-bintang yang bisa kamu hindari atau hancurkan. Sebaiknya hancurkan saja dan balas menembak dengan proyektilmu sendiri.
Final Boss
Dalam bentuk pertamanya ia akan melompat ke atas lalu menjatuhimu, lalu kembali ke landasan tengah mengayunkan pedang besarnya. Serang ia saat di atas kamu. Saat ia melompat turun sejajar denganmu, segera ke sudut kiri atas untuk menghindari pedangnya, kalau perlu saat pedangnya berayun loncatlah). Ulangi dan dia akan keluar dari pelindungnya. Serang ia berulang kali tapi hati-hati saat ia terbagn dengan pola seperti huruf 8.
Beberapa saat kemudian boss ini akan menjelma menjadi pesawat luar angkasa keemasan yang selalu menerjangmu. Ukur timing untuk meloncat menghindar lalu serang ia dari belakang. Kadang boss ini juga akan meluncur sampai keluar dari layar, dan tiba-tiba menjatuhkan diri ke atasmu. Untuk menghadapi ini kamu bisa menghindar saat ia muncul atau terus bergerak ketika ia tak terlihat. Menyeranglah setiap ada kesempatan, dan dia akan keluar dari pelindungnya lagi. Serang tanpa henti sambil menghindari gaya terbang akrobatiknya. Kamu pasti akan mengalahkannya.
Selamat menikmati.
1p Inf.Money
800468C6 270F
1p Inf.HP
300468D0 0006
30063AC6 0006
1p Inf.Lives
300468D2 0009
2p Inf.Money
800530EE 270F
2p Inf.HP
300530DA 0006
300702E4 0006
2p Inf.Lives
300530FA 0009
Inf.TIME
80045E58 0063
Unlimited Lives
300468D2 0063
Tidak ada komentar:
Posting Komentar