Senin, 27 April 2015

Walkthrough Dragon Warrior VII (PS1)

By: Rahmadani

Setelah memasukkan nama karakter (yang selanjutnya akan saya sebut Hero), akan ada sedikit CG movie, lalu kamu akan memulai game dengan adegan Hero dan Maribel di pantai. Pilih yang mana saja, lalu Maribel akan pergi. Manfaatkan kesempatan ini untuk membiasakan diri dengan kamera, dan fungsi tombol-tombol di joystick. Berkelilinglah, lalu setelah puas, masuk ke rumah di sebelah kiri (rumahmu) untuk tidur.

Pagi harinya, ibumu akan membangunkanmu dan memintamu ke pelabuhan. Pergi ke pelabuhan dan bicaralah dengan ayahmu. Turun ke dek, dan kamu akan melihat Maribel di antara tong-tong. Singkirkan satu tong (tekan segitiga) dan bicaralah dengannya. Koki kepala akan muncul dan mengusir Maribel. Naiklah dan kapal akan berangkat. Cobalah pulang ke rumah. Seorang prajurit akan mendatangimu dan memintamu datang ke istana. Setelah itu Maribel akan memintamu mengajaknya serta. Keluarlah dari kota dan berjalanlah ke barat laut, ke Estard. 

Sesampainya di Estard, Maribel akan memisahkan diri. Berkelilinglah untuk mendapat info tentang Hondara, biang onar yang ternyata adalah pamanmu. Di ujung timur kota (belakang rumah Hondara) ada tangga yang menuju rumah 'Crazy Old Man On The Cliff'. Kamu tidak perlu ke sana sekarang, tapi kalau iseng, silakan saja. Setelah puas keliling, pergilah ke istana. Naiklah ke lantai paling atas. Raja akan menyambutmu dan menginterogasi apakah kau menyembunyikan sesuatu darinya. Pilih yang mana saja, lalu kamu bebas mau keliling di istana atau langsung kembali ke Fishbel. 

Note: di sebelah selatan Estard (barat desamu) ada rumah Lumberjack, orang yang bisa bicara dengan binatang. Temui dia sekali-sekali, karena nanti kamu akan butuh bantuannya. 

Di desa, bicaralah pada ibumu dan seorang pria di dermaga. Dia akan memberikan pesan dari Kiefer yang menunggumu di tempat biasa. Save kalau mau (di gereja), lalu ke luar dari desa dan pergilah ke utara. Masuki ruins yang ada di sana dan temui Kiefer di bilik yang ada patung anehnya. Dia akan memberikan sebuah ancient document dan menuyuhmu melihatnya. Turuti kemauannya, lalu akan ada sedikit event dimana ide Kiefer menggunakan cincin kerajaan pada patung itu gagal. Kembali ke desa, lalu temui Maribel. Dia akan menyarankan Hero untuk menemui orang di toko item. Temui dia, dan dia akan ganti menyarankan menemui 'Crazy Old Man On The Cliff'. So, pergilah ke Estard dan temui dia. Ingat! Jangan jual ancient scrollmu padanya. Dia akan setuju untuk mengartikannya.

Berikutnya, pergilah ke rumah Hondara dan bicara pada-nya. Dia akan menjatuhkan 'Hot Stone'. Ambil, lalu pergilah ke sudut kanan bawah kota. Bicara pada salah satu wanita yang berdiri dekat sumur. Akan ada kilauan cahaya dari dalam sumur. Periksa sumur itu, lalu turunlah, Di bawah, kamu akan menemukan sebuah mutiara. 

Sekarang pergilah lagi ke Forbidden Zone. Coba taruh mutiara atau Hot Stone tadi di atas patung. Dan kamu akanGagal lagi! Tapi kamu akan mendapat note dari Kiefer yang memintamu ke istana. Kembalilah ke istana dan bicara dengannya. Setelah dia gabung, temui Crazy Old Man. Setelah pembicaraan panjang lebar, Kiefer akan dipaksa kembali ke istana, tapi tengah malam, ia akan muncul dan mengajak Hero ke patung di Forbidden Zone. Jangan lupa save sebelumnya (kalau mau). Kali ini usahamu sukses. Sebuah pintu akan terbuka. Tarik nafas dalam-dalam, lalu masuklah. 

Turun dan jalanlah sampai kamu melihat sebuah tablet stone. Baca tulisan di atasnya lalu teruskan perjalanan sampai di suatu kamar dengan empat patung mengelilingi sebuah obor. Tujuanmu adalah membuat patung di sebelah timur bergerak, jadi berdirilah di sisi barat obor dan padamkan apinya. Patung sebelah timur akan bergerak dan segeralah lari untuk menekan tombol yang muncul. Sebuah pintu akan terbuka. Masuk, kamu akan mendapatkan Saint Helmet. Di ruangan selanjutnya, ada empat buah patung dengan sebuah pintu yang saat ini belum bisa terbuka. Turuni tangga dekat itu. 

Selanjutnya, di ruangan dengan semacam timbangan, aturlah supaya pintu kedua ruangan terbuka dengan menggunakan balok putih dan tombol di lantai. Masuki pintu yang ada di ruangan sebelah kiri sebelum menutup kembali. Carilah patung singa yang menempel di dinding dengan sebuah prasasti di sampingnya. Baca prasasti itu, lalu periksa patung kepala singanya. Kamu akan mendapat sebuah kunci untuk membuka pintu yang kamu lihat sebelumnya. Ruangan selanjutnya memiliki cabang-cabang. Jalan yang benar adalah kiri, kanan, kiri, kiri. 

Teruskan perjalanan sampai ke ruangan dengan patung naga dan Holy Crystal. Pindahkan kristalnya ke penyangga yang ada di sebelah kanan. Air akan surut dan menggenangi sisi lainnya. Gunakan rakit untuk menyeberang dan turunlah. Munculkan pilar-pilar dengan menekan tombol yang ada. Periksa masing-masing pilar, dan jangan sampai satu pilar menghalangi pilar lainnya. Hafalkan gambar yang kamu lihat di masing-masing pilar, lalu kembalilah ke atas. Kali ini, masukilah ruangan di sudut kanan atas. Perhatikan gambar di tablet stone, lalu geser ke tempat yang berwarna sama dengan warna pilar tempat kamu melihat sosok yang tergambar di atasnya. Pintu menuju Saint Armor akan terbuka. Untuk Saint Shield dan Saint Sword, kamu cukup bermain-main saja dengan rakit. Arahkan ke selatan, kumpulkan dua item Saint yang tersisa, lalu kembalilah ke ruangan dimana ada empat patung Saint dan sebuah pintu yang tak bisa terbuka. Tempatkan Saint item di keempat patung itu dengan urutan sebagai berikut dari kiri ke kanan: Armor, shield, helmet, dan sword. Pintu akan terbuka, dan ada save point.

Save kalau mau, lalu lanjutkan. Sebuah ruangan dengan sembilan tempat api dan obor berwarna biru dan merah menunggu-mu. Yang kamu harus lakukan adalah menyalakan api di tempat yang tepat. Untuk mengetahui tempat yang tepat itu, nyalakan saja api di tempat api yang berada di atas patung sesuai warna permata di dudukannya. Pintu akan terbuka, dan kamu kembali menemukan sebuah tablet stone. Baca tulisannya lalu ambil land shard di lantai. Jalanlah ke kanan, sampai ke ruangan kuning. Ambil shard di lantai ruangan ini, lalu periksa altar sebelah kiri atas. Masukkan kedua shard yang kamu pungut tadi di atas altar, lalu Keifer akan mengusulkan untuk kembali. Kalau kamu mau, kamu bisa mengambil world map di pintu sebelah kiri ruangan kuning ini. Tapi apapun pilihanmu, keluarlah dari ruins. 

Setelah keluar, Keifer akan memisahkan diri. Kembalilah ke desa. Bolkano, ayahmu sudah kembali. Sebelum masuk rumah bicaralah pada salah seorang anak buah Bolkano yang mengatakan Bolkano menemukan sesuatu dalam jaring ketika melaut tempo hari. Temui Bolkano, dan dia akan memberikanmu land scale yang terakhir. Cobalah untuk keluar, dan Hodara akan memintamu mengembalikan Hot Stonenya. Kembalikan saja, lalu pergilah ke istana. Temui Keifer, lalu kembalilah ke Forbidden Zone. Maribel sudah menunggumu disana dan memaksamu mengajaknya. Karena cewek suka ngeyel walaupun dilarang, iyakan saja. Masuki kembali tempat kamu meletakkan land shard sebelumnya, lalu pasang shard tearkhir. Cahaya aneh akan muncul, dan kamu akan terbangun di tempat asing. 

Setelah sedikit event, Maribel akan meninggalkanmu, tapi kemudian menjerit karena dihadang monster. Inilah battle pertamamu! Kalahkan monster itu, lalu teruskan sedikit. Kamu akan bertemu Matilda, seorang wanita yang sedang mengurus makam. Dia akan menyuruhmu ke desa terdekat, Rexwood di timur. Pergilah ke sana. 

Di Rexwood, bicaralah pada semua orang, Salah seorang penduduk akan bercerita mengenai asal-usul nama Rexwood. Save, lalu pergilah ke rumah di utara desa.  Seorang anak bernama Patrick akan menceritakan padamu apa yang terjadi disana, dan dia membutuhkan gem hijau untukmenyembuhkan ayahnya. Tujuan selanjutnya: tambang di selatan. Jangan lupa beli item dan senjata dulu. 

Di dalam tambang kamu akan bertemu Matilda lagi. Setelah dia pergi, lanjutkan perjalananmu. Kalau jalanmu terhalang oleh gem, sentuhkan saja dua gem yang berwarna sama untuk memecahkannya. Di tingkat terbawah kamu akan menemukan gem hijau yang kamu cari. Matilda akan membantumu memecahkannya dan memberi Hero sebuah boneka kayu. Kembalilah ke desa dan berikan gem tadi pada Patrick. Sebagai rasa terima kasih, dia telah membayarkanmu satu kamar di inn. Malamnya, kamu akan bermimpi tentang seorang gadis kecil dan kakaknya. 

Temui Patrick dan Hank, ayahnya keesokan harinya. Hank akan meminta bantuanmu membasmi monster yang menteror Rexwood. Terima permohonannya lalu berangkatlah ke menara di timur. Sebuah golem akan menghadangmu di pintu masuk. Kalahkan dia, lalu masuklah. Jalan terus sampai berhadapan dengan C. Kalahkan dia, dan Matilda akan munculmenjadi lawanmu! 

Matilda tidak terlalu sulit, dan kalau kamu segan melawannya, kamu bisa kabur dan Hank akan menghajarnya sendiri. Lawan saja kalau ingin EXP. Apapun pilihanmu, kembalilan ke Rexwood setelah event.

Rezwood telah kembali normal. Temui Patrick, lalu kembalilah ke hutan tempat kamu muncul di benua ini. Sebelum pulang, kamu bisa memberikan boneka yang diberikan Matilda pada Patrick. Pergilah ke tempat awal kamu terjatuh. Ada semacam portal di-situ. Berdiri di atasnya, dan kamu akan kembali ke Ruin di Forbidden Ruins.

Keluar dari ruin dan kembalilah ke desa. Temui Molie, dan dia akan memberitahumu kalau telah ditemukan sebuah benua baru, dan Bolkano telah pergi ke istana untuk pertemuan dengan Raja. Pergilah ke Estard. Istana sedang tak bisa dikunjungi, jadi pergilah ke rumah Old Man On Cliff. Keifer ada disana. Setelah bicara dengannya, dia akan pergi dan mengatakan akan menunggumu di gua di desamu. Jadi kembalilah ke desa, dan masuki gua di tebing sebelah kiri rumahmu. Keifer dan Maribel sudah menunggumu. Angkat beberapa pot dan buka lempengan batu di lanta. Telusuri jalan sampai kamu melihat sebuah kapal yang dikenali Maribel sebagai milik ayahnya yang sudah dibuang. Bicara pada Keifer untuk mulai berlayar. 

Pergilah ke utara dan mendaratlah di benua baru. Masuki kota terdekat, Rexwood. Bicara pada semua orang, dan kamu akan mengetahui kalau kejadian yang kamu dalami sebelumnya di Rexwood (Patrick, Matilda, dan Hank) adalah masa lalu. 

Masuki salah satu rumah untuk menemukan fire shard. Wanita tua pemiliknya akan membeikannya padamu, tapi kamu harus menyampaikan salamnya pada suaminya yang ada di dekat kolam. Bicara padanya, dan dia akan memberitahu kalau shard itu dia temukan di colourstone mine. Karena ada kemungkinan masih ada shard di situ, pergilah ke sana. Tempat ini tidak berubah dari sebelumnya, cuma gem yang menghalangi jalan saja yang agak berbeda. Setelah mendapakatkan fire shard, kembalilah ke Estard. 

Masuk ke istana, bicara pada semua orang untuk mengetahui Old Man On Cliff pergi sambil marah-marah dari ruang pertemuan beberapa saat yang lalu. Naiklah ke atap untuk memutar dan mencapai penjara tempat dia berada. Ikuti dia dan naiki rakit milik Captain. Berputarlah ke sisi lain istana, lalu pergilah ke bawah balkon kamar Leesa (adik Keifer). Masuki ruangan yang ada rak bukunya. Pecahkan kedua pot di sisinya, lalu geser lemarinya. Kamu akan menemukan fire shard terakhir. Sudah tahu harus apa, kan? Kembalilah ke ruin, dan kali ini masuki kamar merah. Susun fire shard yang kamu temukan di altar sebelah kiri atas, dan kamu akan kembali berpindah benua. 

Saksikan CG sebuah gunung meletus, lalu pergilah ke Engow di tenggara. Bicara pada semua orang, terutama elder. Akan ada perayaan untuk Fire God. Kamu bisa memberitahunya tentang bencana gunung berapi yang kamu lihat sebelumnya, tapi dia tak akan percaya dan kamu disuruh menginap di inn untuk menyaksikan festival. Besok harinya, di tengah desa ada keributan. Pamela, dukun Engow meramalkan akan ada bendana kalau festival dilaksanakan. Ikuti dia dan Elder, dan sama seperti kisahmu kemarin, Elder tidak akan mempercayainya dan malah ,mengumumkan festival akan dilaksanakan malam itu. Pamela kemudian akan memintamu datang ke tokonya. Temui dia, dan dia akan mengatakan bahwa Hero mungkin bisa mencegah bencana yang mungkin terjadi itu. Dia menyaran-kanmu istirahat di inn (tenang, gratis kok).

Malamnya, saat festival dimulai, bicaralah pada Elder, lalu temui Pamela. Dia menyuruhmu bersenang-senang samapi puncak festival dimulai. Sekarang temui elder lagi. Dia di sudut kiri atas kota. Setelah mendapat obor, pergilah ke Mt. Flame di utara Engow.

Naik sampai ke atas dan bicaralah pada orang yang berdiri di depan pintu masuk gua. Elder akan muncul dan mengajakmu ke kawah. Buang obormu, lalu bicaralah pada Pamela di sisi lain kawah. Masuk ke ua di belakangnya, lalu berjalanlah sampai kamu berada di depan kawah kecil. Terjun ke dalamnya sampai kamu melihat makhluk aneh di depan semacam alat. Dia adalah Flame Giant, dan sudah pasti harus dilawan. Kalahkan dia tapi masalah belum selesai. Akan muncul Black Fire yang kemungkinan bisa menyebabkan ramalan Pamela jadi kenyataan. Kembalilah ke atas, dan bicaralah pada Pamela. Dia akan meramal secara kilat bagaimana mencegah bencana dan yang sekarang harus kamu lakukan adalah kembali ke duniamu, temui Hondara untuk mengambil Holy Water darinya dan kembali ke Mt.Flame. Tuangkan Holy Water ke Black Fire, dan Pamela akan mengatakan kalau bencana sudah lewat. Elder berterima kasih padamu dan mengajak berpesta sampai pagi. Besoknya bicaralah pada Pamela. Dia akan memberi water shard. Kembalilah ke duniamu.

Pergi ke Estard dan bicaralah pada raja. Sebuah pulau baru telah muncul, tapi Kiefer tak diijinkan bertualang lagi. Begitu juga dengan Maribel. Bolkano mengajak Hero pulang dan mengatakan bahwa dia tak keberatan kalau Hero masih mau bertualang walaupun sendirian. Pergilah tidur. Maribel menunggumu di luar rumah esok paginya. Dia berhasil membujuk ayahnya supaya bisa tetap bertualang. Pergilah ke gua tempat kapalmu ditambatkan. Karena kurang orang, lempengan batunya tidak bisa digeser. Keluarlah dari gua dan Keifer akan datang dan gabung. Kembali ke kapalmu, dan berlayarlah ke benua baru di utara. 

Masuklah ke Engow. Bicara pada tiap orang, Kamu bisa ketemu dengan keturunan Pamela yang bernama sama. Mengenai kemapuan meramalnya, bisa kamu coba dengan membantu menanyakan barang milik seorang anak kecil yang hilang (musti bayar 5 gold). 

Pergilah ke Mt.Flame untuk mengambil shard di salah satu peti, lalu kembalilah ke ruin untuk memasukkan shard di altar kiri atas ruangan biru. 

Tempat pendaratan selanjutnya adalah pulau kecil. Masuki satu-satunya desa yang ada, Dialac. Penghuni desa ini semuanya berubah jadi batu, kecuali seorang tua di utara desa. Bicaralah padanya untuk menerima Angel Tears, lalu menginaplah di inn. Malamnya Hero akan terbangun karena mendengar suara-suara. Keluar dari inn dan periksalah semua patung. Mereka akan 'menceritakan' apa yang terjadi sebelum mereka menjadi batu. Patung yang menghalangi sebuah rumah akan pecah setelah kamu memeriksanya. Masuki rumah itu dan periksa salah satu lemarinya untuk menemukan catatan Yoseph, anak pemilik rumah yang telah menemukan lubang rahasia. Periksa tempat yang dia maksud, lalu bicaralah pada orang tua yang tadi, dan kembalilah ke inn.

Kembalilah ke lubang rahasia yang ditemukan Yoseph (di dekat pohon sekitar tebing yang bertanda tulisan Yoseph). Masuki lubang itu dan telusuri jalannya sampai kamu mencapai cerobong batu di tengah desa. Gunakan Angel Tears di sini. Seorang anak akan muncul dari sebuah lubang lain. Bicaralah padanya, lalu ajak dia menemui si orang tua. Jangan lupa periksa lubang tempat anak tadi muncul. Ada Land shard di dalam salah satu pot. 

Kembali ke masamu, dan berlayarlah ke benua baru. Dialac, kota mati tadi sudah tidak ada. Hanya ada seorang tua yang memintamu memberitahu jika ada orang yang mau berimigrasi ke situ, dan sebuah wind shard. Ambil dan lengkapi altar kiri atas di kamar hijau. Tempat baru menanti Anda^^

Masuki Orph, kota yang dipenuhi binatang. Periksa semua rumah. Di dalam kandang, kamu akan melihat seorang anak kecil yang lehernya terikat di tembok. Setelah event, kembalilah ke masamu, temui Lumberjack dan bawa dia ke Orph. Dia tidak bisa mengerti bahasa para binatang disana. Cobalah bicara pada manusia yang ada. Kamu akan mengetahui bahwa para binatang sebenarnya adalah manusia, dan manusia adalah binatang. Tertukar oleh kutukan monster yang tinggal di gunung. Setelah bicara pada semua binatang berwujud manusia, kembalilah ke kandang yang ada anak kecilnya. Lumberjack akan membebaskannya dan anak itu akan pergi. 

Keluar dari kota dan jalanlah ke utara, ke gunung. Anak tadi ada disana. Susul dia sampai ke sebuah gua dengan pilar-pilar aneh diepannya. Sebelum masuk gua, teruslah sedikit. Kamu akan menemukan gua dengan peti berisi water shard. Masuki gua dengan pilar di depannya, dan bersiaplah untuk menghadapi Deathpal. Dan karena gua ini ada anti-magicnya, persiapkan heal item sebanyak mungkin. Setelah kalah, Deathpal akan masuk kembali ke dalam makam. Bantu Lumberjack menutupnya, lalu kembalilah ke Orph yang sudah pulih. Setelah sedikit event, kembalilah ke masamu. Gabo, anak kecil tadi akan gabung denganmu. 

Seperti biasa, pergilah ke benua baru. Sekali lagi kamu akan melihat Orph dipenuhi binatang yang ternyata penduduk desa yang sedang mengadakan festival. Bicara pada kepala desa untuk mendapat pinjaman kostum. Ikuti lomba di town square untuk mendapatkan Monster Book. Setelah puas, pergilah ke gunung tempat kamu dulu melawan Deathpal. Waktu kamu mendekati peti mati tempat dia disegel, akan  ada suara mengancam. Cuekin saja, dan kamu akan bertemu Deathpal yang telah menjadi manusia. Dia akan menyihir Gabo sehingga bisa bicara, dan memberimu water shard. Dengan ini, altar kanan atas di kamar biru siap membuka gerbang baru ke masa lalu. 

Begitu mendarat, pergilah ke kota terdekat, Falrish. Keliling dan bicaralah pada semua orang untuk mengetahui situasi yang sedang genting. Setelah puas (jangan lupa save), pergilah ke barat, Falrod. Sekali lagi bicaralah pada semua orang. Jawab 'yes' saat ditanya apakah kamu bersedia jadi tenaga bantuan disitu. Akan ada tes kecil melawan Folraider. Dia cukup kuat, jadi pastikan levelmu cukup. Setrelah menang, kamu disuruh menghadap raja, kemudian briefing. Trad, komandan pasukan akan minta saran darimu dan anak buah lainya. Bicara pada mereka, kemudian pada Trad. Seorang prajurit menyarankan Zebott, tapi Trad tampaknya kurang senang. Kamu akan disuruh menemui Zebott. Dia tinggal di barat Falrod. Tapi dia akan menolak membantu, jadi kembalilah ke Falrod. Setelah event, Trad mengajakmu kembali ke tempat Zebott. Zebott masih menolak, tapi kemudian setuju setelah ada robot musuh nyasar ke tempatnya. 

Kembali ke Falrod, musuh telah menyerang. Bicara pada penjaga yang berjaga di gerbang, lalu bersiaplah melawan 3 robot musuh. Setelah kalah akan muncul musuh baru lagi. Jangan khawatir, kamu tidak perlu melawannya karena Trad dan Zebott akan datang dengan robot yang bisa membuat para robot musuh mandeg. Akan ada briefing, dan besoknya bicaralah pada semua orang, lalu Trad untuk memulai penerbuan ke markas musuh.

Markas musuh ada di timur. Cobalah untuk turun. Seorang prajirit akan menghalangimu, lalu setelah Trad muncul dan Zabott mengacau musuh, masuklah ke gua yang ada. Teruskan sampai bertemu Machinoid. Kalahkan dia, lalu kalahkan Evilmech. Ambil fire shard di peti dekat situ, lalu kembalilah ke Falrish. Akan ada event, lalu pergilah ke Falrod untuk menerima penghargaan dari raja. Kembalilah ke masamu.

Pergilah ke Falrish dan temui Armand, seorang jago pedang yang dulu pernah mengajari raja. Selanjutnya, temui raja di Falrod. Dia sedang berusaha menghidupkan robot-robot yang ada. Setelah bicara sebentar, seorang prajurit muncul dan mengatakan ada temuan penting di barat. Pergilah ke sana, rumah Zebott. Zebott sudah lama meninggal, tapi Eri, robotnya masih berfungsi. Waktu akan keluar, raja tiba dan mengambil Eri. Kembali ke istana, Armand yang menentang penelitian akan dijebloskan ke penjara. Temui dia di sana, lalu pergilah ke Falrish. Bicara pada cucu Armand, lalu galilah di tempat yang diberitahu anak itu (di bawah tong yang di dekatnya ada anjing berkeliaran). Setelah menemukan onderdil yang diperlukan Armand, temui dia lagi di penjara, lalu pergilah ke laboratorium di depan istana. Setelah event, Eri akan dikembalikan ke rumah Zebott. Ambil fire shard di gudang belakang rumah Zebott, lalu temui Armand di Falrish. Bicaralah pada cucunya untuk mendapat fire shard. Kembali ke ruin, saatnya main puzzle lagi di altar kanan bawah kamar merah.

Note : Markas musuh di masa ini kosong, tapi di depannya ada seorang peramal. Kalau kamu kesulitan menemukan shard, pastikan bicara padanya. 

Seperti biasa, pergilah ke kota terdekat, Verdham. Kota ini senasib dengan Dialac: semua penduduknya berubah jadi batu. Tapi bedanya, Rainmaker, biang kerok penyakit membatu ini masih ada di atap salah satu rumah. Tunggu apa lagi? Habisi dia. Setelah dia KO, gunakan Angel Tears untuk memulihkan penduduk kota. Semua orang, kecuali seseorang bernama Pepe akan pulih kembali. 

Turunlah dari atap, dan setelah keluar rumah kamu akan melihat keributan di taman kota. Masuklah ke taman lewat pintu belakang dan saksikan sedikit event.

Masuklah kembali ke rumah Borlock. Dengarkan petengkaran Iwan dan Kaya di  lantai 2. Setelah Iwan pergi, bicara pada Kaya, lalu temui Linda di lantai 2 toko item. Bicara padanya, lalu Iwan, kemudian temui ayah Pepe. Dia akan memintamu mencarikan obat untuk anaknya. Obat yang dimaksud bisa kamu dapat-kan di Pamela (ingat dia?). Gunakan portal waktu untuk mengunjungi Engow (masa lalu. Bukan masamu), dan temui Pamela di rumah elder. Setelah mendapatkan obat yang dimaksud, kembalilah ke Verdham, dan berikan obatnya pada Pepe. Kamu akan diundang menghadiri pesta syukuran.

Di pesta, bicaralah pada semua orang. Cari Pepe di sudut kanan atas kota. Dia sedang bicara dengan Kaya, lalu akan pergi. Bicaralah pada Kaya, lalu pada Bolrock. Saat Borlock akan mengumumkan sesuatu, hujan turun, dan pestanya bubar. Karena ini hujan biasa, jangan cepat-cepat berteduh dulu. Periksa tempat Pepe dan kaya tadi bicara untuk melihat Pepe dan Linda bertengkar, dan berakhir degan perginya Pepe. Susul dia ke gerbang kota untuk menerima salam perpisahan darinya. 

Besok harinya, kumpulkan informasi dari orang-orang kota tentang adanya shard di gua di utara. Lengkapi kebutuhanmu, lalu pergilah ke sana. Di akhir dungeon ini kamu akan mendapatkan dua buah wind shard setelah melawan Cavemon dan dua ekor Jewelbas. Kembalilah ke masamu, dan jalanlah ke arah barat laut Engow untuk mencapai daerah baru. 

Kota Verdham sudah tak ada di masamu. Yang tersisa hanya reruntuhan taman dan sebuah wind shard. Ambil shardnya, lalu pergilah ke arah timur. Ada kota Mentare. Bicaralah pada semua orang, lalu pergilah ke utara kota untuk mengunjungi Geionne Monastery. Jangan lupa periksa semua peti dan vas, karena ada land shard disini. Setelah puas, kembalilah ke ruin dan lengkapi altar kiri bawah di ruangan hijau.

Dari portal, pergilah ke barat sampai menemukan perkemahan suku Deja. Suku ini sedang mengadakan upacara memilih penari untuk dewa mereka. Bicara pada semua orang, lalu pada orang yang menjaga tenda besar. Setelah event, hampiri Keifer. Kelihatannya dia ada hati sama Layla, penari baru suku Deja. Temui Layla di tendanya, lalu bicaralah pada Keifer. Ambil anggur di ujung perkemahan. Keifer akan memberikannya pada Layla. Susul Keifer ke dalam tenda. Jann, tunangan Layla akan muncul dan ribut-ribut karena cemburu. Untunglah perkelahian bisa dihindari. Hero akan tertidur dan terbangun menjelang pagi karena suara perkelahian. Keluar dari tenda dan saksikan event. Karena ayah Layla terluka, Layla akan menyusul rombongan belakangan. Keifer tinggal untuk menemaninya. 

Rombongan Deja pergi ke aarah barat, jadi susul mereka. Mereka berkemah
di dekat pegunungan sebelah barat (melewati dua jembatan). Ada kuil di tengah jalan kalau kamu berminat menge-save. Setelah mencapai perkemahan, masuki salah satu tenda dan bicara pada perempuan yang ada di dalamnya untuk istirahat. Waktu bangun esok harinya, rombongan sudah siap untuk melanjutkan perjalanan. Kali ini ke selatan, di tepi danau tempat kuil dewa mereka berada. Ikuti mereka dan bicaralah pada semua orang. Beretta akan memintamu menemani Jann ke dalam gua. Gua ini agak menyebalkan karena kadang kita seperti berputar-putar, tapi jangan khawatir. Gunakan saja peti harta sebagai patokanmu. Setelah menaruh Terra Bell, keluarlah dari gua. Air danau sudah surut dan para Dejan sudah berkumpul di pintu kuil. Saksikan event panjang plus CG, lalu kembalilah ke gua. 

Kembali ke perkemahan pertama, kamu akan terbangun dan melihat Keifer dan  Datz berkelahi. Kalau mencoba melerainya, Keifer akan menyuruhmu jangan ikut campur, dan dia akan mengalahkan Datz. Ternyata Kiefer memutuskan untuk menetap bersama Dejan. Menurutnya, inilah jalannya. Dia akan mengantarmu sampai ke portal dan menitipkan pesan untuk ayahnya. Keifer tidak akan bergabung lagi setelah ini, tapi jangan takut. Dia akan memberikan semua equipment dan itemnya padamu. 

Setelah kembali ke duniamu, temui raja untuk menyampaikan salam terakhir Keifer. Setelah marah-marah dan mengungkapkan kekecewaannya, dia akan memberimu water shard untuk altar kiri bawah di kamar biru. Sebelum melengkapinya, sekedar informasi, wilayah baru yang muncul adalah tempat pengalian purbakala. Ada tengkorak hewan raksasa bertanduk dipamerkan di sana, dan di sumurnya ada shard. 

Dari portal kali ini, pergilah ke timur laut. Ada penginapan berserta segala macam toko. Menginaplah semalam, save, lengkapi keperluanmu, dan kumpulkan informasi. Setelah siap, berangkatlah ke Dharma di barat laut. Di Dharma, kita bisa mengubah class kita. Bicaralah pada pendeta di tengah kuil untuk mengubahnya. Tentukan ingin menjadi apa, lalu masuklah ke kolam di belakang pendeta itu untuk...terjun bebas ke Penal setelah semua skill dan sihirmu dihisap habis. Ternyata kuil Darma dibajak monser.

Penal dipenuhi orang-orang yang tertipu oleh pendeta palsu, seperti Hero. Berkelilinglah, lalu setelah event pemunculan moster, kamu akan ditantang oleh Suifu. Karena kamu tak akan bisa menang, pasrah sajalah. Kamu akan terbangun di rumah Neris dan Zaji sepasang adik-kakak dengan adik yang sister complex. Bicaralah pada Neris, lalu keluarlah. DI kota ini dijual Thieves Key yang bisa membuka peti item yang terkunci. Jangan lupa untuk membelinya.

Di salah satu sudut kota, kamu bisa melihat Flower dan Kasim tengah bernegosiasi. Setelah Kasim pergi, Flower akan mengajakmu kabur menyelamatkan pendeta Darma yang sesungguhnya. Terima tawarannya, lalu berangkatlah ke gua di barat Penal.

Gua ini tidak begitu sulit, tapi masalahnya ada di ujung. Penjaga gua ini sangat kuat, dan rencana Flower mengepung mereka gagal, jadi kamu harus melawan mereka berdua, dan dijamin KO. Sekali lagi, kamu akan tersadar di rumah Neris. Bicaralah pada teman-temanmu. Maribel akan merutuk Flower habis-habisan. Keluarlah, lalu susul Neris dan Zaji keluar. Mereka akan bertengkar, lalu Zaji akan lari, disusul oleh Neris. Kejar Zaji ke bar. Setelah dia keluar, cobalah menjauh dari bar. Akan ada keributan, dimana seorang prajurit menyerang orang-orang supaya bisa bebas dari situ. Zaji melindungi Neris dan terkena. Setelah event ini, bersiaplah untuk ke gua di barat tadi sekali lagi. Kali ini kedua monster penjaga tidak ada dan kamu bisa meneruskan ke Mountain Hut.

Setelah bicara pada pendeta di salah satu rumah, temui Flower dan Kasim di sebelah timur, depan gua. Masuk, dan ikuti jalan sampai kamu bertemu Pendeta Darma yang sesungguhnya, Fosse. Karena dia dikurung dengan barrier khusus, kamu harus menghancurkan sumber energinya. Naiklah ke atas, lalu jatuhkan dua balok putih ke sudut kiri bawah dan kanan atas, tepat diatas sumber energinya. Barier akan leyap, dan Fosse bebas. Tapi masalah belum beres, karena dua sejoli dari gua muncul. Kalahkan mereka, lalu bawa Fosse ke Mountain Hut.

Di Mountain Hut, ada kejutan: Zaji muncul, tapi Neris akan bertingkah aneh. Bicara pada Fosse untuk menerima Darma Key, lalu kembalilah ke gua. Kali ini ambil jalan ke kanan. Fosse, Kasim dan yang lainnya menunggu di depan sebuah pintu. Neris akan meminta kuncinya padamu. Tolak, dan kedoknya akan terbongkar. Dia adalah Maneater yang menyamar. Habisi dia, saksikan event, dan lanjutkan perjalanan sampai kamu mencapai semacam altar besar. Berdiri di atasnya akan mengembalikan ability dan sihirmu. Teruskan sedikit lagi, dan kamu akan mencapai coloseum, dimana Neris ikut berpartisipasi. Bicaralah pada semua orang, lalu masuk ke kamar yang di depannya ada bunny girl. Zaji memaksa Neris berhenti, tapi tak digubris. Kejar Zaji, dan setujui ajakannnya untuk bergabung. Untuk memulai pertandingan, bicara saja pada monster yang berjaga di pintu arena. Kamu akan bertanding 6 kali nonstop, jadi persiapkan diri sebaik mungkin. Setelah menang, kamu akan di zinkan keluar dari situ, tapi Zaji mengkhawatirkan Neris dan akan memkasa kembali. Kalau kamu menyusulnya, Kasim akan menyuruhmu segera pergi. Lanjutkan perjalananmu. Di tengah jalan, Fosse akan bergabung. Pergilah ke tempat pendeta Darma palsu. Dia akan berubah menjadi Antoria, dan sudah tentu harus dilawan. Setelah menang, Dharma Temple akan bebas, dan kamu bisa mengubah class dengan biara pada Fosse.

Kunjungilah Dharma Temple di masamu. Tidak banyak yang berubah disini. Dari pembicaraan orang-orang, kamu bisa dapat info tentang kota bernama Mezar di daerah tenggara. Kamu bisa kesana untuk mendapat shard dalam sumur, tapi tidak wajib. Kelilinglah sampai puas, (jangan lupa periksa semua tempat item, karena ada shard disini) lalu pergilah ke reruntuhan Penal. Ada seorang pendeta tergeletak di tanah. Periksa dia, tapi tak ada gejala dia akan bangun, jadi tinggalkan dia. Dia akan bangun dan protes kenapa kamu mendiamkannya. Ternyata dia adalah gerombolan perampok dan memanggil teman-temannya. Kalahkan mereka, lalu cepat kejar dedengkotnya! Dia kabur ke gua di barat. Kalau kamu kehilangan dia di world map, kamu harus kembali ke reruntuhan Penal dan bicara padanya lagi.

Di depan markas para perampok, dengarkan password untuk masuk ke dalam gua, lalu pilih itu saat ditanya penjaga. Di dalam, masuklah ke kamar paling ujung. Pria kecil di sana adalah kepala perampok. Kalahkan dia untuk mendapat land shard terakhir untuk altar tengah di ruang kuning.

Kali ini kamu sampai di padang pasir. Masuklah ke istana di utara. Istana ini kosong, tapi jika kamu meneruskan sampai ke basement, seorang laki-laki bernama Hadeet. Dia menyuruhmu keluar dari situ dan menuju Dune di timur. Pergilah ke sana. Bicara pada orang di tengah desa untuk save, lalu temui Zarathustra, kepala desa. Dia mengizinkanmu menginap. Naiklah ke tingkat dua, dan esoknya bicaralah lagi dengan Zarathustra. Dia akan menceritakan kalau ratu mereka menghilang, dan sejak itu kehidupan Dune dan sekitarnya kacau balau. Dia juga melarangmu kembali ke istana. Tapi karena kalau menurut permainan tidak akan maju, langgar larangan itu. Kamu akan bertemu Bone Rider di basement. Kalahkan dia, lalu kembalilah ke Dune bersama Hadeet. Bicaralah pada Zarathustra, lalu dia akan memberikan Dune Charm Tinjukkan ini pada semua penduduk kota. Mereka akan bercerita tentang Tyrannos, hewan legendaris pelindung wilayah padang pasir itu. Hadeet pergi untuk mencari tahu tentang Tyranno di timur. Susul dia, lalu kembalilan ke masamu.

Kunjungi tempat penggalian yang memamerkan tengkorak makhluk bertanduk. Ahli purbakala di sana sedang frustrasi karena tak bisa mengungkapkan makhluk apa itu. Bicaralah padanya, lalu tunjukkan Dune Charm. Dia akan memberikan tengkorak itu padamu asal dia diizinkan ikut. Setuju saja, lalu keluarlah dari tempat penggalian.

Kembali ke masa lalu, sebelum ke Dune, mampirlah ke istana. Ahli purbakala kita akan keasyikan dan mengizinkan kita pergi membawa tengkorak Tyrannos. Kembalilah ke Dune. Suasana disana sedang suram karena Zarathustra koma dan Hadeet sebagai penerusnya belum kembali. Bicara pada semua orang, lalu pada istri Zarathustra. Waktu kamu akan keluar dari rumah, Hadeet kembali. Susul dia ke atas. Setelah kamu keluar dari kamar, Hadeet akan menyusul dan mengatakan bahwa ayahnya sudah meninggal. Bicara padanya di lantai 1, dan akan ada event pemakaman Zarathustra di sungai Nila esok harinya. Setelah peti Zarathustra dihanyutkan, bicaralah pada Hadeet. Dia menyuruhmu menghanyutkan tengkorak Tyrannos di sana. Setelah kamu hanyutkan tulang itu, ada CG event kebangkitan Tyrannos. Dengan bantuan tunggangannya, tak ada problem lagi untuk membebaskan ratu. Bicara pada Hadeet untuk pergi ke tempat patung Demon Lord.

Di depan patung Demon Lord ada seorang wanita pingsan. Bicara padanya lalu kalahkan musuh yang muncul. Setelah kamu menang, wanita tadi akan menyembuhkan lukamu dan memintamu menolong ratu. Masuklah ke dalam patung.

Baca tablet stone di ujung ruangan. Disini ada lima pintu yang tertutup, dan terbuka satu demi satu kalau kamu memecahkan puzlenya. Yang pertama harus kamu lakukan adalah, taruh Dune Charm di situ untuk membuka salah satu pintu, lalu secara berurutan letakkan patung singa, kura-kura, burung dan ular di pintu lainnya yang terbuka. Setelah pintu ditengah terbuka, naiklah dan teruskan sampai bertemu Ratu Fedel. Dia akan menyembuhkan lukamu dan kamu bisa melanjutkan ke lantai berikutnya. Di lantai selanjutnya, kamu harus berjalan melewati lantai yang 'nyetrum' karena ini satu-satunya jalan yang aman. Lantai yang nggak nyetrum akan jadi perangkap dan mengirimmu ke lantai sebelumnya. Sebelum mencapai puncak, kalahkan monster yang mengancam para wanita, lalu naiklah ke tingkat terakhir dan lawanlah Seto. Setelah Seto KO, Ratu Fedel akan memintamu mencabut permata di mata patung. Begitu dicabut, seluruh patung runtuh dan rombonganmu akan hanyut di Nila dan diselamatkan para penduduk Dune. Setelah event, kamu diizinkan mengambil harta di gudang Dune (ada shard!) dan kamu sudah bisa kembali ke masamu. Jangan lupa untuk mengunjungi si ahli arkeologi di istana. Ternyata dia memutuskan tinggal disitu dan menyuruhmu mem-beritahu anak buahnya yang menjaga tempat penggalian, serta memberikan paket padanya.

Setelah kembali ke masamu, pergilah ke tempat penggalian dan berikan paket tadi pada si penjaga. Dia akan mengizinkanmu masuk tempat penggalian dan memungkinkanmu mengambil shard dari dalam peti. Kamu juga bisa mengunjungi wilayah padang pasir. Rupanya disana sudah berkembang legenda tentang kepahlawananmu. Jadi begitu memasuki istana, kamu akan disambut sangat hangat oleh ratu dan para penduduk. Setelah event, pergilah ke Dune dan ambil shard dari dalam pot raksasa di tengah kota. Altar sebelah kiri bawah di ruang kuning adalah tiket perjalanan selanjutnya.

Dari portal, berjalanlah ke barat untuk menemukan sebuah inn. Bicara pada semua orang untuk mengetahui ada yang aneh dengan penduduk kota Krage di barat. Kunjungi tempat itu, yang ternyata memang aneh. Semua orang, kecuali walikota menganggap dirinya Demon Lord. Bicaralah pada orang berjubah hitam, lalu temui walikota. Dia memintamu pergi ke Holy Tree di utara kota. Pergilah kesana dan periksa rumah yang ada untuk melihat seorang gadis tidur. karena dia tifdak bangun-bangun, kembalilah ke desa. Beberapa orang merencanakan menebang Holy Tree. Susul mereka, dan setelah sedikit adegan, bersiaplah melawan orang berjubah hitam. Setelah kerusuhan bubar, bawa gadis misterius ke rumahnya. Dia berterima kasih padamu dan mengizinkanmu menginap di rumahnya.

Paginya, dia merasa tak enak badan dan memintamu mengambilkan Holy Tree Dew dengan vas yang ada di rumahnya. Penuhi permintaannya. Dia akan memberitahu Holy Tree Dew mungkin bisa menyembuhkan para peduduk Krage. Tapi mereka semua menolak kalau kamu mencoba memberikannya, kecuali walikota. Dia menyarankan menuang Holy Tree Dew ke sumur, tapi kamu akan dihalangi oleh orang berjubah hitam dan penduduk desa. Laporkan pada walikota, dan kali ini dia menyarankan lewat saluran air bawah tanah, yang berawal di Holy Tree. Tunggu apa lagi? Pergilah ke sana. Gadis yang ternyata adalah elf itu akan menunjukkan jalan untuk mencapai sumber air Kraze, yaitu lewat bawah Holy Tree. Telusuri jalan bawah tanah yang agak ruwet ini sampai kamu bertemu monster yang membuat  air jadi kacau. Kalahkan dia, gunakan Holy Tree Dew lalu naiklah ke atas. Orang-orang sudah pulih, dan orang berjubah hitam menunjukkan wujud aslinya, yaitu Wolf Devil. Bunuh dia, lalu laporkan kesuksesanmu pada walikota. Dia menyuruhmu menginap semalam, lalu esoknya menyampaikan pesan dari gadis elf. Dia ingin menemuimu. Sebelum meninggalkan kota, bicaralah pada seorang petani untuk mendapat shard. Temui si gadis elf, lalu kembalilah ke masamu.

Kunjungi Krage di masa ini untuk mendapatkan shard di rumah orang paling kaya disana (masuk lewat pintu belakang dan turun ke ruang bawah tanah. Seorang pelayan menyuruhmu membereskan boto, di gudang. Buka peti di ruang satunya lagi untuk shard-nya). Holy Tree di utara kota sekarang dikenal sebagai World Tree. Ada shard di depannya. Ambil, dan kamu siap mengaktifkan altar tengah di ruang merah.

Setelah berpindah, pergilah ke kota Litorud di utara. Setelah save dan melengkapi kebutuhanmu, masuki rumah Creyney di sebelah kiri pintu masuk kota. Bicaralah pada orang-orang disitu, lalu bicaralah pada semua orang di kota. Mereka sedang semangat membicarakan peresmian jembatan di utara kota. Ingat-ingatlah pembicaraan dan kegiatan mereka saat ini. Setelah puas, pergilah ke utara tempat jembatan berada dan bicara pada semua orang. Penjaga menyuruhmu kembali besok, jadi kembalilah ke Litorud dan menginaplah di inn. Tapi waktu kamu bangun esok harinya, ada yang aneh. Cobalah bicara pada orang-orang kota. Semua kejadian kemarin sepertinya terulang. Pergilah ke tempat jembatan, bicara pada semua orang, lalu kembalilah menginap di inn. Jangan frustrasi dan mematikan PSmu karena kamu akan kembali mengulangi hari yang sama. Kali ini tak perlu memastikan lagi dan segeralah pergi ke jembatan. Penjaga disana mengatakan kalau Baloch sang arsitek juga merasakan hal yang sama. Jelas ada yang tidak beres, kan? Segeralah ke timur, studio Baloch.

Di studio, bicaralah pada Baloch. Dia akan menjelaskan tentang menara jam rancangannya yang berhubungan dengan vortex. Dia memberikan kunci menara jamnya dan mengizinkanmu menyelidiki kasus hari berulang ini. Kembalilah ke Litorud dan hentikan gerakan jam dengan menggerakkan lever di ruang mesin. Seluruh kota akan 'membeku', jadi pastikan kamu sudah bersiap-siap sebelumnya. Pergilah ke rumah Creyney dan turunlah ke basement-nya. Crayney ada di-sana dan sedang membaca surat. Periksa suratnya, lalu periksalah lukisan menara jam karya Baloch di dinding. Ada semacam portal disitu. Periksa, lalu kamu akan masuk ke dalam Time Nexus. Tempat ini agak membingungkan, tapi pastikan semua item yang ada kamu ambil, karena tempat ini tak bisa dikunjungi lagi setelah kamu keluar.

Jalanlah sampai kamu melihat sebuah tablet stone. Lurus, dan kamu akan melihat lantai dibawahmu ada angkanya. Yang harus kamu lakukan adalah jalan berlawanan dengan arah jarum jam. Sebuah teleportasi akan muncul dan bersiaplah melawan Time Sage dan dua Maki Maki. Setelah kalah, kamu akan mendapat shard. Hancurkan jam pasir disana, lalu kamu akan kembali ke Litorud. Kembalilah menginap di inn. Besoknya, hari sudah tak berluang lagi. Saksikan acara persmian jembatan. Bicara pada orang yang berkerumun untuk bisa maju ke depan, lalu cobalah bicara pada Baloch dan Creyney. Setelah peresmian selesai, kunjungi Baloch di studionya. Bicara padanya, lalu kembalilah ke Litorud dan temui Crayney. Urusanmu di sini beres.

Sekarang seberangilah jembatan dan kamu akan tiba di Verdham, 30 tahun setelah kasus hujan yang mengubah orang menjadi batu berlalu. Linda menikah dengan Iwan, tapi Linda meninggalkan Verdham dan pergi entah kemana. Kaya menikah dengan orang terkaya di situ setelah kebangkrutan Iwan, tapi sepertinya tetap menyukai Iwan. Kamu bisa melihat semacam sinetron di sini dimana Kaya mencoba membunuuh suaminya sendiri dengan racun, tapi ketahuan berkat campur tangan seorang pelayan bernama Cherri dan Hero. Setelah masalah Kaya-Iwan selesai, pergilah ke timur, Mentare.

Di kota ini, berkelilinglah dan jangan lupa bicara pada Pepe. Setelah puas (jangan lupa jarah semua peti harta), pergilah ke Geionne Monastery. Bicara dengan para suster untuk kemudian mengatahui bahwa Linda menjadi suster disini dan telah tiada enam bulan lalu. Sampaikan berita ini pada Pepe, dan antar dia kesana untuk kembali meyaksikan event ala sinetron^^

Sekarang kembalilah ke masamu dan kunjungi Litorud. Bicara pada semua orang, kumpulkan item-item, lalu pergilah ke Baloch Tower yang berdiri di atas studionya yang dulu. Penjaga mengizinkanmu masuk deangan catatan hati-hati terhadap monster di dalam. Pastikan kamu sudah siap sebelum masuk sini. Di tingkat atas, kamu akan mendapat shard terakhir untuk altar kanan bawah di kamar kuning.

Kali ini kamu akan mendarat di dekat desa Avon. Masuk kesana, bicara pada semua orang yang sedang membicarakan seorang pemusik tua, lalu temui kepala desa. Dia mengizinkanmu menginap dirumahnya, tapi ketika kamu bangun keesokan harinya, desa itu kosong. Masuklah ke tempat yang sebelumnya dijaga, lalu turunlah untuk melintasi gunung dan mencapai kota Fuzu di selatan. Ada kuil kalau kamu mau save.

Di Fuzu, semua orang juga sedang membicarakan pemusik tua yang sangat berbakat. Lengkapi kebutuhan dan menginaplah di inn. Kota akan kosong keesokan harinya, sama seperti Avon.

Lanjutkan perjalananmu ke Hamelia di timur laut. Di sini kamu akan bertemu pemusik tua yang dimaksud orang-orang Avon dan Fuzu. Setelah dia meninggalkan kota, kelilinglah. Jangan lupa periksa rakit di utara kota. Dengan rakit ini kamu bisa mengambil item di salah satu bangunan, tapi sekarang belum saatnya.

Menginaplah di inn. Tengah malam, Hero akan terbangun dan mendengar musik aneh. Keluarlah dari inn. Pen-duduk kota terbius oleh permainan musik si orang tua dan masuk ke dalam portal ditengah kota. Orang tua itu pun kemudian masuk ke sana. Susul mereka! Kamu akan tiba di semacam menara tua. Naiklah sampai kamu menemukan para penduduk desa Avon, Fuzu dan Hamelia. Bicara pada seorang anak kecil untuk membuka pintu untuk naik ke tingkat selanjutnya, dan teruskan sampai kamu bertemu si pemusik. Ternyata dia tak bermaksud jahat, karena saat itu daratan dilanda banjir. Dia yakin ini ulah Gracos yang dulu pernah melakukan hal yang sama pada sebuah kota. Terima permintaannya untuk mengalahkan Gracos, lalu turunlah ke lantai dasar untuk memulai pelayaranmu dengan rakit.

Setelah keluar, pertama-tama kunjungi dulu Hamelia dan Fuzu. Dari pembicaraan orang-orang disana, kamu akan mengetahui tujuanmu selanjutnya ada di barat Fuzu. Berlayarlah sampai kamu melihat semacam bangunan di dasar air. Lambang di tangan Hero akan besinar dan kamu terteleport ke kota yang tenggelam itu.

Tak ada orang di sini, tapi kamu bisa bertemu beberapa arwah penduduk kota ini. Disini juga ada pot melayang yang harus kamu gunakan untuk membuat jalan. Di akhir dungeon, bersiaplah melawan Gracos.

Setelah Gracos almarhum, kaburlah dengan portal buatan si pemusik (yeah, dia menyusul) dan kamu akan berpisah dengannya. Kembalialah ke lantai dasar dan masuki portal untuk kembali ke Hamelia. Item yang sebelumnya tak bisa diambil sekarang sudah boleh diambil. Begitu pula dengan item di jalan bawah tanah Avon (bicara pada kelapa desa). Kembalilah ke masamu.

Segera kunjungi Hamelia di masa ini. Temui seorang bernama Azmov dan asistennya, Beck. Mereka sedang memancing, dan salah satu pancingan-nya adalah shard. Segera bicara padanya. Dia bersedia memberikannya padamu, tapi kamu harus menolongnya dahulu. Ikuti dia ke rumahnya. Dia menyuruhmu pergi ke menara di utara untuk membasmi serangga..eh. monster. Turuti permintaannya.

Karena pintu menunju puncak tak bisa dibuka tanpa anak kecil, pertama-tama turunlah ke basement. Lawan King Slime. Setelah kalah, dia akan terbagi menjadi slime yang lebih kecil. Setelah mengetahui maksud kedatanganmu adalah membasmi monster di atas, Slachi, salah satu slime itu akan mengikutimu. Naiklah ke lantai paling atas dan lawan Gigamute. Setelah menang, laporlah pada Azmov. Karena telalu girang, dia lupa janjinya memberikan shard padamu. Susul dia ke menara, dan susuul lagi dia ke lantasi atas. Baru dia ingat janjinya dan menyuruhmu mengambilnya di tempat penyimpanan barangnya (tempat yang harus dicapai dengan rakit). Ambil shardnya, dan selanjutnya, kunjungilah kota yang tenggelam di barat Hamelia.

Kota itu sekarang telah menjadi kota para monster. Tapi jangan panik, karena mereka tidak akan menyerang. Yang akan menyerangmu adalah Gracos V yang merupakan keturunan Gracos yang dulu dikalahkan Hero. Setelah kalah, Gracos V kan minta ampun dan memberimu shard. Jangan lupa ambil satu shard lagi di ruangan dekat pintu masuk kota ini.

Sekarang, pergilah ke Mezar. Kumpulkan informasi lalu carilah Nicola di rumahnya. Pelayannya mengatakan dia mungkin ada di bar, jadi cobalah ke sana. Bicara padanya, lalu ikuti dia ke tempat penyimpanan rahasianya di hutan. Dia memberikan sebuah karpet terbang. Coba gunakan di world map. Karpetnya tidak akan terang, Kembalilah ke kota dan kembalikan karpet itu pada Nicola. Saat kamu keluar rumahnya, pelayannya akan memintamu melihatnya. Susul Nicola ke tempat penyimpanan, bicara padanya, lalu bicara lagi pada pelayannya. Dia akan mengakui kalau karpet yang tadi adalah palsu. Temui dia dibelakang kuil untuk mendapatkan yang asli.

Setelah mendapatkan karpet ajaib, kamu bisa mendatangi tempat-tempat yang tak bisa dicapai dengan kapal. Diantaranya Medal, tempat menukar tiny medal yang kamu dapatkan, dan juga kediaman orang terkaya di dunia, Brugeo (ada di benua barat). Sebagai latihan pemakaian, coba kunjungi kuil di timur Mezar. Sorang guardian akan bercerita tentang Legendary Hero, Melvin, lalu menghilang. Setelah puas terbang, kembalilah ke ruins dan lengkapi altar kanan atas di kamar hijau.

Pergilah ke jembatan di timur. Bicara-lah pada orang disana, lalu teruskan sampai ke desa Probina. Kamu dicegat di pintu masuk. Pilih 2, lalu kamu diizinkan masuk. Kelilinglah lalu pergilah ke kuil di belakang desa. Kamu harus melewati jalan gunung untuk mencapainya. Di dalam kuil, kepala desa, Ordeux, putranya Razuel dan pendeta sedang berdebat. Bicara pada mereka, lalu susul Razuel ke jembatan. Saksikan event, lalu kembalilah ke kota. Bicara pada Razuel, lalu cepat pergi ke kuil. Razuel akan menyusul kemudian. Setelah Razuel datang, pendate memintanya mengambilkan sesuatu di gudang, dan Hero juga diminta membantunya. Masuk ke dalam, lalu kalian akan dikurung. Waktu akhirnya berhasil keluar, kuil sudah hancur. Turunlah ke kota. Bicara pada razuel, lalu pungut kotak kecil yang ada di jalan. Tunjukkan pada Razuel, ambil pecahan patung di jembatan, dan bawa ke mata air di belakang kuil. Waktu kamu mencoba memperbaikinya, Dragon Soldier muncul dan kamu harus melawannya. Saat ini dia belum terkalahkan, jadi yang harus kamu lakukan adalah bertahan sampai Razuel datang dan melemparkan patung ke mata air. Patung akan pulih, dan Dragon Soldier bisa dikalahkan. Kembalilah ke masamu.

Kamu bisa mengungi Probina di masa ini, tapi misimu selanjutnya adalah menghidupkan kembali Legendary Hero yang konon disegel dalam sebuah batu hangat. Kembalilah ke Estard, dan ajak bicara orang-orang untuk mendapatkan info bahwa Hondara jadi OKB (Orang Kaya Baru) karena Hot Stonenya dibeli oleh Brugeo. Karena ada isu Burgeo pergi ke salah satu rumahnya, entah yang di Krage atau di Litorud, datangi kedua rumahnya itu dan bicaralah pada semua pegawai di dalamnya. Brugeo sudah kembali ke rumahnya, jadi segeralah ke sana dan bicara padanya. Mulanya dia menolak memberikan Hot Stone. Keluarlah dari rumahnya, dan dia akan setuju memberikannya asal boleh ikut menyaksikan lahirnya Legendary Hero.

Melvin bisa dihidupkan kembali di World's Tallest Tower yang ada di barat Medal. Pergilah kesana dan mulailah long march ke tingkat paling atas. Sesampainya di atas, gunakan hot stone di altar. Melvin akan muncul dan bergabung. Keluar dari menara (jangan lupa item). Brugeo memisahkan diri di bawah. Jangan lupa laporkan keberhasilanmu pada Nicola. Setelah beres, lengkapi altar kanan atas kamar merah.

Jalanlah ke arah timur. Di bukit sebelum kota satu-satunya, ada shard jadi jangan lupa mengambilnya, dan masukilah kota terapes di dunia, Loomin. Bicaralah pada para penduduk yang sesuram kotanya. Periksa pintu masuk rumah di utara kota. Saat ini kamu belum bisa masuk karena ada penjaga di depan pintu. Temui wanita di dekat sumur lalu turunlah. Karena kuil diambil alih monster, pendeta mengalihkan kegiatannya disitu. Save lalu naiklah kembali. Penjaga di rumah besar sudah tidak ada jadi kamu bisa masuk. Bersiaplah melawan Borunga. Setelah kalah, para monster yang ada di kota akan kabur. Periksa lemari yang sebelumnya dijaga untuk mendapat kunci Darkness Tower. Keluar dari rumah, dankamu akan mendengar raungan makhluk aneh dari arah Darkness Tower di utara. Menginaplah di inn, lalu berangkatlah ke Darkness Tower. Di lantai teratas, kamu akan berhadapan dengan Dark Draco. Kalahkan dia lalu kembalilah ke Loomin. Bicaralah pada semua orang, lalu kembalilah ke masamu.

Di benua tempat Loomin berada sekarang ada satu tempat lain. Masuki tempat itu, lalu kunjungi Loomin, yang ternyata sudah hancur. Yakin ada yang tak beres, Maribel dan yang lain menyarankan untuk kembali ke masa lalu. Ternyata setelah kepergian Hero, Vineroot yang disangka sudah tak ada menyerang kota. Tugasmu adalah menghancurkan semua Vineroot yang ada. Jangan putus asa dulu, karena kamu bisa pakai inn untuk menyembuhkan diri. Setelah yang di kota beres (di dalam rumah juga ada), masuki rumah besar dan bicara dengan Sieble di lantai 2. Dia merasa mungkin Vineroot itu bersarang di bawah tanah. Masuki sumur dan kejar Vineroot itu sampai mencapai badan induknya. Persiapkan dirimu untuk melawan Hellvine plus dua Vineroot. Setelah beres, laporkan pada penduduk kota, dan kunjungi Loomin di masamuyang ternyata masih hancur. Sekali lagi, kembalilah ke sana. Para penduduk kota seang resah karena Sieble memelihara monster yang diberi nama Chibi. Bicaralah pada Siebel, lalu saat penduduk memintamu membunuh Chibi, tolak. Beritahu Siebel tentang rencana penduduk, lalu akan ada event. Kamu harus melawan beberapa Hellworm sebelum kembali ke rumah Siebel, lalu keluar dan melihat event pengorbanan Chibi. Setelah penyerbuan Hellworm ini, tugasmu di Loomin selesai. Tujuan selanjutnya ada di altar kanan bawah kamar merah.

Ada dua istana di tempat baru ini. Periksa yang utara terlebih dahulu (Raguraz), baru yang selatan (Mardra). Keliling dan kumpulkan informasi, lalu pergi ke istana. Bicaralah pada penjaga gerbang istana dan pilih 'yes' saat ditanya apakah kamu utusan yang ditunggu raja atau bukan. Tapi karena masih curiga, kamu belum diizinkan masuk ke dalam. Selama menunggu dia, gunakan kesempatan ini untuk kelayapan di sekitar. Bantu seorang laku-laki membuka peti, dengan cara masuk dari pintu yang di dekatnya ada patung, lalu keluar lewat pintu di seberangnya, masuk lagi lewat pintu atas, dan seberangi sampai bawah,. Ambil item dari peti, lalu berikan padanya. Temui dia di sisi lain istana tak lama kemudian.

Di lantai atas, kamu akan bertemu orang tua raja yang sekarang. Bicaralah pada mereka, dan Ratu akan memintamu memberikan surat pada pendeta di Great Temple. Kembalilah ke bawah. Bohongmu ketahuan dan kamu akan diusir dari istana. Tapi karena sudah ada surat dari ratu, kamu tak akan kesulitan menuju ke kuil. Lengkapi kebutuhanmu, lalu berangkatlah ke Great Fane di selatan, melewati pos perbatasan (Kalau penjaganya bawel, tunjukkan surat dari ratu).

Di Great Fane, temui High Priest di tingkat 2. Dia meyuruhmu mengambilkan Star Shard di gua yang ada di barat laut. Dungeon ini tidak susah, tapi kamu harus menginap di rumah seorang 'pertapa' untuk bisa melanjutkan sampai ke puncak. Ambil Star Shard di sana, lalu serahkan pada High Preist. Dia berjanji menyelesaikan pekerjaannya secepatnya, dan kamu dapat tugas mengawasi raja, jadi kembalilah ke Mardra.

Kembali ke Mardra, saat akan ke istana, seorang gadis kecil diserang oleh orang berjubah hitam, tapi pendeta kota, Dino akan menolongnya. Setelah event, pergilah ke istana. Tunjukkan surat dari High Priest (dia memberikannya padamu sebelum kamu pergi dari Fane) supaya diizinkan masuk. Temui Raja, lalu keluar dari istana. Seorang utusan dari Fane mengabarkan kalau High Priest memanggilmu. Bersiaplah untuk be te karena setelah kamu ke sana, percobaan High Priest masih gagal. Jadi kamu harus kembali lagi ke Mardra.

Di gerbang mardra, orang berjubah hitam yang sebenarnya adalah Zoe Mage akan muncul dan menyerangmu. Kalahkan dia lalu bicaralah pada penjaga magic Research. Dia mengizinkanmu masuk, dan didalam kamu harus mengikuti Dino ke basement. Setelah event, susul Zepple ke istana. Dia akan berubah dan kamu harus melawannya. Saat ini kamu pasti akan kalah, jadi pasrah sajalah. Setelah kamu KO, Zepple masuk ke istana dan High Priest datang membantu. Kalahkan Zepple,dan kamu bisa kembali ke masamu. Sebelum kembali, temui dulu High Priest.

Kembali di masamu, seorang penduduk Fishbel akan datang dan mengatakan Amitt, ayah Maribel sakit keras. Kembalilah ke desa dan tengok Amitt. Untuk sementara Maribel akan pisah dari tim. Temui Bolkano. Dia mengatakan melihat rombongan yang sepertinya identik dengan Dejans, jadi pergilah ke tempat yang sama dengan kamu pertemu Dejan di masa lalu. Mereka pun tengah mengadakan upacara. Bicara pada semua angota Dejan, lalu pada penjaga tenda besar. Mendadak, seorang gadis bernama Aira, yang harusnya jadi penari menghambur keluar dan meninggalkan perkemahan. Ikuti dia sampai ke tepi danau. Dia sedang mengunjungi kuburan leluhurnya. Kembalilah ke perkemahan setelah bicara padanya. Ikuti dia ke tenda besar, dan dia akan memaksamu membantunya mencari pemain tula. Terima saja, lalu dia akan bergabung.

Besoknya, Aira memberimu shard sebelum berangkat. Tapi sekarang belum waktunya main puzzle. Pergilah ke Mardra di masa ini. Mardra sekarang terkenal sebagai kota kota musik. Bicaralah pada semua orang, lalu temui Putri di istana. Dia bersedia membantumu mencari pemain tula, tapi butuh waktu. Sekarang pergilah ke Great Fane. Bicara pada semua orang, lalu pergilah ke taman dimana ada pulau kecil dikelilingi kolam. Untuk mencapai kolam itu, gunakan trik yang dulu kamu gunakan untuk mengambil item di istana. Kamu akan bisa mencapai pulau dan mengambil shard di dalamnya. Periksa juga makam-makam disitu untuk mempelajari sihir peninggalan High Priest. Sekarang baru waktunya main puzzle. Altar terakhir di ruang hijau.

Telusuri sungai ke utara untuk mencapai Gorges, kota para Lefa. Masuk dan temui Pedragos, pimpinan kota ini. Bicaralah padanya dan terima permintaannya mengambil Bliss Stone di kuil angin di utara. Seberangi jembatan untuik melihat sedikit event lalu keluarlah dari kota. Sebelum mencapai kuil angin, mampirlah dulu di semacam basecamp para pengunsi dari kuil. Lanjutkan perjalananmu.

Untuk bisa mencapai kuil, kamu harus melewati satu dungeon dulu. Tempat ini tidak sulit, tapi mungkin agak mengesalkan setelah memasuki ruangan gelap dengan evil statue di dalamnya, karena salah langkah sekali saja dan kamu akan terjun bebas ke lantai sebelumnya. Cara melewati ruangan ini adalah periksa evil statue, lalu ambil jalan yang berlawanan arah dengan evil statue itu. Teruskan sampai kamu melawan Hell Genie. Hati-hati, karena dia cukup berbahaya. Setelah menang, masuklah ke pintu yang terbuka dan teruskan perjalanan ke kuil angin. Ambil Bliss Stone, lalu kembalilah ke Gorges. Berikan batu itu pada Pedragos, lalu esoknya temui dia di rumahnya untuk me-nyaksikan pertengkaran ibu-anak ^^; Bicara pada ibu Pedragos. Dia me-mintamu mencarikan Firia, cucunya. Firia ada diseberang sungai, jadi pergilah kesana. Tolong dia saat dia akan jatuh, lalu kembalilah ke rumah Pedragos. Sebelm mencapai sana, awan hitam aneh menyelimuti kota. Kamu harus mengembalikan Bliss Stone ke kuil, dan Firia akan ikut denganmu.

Kembalilah ke kuil angin (yeah! Kamu harus menempuh jalan gua juga). Kembalikan Bliss Stone ke tempat asalnya, dan tugasmu selanjutnya adalah membuat supaya angin yang dihasilkan Bliss Stone mencapai patung dewi di ujung satunya lagi. Jangan khawatir, Nggak susah kok. Susun saja dinding ruangan yang menghubungkan dua tempat ini dengan menekan tombol ungu di dinding. Setelah sukses, angin akan meniup awan hitam di sekitar patung, dan bersiaplah melawan Hell Cloud. Dia sama menyebalkannya dengan Hell Genie, jadi jangan lengah. Setelah dia kalah, awan hitam akan hilang, dan kamu sudah bisa kembali ke Gorges. Bicaralah pada Pedragos, lalu saksikan sedikit event, kemudian kamu akan menerima Bliss Stone dari Firia. Kembalilah ke masamu.

Seperti biasa, kunjungi Gorges dan kuil angin di masa ini. Kumpulkan dua shard yang ada di kuil dan bicaralah pada semua orang. Setelah puas keliling dan save, pergilah ke juil terpencil di dekat Falrod, dan kamu akan bertemu seseorang yang menunggu 'The chosen one' yang membawa Bliss Stone. Tunjukkan Bliss Stone padanya dan dia akan membuka pintu di lantai satu. Keluar lewat pintu itu dan naiki teratai di tengah kolam. Setelah melewati jalan bawah air, kamu akan mencapai tempat yang tidak bisa dicapai dengan karpet maupun kapal. Teruskan sampai di suatu tempat terbuka dengan lingkaran aneh di tanah. Gunakan Bliss Stone disitu, dan kamu akan mencapai semacam kuil yang mengapung di langit. Bicaralah pada semua orang disitu, lalu kembalilah ke ruins untuk melengkapi altar terakhir di ruang kuning.

Dari portal, jalanlah ke utara untuk mencapai Labres. Bicaralah pada orang pertama yang kamu temui di pintu masuk. Dia akan memintamu menolong saudaranya di hutan di selatan. Keluar dari kota dan pergilah ke selatan. Setelah melawan monster, kembali ke Labres. Bicaralah pada semua orang, lalu temui Lukas di kuburan. Seekor monster akan keluar dari kuil, dan setelah Lukas pergi, cobalah bicara pada monster itu.

Sekarang temui Prefect di rumah paling utara dan bicara padanya. Dia akan memintamu membunuh monser di kuil,dan sebelum penyerangan, kumpulkan info dari orang-orang kota. Kembali ke rumah Prefect, waktu orang-orang desa berdiskusi, bicaralah pada Lukas. Dia ragu-ragu apa benar monter di kuil itu jahat.

Bicara pada Prefect lagi, dan karena kamu tak bisa menolak, jawab yes saja. Waktu penduduk kota menyerang monster itu, Hero bisa tak menyerang, jadi penduduk memutskan melakukannya sendiri. Bicara pada Lukas, lalu pada Prefect. Kamu akan dituduh bersekonkol dengan monster dan dibuang ke Mt.Tor.

DI Mt.Tor, memanjatlah samapi ke puncak untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dengan monster di kota. Ternyata monster itu adalah pendeta kota, dan kamu harus melawan monster yang membuatnya jadi begitu, Botok. Kalahkan dia, dan kembalilah ke kota. Setelah event, kembalilah ke masamu dan kunjungi Labres

Labres di masamu ternyata punya versi lain tentang kasus pendeta dan monster itu. Seorang anak bernama Leif tahu cerita yang sebenarnya, tapi tidak ada yang percaya padanya. Bicaralah pada semua orang, lalu pada Leif. Temui Prefect, dan sekali lagi bicara pada penduduk kota. Sekarang bicaralah pada anak kecil yang menjaga pintu di bawah rumah Prefect. Dia akan mengizinkanmu masuk dan bertemu Zazamu, bossnya anak-anak di kota. Periksa lubang yang digalinya untuk menemukan plat berisi tulisan sebenarnya dari monumen yang ada di kota. Tinjukkan itu pada Prefect, dan dia akan menghancur-kannya. Sebelum meninggalkan kota, bicaralah pada anak-anak. Mereka mempercayai lempengan yang ditemukan itu, dan berjanji akan terus mempertahankan pendapat mereka. Sekarang, kembalilah ke ruins dan lengkapi puzzle terakhir: altar di ruang biru.

Pergilah ke Coastal di utara. Bicara pada semua orang, lalu cari pemilik inn. Dia menyuruhmu menemui raja, jadi lakukan segera. Setelah dapat izin, kembalilah ke inn dan tidurlah. Malamnya Hero akan terbangun karena suara teriakan. Keluarlah dan saksikan event. Bicaralah pada perdana menteri, dan jelajahi istana. Pastikan kamu bertemu Anise, istri kapten Sharkeye, dan seorang pemusik yang ada di balkon kamar Anise. Dia akan menceritakan apa yang terjadi dengan Sharkeye. Setelah ceritanya selesai, kembalilah ke inn. Esoknya kamu akan dipanggil raja dan diminta membereskan krisis disini.

Mula-mula, pergilah ke gua tempat para Halfling tinggal (memutari gunung). Temui Great Halfling disini, lalu ambillah Glim Moss di tingkat terbawah gua. Setelah mendapatkan-nya melalui perjuangan melawan Gamadius, kembalilah ke tempat para Halfling. Mereka sedikit mempercayai Hero sekarang. Kembalilah ke Coastal. Seekor monster sedang menyerang kota. Gunakan Glim Moss padanya, lalu setelah istirahat semalam, raja akan memberitahumu bahwa untuk menghidupkan kembali mercusuar, kamu memadamkan black flame disana. Untuk itu, kamu perlu Raibow Dew. Raibow Dew bisa kamu dapat dengan memasuki portal biru di ruangan tempat kamu mendapatkan world map di ruins. Kalau kamu sudah mendapatkan sejak awal (iseng mencoba-coba portal seperti saya), langsung saja berangkat ke mercusuar.

Di dalam mercusuar, ikuti jejak monster yang menyala dalam gelap sampai kepuncak. Disana padamkan black fire dengan Rainbow Dew, lalu masuki portal yang muncul. Bersiaplah melawan Belimawr. Setelah menang, kembalilah ke Coastral. Raja kembali meminta bantuanmu. Kali ini ke Engow untuk meminta sedikit Pilot Fire. Pergilah ke sana dan bicara pada elder dan tunjukkan surat dari raja Coastal, kemudian bicara pada orang di dekat pintu masuk rumah Elder untuk mendapatkan Pilot Fire. Sekarang kembalilah ke mercusuar, nyalakan api di puncaknya. Akhirnya, kembalilah ke Coastal dan saksikan event sebelum kembali ke zamanmu dan mengunjungi Coastal.

Bicaralah pada semua orang untuk mengetahui tentang seseorang yang memenangkan sebuah shard di kasino. Cari orang itu dan dia mengatakan kalau shardnya sudah dijual ke pemilik toko armor. Pergilah ke toko armor, bicara pada wanita penjaganya, lalu ke mercusuar. Naiklah sampai puncak untuk bertemu pemilit toko armor. Ternyata shardnya sudah diberikan ke pendeta! Tahan omelanmu,dan segeralah kembali. Pendeta ada di basement kasino. Tapi dia menghindarimu dan kabur ke kuil. Kejar dia, dan dia mengatakan sedang pusing. Tapi suster di kamarnya akan mengatakan dia meyembunyikan sesuatu di mejanya. Periksa mejanya, dan ambil shard-nya. Jangan lupa mampir ke Halfling Cave untuk menemui raja Coastal dan mengambil item-item. Setelah puas, pergilah ke kuil di langit, dan lengkapi altar disana untuk mencapai tempat yang sama di masa lalu.

Saksikan event pertarungan Dewa dan Demon Lord, lalu pergilah ke kuil terdekat.  Bicara pada orang di lantai 2, lalu kembali seberangi benua melalui jalan bawah air, dan gunakan Bliss Stone di altar. Kembalilah ke masamu dan kamu bisa pergi ke kuil langit lainnya. Bicaralah dengan suster di salah satu kuil, dan dia akan memberikan Sky Stone padamu. Gunakan Sky Stone untuk menuju ke utara Hamelia dan temui seorang berjubah hitam di sebuah kuil terpencil. Dia akan memberikan shard terakhir dan memberi tahu dimana letak altarnya. Ada di tempat penggalian arkeologi di masamu. Jadi segeralah ke sana. Altarnya ada jauh di dalam tanah, jadi pastikan kamu benar-benar sudah siap saat ke sana.

Altar kali ini mengantarmu ke masa lalu dimana pertempuran Dewa dan Demon Lord berakhir dengan kekalahan Dewa. Begitu mendarat, pergilah ke singgasana Demon Lord dan bersiaplah melwannya. Demon Lord atau Orgedemir memiliki 2 bentuk, jadi jangan lupa siapkan healing item dan healermu. Setelah menang, pergilah dari situ.

Disc End 1

Kembalilah ke kuil langit, lalu pergilah ke Fishbel. Bicara pada semua orang, lalu temui raja di ruang makan. Tugasmu selanjutnya adalah menghidupkan Dewa dengan menjalani ritual para Deja.

Pergilah ke Mardra. Kontes yang dijanjikan sudah siap, dan kamu dipersilakan menuj Great Fane. Bicara pada putri untuk memulai, lalu setelah Johan bergabung, temui gurunya, baru temui para Deja di tepi danau yang sama dengan masa lalu.

Sama seperti dulu, kamu harus membuat air danau surut untuk mengadakan ritualnya. Setelah event CG, Dewa akan hidup kembali, dan kamu bisa pulang untuk menikmati pesta di Fishbel. Bicaralah pada Bolkano dan Mollie, lalu pada koki di kapal untuk memulai pesta.

Saat pesta berlangsung, bicaralah pada semua orang, lalu cobalah untuk keluar dari kota. Johann akan muncul dan megatakan raja menunggumu di istana untuk pesta berikutnya, jadi pergilah ke Estard.

Beberapa bulan kemudian, Her memulai hari dengan tugas mengantar makanan untuk ayahnya. Setelah menyerahkannya, bicaralah pada koki, lalu naiklah kembali ke dek. Bicaralah pada semua orang, lalu pergilah ke Estard. Aira akan gabung denganmu. Temui raja, lalu kamu akan berangkat ke Crystal palace. Gabo menyusulmu sebelum berangkat.

Di Crystal Palace, kamu disuruh beristirahat selama menunggu raja menghadap Dewa. Pergi tidur, lalu coba bicara dengan dua penjaga yang berdiri menghalangi jalan ke atas. Melvin akan muncul dan kamu akan bisa naik dan bertemu orang-orang penting lainnya yang juga diundang menemui Dewa. Bicara pada semua orang, dan Dewa akan muncul.

Setelah event panjang, kembalilah ke Fishbel. Bicara pada semua orang, terutama Maribel. Dia akan bergabung dan mengusulkan pergi ke tempat ini semua bermula: ruins.

Begitu memasuki ruins, Hero akan mendengar suara memanggilnya. Periksa patung yang ada dan akan ke-tahuan kalau itu adalah suara Melvin. Sekarang turunlah ke tempat portal. Semuanya tak berfungsi. Melvin akan mengabarimu lagi, dan sekarang kontrolmu akan beralih ke Melvin.

Untuk membantu yang lainnya, Melvin harus mendapatkan Pilot Fire di mercusuar Coastal. Temui raja Coastal di Halfling Cave dan jawab no saat dia tanya apakah Melvin prajurit Dewa atau bukan. Setelah dapat izin, segeralah ke mercusuar. Ambil Pilot Fire di puncaknya, dan kontrol akan beralih ke Hero lagi.

Masuki portal merah yang kini telah menyala apinya. Pendaratannya adalah di Mt.Flame. Bicaralah pada penjaga disana, lalu pergilah ke Engow. Bicaralah pada elder lalu Pamela akan bergabung. Sebelum meniggalkan kota, mampir dulu ke tempat Pamela dan bicara pada Ilma, baru kembali ke Mt.Flame.

Di Mt.Flame, turunlah sampai menemukan sebuah pintu. Ilma akan memberikan kuncinya, dan didalam kamu akan berhadapan dengan Fire Spirit. Kalahkan dia, dan setelah mengembalikan Pamela ke Engow, kembalilah ke Fishbel.

Ada kapal aneh muncul di sekitar Fishbel. Bicara pada Mollie, lalu pada Amit. Temui dia di dek dan kamu akan berangkat ke kapal milik Sharkeyes. Setelah event panjang, kamu akan mendarat di Dharma. Save, ganti job-mu kalau mau, dan bicaralah pada orang yang mengemudi kapal jika kau sudah siap dan ingin kembali ke Fishbel.

Dari sini, kamu bebas ingin membebaskan Wind atau Earth Spirits dulu. Saya akan mulai dari Wind Spirit.

Masuki portal hijau, dan kamu akan sampai di kuil angin. Bicaralah pada smua orang di kuil, terutama dengan para ilmuwannya. Sekarang pergilah ke Gorges, dan temui Sefara, sang Pedragos. Bicara padanya dan terima permintaannya untuk mengantarnya ke Wind Altar di tenggara Gorges. Persiapkan dirimu, dan pergilah ke sana.

Bicara pada penjaga untuk bisa masuk, lalu memanjatlah sampai ke altar di puncak. Bayangan Firia akan muncul, dan kamu akan terteleport ke ancient city di langit. Kota ini agak unik, jadi biasakan dirimu sebelum menemui Elder. Dia sedang berbaring dilantai, dan kamu harus membereskan sampah di kamar-nya untuk membuatnya memberikan kunci menuju Wind Maze, serta Halo Orb yang memungkinkanmu kembali ke permukaan. Masuki rumah dengan bulat atap biru untuk memasuki maze.

Wind Maze adalah dungeon yang singkat, tapi memusingkan karena strukturnya sama dengan ancient city. Yang harus diingat adalah, kamu hanya bisa meneruskan perjalanan jika mencapai teleporter lain, serta masuk ke lubang dilantai untuk mencapai tempat dan sisi yang berlainan. Di akhir dungeon ini ada peti item yang kosong saat dibuka. Coba tinggalkan altar tempat peti itu berada. Nengal akan muncul. Dia memegang Wind Robe, dan tak bersedia memberikannya. Sudah tahu harus apa, kan? Hajar dia! Setelah menang, sebuah teleporter akan muncul, dan kamu bisa kembali ke ancient city.

Sebelum kembali ke Gorges, temui elder dahulu. Bereskan kamarnya lagi, lalu dia akan memberikan Wind Hat.

Gunakan Halo Orb untuk turun ke bumi, lalu kembalilah ke kuil angin. Gunakan Wind Robe di patung Firia, dan Wind Spirits yang rada' nyentrik akan muncul. Setelah dia setuju membantumu, keluarlah. Sefara akan tinggal dan mendoakan keberhasilanmu. Sekarang kembalilah ke ruins, dan masuki portal kuning.

Portal kuning membawamu ke wilayah gurun. Temui walikota Dune. Dia memintamu menemui ratu di istana. Temui ratu, lalu kembali temui elder. Anak bungsElder, Saide bersedia membantu-mu. Susul dia di kamarnya di belakang rumah elder, lalu temui Shaman di dalam pot yang ada di tengah kota. Ikuti dia sampai keluar kota. Selanjutnya, bicaralah lagi pada ratu. Dia akan mengizinkanmu memasuki ruang bawah tanah dan mencari petunjuk. Di ruang bawah istana, kamu akan bertemu saudara-saudara Saide yang sok jago, tapi panik begitu diserang monster. Bunuh semua monster yang mengejar mereka, lalu kamu akan medapatkan kunci untuk masuk kedalam Sphinx. Tunjukkan kunci itu pada ratu, dan pergilah ke Sphinx via teleporter di dalam pot di Dune.

Di dalam Sphinx, bicara pada wanita yang menghalangi jalan Dia akan mengizinkanmu terus. Baca tulisan dilantai, dan kamu akan tahu kalau ada empat item yang perlu kamu temukan. Turunlah terus sampai mencapai ruangan dengan banyak sarkofagus di dalamnya. Tutup semua sarkofagus ini untuk mendapatkan eye gems.

Di tingkat selanjutnya, kamu akan meliat arca kepala di dinding. Berdiri didepannya, dan begitu dia membuka mulutnya, masuklah untuk mengambil rouge gem. Nose gem dan heart gem ada ditingkat paling bawah, dan jangan lupa menggunakan command item 'use' untuk memecah dua heart gem. Setelah kamu mendapatkan keempatnya, temui lagi Shaman. Dia akan memanggil Tera Spirits, dan setelah menemui ratu kembali, kamu bisa kembali ke tempat Sharkeyes untuk memanggil Aqua Spirits.

Sekarang, dengan berkumpulnya keempat spirits, kamu sudah dekat dengan akhir petualanganmu. Di sini Maribel akan kembali memisahkan diri, tapi kamu bisa merekrutnya kalau mau. Apapun pilihanmu, selesaikan segala urusan, dan berangkatlah ke Crystal Palace menggunakan Sky Stone.

Kamu akan mendarat di tingkat paling atas Crystal Palace. Turunlah ke basement, dan masuki lubang besar yang ada disana untuk memasuki istana Orgodemir.

Setelah turun beberapa tingkat, kamu akan sampai di bagian yang seperti bagian dalam tubuh makhluk hidup. Disini ada sesuatu yang mirip-mirip lidah dan bisa membuatmu terlempar ke tempat yang berbeda. Gunakan lidah ini untuk turun ke tingkat selanjutnya.

Di tingkat berikutnya, kamu akan melihat banyak semacam 'bilik' dengan banyak telur didalamnya. Masuki bilik paling utara dan pecahkan telur di sudut kanan atas untuk menemukan sebuah pintu.

Teruskan sampaikamu menghadapi jalan buntu. Disini, gunakan salah satu Spirits Charm untuk terus ke arena selanjutnya. Kemana kamu akan mengarah, tergantung charm mana yang kamu pakai. Setelah lolos dari Spirits Cave, kamu sudah dekat sekali dengan Orgedemir. Tarik nafas dalam-dalam, jangan lupa berdoa lalu naiki lantai lift untuk mencapai singgasananya.

Orgedemir meliliki empat bentuk, jadi pastikan kamu siap dengan healer, healing item, dan semuanya yang diperlukan untuk pertempuran panjang.

Setelah kamu mengalahkan Orgedemir, kamu akan diteleport ke Sky Fane. Bicaralah pada semua orang yang ada disana, lalu Sky Stone akan muncul dan mengantarmu keseluruh dunia untuk menemui orang-orang. Setiap kali men-darat, kamu harus bicara pada orang-orang untuk bisa lanjut ke tempat selanjutnya.

Selamat! Kamu telah menamatkan Dragon Warriror VII !


Tidak ada komentar: