Ada yang menyebut game ini gabungan dari semua game Gundam selama ini. Kualitasnya memang sudah jauh meningkat, sih, menggabungkan unsur game action , shooting, dan strategi. Atau sesuai istilah Bandai, genre 3D Strategy Action Shooting.
Tips: Mengubah warna MS & Pilot
Beberapa MS bisa diubah warnanya menjadi Special Color yang hanya bisa kamu lihat di game ini. Caranya? Setelah memilih MS, tahan L2+R2 sambil tekan X. Kejutan lain: MS ganti warna, pilotnya ikut berubah! Fitur ini cuma muncul di Versus Mode.
Game ini mempunyai 4 Game Mode utama. Selain Mission Mode yang boleh dibilang mode utama, ada 3 jenis Versus Mode. VS Mode biasa untuk 2 pemain yang masing-masing mengontrol 1 MS. Kalau di Team VS sistemnya bisa 2 lawan 2 atau 3 lawan 3. Kedua pemain mengontrol MS utama tim masing-masing dan menang kalah ditentukan kejatuhan MS utama (kayaq catur, gak perlu menghabisi seluruh pasukan). Sistem yang sama berlaku untuk Team VS (Handicap), bedanya setiap MS mempunyai poin dan jumlah poin maksimal setiap tim adalah 200. Jadi kalau misalnya sudah punya 1 MS yang kuat banget, untuk dua MS pendukung cuma bisa pilih yang lemah.
Dalam Mission Mode ada 3 Mobile Suit yang diturunkan dalam setiap mission, Leader, Right Wing, dan Left Wing. Yang kamu kontrol langsung cuma Leader. Gerakan dua MS lain tergantung posisi MS utama dan formasi yang kamu pilih.
Mobile Suit | |
Check List MS koleksi Lost War Chronicle: | |
Earth Federation Space Force: | Principality of Zeon: |
GM GM (G) GM (Type D) GM Sniper GM Blue Destiny Guntank Guncannon Gundam (G) Ez8 Gundam (G) Alex (Gundam NT1) Mudrock Zephyranthes |
Zaku I Zaku II (J Type) Zaku II (FS Type) Zaku II (S Type) Zaku II (FZ Type) GOUF GOUF Custom Efreet Custom DOM DOM Tropen ACGUY GOGG Z'GOK Z'GOK (S Type) ZOCK HYGOGG Z'GOG-Expriment Zamel Kampfer Gelgoog |
Jangan Lupa:
* Efek Ledakan:
Ledakan yang terjadi pada saat unit lawan hancur bisa menimbulkan damage bagi unit kamu yang berada di tempat sama (biasanya waktu menggunakan senjata jenis combat/kontak langsung). Damagenya tidak kecil, loh.
* Masa Jeda Serangan:
Berupa beberapa detik waktu reload untuk senjata berpeluru seperti bazooka dan machine gun tiap kali peluru habis. Jenis senjata sinar tidak perlu reloading tapi kalau sampai senjata terlalu panas karena terlalu diumbar, waktu cooling off-nya lebih lama, 30 detik.
* Adaptasi Lingkungan:
MS tertentu bersifat "amfibi", darat, air, bahkan di salju juga. Mereka adalah Acguy, OGGG, Zock, Hygogg, dan semua Z'Gok. Mereka bisa dash lebih lama di air. Kalau cuma air dangkal, Mudrock, Dom, Dom Tropen, dan Xamel juga unggul. Sedangkan MS lain malah lebih lambat gerakannya di air dan lebih mudah tergelincir di salju.
* Unggul di Jarak Jauh:
Guntack, Guncannon, Gogg, Zock, Xamel, dll. Gundam tipe ini nggak bisa bergerak lincah tapi tenaga setiap serangannya sangat besar. Idealnya tempatkan MS ini pada jarak antara 200-300 meter dari musuh, dan kelilingi ia dengan MS yang mobilitasnya tinggi. Memilih MS juga harus sesuai isi misi, MS jenis ini juga cocok bila misi adalah menjatuhkan unit yang bisa terbang..
* Unggul di Jarak Dekat:
Terutama Alex, Mudrock, Dom, Dom Tropen, Xamel, Kampfer, dkk. Idealnya ditugaskan untuk mengitari musuh dari jarak 100-150m sambil menyerang terus sebagai MS/penyerang pendukung sementara MS Leader menyerang dari garis belakang.
* All-round attack:
MS yang punya kemampuan seimbang mobilitas dan power, misalnya Zephyranthes, Gundam (G), Gundam, Z'Gok E, dan Gelgogg. Mereka bisa ikut maju menyerang bersama MS pendukung. Perhatian MS musuh akan terpecah sehingga damage bisa ditekan.
* Menambah MS:
Dengan mengulangi misi yang sama pun kamu bisa mendapat MS yang baru. Jadi tak mesti dengan menyelesaikan misi baru yang pasti lebih susah (asal nggak bosan aja). Tapi MS istimewa seperti Z'Gok (S Type) yang khusus dipakai Char atau Blue Destiny hanya bisa diperoleh dengan menyelesaikan misi-misi yang sudah ditentukan ditambah rekor telah menggunakan MS tertentu sekian kali.
* Efek Ledakan:
Ledakan yang terjadi pada saat unit lawan hancur bisa menimbulkan damage bagi unit kamu yang berada di tempat sama (biasanya waktu menggunakan senjata jenis combat/kontak langsung). Damagenya tidak kecil, loh.
* Masa Jeda Serangan:
Berupa beberapa detik waktu reload untuk senjata berpeluru seperti bazooka dan machine gun tiap kali peluru habis. Jenis senjata sinar tidak perlu reloading tapi kalau sampai senjata terlalu panas karena terlalu diumbar, waktu cooling off-nya lebih lama, 30 detik.
* Adaptasi Lingkungan:
MS tertentu bersifat "amfibi", darat, air, bahkan di salju juga. Mereka adalah Acguy, OGGG, Zock, Hygogg, dan semua Z'Gok. Mereka bisa dash lebih lama di air. Kalau cuma air dangkal, Mudrock, Dom, Dom Tropen, dan Xamel juga unggul. Sedangkan MS lain malah lebih lambat gerakannya di air dan lebih mudah tergelincir di salju.
* Unggul di Jarak Jauh:
Guntack, Guncannon, Gogg, Zock, Xamel, dll. Gundam tipe ini nggak bisa bergerak lincah tapi tenaga setiap serangannya sangat besar. Idealnya tempatkan MS ini pada jarak antara 200-300 meter dari musuh, dan kelilingi ia dengan MS yang mobilitasnya tinggi. Memilih MS juga harus sesuai isi misi, MS jenis ini juga cocok bila misi adalah menjatuhkan unit yang bisa terbang..
* Unggul di Jarak Dekat:
Terutama Alex, Mudrock, Dom, Dom Tropen, Xamel, Kampfer, dkk. Idealnya ditugaskan untuk mengitari musuh dari jarak 100-150m sambil menyerang terus sebagai MS/penyerang pendukung sementara MS Leader menyerang dari garis belakang.
* All-round attack:
MS yang punya kemampuan seimbang mobilitas dan power, misalnya Zephyranthes, Gundam (G), Gundam, Z'Gok E, dan Gelgogg. Mereka bisa ikut maju menyerang bersama MS pendukung. Perhatian MS musuh akan terpecah sehingga damage bisa ditekan.
* Menambah MS:
Dengan mengulangi misi yang sama pun kamu bisa mendapat MS yang baru. Jadi tak mesti dengan menyelesaikan misi baru yang pasti lebih susah (asal nggak bosan aja). Tapi MS istimewa seperti Z'Gok (S Type) yang khusus dipakai Char atau Blue Destiny hanya bisa diperoleh dengan menyelesaikan misi-misi yang sudah ditentukan ditambah rekor telah menggunakan MS tertentu sekian kali.
Original Team
Penggemar Gundam tentunya tak mau melewatkan kesempatan memakai original tema dari kisah-kisah asli Gundam. Kalau bisa menampilkan team ini (hanya di mode Team VS dan Team VS (Handicap)) akan muncul karakter dari judul masing-masing sebagai pilot MS Leader.
Penggemar Gundam tentunya tak mau melewatkan kesempatan memakai original tema dari kisah-kisah asli Gundam. Kalau bisa menampilkan team ini (hanya di mode Team VS dan Team VS (Handicap)) akan muncul karakter dari judul masing-masing sebagai pilot MS Leader.
12 Original Team dan MS yang dibutuhkan: Team (Sumber) | Leader | Right Wing | Left Wing |
White Base
(Kidousenshi Gundam) 08th Team (Gundam MS 08th Team) Kidousenshi Gundam Gaiden White Dingo Team (Kidousenshi Gundam Gaiden Colony no Ochita Chi de) G4 Team Alvion Team (Kidousenshi Gundam 0083 Star Dust Memory) (Kidousenshi Gundam) Kuroi Sanrenhoshi (Kidousenshi Gundam) Mad Angler Team (Kidousenshi Gundam) (Kidousenshi Gundam Gaiden Colony no Ochita Chi de) (Kidousenshi Gundam 0080 Pocket no Naka no Sensou) (Kidousenshi Gundam 0083 Star Dust Memory) |
Gundam Ez-8 GM Blue Destiny GM Sniper Custom II Alex Zephyranthes Gouf Dom Z'Gok (S Type) Gelgoog (G Type) Z'Gok-Experiment) Xamel |
Guncannon Gundam (G) GM (Type D) GM Sniper Custom II GM (Type D) Zaku II (J Type) Zaku II (J Type) Dom Zock Gouf Custom Kampfer Zaku II (S Type) |
Guntank Gundam (G) GM (Type D) GM Sniper CustomII GM (Type D) Zaku II (J Type) Zaku II (J Type) Dom Acguy Zaku II (J Type) Zaku II (FZ Type) Dom Tropen |
OPERATION & TACTICS
Taktik-taktik berikut akan berguna di Mission Mode, maupun ketiga macam Versus Mode. Bagian strategi yang ini lebih ditujukan buat pemain yang baru memulai game Gundam ini atau agak lemah dalam game action. Kalo kamu merasa udah menguasai semua sistem ini, silahkan langsung membalik halaman ke walkthrough Mission Mode.
Tactics 1: Formation
Formasi bisa diubah secara real time dalam pertempuran. Faktor yang harus dipertimbangkan adalah jenis MS Leader, sisa HP, jenis musuh, dan jenis/kondisi arena. Ada 3 jenis formasi, dengan keunggulan masing-masing.
V Formation
Gunakan MS yang punya kemampuan menembak kuat dan jitu sebagai Leader.
Posisi MS pendukung lebih maju dari pada Leader. Mereka berfungsi sebagai pengalih perhatian musuh, biar mereka yang banyak diserang. Gunakan MS yang mobilitasnya bagus sebagai MS pendukung, sementara Leader-nya yang punya kekuatan tembakan besar. Cara ini juga lebih pas untuk melindungi Leader. Atau, gunakan formasi ini dengan 3 MS yang semuanya mobile untuk serbuan kilat bersama.
Arrow Formation
Leader sebagai pemancing serangan musuh.
Leader di depan sebagai penyerang utama, sementara kedua MS lain di belakang sebagai pendukung. Tentu saja MS Leader harus yang lincah. Karena ia juga bakal jadi sasaran utama, sebaiknya jangan gunakan serangan combat karena akan membuatnya terpaku di posisi tertentu.
Spread Formation
Agar tidak dibokong musuh saat posisi terkepung, biar satu lawan satu juga bisa.
Di sini kamu sengaja membiarkan MS pendukung untuk bergerak bebas. Gunakan formasi ini pada saat kamu sendiri mengincar posisi yang berbeda dengan posisi musuh. Jadi sementara kamu menuju ke posisi yang kamu inginkan, urusan musuh sepenuhnya kamu pasrahkan pada MS pendukung.
Taktik-taktik berikut akan berguna di Mission Mode, maupun ketiga macam Versus Mode. Bagian strategi yang ini lebih ditujukan buat pemain yang baru memulai game Gundam ini atau agak lemah dalam game action. Kalo kamu merasa udah menguasai semua sistem ini, silahkan langsung membalik halaman ke walkthrough Mission Mode.
Tactics 1: Formation
Formasi bisa diubah secara real time dalam pertempuran. Faktor yang harus dipertimbangkan adalah jenis MS Leader, sisa HP, jenis musuh, dan jenis/kondisi arena. Ada 3 jenis formasi, dengan keunggulan masing-masing.
V Formation
Gunakan MS yang punya kemampuan menembak kuat dan jitu sebagai Leader.
Posisi MS pendukung lebih maju dari pada Leader. Mereka berfungsi sebagai pengalih perhatian musuh, biar mereka yang banyak diserang. Gunakan MS yang mobilitasnya bagus sebagai MS pendukung, sementara Leader-nya yang punya kekuatan tembakan besar. Cara ini juga lebih pas untuk melindungi Leader. Atau, gunakan formasi ini dengan 3 MS yang semuanya mobile untuk serbuan kilat bersama.
Arrow Formation
Leader sebagai pemancing serangan musuh.
Leader di depan sebagai penyerang utama, sementara kedua MS lain di belakang sebagai pendukung. Tentu saja MS Leader harus yang lincah. Karena ia juga bakal jadi sasaran utama, sebaiknya jangan gunakan serangan combat karena akan membuatnya terpaku di posisi tertentu.
Spread Formation
Agar tidak dibokong musuh saat posisi terkepung, biar satu lawan satu juga bisa.
Di sini kamu sengaja membiarkan MS pendukung untuk bergerak bebas. Gunakan formasi ini pada saat kamu sendiri mengincar posisi yang berbeda dengan posisi musuh. Jadi sementara kamu menuju ke posisi yang kamu inginkan, urusan musuh sepenuhnya kamu pasrahkan pada MS pendukung.
Tactics 2: Kuasai Titik Kemunculan Musuh Extra
Kalau Leader di Timur, Extra muncul musuh di Barat.
Kalau Leader di Barat, Extra muncul musuh di Timur.
Di setiap peta musuh baru (Extra) selalu muncul di titik yang sama. Titik ini berseberangan arah anginnya dari posisi Leader, alias selalu muncul di tempat yang jauh dari Leader.
Tactics 3: Alat Tambahan
Setelah menyelesaikan misi , ada karakter yang akan memberitahukan padamu alat tambahan apa yang bisa kamu ambil.
Long Range Radar
Terletak di kiri bawah layar. Bisa mencakup hampir seluruh map. Diaktif/matikan dengan tombol Select.
HP Gauge Musuh
Membaca sisa HP musuh yang kamu lock-on. Jadi bisa segera menilai perlu pakai senjata apa, apakah ball gun, atau beam rifle.
Lock-On Detector
Alat ini akan memberitahukan bila kamu sudah di-lock-on oleh musuh. Bila kamu memang ingin menjadi pemancing seranga musuh, dengan alat ini kamu bisa tahu keinginanmu sudah tercapai atau tidak. Bila HP sudah sedikit, kamu bisa segera menghindar
Tactics 4: Mengorbankan MS
Kalo kepepet, MS Right/Left jadi tameng.
Tentu saja yang dikorbankan adalah MS pendukung karena mempertahankan hidup mereka tidak termasuk wajib. Yang penting syarat Mission Clear dipenuhi dan MS utama tidak sampai nol HP-nya.
Tactics 5: Akurasi/Hit Tembakan
Saat musuh mendarat dari jump adalah kesempatan untuk menembak. Tapi kalau MS kamu lincah, gerakan jump berturut-turut atau dash cukup efektif untuk menghindari tembakan.
Setelah step resiko kena tembak lebih besar lagi. Apalagi kalau yang digunakan lawan jenis senjata sinar yang kecepatan pelurunya tinggi
Walaupun musuh bergerak terus ada satu kesempatan untuk melakukan hit beruntun, yaitu saat musuh bergerak dengan arah lurus di depan MS kita, baik maju ataupun mundur.
Tactics 6: Serang Dari Belakang/Samping
Paling telak kalau diserang dari belakang.
Armor MS di bagian belakang dan samping badannya tidak sekuat di bagian depan, jadi kalau kamu serang dari situ damage lebih besar. Kamu bisa lock-on sasaran dari depan baru melompat atau bergerak memutar ke belakangnya baru menembak. Keuntungan lain berada di belakang/samping musuh, kamu lebih sulit kena serang. Kalau kesulitan memutari/melompati musuh, atur kerja sama dengan MS pendukung.
Tactics 7: Menghindari Serangan
Kemampuan ini bahkan lebih penting dari pada melakukan serangan. Cara paling efektif adalah bergerak tanpa henti, bergerak ke kiri-kanan musuh dengan diselilingi jump sesekali.
Dengan gerakan menyamping bolak balik aja cukup kalo MS kamu termasuk yang punya gerakan cepat.
Gerakan arah depan-belakang sangat berbahaya bila menghadapi musuh yang punya senjata tembakan.
Sambil bergerak kanan-kiri diselilngi jump, perhatikan juga gauge slaster, jangan sampai over heat alias kepanasan.
Kalau Leader di Timur, Extra muncul musuh di Barat.
Kalau Leader di Barat, Extra muncul musuh di Timur.
Di setiap peta musuh baru (Extra) selalu muncul di titik yang sama. Titik ini berseberangan arah anginnya dari posisi Leader, alias selalu muncul di tempat yang jauh dari Leader.
Tactics 3: Alat Tambahan
Setelah menyelesaikan misi , ada karakter yang akan memberitahukan padamu alat tambahan apa yang bisa kamu ambil.
Long Range Radar
Terletak di kiri bawah layar. Bisa mencakup hampir seluruh map. Diaktif/matikan dengan tombol Select.
HP Gauge Musuh
Membaca sisa HP musuh yang kamu lock-on. Jadi bisa segera menilai perlu pakai senjata apa, apakah ball gun, atau beam rifle.
Lock-On Detector
Alat ini akan memberitahukan bila kamu sudah di-lock-on oleh musuh. Bila kamu memang ingin menjadi pemancing seranga musuh, dengan alat ini kamu bisa tahu keinginanmu sudah tercapai atau tidak. Bila HP sudah sedikit, kamu bisa segera menghindar
Tactics 4: Mengorbankan MS
Kalo kepepet, MS Right/Left jadi tameng.
Tentu saja yang dikorbankan adalah MS pendukung karena mempertahankan hidup mereka tidak termasuk wajib. Yang penting syarat Mission Clear dipenuhi dan MS utama tidak sampai nol HP-nya.
Tactics 5: Akurasi/Hit Tembakan
Saat musuh mendarat dari jump adalah kesempatan untuk menembak. Tapi kalau MS kamu lincah, gerakan jump berturut-turut atau dash cukup efektif untuk menghindari tembakan.
Setelah step resiko kena tembak lebih besar lagi. Apalagi kalau yang digunakan lawan jenis senjata sinar yang kecepatan pelurunya tinggi
Walaupun musuh bergerak terus ada satu kesempatan untuk melakukan hit beruntun, yaitu saat musuh bergerak dengan arah lurus di depan MS kita, baik maju ataupun mundur.
Tactics 6: Serang Dari Belakang/Samping
Paling telak kalau diserang dari belakang.
Armor MS di bagian belakang dan samping badannya tidak sekuat di bagian depan, jadi kalau kamu serang dari situ damage lebih besar. Kamu bisa lock-on sasaran dari depan baru melompat atau bergerak memutar ke belakangnya baru menembak. Keuntungan lain berada di belakang/samping musuh, kamu lebih sulit kena serang. Kalau kesulitan memutari/melompati musuh, atur kerja sama dengan MS pendukung.
Tactics 7: Menghindari Serangan
Kemampuan ini bahkan lebih penting dari pada melakukan serangan. Cara paling efektif adalah bergerak tanpa henti, bergerak ke kiri-kanan musuh dengan diselilingi jump sesekali.
Dengan gerakan menyamping bolak balik aja cukup kalo MS kamu termasuk yang punya gerakan cepat.
Gerakan arah depan-belakang sangat berbahaya bila menghadapi musuh yang punya senjata tembakan.
Sambil bergerak kanan-kiri diselilngi jump, perhatikan juga gauge slaster, jangan sampai over heat alias kepanasan.
Kursor
Lock On Color
Musuh yang sedang down, bila kena serangan lagi pun tidak akan bertambah damage-nya. Dari pada boros tenaga, mendingan periksa status musuh dengan warna cursor lock-on.
Bila jumlah musuh banyak, lock-on dipindah-pindahkan dengan stik analog kanan. Lock On sebaiknya tidak digunakan kalau tujuanmu adalah bergerak.
Hijau
Kondisi normal. Artinya seranganmu akan menghasilkan damage senilai biasanya. Tapi kalau musuh guard, hasilnya no damage, jadiperhatikan gerakan musuh.
Kuning
Kondisi yang terjadi karena kena heavy attack atau serangan yang membuatnya tak bisa bergerak. Saat ini damage yang ditimbulkan serangan susulan cuma separuh. Hanya 3 serangan beruntun (lihat halaman sebelah) yang efek damage-nya tetap seperti biasa.
Merah
Musuh terjatuh/down. Apapun serangan yang kamu berikan tidak bisa menimbulkan damage.
Combative Attack
Combative attack yang mengadu MS secara langsung dalam jarak terdekat menimbulkan damage yang lebih besar, tapi untuk pemula lebih baik menguasai dulu serangan dengan tembakan, entah senjata sinar maupun senjata api (Tactics 5). Soalnya dasar tekniknya sama.
3 Serangan Beruntun
Setelah Triple Hit, sudut pandang berubah.
Combative attack yang menghasilkan Hit bisa disusul 2 Hit beruntun lagi alias Triple Hit. Manfaatkan jurus ini utuk menyelamatkan diri pada saat terkepung musuh.
Special Attack
Semua serangan ini menghabiskan Slastar. Kuat dan enak dilihat tapi juga sulit digunakan.
Dash Attack
Serangan yang luar biasa. Kalau dilakukan setelah Heavy attack pasti kena.
Heavy Attack
Akan membuat musuh tak bisa bergerak. Tapi menguras gauge Slaster, dan setelah itu kursor lock-on jadi kuning.
Special Attack
Setelah dash otomatis mengeluarkan combative attack. Tapi pada musuh yang sedang bergerak, boleh dibilang pasti meleset.
Allignment Cursor
Lingkaran penuh, Kursor untuk nembak
Lingkaran terputus, kursor untuksenjata khusus. Tanda + muncul bila sudah tepat.
Kursor ini ada 2 jenis, yang besar untuk menembak dan yang kecil untuk senjata khusus. Setepat apa kursor ini bertumpuk dengan kursor lock-on menentukan akurasi serangan. Tapi pada serangan combat, kedua kursor ini jadi satu.
Lock On Color
Musuh yang sedang down, bila kena serangan lagi pun tidak akan bertambah damage-nya. Dari pada boros tenaga, mendingan periksa status musuh dengan warna cursor lock-on.
Bila jumlah musuh banyak, lock-on dipindah-pindahkan dengan stik analog kanan. Lock On sebaiknya tidak digunakan kalau tujuanmu adalah bergerak.
Hijau
Kondisi normal. Artinya seranganmu akan menghasilkan damage senilai biasanya. Tapi kalau musuh guard, hasilnya no damage, jadiperhatikan gerakan musuh.
Kuning
Kondisi yang terjadi karena kena heavy attack atau serangan yang membuatnya tak bisa bergerak. Saat ini damage yang ditimbulkan serangan susulan cuma separuh. Hanya 3 serangan beruntun (lihat halaman sebelah) yang efek damage-nya tetap seperti biasa.
Merah
Musuh terjatuh/down. Apapun serangan yang kamu berikan tidak bisa menimbulkan damage.
Combative Attack
Combative attack yang mengadu MS secara langsung dalam jarak terdekat menimbulkan damage yang lebih besar, tapi untuk pemula lebih baik menguasai dulu serangan dengan tembakan, entah senjata sinar maupun senjata api (Tactics 5). Soalnya dasar tekniknya sama.
3 Serangan Beruntun
Setelah Triple Hit, sudut pandang berubah.
Combative attack yang menghasilkan Hit bisa disusul 2 Hit beruntun lagi alias Triple Hit. Manfaatkan jurus ini utuk menyelamatkan diri pada saat terkepung musuh.
Special Attack
Semua serangan ini menghabiskan Slastar. Kuat dan enak dilihat tapi juga sulit digunakan.
Dash Attack
Serangan yang luar biasa. Kalau dilakukan setelah Heavy attack pasti kena.
Heavy Attack
Akan membuat musuh tak bisa bergerak. Tapi menguras gauge Slaster, dan setelah itu kursor lock-on jadi kuning.
Special Attack
Setelah dash otomatis mengeluarkan combative attack. Tapi pada musuh yang sedang bergerak, boleh dibilang pasti meleset.
Allignment Cursor
Lingkaran penuh, Kursor untuk nembak
Lingkaran terputus, kursor untuksenjata khusus. Tanda + muncul bila sudah tepat.
Kursor ini ada 2 jenis, yang besar untuk menembak dan yang kecil untuk senjata khusus. Setepat apa kursor ini bertumpuk dengan kursor lock-on menentukan akurasi serangan. Tapi pada serangan combat, kedua kursor ini jadi satu.
RECOMMENDED MS:
Federation: GM Sniper II, GM (G)
Alasan: Rotasi, gerakan/Mobilitas, dan Slaster-nya tinggi, jadi mudah dikendalikan gerakannya. Keduanya pun punya senjata tembakan sinar. Kalau kamu juga mengincar Rank yang tinggi, pakai GM. Tergantung misinya, ada bonus point 10 ribu kalau pakai 3 unit dan 20 ribu kalau pakai 1 unit.
Zeon: Gogg, Gelgogg (Type G)
Di antara semua MS Zeon yang sangat khas, Cuma Gelgogg (Type G) yang kamu peroleh di bagian akhir yang mudah dipergunakan. Kalau sudah mendapatkannya, kombinasikanlah dengan A: Goef Series atau Zaku II yang tembakannya lemah tapigerakannya lincah sehingga cocok untuk lock-on serta B: Gogg atau Hi-Gogg yang tembakannya kuat. Dengan Gogg dkk tanpa banyak bergerak pun kamu bisa mengincar musuh yang datang mendekatimu. Kalau Zaku I lemah dibandingkan GM jadi perlu teknik lebih tinggi.
RECOMMENDED MS COMBINATION:
Pola Serangan Tembak
Salah satu MS terkuat untuk pola ini adalah GM Sniper Custom II. Selain senjata tembakan biasa, juga punya special weapon dan special attack.
Taktik: Dengan 1 Tembakan Pasti
Periksa arah musuh dengan field map atau long range radar.
Nantikan kedatangan musuh, pasang mata terus dan begitu mereka masuk range tembakan... bidik.tembak. Itu taktik dasarnya. Kirimkan Right/Left Wing maju ke depan sementara kamu mengincar titik di mana musuh yang step atau jump menghindari mereka akan mendarat. Setelah kena tembakan, ada baiknya defense terhadap serangan balasan yang mungkin terjadi.
Taktik: Mengitari sambil Mendekati Musuh
MISSION
Mission: 01-03
Earth Federation
Space Force
Pihak yang Cocok Buat Pemula
Di misi-misi awal pihak Federation ini, musuh yang muncul sedikit, kondisi map-nya sejauh mata memandang mendukung, dan banyak alasan lain lagi yang membuat pihak ini lebih mudah digunakan. MS-nya juga tidak begitu rumit, lebih mudah digunakan. MS yang baru muncul di game ini pun cara kontrolnya tidak jauh berbeda dengan yang biasanya.
Kemampuan MS Federation tidak menonjol di bagian tertentu saja, jadi mudah digunakan.
MS yang diperoleh di misi-misi awal
Kalau kamu memainkan Mission 1 sampai 10 kali saja, kamu akan mendapat 8 MS, termasuk Guntank dan GM yang langsung diperoleh di awal permainan. Rank-nya berkisar S-B, tapi yang paling banyak Rank A. Yang paling berharga Gundam (G) dan GM Sniper Custom II.
GM Sniper Custom II
Titik Muncul Musuh
Contohnya nih. Pada peta ini terlihat musuh tambahan 1 (seterusnya Extra 1) di titik di selatan dan utara, tapi artinya bukan muncul dari kedua titik itu sekaligus. Kalau posisi Leader lebih condong ke utara, otomatis Extra 1 muncul dari selatan. Dan sebaliknya. Titik munculnya extra juga akan ada di lokasi sasaran.
Bila masuk informasi baru dari operator cek lagi biar lebih jelas lewat field map.
Jangan Mengejar Rank Tinggi
Rank adalah nilai yang ditampilkan di akhir misi. Rank ada 5, mulai dari yang paling tinggi yaitu S, A, B, C, dan D. Kalau baru mulai main, kagak usah ambisi dapat rank tinggi dulu, deh. Lagi pula setiap misi punya stage dan punya kesulitan yang berbeda-beda, yang penting bisa maju terus dan enjoy. Selain itu ada tindakan (cheat) tertentu yang bisa membuat isi misi berubah dari kondisi awal, jadi lebih menarik dan mudah kalau kamu berusaha mencari tindakan pemicu itu.
Ada misi tertentu yang mewajibkan kita melakukan hal-hal kecil tertentu untuk mendapat Succes Rate 100%.
Federation: GM Sniper II, GM (G)
Alasan: Rotasi, gerakan/Mobilitas, dan Slaster-nya tinggi, jadi mudah dikendalikan gerakannya. Keduanya pun punya senjata tembakan sinar. Kalau kamu juga mengincar Rank yang tinggi, pakai GM. Tergantung misinya, ada bonus point 10 ribu kalau pakai 3 unit dan 20 ribu kalau pakai 1 unit.
Zeon: Gogg, Gelgogg (Type G)
Di antara semua MS Zeon yang sangat khas, Cuma Gelgogg (Type G) yang kamu peroleh di bagian akhir yang mudah dipergunakan. Kalau sudah mendapatkannya, kombinasikanlah dengan A: Goef Series atau Zaku II yang tembakannya lemah tapigerakannya lincah sehingga cocok untuk lock-on serta B: Gogg atau Hi-Gogg yang tembakannya kuat. Dengan Gogg dkk tanpa banyak bergerak pun kamu bisa mengincar musuh yang datang mendekatimu. Kalau Zaku I lemah dibandingkan GM jadi perlu teknik lebih tinggi.
RECOMMENDED MS COMBINATION:
Pola Serangan Tembak
Salah satu MS terkuat untuk pola ini adalah GM Sniper Custom II. Selain senjata tembakan biasa, juga punya special weapon dan special attack.
Federation: Pola 1: Leader: Guntank, Wing: GM Pola yang bisa dipilih sejak Start. Kalau koleksi MS sudah bertambah, ganti GM dengan GM (G) atau MS lain yang lincah. Pola 2: Leader: GM Sniper Custom II, Wing: GM Sniper Custom II Karena gerakannya agak susah, gunakan MS Wing untuk memancingmusuh. |
Zeon Pola 1: Gogg, Wing: Gogg Boleh juga kalau mau mengganti Gogg di sayap dengan Goef yang lebih lincah. Pola Combative Attack Sebenarnya semua MS game ini jago combat, jadi tinggal cari yang juga dilengkapi slaster dan rotasi bagus. MS yang punya senjata juga punya jangkauan yang lebih panjang. |
Taktik: Dengan 1 Tembakan Pasti
Periksa arah musuh dengan field map atau long range radar.
Nantikan kedatangan musuh, pasang mata terus dan begitu mereka masuk range tembakan... bidik.tembak. Itu taktik dasarnya. Kirimkan Right/Left Wing maju ke depan sementara kamu mengincar titik di mana musuh yang step atau jump menghindari mereka akan mendarat. Setelah kena tembakan, ada baiknya defense terhadap serangan balasan yang mungkin terjadi.
Kalau timing saat menyerang dengan slash bisa tepat (beruntun), efeknya lebih besar dari pada Triple Hit. |
Federation: Pola 1: Leader: GM (Type D), Wing: Guntank Kombinasi yang bisa diperoleh di babak awal. Wing selain menyerang ala combat juga bisa untuk memeberikan tembakan pendukung. Pola 2: Wing: GM Sniper Custom II, Wing: GM Sniper Custom II Kombinasi terbaik untuk ini. |
Trik dasarnya adalah mendekati musuh dengan mendadak dengan emngandalkan slaster yang tinggi atau jump. Jangan lupa untuk bergerak kiri-kanan saat mendekati musuh. | Zeon: Pola 1: Leader: Goef, Wing: Gogg Kombinasi yang bisa diperoleh di babak awal. Sebaiknya Gogg menunggu musuh mendekat, bukan sebaliknya. Pola 2: Leader: Goef Custom, Wing: Dom Tropen Kombinasi terbaik. |
Pola
Rank Pola yang bertujuan untuk mengejar Rank tinggi di akhir misi. Bisa juga dengna cara mengurangi jumlah MS yang tampil. Rank bertambah tinggi bila di akhir misi kamu mendapat special bonus. |
Federation: Pola 1: Leader: GM,
Wing: GM MS paling lemah di Federation. Tapi karena sebetulnya semua MS Federation kuat, tidak pakai MS Wing juga boleh. Pola 2: Leader: Gundam (G), Wing: - Walaupun sendirian sudah cukup tangguh, kok. Bonusnya sama dengan pakai 3 unit GM. |
Pecah
Belah Musuh
Ambil posisi yang jauh dari titik munculnya musuh. Otomatis karena jarak dan perbedaan kecepatan antar MS musuh, mereka akan lebih mudah dicerai-beraikan. Tapi pola ini tidak cocok untuk misi defensif atau sebagai pengawal. |
Zeon:
Pola 1: Leader: Zaku I, Wing: Zaku
I Karena mereka sudah lemah banget, jangan nekad tidak pakai Wing, ya. Pola 2: Leader: Gelgogg, Wing: - Biarpun bertarung sendirian, lapis bajanya tebal. Sebaiknya di map yang darat semua karena geraknnya cukup lamban |
MISSION
Mission: 01-03
Earth Federation
Space Force
Pihak yang Cocok Buat Pemula
Di misi-misi awal pihak Federation ini, musuh yang muncul sedikit, kondisi map-nya sejauh mata memandang mendukung, dan banyak alasan lain lagi yang membuat pihak ini lebih mudah digunakan. MS-nya juga tidak begitu rumit, lebih mudah digunakan. MS yang baru muncul di game ini pun cara kontrolnya tidak jauh berbeda dengan yang biasanya.
Kemampuan MS Federation tidak menonjol di bagian tertentu saja, jadi mudah digunakan.
MS yang diperoleh di misi-misi awal
Kalau kamu memainkan Mission 1 sampai 10 kali saja, kamu akan mendapat 8 MS, termasuk Guntank dan GM yang langsung diperoleh di awal permainan. Rank-nya berkisar S-B, tapi yang paling banyak Rank A. Yang paling berharga Gundam (G) dan GM Sniper Custom II.
GM Sniper Custom II
Titik Muncul Musuh
Contohnya nih. Pada peta ini terlihat musuh tambahan 1 (seterusnya Extra 1) di titik di selatan dan utara, tapi artinya bukan muncul dari kedua titik itu sekaligus. Kalau posisi Leader lebih condong ke utara, otomatis Extra 1 muncul dari selatan. Dan sebaliknya. Titik munculnya extra juga akan ada di lokasi sasaran.
Bila masuk informasi baru dari operator cek lagi biar lebih jelas lewat field map.
Jangan Mengejar Rank Tinggi
Rank adalah nilai yang ditampilkan di akhir misi. Rank ada 5, mulai dari yang paling tinggi yaitu S, A, B, C, dan D. Kalau baru mulai main, kagak usah ambisi dapat rank tinggi dulu, deh. Lagi pula setiap misi punya stage dan punya kesulitan yang berbeda-beda, yang penting bisa maju terus dan enjoy. Selain itu ada tindakan (cheat) tertentu yang bisa membuat isi misi berubah dari kondisi awal, jadi lebih menarik dan mudah kalau kamu berusaha mencari tindakan pemicu itu.
Ada misi tertentu yang mewajibkan kita melakukan hal-hal kecil tertentu untuk mendapat Succes Rate 100%.
1 komentar:
If you're trying hard to lose kilograms then you certainly need to jump on this totally brand new custom keto diet.
To create this keto diet service, certified nutritionists, personal trainers, and chefs joined together to develop keto meal plans that are effective, decent, economically-efficient, and fun.
Since their launch in January 2019, 1000's of people have already completely transformed their body and well-being with the benefits a smart keto diet can provide.
Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover eight scientifically-certified ones provided by the keto diet.
Posting Komentar