Minggu, 26 April 2015

Walkthrough Escape From Monkey Island (PS2)


Welcome back to Escape From Monkey Island! Ketemu lagi dengan Guybrush, Elaine, LeChuck, dan karakter-karakter lain yang juga muncul di episode sebelumnya. Mereka berada di pulau yang dijuluki Dunia Hitam, karena dikuasai vodoo magic dan didu-duki bajak laut serta iblis dari Heck. Escape From Monkey Island versi PS 2 ini merupakan serial lanjutan yang dikem-bangkan dan diterbitkan LucasArts. Dua episode sebelumnya khusus buat PC dan Machintos. 

Sejak dirilis untuk pertama kalinya tahun lalu, serial ini banyak disukai lho. Alur ceritanya yang dalam, background dan animasi yang keren, terus plus humor lagi. Game ini menampilkan grafik 3D dan sebuah sistem yang mengkoor-dinasikan bunyi dan musik sesuai suasana cerita. Meskipun episode terbaru ini berkaitan dengan episode-episode sebelumnya, jangan takut kamu tetap bisa menikmatinya, kok!  

KONTROL 
Guybrush Threepwood, karakter utama dalam game ini, dapat berinteraksi dengan hampir semua orang dan benda di sekitarnya. Begitu kamu bisa mendekati orang atau objek tertentu, sederet pilihan akan muncul di pojok layar. 

Segitiga - Gunakan Objek 
Lingkaran - Lihat Objek 
Kotak Pilih Objek 
X - Ambil Pilihan 
L2 - Buka inventory Guybrush 
R2 - Beri petunjuk selama Monkey Kombat 
Joystick Analog Kanan - Kelilingi inventory Guybrush dan semua pilihan 
D-pad dan Joystick Analog Kiri - Gerakkan Guybrush 

Catatan: Kalau kamu mau menggabungkan dua item yang ada dalam inventory Guybrush, pilih item pertama dengan . Tombol ini akan mengerakkan sisa-sisa item ke bawah. Kelilingi inventory sampai kamu menemukan item yang mau kamu kombinasikan dengan yang tadi, kemudian tekan X. Kedua item ini mungkin bisa digabungkan. 

Insults (Kata-kata Hinaan) 
- Today, be myself, twelve people I've been beaten. 
- I've got muscles in places you've never even heard of. 
- Give up now, or I'll crush you like a grape! 
- My 98-year old grandmother has bigger arms than you! 
- I'm going to put your arm in a sling. 
- My stupefying strength will shatter your ulna into a million pieces! 
- Hey, look over there! 
- Your knuckles I'll grind to a spilntery paste. 
- Your arms are no bigger than fleas that I've met! 
- People consider my fist lethal weapons! 
- Only once have I met such a coward! 
- You're yhe ugliwst creature I've ever seen in my life. 
- My forearms have been mistaken for tree trunks! 
- I've outwrestled octopi with these arms! 
- Do I see quivers of agony dance on your lip? 
- You're a big poopie head! 
- You suck! 
- Dummy! 
- You're not veru nice. 

Responses (Respon/Jawaban)
- From the size of your gut, I'd guess they were eaten. 
- It's too bad none of them are in your arms. 
- I would if it would stop your WINE-ING. 
- Yeah, but we've both got better bladder control than you. 
- Why, ya studying to be a nurse? 
- I'm surprised you can count that high. 
- Yeah, yeah, I know: it's a three headed-monkey. 
- I thought the bean dip had a strange taste. 
- So THAT's why you're scratchingI'd go see a vet. 
- Sadly, your breath should be equally reckoned. 
- He must have taught you everything you know. 
- I'm shocked that you've never gazed at your wife. 
- An over-the-counter defoliant could help with that problem. 
- I'm sure that spineless creatures everywhere are humbled by your might. 
- It's laughter that's caused by your feathery grip. 
- Oh, yeah? 
- NOT. 
- I am rubber, you are glue 
- I'm shakin.

AKSI 1: YANG HARUS DILAKUKAN DI MLE ISLAND SAAT KAMU MATI 

1. Mle Island 

A. Kalahkan Enemy Pirate Ship 
1. Suruh Guybrush menggunakan anglo/kompor arang yang berisi batubara panas dengan menekan . Kamu akan terbiasa dengan bidang pemisah (interface) ini kalau kamu terus bermain. Guybrush akan menyingkirkannya. 
2. Ambil batubara panas dan putar Guybrush sampai kamu mendapatkan pilihan untuk meletakkan batu bara itu di meriam. 

B. Hentikan Ketapel dan Dapatkan Navigator 
1. Pergilah ke pelabuhan dan ambil tabung inti letupan dekat mesin minuman keras. 
2. Pergilah ke bar SCUMM. Berjalan ke belakang ruangan dan lihat balon ulang tahun si pemabuk. 
3. Ambil anak panah untuk meletuskan balon. 
4. Ambil kue kering si pemabuk. 
5. Pergilah ke I. Senyum dan bertanyalah pada pria - di dekat meja yang berada di seberang pemabuk apakah ia mau bergabung menjadi awak kapalmu. 
6. Kalau ia bertanya apa misimu, ngibul aja sedikit: mau bertemu pengacara istrimu di Lucre Island. 
7. Ia mau bergabung denganmu kalau kamu bisa mengalahkannya di Insult Arm Wrestling. 
8. Supaya bisa menaklukkannya, kamu harus memilih respon yang tepat untuk setiap penghinaan (insult) dan kamu tidak boleh mengulangi kata-kata hinaan itu kepadanya. Berikut ini kata-kata hinaan beserta responnya.
9. Setelah kamu mengalahkan I, kembalilah ke mansion dan gunakan tabung bagian dalam di kaktus. 
10. Tawarkan pretzel pada operator ketapel. 
11. Ketika ia pergi, gunakan ketapelnya. 

C. Dapatkan Swashbuckling Crew dan Kapal 
1. Kembali ke kota dan bicaralah pada bajak-bajak laut terkenal yang berdiri dekat hall Mle Town. Mereka adalah Otis dan Carla, awak kapalmu yang lama. 
2. Otis dan Carla trauma dengan apa yang dialami dulu bersamamu. Mereka mau bergabung lagi asalkan kamu menawarkan tugas pemerintahan yang menyenangkan. 
3. Pergilah ke rumah besar (mansion), lalu lihat kertas-kertas pemerintahan di meja di belakang. Itu adalah kontrak kerja untuk tugas pemerintahan yang menyenangkan. Suruh Elaine menandatanganinya. 
4. Beri tahu Elaine kalau kamu sedang kesulitan mendapatkan kapal karena kamu tidak punya otoritas yang tepat. Ia akan memberimu Mle Island Gubernatorial Symbol. 
5. Berikan kontrak kerja yang sudah ditandatangani itu pada Otis dan Carla. 
6. Pergi ke Harbor dan gunakan Gubernatorial Symbol di Harbor Mistress. 

2. Lucre Island 

A. Law Office of W.T.D. 
Kamu tidak bisa melakukan apa-apa sampai kamu pergi ke Law Office. Setelah selesai berbicara dengan para pengacara, mereka akan memberimu su-rat dari Grandpa Marley. Bacalah. 

B. Lucre Bank 
1. Ambil wadah Scupperware kosong di meja dekat pintu. 
2. Bicaralah pada Teller, bilang kalau kamu mau menarik sebagian item dari safety deposit box-mu. 
3. Ketika berada dalam ruangan besi ambil tiga kemasan spons (yang kecil dibungkus sapu tangan), pedang, dan sapu tangan. Lihatlah ke dalam safety deposit box yang terbuka dan ambil kotak musik dan sebotol minuman keras. 
4. Patahkan ujung engsel pintu yang melengkung dengan pedang, kemudian jejalkan pedang yang rusak itu ke dalam celah. 
5. Jejalkan spons ke dalam celah. 
6. Tuangkan minuman keras ke spons. 

C. Dapatkan Bukti-bukti 
1. Sebelum meninggalkan sel, ambil sekaleng lemak ayam. 
2. Gunakan pedang yang rusak untuk membuka penutup lubang pipa/got tepat di luar bank. 
3. Bacalah tulisan yang tertera di penutup lubang itu: "Mindy loves Jed. Jerry loves Mindy." (Nama-nama ini berubah dalam setiap game). 
4. Pergilah ke Palace of the Prostheses dan mintalah benda-benda palsu yang gratis. 
5. Dengarkan cerita Deadeye Dan, isilah tempat yang kosong dengan nama-nama di penutup lubang. 
6. Dapatkan Prosthetic Skin. 
7. Gunakan Prosthetic Skin pada penutup lubang dan gunakan juga untuk melompat melalui tepi jendela. 
8. Turuni tangga dan gunakan rantai penarik untuk menyalakan lampu. 
9. Naiki tangga itu lagi dan lihat bayangan lucu untuk memperoleh hidung palsu. 

D. Temukan Pegnose Pete 
1. Pergilah ke Scents and Sensebilities, lalu ambil botol au de cologne di stan dan botol spitzer kosong dari dalam gundukan di lantai. 
2. Menujulah ke House O' Sticks dan ambil serutan/serbuk kayu. Gabungkan dengan botol spritzer. Maka akan menghasilkan parfum. Kamu harus berjalan sebentar ke sebuah toko, maka cutscene dengan Ozzie Mandril terjadi sebelum kamu mengambil serutan kayu. 
3. Pergilah ke Bait Shoppe dan ambil seekor bebek di luar. Ambil juga beberapa umpan gratis. Lalu kombinasikan dengan parfum. 
4. Ambil umpan gratis lain dan simpan dalam Scupperware-mu. 
5. Tinggalkan kota dan menujulah ke ra-wa-rawa. Ada jalan setapak antara bank dan kantor-kantor hukum. Gunakan parfum dengan genangan air/lumpur. 
6. Tinggalkan rawa-rawa dan pergi ke Mansion Ozzie. Gunakan parfum dengan bunga di samping gunung yang menakutkan. 
7. Masuklah ke dalam mansion dan semprotkan au de cologne-mu (bukan parfum) pada hewan raksasa Australia. Ozzie bakal marah banget hingga mematahkan tongkat. 
8. Kembalilah ke Palace of Prostheses dan mainkan kotak musik untuk Deadeye Dan. 
9. Sebelum musik berhenti, raih tangan palsu dari keranjang dekat jendela. 
10. Percikkan Deadeye Dan dengan parfummu. Itu akan mengingatkannya pada Pegnose Pete, pelanggan terbaiknya, kecuali kalau Pegnose pakai nama lain. Nama ini berubah pada setiap game.
11. Putar sistem untuk mendapatkan file kembali. Ketiga tombol/lempengan mewakili inisial nama tiga orang pelanggannya. Kalau nama pelanggannya Quesko B. Monkey-biter, sistem file akan membaca (I-r): Monkey, Rabbit, Pumkin.

Rabbit 
Tree 
Pumpkin 
Monkey 
Bananas 
huruf-huruf A-D
huruf-huruf E-H
huruf-huruf I-M
huruf-huruf N-S
huruf-huruf T-Z

Setelah menekan tombol, sistem file akan mendapatkan kembali Pegnose Pete File. File itu memuat petunjuk ke tempat persembunyiannya yang kelihatan seperti ini:
Itu cuma contoh. Tulis arah atau petunjuk yang kamu dapat, karena akan berubah setiap waktu. Kamu perlu petunjuk itu untuk mengemudikan Mystes o'Tyme Marshe. 

12. Kembalilah ke dermaga dan bergeraklah ke barat untuk menemukan bajak laut yang main catur. Pertama-tama bicaralah pada bajak laut gemuk untuk mencari tahu kalau bajak laut kurus jatuh cinta sama Brittany, teller bank. Tanyakan pada bajak laut gemuk siapa yang menang, lalu tanyakan hal sama juga pada yang kurus. Setelah itu, isengin bajak laut gemuk. Bilang padanya kalau food court terbakar atau kamu melihat permen raksasa. Akhirnya ia akan membuat kesalahan. Kemudian bicara dengan si kurus soal Brittany. Ia juga akan salah menjawab. Ketika bajak-bajak laut itu mulai bertarung, ambil jamnya. 
13. Kembali ke rawa-rawa dan naik ke rakit. Catat kompas di pojok kiri atas. 
14. Ambil dan gunakan jam. Guybrush akan meletakannya di rakit. Jam lain akan muncul di pojok kanan bawah. Sekarang lihat petunjuk ke tempat persembunyian Pegnose Pete yang kamu dapat dari Deadeye Dan. Setiap waktu disesuaikan dengan arah itu. Lihat waktu di jammu, lalu dayung rakitmu ke arah yang ditunjukkan file Pegnose Pete. Tetap ikuti petunjuk sampai kamu tiba di gerbang. 
15. Setiba di gerbang, kamu akan mendapat tiga item. Catat apa yang kamu terima itu. Bicara pada Guybrush lain dan kamu akan menanyakannya angka apa yang sedang kamu pikirkan. Lalu catat. 
16. Gunakan kunci kerangka di gerbang, kamu akan mendapat satu item lagi. 
17. Setelah Guybrush lain pergi, tetap ikuti petunjuk sampai kamu tiba di gerbang lagi. 
18. Berikan objek-objek itu pada dirimu sendiri sesuai dengan catatan yang sudah kamu buat tadi. Kalau kamu nggak bisa mengingatnya, item-item itu akan muncul di inventory dari kiri ke kanan. Ketika Guybrush lain memintamu menebak angka apa yang sedang dipikirkannya, jawablah dengan apa yang sudah kamu tulis sebelum ini. 
19. Ikuti terus petunjuk maka kamu akan tiba di tempat persembunyian Pegnose Pete. 
20. Gunakan sekaleng lemak ayam dengan keset. 
21. Gunakan bebek dengan jendela.

E. Menemukan Barang Rampasan 
1. Pergi ke Bait Shoppe dan gunakan tangan palsu di sirkus. 
2. Lalu ke House o' Sticks dan gunakan tangan palsu pada tongkat Mr. Mandrill. 
3. Pergilah ke mansion Ozzie dan bilang bahwa kamu tahu di mana ia merampok. Ia akan pergi meninggalkanmu, tapi kamu dapat membuntutinya karena ia meninggalkan serbuk gergaji. 
4. Pandangi sekeliling di belakang pohon palm sambil Guybrush menemukan jalan tersembunyi. Lalui jalan itu dan tekan tombol di meja. Kamu akan melihat barang rampasan di sisi lain jendela. Tinggalkan tempat persembunyian dan menyelamlah ke dalam air. Ketika seekor ikan bercahaya berenang mendekatimu, gunakan Scupperware yang penuh umpan untuk menangkapnya. 
5. Ada pintu rahasia di sebelah kiri. Lewati dan ambil barang rampasan plus sekrup. 
6. Kembali ke Hall of Justice dan berikan barang rampasan itu pada Inspector Canard. 
7. Gunakan sekrup dengan Inspector Canard.

AKSI 2: MENJINAKKAN MANATEE 

1. Mle Island 

A. Ultimate Insult 
1. Pergilah ke International House of Mojo dan tanyalah pada Vodoo Lady tentang Ultimate Insult. Kemudian tanyakan juga hubungan antara pusaka keluarga Marley dengan Ultimate Insult untuk mendapatkan anting-anting, kalung, dan pena di rantai.
2. Menujulah ke pelabuhan. Kosongkan tiga perempat isi mesin minuman keras. Kalau mesin ini "bertingkah", tendang, pukul, dan teriaki mesin itu sampai beberapa kaleng minuman keras terjatuh. Ambil satu. 
3. Tinggalkan pelabuhan dan pergilah ke Meathook's House of Wax. Tanyakan padanya tentang lilin dan hadiah perkawinan Grandpa Marley yang keempat. Ia akan menyiapkan sekeranjang kuas melukis. Pilih satu. 
4. Kembalilah ke tempat asal SCUMM Bar. Sekarang sudah menjadi Lua Bar. 
5. Duduk di bar dan pesanlah makanan. Begitu ikan bercahaya muncul, masukkan kuas cat air ke mesin kanal sushi. Beri waktu sehingga piring-pring berhenti tepat di bawah lukisan Meathook. Tunggu sampai ikan bercahaya lewat di belakang pilar sebelah kanan ketika ia melakukan perjalanan pulang. Begitu kelihatan, masukkan kuas cat ke dalam kanal. Kalau kamu tidak mengukur waktu pada saat-saat pertama, jangan cemas. Ambil lagi kuasmu dari kanal dan coba masukkan lagi. 
6. Ketika makananmu datang, berlarilah ke dapur dan tuang minuman kerasmu ke Sushi Steam Generator. Kalau kamu menempatkan ikan bercahaya di posisi yang tepat, kamu akan melihat cutscene lukisan dari lilin yang meleleh, dan kamu akan mendapatkan peta. 
7. Kembali ke pelabuhan. Gunakan anting, kalung, pena, dan peta dengan figur kepala pada Dainty Lady. 
8. Dainty Lady merencanakan perjalanan ke Jambalaya Island dan membuat diagram Ultimate Insult di bagian belakang peta. Ultimate Insult terdiri dari Golden Man, Monkey Head, dan Bronze Hat. 

2. Jambalaya Island 

A. Buat Ultimate Insult: Golden Man 
1. Setelah mendarat di Jambalaya Island, menujulah ke Star Bucaneer's. Kamu dapat melihat cangkir groggoccino di jendela. Masuklah ke dalam dan ambil cangkir itu. 
2. Minta refill ke pramuniaga. 
3. Makan satu Schmear Whiz di ujung counter. 
4. Lihatlah bagian dalam tas belanja turis dan ambil mug berlogo Star Buccaneer's. 
5. Kembalilah ke dermaga dan naiklah ke kapal. Menujulah ke timur pulau, Knuttin' Atoll. Kamu akan diserang oleh Admiral Casaba sebelum tiba di sana, tapi jangan takut. Cepat kabur begitu ada kesempatan dan pergilah ke kota miskin. Daftarkan dirimu di sekolah bajak laut. Usahakan agar kamu gagal pada saat ujian akhir.
6. Ketika berada di luar, tarik alarm kebakaran. Begitu gurumu keluar kelas, kamu buru-buru masuk dan ambil peluit dari wadah tempat barang-barang sitaan. Di dalam wadah itu masih banyak mainan lain, kayak kartu LeChuckichu Pirateman. Kalau kamu juga mau mengambil kartu itu, pertahankan bunyi alarm kebakaran. 
7. Berlayarlah terus ke tenggara pulau dan menujulah ke Stan's Time Share. Minumlah es groggoccino dan minta padanya agar ia memberimu waktu tiga jam lemparan bola. Kamu akan mendapat kupon untuk Monkey Mug di Planet Threepwood. 
8. Sebelum meninggalkan stan, ambil pamflet dan sebotol lem di bawah jendela kiri. 
9. Pergilah ke barat ke batu karang yang tinggi tempat lomba menyelam diadakan. 
10. Mintalah pada hakim kalau kamu tidak mendapat jaminan, kemudian bilang pada Marco de Pollo kalau kamu ingin menantangnya menyelam. 
11. Pertama kali menyelam merupakan kegagalan. Tapi tanyakan pada hakim kenapa nilainya rendah. 
A. Grouchy Judge: Ia dibayar oleh Ozzie untuk meyakinkan kalau Marco selalu menang. 
B. Wise Judge: Percikan airmu terlalu banyak dan kamu perlu lebih banyak kepala aerodinamik. 
C. Hippie Judge: Kamu harus mendekati alur Marco de Pollo dengan meniru gaya selamnya. 

Ada empat gaya menyelam yang ditampilkan dengan menekan tombol-tombol setelah kamu melompat dari papan: 
* Keelhaul ATAS 
* Spinning Swordsman KANAN 
* Rum Barrel BAWAH 
* Alpha Monkey KIRI 

12. Lihat pamflet yang kamu dapat dari Stan. Kamu akan melihat Grouchy Judge sedang bermalas-malasan di pantai ditemani cewek berambut pirang. Tunjukkan gambar pada Grouchy Judge, maka ia akan menilaimu dengan adil. 
13. Ambil segumpal Schmear Whiz dan gunakan pada minyak bayi anjing laut Marco de Pollo. 
14. Tantang Marco de Pollo pada lomba selanjutnya. Kali ini kenakan topimu sebelum menyelam, perhatikan kombinasi yang dilakukan Marco. Lakukan gerakan selam yang sama. Kalau kamu bisa menirukannya, kamu akan menerima skor yang seri. 
15. Pada saat ronde istirahat, kamu mendapat kesempatan pertama. Lakukan kombinasi apa pun yang kamu inginkan. Ketika Marco menyelam, burung camar menyerangnya. Kamu akan memenangkan perlombaan dan mendapat trofi, yang juga merupakan body portion Ultimate Insult.

B. Buat Ultimate Insult: Monkey Head 
1. Pergilah ke Planet Threepwood dan lihat menu. Beri tahu pelayan kalau kamu mau memesan sesuatu. Kalau ia tanya bagaimana kamu membayar, tunjukkan kupon padanya. 
2. Sambil menikmati hidangan, bicaralah pada Jolly Pirate dan minta karikatur. Terserah jawaban apa yang kamu berikan padanya. 
3. Gunakan lem pada karikatur, lalu tempelkan karikatur lengket pada logo mug Star Buccaneer. 
4. Tukar Monkey Mug yang palsu dengan yang asli. Lalu kamu akan mendapat head portion Ultimate Insult. 
5. Kalau kamu membuat kesalahan seperti bangun dari tempat duduk sebelum kamu menukar mug kamu tetap mendapat kupon Monkey Mug dari Micro-Groggery. Gunakan lem pada Menacing Mechanical Menatee, lalu bilang pada bartender kalau kamu mau mengendarainya. Ia akan memberimu kupon. Begitu berada di luar, kamu akan melihat setumpuk kupon, ambil sebagian buat jaga-jaga. Siapa tahu kamu nanti memerlukannya. Kamu akan mendengar lagi lemparan bola Stan untuk mendapatkan satu kupon, tapi kamu harus mengisi ulang cangkir Groggoccino. 

C. Buat Ultimate Insult: Bronze Hat 
1. Bicaralah dengan turis yang berdiri di sebelah patung. Patung itu ada di depan Micro-Grog-gery. Lemparkan pertanyaan sebanyak mungkin padanya tentang Tiny-LaFeet. 
2. Ambil minuman keras dari Micro-Groggery. 
3. Pergilah ke Knuttin' Atoll, pulau sebelah timur yang salah satu penghuninya adalah bajak laut dari kota miskin. Di sini sedang berlangsung pertunjukkan boneka. Bicaralah pada boneka yang dinamai Hellbeard sampai kamu mendapat kesempatan untuk bertanya kemana saja ia selama 80 tahun terakhir ini. 
4. Bicaralah pada boneka Guybrush kecil dan minta bicara juga dengan dalangnya. 
5. Ketika dalang muncul, tunjukkan diagram Ultimate Insult. Pilih boneka-boneka saat ia pergi. 
6. Berjalanlah ke kiri dan bicara pada bajak laut metabolis dengan dua ekor burung beo di bahunya. Bicarakan tentang Tiny LaFeet, ayah bajak laut itu, sampai kamu tahu bahwa ia mengubur topi perunggu sebuah patung di bawah batu besar. 
7. Tanyakan juga tentang burung beonya. Ia akan bilang bahwa salah satu burungnya itu selalu berbohong dan satunya lagi selalu berkata yang benar. 
8. Berjalanlah ke timur, kamu akan tiba di lapangan yang penuh bebatuan. Naiklah ke salah satu batu besar itu dan tiuplah peluit yang kamu curi dari wadah mainan sitaan Miss River. Kedua burung beo itu akan terbang dan kemudian bertengger di salah satu batu. 
9. Ketika dua burung itu memberikan respon, beri minuman keras pada salah seekor diantaranya. Burung beo itu mabuk dan terbang tak menentu. Sekarang kamu bisa membedakan mereka. Beri pertanyaan yang sudah kamu ketahui jawabannya, seperti "Siapa namaku?". Maka kamu akan tahu beo mana yang jujur dan yang pembohong. Cara lain untuk membedakan beo-beo itu adalah dengan memberikan es groggoccino, mana beo yang gelisah. 
10. Tanyakan pada beo yang jujur apakah topi Tiny disembunyikan di bawah batu. Kalau dia bilang tidak, tanyakan ke mana kamu harus mencarinya. Ikuti petunjuk yang dikatakannya sampai kamu menemukan batu besar lain, lalu gunakan peluitmu lagi. Kemudian tanya lagi apa topi itu ada bawah batu karang, dan kalau jawabannya bukan maka kamu harus menemukannya. Kemudian kamu akan sampai di batu yang tepat. 
11. Kalau kamu mengalami kesulitan saat mengikuti petunjuknya, batu besar yang ada di ujung timur dan mengarah ke timur itulah yang kamu cari. Kapal Admiral Casaba nyaris ada di hadapannya. 
12. Begitu kamu menemukan batu itu, keluarkan boneka-boneka Lil'Guybrush dan Lil'LeChuck. Admiral Casaba akan menembakkan peluru bundar padamu.

3. Monkey Island 

A. Pertapa yang Lupa 
1. Pergilah ke barat, maka kamu akan bertemu dengan seorang pertapa. Pilihlah kelapa yang ada di depan pondoknya dan bicara sebentar dengannya. Kemudian pukul dia dengan kelapa. (Tapi, hanya SEKALI lho). 
2. Tanyakan apa saja yang pertama kali diingatnya. Ia akan bilang: bangun di tengah-tengah botol susu. 
3. Berjalanlah ke tebing dam ambil pemetik pisang di sebelah kaktus. Kembalilah ke pantai dan gunakan pemetik pisang dengan setandan 
pisangnya sampai semuanya terjatuh. 
4. Tinggalkan pantai dan menujulah ke lapangan lava. Kamu akan melihat seekor monyet melemparkan botol susu ke tengah-tengah lapangan. 
5. Tinggalkan lapangan lava dan pergilah ke katedral. Kalau sudah berada di dalamnya, gunakan pemetik pisang untuk mencongkel mata dari tengkorak di dekat pintu. Kedua mata itu mirip alat musik simbal. 
6. Tanya pada pendeta apakah kamu boleh mengambil lava.
7. Ketika kapalmu berlabuh di lapangan lava, lepaskan pemetik pisangmu. Letakkan batang kayu sehingga kamu punya jalan setapak dekat botol susu. Ketika kamu melewatinya, raih botol itu dengan pemetik pisang. Kalau gagal, kembali ke katedral lalu coba lagi. Kalau kali ini kamu melakukannya dengan tepat, kamu akan mendapat pemandangan close-up sehingga botol susu itu lebih mudah diraih. 
8. Kembalilah ke perkemahan Herman. Pukul dia dengan botol susu. Ketika kamu tanya apa yang pertama kali diingatnya, dia akan jawab akordeon. 
9. Berjalanlah sambil menikmati pemandangan. Singkirkan batu karang yang terletak di sisi kiri, tengah, dan kanan kanal agar kamu bisa berjalan lebih leluasa. Awas, ada akar-akar yang tumbuh di dalam kanal. Kapan pun sebuah batu melewatinya, akar-akar itu bergetar. Setelah membersihkan kanal, berdirilah dengan tumpukan batu karang dan ikuti adegan ini. Lemparkan batu karang ke sisi kanan kanal. Ketika batu besar mengguncangkan akar, lempar batu karang lain ke tengah kanal. Ketika batu karang itu mengguncangkan akar yang lain, buang batu karang lain ke kiri kanal. Ketika batu karang itu mengguncangkan akar, lempar batu karang lain ke kiri kanal lagi. Sebuah batu besar akan terlempar ke lapangan lava dan meninggalkan kolam kecil besar. 
10. Kembali ke katedral dan ambil lava lagi. Tapi, kali ini arahkan ke kolam. Ketika kamu ke luar, menujulah ke pohon palm dan tendang pohon itu. Kemudian seberangi jembatan batu yang menuju ke Monkey Town. 
11. Ada seekor monyet duduk sambil main akordeon di dalam pondok. Ambil simbalmu, lalu mainkan. 
12. Kembali ke perkemahan Herman, lalu pukul dia dengan akordeon. Sekarang dia bisa mengingat semuanya. Kalau ceritanya sudah selesai, bicaralah dengannya sampai ia menyerahkan Mle Island Gubernatorial Symbol padamu. 

B. Monkey Kombat
Kembalilah ke Monkey Town dan bicara dengan Jojo, Jr. tentang topi perunggu miliknya. Kalau kamu mengalahkan Jojo, Jr. dalam Monkey Kombat, topi itu akan jadi punyamu. Tapi, sebetulnya Jojo, Jr. nggak mau menantangmu sampai sedikitnya kamu sudah memenangkan Monkey Kombat tiga kali. Ini sangat penting karena kamu bisa mempelajari gerakan-gerakan yang SPESIFIK BUAT GAMEMU. Macam-macam cara berdiri - kombinasi Secret Monkey Insult yang dibutuhkan untuk peralihan antara cara berdiri dan hirarki gerakan adalah RANDOM antara setiap game baru. 

Pada prinsipnya tetap sama, kok. Ada lima cara berdiri dalam Monkey Kombat: Anxious Ape, Bobbing Baboon, Charging Chimp, Drunken Monkey, dan Gimpy Gibbon. Setiap cara berdiri mengalahkan dua yang lainnya. Kesulitan muncul saat peralihan dari satu cara berdiri ke cara berdiri yang lain. Hal ini bisa dilalui dengan menggunakan Secret Monkey Insult: Eek, Ack, Oop, dan Chee. Misalnya, untuk mencapai peralihan dari Charging Chimp ke Grimpy Gibbon, kamu harus bilang "Eek, Oop, Chee." Peralihan atau transisi juga bisa dipakai sebaliknya, jadi kamu bisa kembali ke Charging Chimp dengan memakai kata-kata hinaan yang sama. Tapi, transisi ini ditentukan secara acak oleh setiap game baru. 

Beruntunglah kamu yang punya PS 2, kreator Escape From Monkey Island mengembangkan sistem petunjuk Monkey Kombat yang tidak tersedia bagi versi PC nya. Kalau kamu menekan tombol R2 saat bertarung di Monkey Kombat, kamu memanggil diagram sederhana yang menampilkan transisi-transisi yang sudah kamu pelajari untuk cara berdirimu. Contohnya, lihat diagram di bawah ini. 

Guybrush sedang berdiri pada posisi Anxious Ape. Posisi ini tampak di kanan diagram. Kalau kamu bergerak sesuai jarum jam di sekitar pentagon, cara berdiri berikutnya yang kamu temui adalah Bobbing Baboon, Charging Chimp, Gimpy Gibbon, dan Drunken Monkey. Ada tombol-tombol konfigurasi di samping setiap cara berdiri. Tombol-tombol ini menampilkan apa yang kamu butuhkan untuk mengubah transisi Guybrush dari posisi Anxious Ape ke posisi lainnya. Perhatikan juga terdapat beberapa anak panah yang menunjuk dari satu cara berdiri ke dua cara berdiri lainnya. Hal ini menunjukkan cara berdiri mana yang dominan. Contohnya, dua panah dari Anxious Ape ke Bobbing Baboon dan Gimpy Gibbon artinya Anxious Ape selalu mengalahkan dua posisi itu. Kalau Guybrush sedang berdiri pada posisi Bobbing Baboon, maka diagram lain akan muncul dan menampilkan semua  konfigurasi yang diperlukan untuk beralih dari satu posisi ke posisi lain. Kalau gamemu sudah komplet, semua tombol akan kelihatan. Tapi, kalau belum komplet cuma ada tanda tanya. Ingat, gerakan-gerakan yang dipelajari akan berbeda-beda antara satu gamer dengan gamer lainnya. 

Pergilah ke hutan di luar Monkey Town dan kamu akan bertemu dengan monyet yang bertarung di Monkey Kombat. Tantang dia dan dengarkan baik-baik apa yang dikatakannya. Karena kamu dan monyet itu mulai dengan posisi yang sama, hal terbaik yang harus dilakukan pada awal pertarungan adalah meniru semua gerakannya. Walaupun kamu akan kalah pada pertarungan-pertarungan awal, lawan-lawanmu akan tetap marah dengan nilai-nilai yang kamu raih. Tapi itu bagus kok, karena kemarahan mereka justru akan menambah angkamu di Monkey Kombat.

Setelah kamu mengalahkan monyet pertama di hutan itu , cepat-cepat pergi. Monyet baru sedang menantimu. Setelah kamu menaklukkan sedikitnya tiga monyet, baru kamu bisa menuju ke Monkey Town dan bertarung dengan Jojo, Jr. Jangan panik dan jangan menyerah! Jojo, Jr. bertarung hanya untuk mendapatkan dua pisang yang tersisa aja, kok! Ingat apa yang sudah kamu pelajari dan sistem petunjuk Monkey Kombat! Maka kamu akan segera mendapatkan topi perunggu kehormatan. 

C. Timmy The Monkey 
1. Kembali ke pantai (atau di mana pun kamu melihat Timmy the Monkey terakhir kalinya). Beri dia pisang agar mau mengikutimu ke area selanjutnya. 
2. Pergilah ke lembah tempat kamu mendapatkan pemetik pisang . Suruh Timmy mengikutimu ke terowongan tambang. Beri dia pisang lagi. 
3. Pastikan Timmy mengikutimu sampai ke ujung terowongan. Kalau perlu, beri pisang lagi. Buka lubang angin dan lemparkan pisang ke dalamnya. Timmy akan mengejarnya. Kemudian tutup lagi lubang angin yang ada di belakang Timmy. 
4. Gunakan pisang dengan portal yang ada di atas lubang angin. Timmy akan membuka pintu. 
5. Gunakan pemetik pisang untuk mendapatkan sabit rumput di meteran. 
6. Kembalilah dengan merangkak di sepanjang tabung tempat kamu terjatuh. 
7. Tinggalkan lembah dan kembalilah ke kolam lava dengan berjalan melewati pohon palm yang kamu tendang. 
8. Pukul rumput tahan panas di sebelah kolam lava dengan weed whipper untuk memulai arus lava di dalam terowongan. 
9. Tinggalkan lapangan lava dengan menyeberangi jembatan batu. Kemudian menujulah ke timur tempat beradanya kepala monyet. 
10. Gunakan pemetik pisang di hidung monyet raksasa. 
11. Lemparkan topi perunggu ke kepala monyet raksasa. 
12. Berjalahlah di sekeliling mulut monyet dan susuri jalan tersembunyi. 
13. Ambil Mle Island Gubernatorial Symbol dan letakkan di celah yang menyolok di kontrol panel. Celah itu berada di kiri depan kursi.

AKSI 3+: GUYBRUSH 
MENENDANG BOKONG BESAR 

A. Menara 
1. Ambil papan lebar di lantai yang terletak di ujung kanan. Gunakan papan itu di  menara paling pendek di antara menara-menara tinggi. 
2. Naiklah ke menara pendek itu dan melompatlah di papan.
3. Tarik tuas di kulit kerang/siput.

B. MONKEY KOMBAT BAGIAN II: FINAL SHOWDOWN 
1. Kamu tidak dapat mengalahkan patung LeChuck raksasa, karena kedua bar kesehatanmu penuh. Sebagai antinya, dapatkan tiga Draw saat mengalahkan patung iblis LeChuck.

HAL-HAL YANG DIBENCI: TELUR PASKAH 

Game Escape From Monkey Island penuh dengan joke yang berhubungan dengan LucasArts, referensi pop culture, dan mini game tersembunyi. Misalnya, ketika Britanny si Teller Bank bilang pada Guybrush bahwa ambisi sesungguhnya adalah menjadi penyanyi yang disertain penari latar. Padahal Britanny nggak punya bakat menyanyi apalagi pengalaman. Sebagian joke lainnya blak-blakan. 

A. Lucre Island 

1. Abomination of Nature: Kamu bisa mendapatkan banyak benda palsu (selain kulit) gratis di Deadeye Dan. Suruh ia cerita lebih banyak lagi, ubah nama-nama di sekelilingmu begitu kamu pergi, sampai kamu mendapat jantung, usus, perut, kaki, hati, dan bokong yang semuanya palsu. Kalau kamu mengkombinasikan semua ini kamu akan mendapat Abomination of Nature. Nggak ada gunanya, sih tapi seru buat dimainkan. Murray si tengkorak iblis nggak suka sama Abomination of Nature. 
2. Murrayball: Dengan menggunakan File Retrieval System li-hatlah Ryan J. Dan-zwithwolves (Monkey, Pumpkin, Rabbit) atau Richard P. Sunshine (Monkey, Monkey, Monkey) SEBELUM kamu melihat file Pegnose Pete. Setelah melakukan itu, pergilah ke menu Options dan cek di bawah Bonus Features. Seharusnya akan muncul kategori baru yang bernama "Murrayball". Muraryball ini mirip game Pong yang dimainkan dengan pisang sebagai tongkat dan Murray sebagai bolanyadan kalau kamu menyambungkan kontroler lain, bisa dimainkan oleh dua orang. 
3. File Retrieval System: Di dalam Deadeye Dan kamu juga bisa menggesek dengan File Retrieval System, kemudian lihat nama-nama karakter dari Grim Fandango, Star Wars, atau figur-figur ngetop lain dari berbagai macam hiburan. Walaupun sistem ini tidak membuka sesuatu, tapi enak dimainkan. Beberapa file yang bisa kamu ikut serta-kan adalah Obi W. Kenobi, Manuel J. Calavera (lawan dalam Grim Fandango) dan Kais R. Soze (musuh dari The Ususal Suspects.) 
4. Kill Yourself: Dalam Mystes o'Tyme Marshe, ketika Guybrush yang akan datang menodongmu dengan senjata, kamu boleh menggunakan Kill Yourself untuk menembaknya. Save game-mu sebelum kamu melakukannya, karena itu nanti bisa menimbulkan beberapa masalah di pertambangan (seperti: inventory yang tidak mau terbuka). 

B. Jambalaya Island 

1. Murray Attacks: Saat perlombaan menyelam berjalan ke luar-masuk tenda 13 kali. Murray akan menyerang Guybrush. 
2. Spin Murray: Meskipun kamu nggak bisa mengambil Murray dari kursinya di luar Planet Threepwood, kamu bisa memutarnya dalam lingkaran. 

C. Monkey Island 

1. Three-Headed Monkey: Kalau kamu berkeliaran sebentar di Monkey Town , monyet berkepala tiga akan muncul secara acak.
2. Mongkey Kombat Arenas: Kamu tidak harus berpartisipasi dalam Monkey Kombat di hutan. Kalau kamu memberi pisang pada lawan-lawan monyetmu sebelum berbicara dengan mereka, mereka akan mengikutimu ke area baru. Jadi, kamu bisa ikut dalam Monkey Kombat di tengah-tengah.
3. Monkey Invanders: Begitu kamu merekam/mencatat SETIAP kemungkinan transisi Monkey Kombat dan kekuasaan untuk SETIAP cara berdiri yang tertera pada diagram, kamu membuka sebuah mini-game. Pergilah ke menu Options dan cek di bawah Bonus Features. Di sana akan ada pilihan baru bernama "Mongkey Invander", mirip game Space Invander yang mempunyai monyet yang melempar pisang-pisang ke kepala-kepala Pegnose Pete, Ozzie Mandrill, Murray, dan LeChuck (di penyamaran Charles L. Charles-nya).

Tidak ada komentar: